Indonesia Makin Cakap Digital Peluncuran Program Literasi Digital Nasional


Indonesia Makin Cakap Digital menjadi salah satu program yang akan diluncurkan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (KEMENKOMINFO) melalui Gerakan Nasional Literasi Digital (GLDN) SiberKreasi.
Rencananya kegiatan ini akan dilaksanakan secara serentak di 34 Provinsi dan 514 Kabupaten/Kota bertepatan Hari Kebangkitan Nasional, Kamis (20/05/2021) secara online maupun offline.
Kegiatan ini akan dibuka langsung oleh Presiden Jokowi dan dihadiri juga oleh Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nadiem Makarim, dan seluruh Pimpinan Daerah se-Indonesia.
Gerakan Literasi Digital Nasional  Program Gerakan Literasi Digital Nasional ditujukan untuk membangun kesadaran dan pengetahuan masyarakat tentang teknologi digital serta meningkatkan kecakapan digital masyarakat Indonesia untuk menciptakan ruang digital kita yang seru, tapi tetap aman, beretika, dan produktif.
Kita cukup paham bahwa pemerintah memiliki peranan dan tanggung jawab untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat dari beberapa aspek, salah satu diantaranya adalah pemanfaatan teknologi informasi secara positif. Oleh karena itu dalam satu dasawarsa terakhir sudah begitu banyak program dibuat untuk dapat mencapai tujuan tersebut.
Meskipun begitu, proses peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) khususnya dibidang penggunaan dan pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi bukanlah sebuah pekerjaan yang mudah. Kondisi geografis Indonesia yang terdiri dari pulau-pulau dan sebanyak lebih dari 74 ribu desa, tentu saja bukan angka yang sedikit.
Relawan TIK Indonesia Melihat kondisi ini tentu saja pemerintah membutuhkan dukungan dari beberapa stakeholders lainnya yang bisa digandeng untuk menjadi mitra pelaksana di lapangan. Dan salah satu organisasi yang sejak 2014 aktif bergerak memberikan edukasi adalah Relawan TIK Indonesia.
Hotel Salak Bogor menjadi saksi bisu dikukuhkannya Relawan TIK Indonesia untuk pertama kali. Blogger Borneo sendiri turut hadir pada saat itu mewakili Kalimantan Barat. Pada saat itu, langsung dibentuk juga struktur kepengurusan daerah dimana salah satu diantaranya adalah Relawan TIK Kalimantan Barat.
Image: RelawanTIK.Or.Id Sebenarnya selain Relawan TIK Indonesia, ada juga beberapa organisasi lain yang ikut bergerak membantu pemerintah mendukung Gerakan Literasi Digital Nasional ini. Khusus di Kalimantan Barat sendiri, beberapa nama komunitas yang aktif antara lain: Komunitas Blogger Kubu Raya, Komunitas Blogger Pontianak, Gradasi Kalbar, dan beberapa lagi lainnya.
Indonesia Makin Cakap Digital Di bulan lalu, Kementerian Komunikasi dan Informatika telah melakukan kegiatan “pemanasan” sebelum program Indonesia Makin Cakap Digital diluncurkan secara resmi pada tanggal 20 Mei 2021 besok.
Kegiatan tersebut dihadiri oleh Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate, Gubernur Provinsi Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa; Dirjen Aplikasi Informatika Semuel A. Pangerapan, Staf Khusus Menkominfo Bidang Digitalisasi dan SDM Dedy Permadi, serta Plt. Kepala Balai Monitoring Spektrum Frekuensi Radio Kelas I Surabaya Hamzah Arifuddin.
Sedangkan dari para penggiat literasi digital hadir Ketua Umum GNLD SiberKreasi Yosi Mokalu, dan aktor sekaligus Duta Literasi Digital SiberKreasi Nicolas Saputra.
Modul Literasi Digital Pada kegiatan tersebut diluncurkan 4 (empat) modul literasi digital, antara lain:
Budaya Bermedia Digital; Aman Bermedia Digital; Etis Bermedia Digital; dan Cakap Bermedia Digital. Panduan Kurikulum dan Seri Modul Literasi Digital dibuat sebagai rujukan pengembangan kompetensi digital SDM Indonesia, baik melalui sektor pendidikan formal, informal, maupun nonformal. Keempat modul ini melengkapi lebih dari 100 buku panduan literasi digital yang telah diterbitkan sebelumnya dan telah diunduh lebih dari setengah juta kali di website literasidigital.id.
Kurikulum dan modul disusun berdasarkan pada 4 (empat) pilar literasi digital yang utama, yaitu Digital Culture, Digital Safety, Digital Ethics, dan Digital Skills. Modul ini merupakan manifestasi kolaborasi dari GNLD SiberKreasi, Jaringan Penggiat Literasi Digital (Japelidi) dan Kementerian KOMINFO.
Jika dilihat secara keseluruhan, untuk mencapai satu tujuan Indonesia Makin Cakap Digital dibutuhkan peran serta dan effort dari seluruh komponen dan stakeholder yang memliki kemampuan dibidang TIK. Dengan saling bergandengan tangan, Blogger Borneo yakin program ini akan bisa berjalan selaras dan berkesinambungan. Amin…
Secara livestreaming, kegiatan Peluncuran Program Literasi Digital Nasional Indonesia Makin Cakap Digital dapat dilihat melalui channel YouTube SiberKreasi dibawah ini:

Referensi:
Relawan TIK Jawa Tengah http://www.fokusindonesia.com/berita-11387-terampil-mengajar-di-era-digital-makin-cakap-digital-internet-aman-strategi-melawan-hoaks.html

Artikel ini hanyalah simpanan cache dari url asal penulis yang berkebarangkalian sudah terlalu lama atau sudah dibuang :

https://bloggerborneo.com/indonesia-makin-cakap-digital/

Kempen Promosi dan Iklan
Kami memerlukan jasa baik anda untuk menyokong kempen pengiklanan dalam website kami. Serba sedikit anda telah membantu kami untuk mengekalkan servis percuma aggregating ini kepada semua.

Anda juga boleh memberikan sumbangan anda kepada kami dengan menghubungi kami di sini
Presiden Jokowi Luncurkan Gerakan Literasi Digital Nasional Di Hari Kebangkitan Nasional

Presiden Jokowi Luncurkan Gerakan Literasi Digital Nasional Di Hari Kebangkitan Nasional

papar berkaitan - pada 21/5/2021 - jumlah : 265 hits
Bertempat di Hotel Mercure Jalan Ahmad Yani Pontianak Kementerian Komunikasi dan Informatika bekerjasama dengan Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat dan Kota Pontianak menyelenggarakan kegiatan Peluncuran Gerakan Literasi Digital Nasional S...
Urgensi Literasi Digital Untuk Masa Depan Indonesia

Urgensi Literasi Digital Untuk Masa Depan Indonesia

papar berkaitan - pada 16/5/2021 - jumlah : 400 hits
Internet merupakan salah satu kebutuhan yang tidak terpisahkan dari kehidupan masa kini Dimana berdasarkan data data yang diambil dari Badan Pusat Statistik para pengguna internet di Indonesia meningkat sebesar 22 selama periode 2015 hingga...
Plan Program Literasi Dan Numerasi Sekolah Rendah Atau Primary Literacy And Numeracy

Plan Program Literasi Dan Numerasi Sekolah Rendah Atau Primary Literacy And Numeracy

papar berkaitan - pada 19/5/2021 - jumlah : 286 hits
Salam semua Kali ini saya ingin berkongsi info tentang PLaN iaitu Program Literasi dan Numerasi Sekolah Rendah Saya ada kongsikan info ini di Facebook Page BLOG CIKGU HIJAU BACA PLaN Program Literasi Numerasi Sekolah Rendah1 PLaN Primary Li...
Kemkominfo Beri Gelar Local Champion Literasi Digital Untuk 17 Pegiat Literasi Digital Dari Berbagai Sektor

Kemkominfo Beri Gelar Local Champion Literasi Digital Untuk 17 Pegiat Literasi Digital Dari Berbagai Sektor

papar berkaitan - pada 25/5/2021 - jumlah : 225 hits
Gelar Local Champion Literasi Digital diberikan kepada 17 pegiat yang mendorong masyarakat cakap digital sebagai apresiasi dari Kemkominfo
5 Cara Membangun Kemampuan Literasi Digital Di Lingkungan Sekitar Kita

5 Cara Membangun Kemampuan Literasi Digital Di Lingkungan Sekitar Kita

papar berkaitan - pada 6/5/2021 - jumlah : 245 hits
Beberapa tahun belakangan ini makna dari literasi digital telah bergeser dimana pada awalnya memiliki makna kemampuan membaca dan menulis kini literasi kian dihubungkan dengan produk produk digital seperti kemampuan dalam menggunakan perang...
Kemendikbudristek Gandeng Lpdp Garap 9 Skema Program Beasiswa Gelar Dan Non Gelar

Kemendikbudristek Gandeng Lpdp Garap 9 Skema Program Beasiswa Gelar Dan Non Gelar

papar berkaitan - pada 23/5/2021 - jumlah : 200 hits
Pendidikan vokasi sendiri selama ini selalu dikaitkan oleh dunia usaha dan dunia industri
Program Vaksinasi Tidak Serancak Seperti Yang Dicanangkan Zaid

Program Vaksinasi Tidak Serancak Seperti Yang Dicanangkan Zaid

papar berkaitan - pada 24/5/2021 - jumlah : 178 hits
By Zaid IbrahimKUALA LUMPUR Rakyat perlu diberi penjelasan mengenai perjalanan Program Imunisasi Covid 19 Kebangsaan serta kenapa kerajaan hanya menggunakan tiga jenis vaksin sahaja tanpa tambahan vaksin lain bagi memastikan semua 32 juta p...
Gabung Muzik Masakan Di Tepi Pantai Jtbc Dedah Barisan Ahli Program Baru The Sea I Desire

Gabung Muzik Masakan Di Tepi Pantai Jtbc Dedah Barisan Ahli Program Baru The Sea I Desire

papar berkaitan - pada 25/5/2021 - jumlah : 312 hits
Selepas sibuk dengan penggambaran drama Lee Dong wook nampaknya kini kembali aktif dalam bidang pengacaraan Terbaru pelakon lelaki itu disahkan bakal menyertai panel program baru The Sea I Desire Ianya merupakan rancangan penyembuhan di man...
The 12 Most Popular Digital Products You Can Sell Online

The 12 Most Popular Digital Products You Can Sell Online

papar berkaitan - pada 5/5/2021 - jumlah : 263 hits
THE 12 MOST POPULAR DIGITAL PRODUCTS YOU CAN SELL ONLINE As the team behind an eCommerce plugin we constantly see the different types of products people are selling online Most commonly online stores sell digital products or physical produc...
Epf Account 3 Can Help Contributors During Emergencies Expert

Work Harder At Communicating Achievements On Reforms Govt Told

Apabila Sang Profesor Datang Melawat

Azmin Pledges To Tell All On May 11

Isn T Akmal S Call To Reject Passport Renewal Based On Bm Fluency A Disservice Amid Looming Kkb Polls

Honor X7b Telefon Pintar 5g Kini Di Kedai Seluruh Negara Pada Rm899

Selepas Menjadi Penumpang Umno Bakal Terkubur Pada Pru16

Utilizing Crowdfunding For Business



10 Istilah Hampir Serupa Bahasa Inggeris Yang Kita Keliru Penggunaannya

5 Trend Bodoh Netizen Yang Nampaknya Semakin Menjadi Jadi

Info Dan Sinopsis Drama Berepisod Puaka Cuti Semester Slot Lestary TV3

Biodata Rozana Rozek TV Youtuber Resipi

8 Istilah Jerman Yang Kita Rakyat Malaysia Kerap Gunakan


Jadual Dan Keputusan Piala Thomas Piala Uber 2024

Reaching Out

Iddah Wanita Kematian Suami

Berebut Kasih

Tinggi Protein Dan Mikronutrien Ini Manfaat Ikan Susu Untuk Kesihatan

Upiak Hari Raya Duit Tak Ada Chord