Presiden Jokowi Luncurkan Gerakan Literasi Digital Nasional Di Hari Kebangkitan Nasional


Bertempat di Hotel Mercure Jalan Ahmad Yani Pontianak, Kementerian Komunikasi dan Informatika (KEMENKOMINFO) bekerjasama dengan Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat dan Kota Pontianak menyelenggarakan kegiatan “Peluncuran Gerakan Literasi Digital Nasional Indonesia Makin Cakap Digital“.
Sesuai agenda acara yang telah diberikan oleh pihak panitia pusat kepada perwakilan Relawan TIK Kalimantan Barat sehari sebelumnya, kegiatan ini akan dibuka langsung oleh Presiden Republik Indonesia Bapak Joko Widodo. Alhamdulillah di hari pelaksanaan, sebanyak 15 orang dari perwakilan RTIK Kalbar hadir dalam kegiatan tersebut.
Wajib Rapid Test Karena masih dalam kondisi pandemi, maka para undangan yang hadir dipersyaratkan melakukan tes rapid di lokasi sesaat sebelum daftar ulang. Terus terang pada awalnya Blogger Borneo merasa ragu dan bimbang karena sama sekali belum pernah melakukan rapid tes. Akan tetapi, karena merasa momen ini sangat penting maka memberanikan diri untuk hadir.
Alhamdulillah meski sempat merasakan efek dari tes rapid untuk sesaat, Blogger Borneo akhirnya mendapat stiker berwarna oranye yang ditempelkan di lengan baju kiri sebagai tanda bahwa hasil tes nya adalah negatif. Jadi langsung bisa lanjut ke proses pendaftaran ulang.
Image: YaleCommunication.Com Begitu masuk ke Ballroom Meranti Hotel Mercure Pontianak, kami langsung disambut oleh Mbak Grace dari KOMINFO pusat. Sebenarnya kami sudah bertemu malam sebelumnya ketika melihat persiapan pelaksanaan kegiatan Peluncuran Gerakan Literasi Digital Nasional Indonesia Makin Cakap Digital yang akan dilaksanakan pada hari ini.
Agenda Kegiatan Sesuai round down acara bahwa kegiatan ini akan dilaksanakan selama 2 (dua) hari mulai dari tanggal 20-21 Mei 2021 yang dibagi menjadi 6 (enam) sesi, antara lain:
Hari Pertama, 20 Mei 2021 Sesi Pembukaan dan Peresmian Langsung oleh Presiden Jokowi. Sesi Kata Sambutan dari Gubernur Kalimantan Barat dan Wali Kota Pontianak. Sesi Kelas Tular Nalar Google Sesi 1 dengan Tema Berdaya Internet dan Pemanfaatan Internet dalam Proses Belajar Mengajar. Hari Kedua, 21 Mei 2021 Sesi Diskusi mengenai Kebijakan TIK Kota Pontianak yang Dibawakan oleh Dinas KOMINFO Kota Pontianak. Sesi Kelas Tular Nalar Google Sesi 2 dengan Tema Pemanfaatan Internet untuk Keluarga dan Kesehatan. Sesi Kelas Tular Nalar Google Sesi 3 dengan Tema Pemanfaatan Internet untuk Toleransi dan Teman Disabilitas. Diresmikan Presiden Jokowi Tepat pukul 09.35 WIB Presiden Jokowi hadir secara virtual untuk memberikan kata sambutan sekaligus meresmikan Peluncuran Gerakan Literasi Digital Nasional Indonesia Makin Cakap Digital yang secara serentak di 34 Provinsi dan 514 Kabupaten/Kota secara offline dan dihadiri oleh 500 ribu para peserta online via zoom.
“Saya harap gerakan ini menggelinding dan terus membesar, bisa mendorong berbagai inisiatif di tempat lain, melakukan kerja-kerja konkret di tengah masyarakat agar makin cakap memanfaatkan internet untuk kegiatan edukatif dan produktif,” demikian ujar Presiden dalam kata sambutannya.

Dalam kesempatan tersebut, Presiden Jokowi juga menyampaikan apresiasi kepada semua pihak yang terlibat dalam program yang telah diinisiasi Kementerian Komunikasi dan  Informatika (Kemkominfo) sejak tahun 2017.
“Saya memberikan apresiasi kepada 110 lembaga dan berbagai komunitas yang terlibat dalam program literasi digital nasional ini. Literasi digital adalah kerja besar, pemerintah tidak bisa bekerja sendirian, perlu mendapatkan dukungan seluruh komponen bangsa agar semakin banyak masyarakat yang melek digital,” jelasnya.
Kata Sambutan Menteri Kominfo Sementara itu Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G. Plate menyampaikan, program literasi digital adalah sebuah keharusan di tengah semakin intensifnya penggunaan internet oleh masyarakat.
“Tugas kita bersama adalah memastikan setiap anak bangsa mampu mengoptimalkan kebermanfaatan internet. Di saat bersamaan literasi digital adalah sebuah keniscayaan untuk membentengi warganet dari dampak-dampak negatif internet,” ujar Johnny.
Image: Dok. Pribadi Menkominfo memaparkan, saat ini terdapat setidaknya 196,7 juta warganet di Indonesia. Potensi ekonomi digital Indonesia diproyeksikan mencapai 124 miliar dolar Amerika Serikat pada tahun 2025 mendatang.
Upaya meningkatkan literasi digital nasional yang diawaki Kemkominfo melalui Gerakan Nasional Literasi Digital (GNLD) Siberkreasi telah mendapatkan penghargaan internasional World Summit on the Information Society (WSIS) Prizes 2020. GNLD SiberKreasi dinobatkan sebagai Winner dari Action Lines WSIS C4 Capacity Building yang terkait dengan pemenuhan tujuan SDGs Goal 4: Quality Education
“Penghargaan tertinggi untuk inisiatif teknologi informasi dan komunikasi di tingkat global dari International Telecommunication Union (ITU) Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB),” ujarnya.
Dukungan Pemerintah Daerah Setelah sesi relay dari pusat telah berakhir, acara dilanjutkan dengan sesi kata sambutan dari Gubernur Kalimantan Barat yang pada kesempatan ini diwakili oleh Bapak Ria Norsan dan Wali Kota Pontianak Bapak Edi Kamtono.
Image: Dok. Pribadi Menurut orang nomor satu di Kota Pontianak ini, dalam beberapa tahun terakhir telah menerapkan sistem pemerintahan berbasis teknologi informasi dan sedang menuju menjadi smart city. Oleh karena itu beberapa pengembangan sistem informasi dan basis data dalam bentuk website maupun aplikasi terus dilakukan.
Dari tampilan slide presentasi yang dihadirkan, Bapak Edi Kamtono memperlihatkan wujud nyata dari apa yang telah dilakukan selama Beliau menjabat sebagai Wali Kota Pontianak terpilih. Kedepannya masih ada beberapa rencana pengembangan yang akan dikerjakan menuju arah smart city.
Selanjutnya, Wakil Gubernur Kalimantan Barat Bapak Ria Norsan memberikan kata sambutan. Secara umum Beliau memberikan gambaran bagaimana pada saat ini perkembangan teknologi informasi terjadi dengan begitu cepatnya.

Memang jika diperhatikan pemerintah pusat sebagai pemangku kebijakan nasional sudah banyak melakukan cara dan upaya demi meningkatkan kesadaran literasi digital ke seluruh lapisan masyarakat. Akan tetapi dalam prakteknya di lapangan tetap dibutuhkan dukungan dari semua pihak, salah satu diantaranya Relawan TIK Indonesia.
Partisipasi RTIK Kalbar Kehadiran Relawan TIK Kalimantan Barat sebagai perpanjangan tangan dari kepengurusan organisasi pusat sejak tahun 2014 sudah cukup memberi andil dalam proses edukasi mengenai pemanfaatan teknologi informasi dan internet ke masyarakat.
Alhamdulillah di kuartal kedua tahun 2021, tepatnya di bulan April dan Mei, RTIK Kalbar telah menyelenggarakan 6 (enam) jenis kegiatan RTIK Berkreasi secara online via zoom meeting. Selain itu juga pernah mengikuti kegiatan Pelatihan Pandu Digital dari SiberKreasi.
Baca Selengkapnya:
Relawan TIK Kalbar Selenggarakan Webinar Literasi Digital Pertama Tahun 2021 Event Perdana RTIK Kalbar dalam Pelatihan Pandu Digital Selesainya sesi kata sambutan dari kedua sosok penting di Kalimantan Barat ini secara resmi menandakan agenda pertama dan kedua di hari pertama selesai dilaksanakan. Selanjutnya para peserta undangan yang hadir di ruangan maupun secara virtual diberikan waktu untuk jeda istirahat hingga jam 1 siang.
Berikut merupakan hasil rekaman video yang Blogger Borneo ambil pada saat sesi Peluncuran Gerakan Literasi Digital Nasional Indonesia Makin Cakap Digital yang dibuka langsung oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo.

Untuk pemaparan materi di sesi siang mengenai agenda Sesi Kelas Tular Nalar Google Sesi 1 dengan Tema Berdaya Internet dan Pemanfaatan Internet dalam Proses Belajar Mengajar, Blogger Borneo akan menuliskannya secara terpisah. (DW)
Referensi:
https://setkab.go.id/luncurkan-program-literasi-digital-nasional-presiden-dorong-masyarakat-makin-cakap-digital/

Artikel ini hanyalah simpanan cache dari url asal penulis yang berkebarangkalian sudah terlalu lama atau sudah dibuang :

https://bloggerborneo.com/presiden-jokowi-luncurkan-gerakan-literasi-digital-nasional/

Kempen Promosi dan Iklan
Kami memerlukan jasa baik anda untuk menyokong kempen pengiklanan dalam website kami. Serba sedikit anda telah membantu kami untuk mengekalkan servis percuma aggregating ini kepada semua.

Anda juga boleh memberikan sumbangan anda kepada kami dengan menghubungi kami di sini
Jokowi Di Hari Kebangkitan Nasional Bangkit Dan Menang Melawan Pandemi

Jokowi Di Hari Kebangkitan Nasional Bangkit Dan Menang Melawan Pandemi

papar berkaitan - pada 20/5/2021 - jumlah : 246 hits
Pada peringatan kali ini Presiden Joko Widodo meminta masyarakat tetap semangat dalam menghadapi pandemi yang sudah membelenggu lebih dari satu tahun
Ruang Ganjar 113 Tahun Hari Kebangkitan Nasional

Ruang Ganjar 113 Tahun Hari Kebangkitan Nasional

papar berkaitan - pada 19/5/2021 - jumlah : 233 hits
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mendukung penuh gagasan Gubernur DIY Sri Sultan Hamengkubuwono X yang mengajak seluruh warga menyanyikan lagu Indonesia Raya pada peringatan Hari Kebangkitan Nasional 20 Mei besok
Indonesia Makin Cakap Digital Peluncuran Program Literasi Digital Nasional

Indonesia Makin Cakap Digital Peluncuran Program Literasi Digital Nasional

papar berkaitan - pada 19/5/2021 - jumlah : 241 hits
Indonesia menjadi salah satu program yang akan diluncurkan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika melalui Gerakan Nasional Literasi Digital SiberKreasi Rencananya kegiatan ini akan dilaksanakan secara serentak di 34 Provinsi dan 514 Ka...
Hari Ini Jokowi Akan Lantik Letjen Ganip Warsito Jadi Kepala Bnpb

Hari Ini Jokowi Akan Lantik Letjen Ganip Warsito Jadi Kepala Bnpb

papar berkaitan - pada 25/5/2021 - jumlah : 212 hits
Diagendakan pelantikan akan berlangsung Selasa di Istana Negara Sebelumnya diketahui Letjen TNI Ganip Warsito baru saja dimutasi oleh Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto pada Januari 2021
Kemkominfo Beri Gelar Local Champion Literasi Digital Untuk 17 Pegiat Literasi Digital Dari Berbagai Sektor

Kemkominfo Beri Gelar Local Champion Literasi Digital Untuk 17 Pegiat Literasi Digital Dari Berbagai Sektor

papar berkaitan - pada 25/5/2021 - jumlah : 225 hits
Gelar Local Champion Literasi Digital diberikan kepada 17 pegiat yang mendorong masyarakat cakap digital sebagai apresiasi dari Kemkominfo
Jadikanlah Tarikh 11 Mei 2021 Sebagai Hari Kebangkitan Semula Umno

Jadikanlah Tarikh 11 Mei 2021 Sebagai Hari Kebangkitan Semula Umno

papar berkaitan - pada 11/5/2021 - jumlah : 288 hits
Jangan biar bahtera terus hanyut Tanggal 11 Mei adalah hari kelahiran parti politik orang Melayu yang terulung di negara ini iaitu Pertubuhan Kebangsaan Melayu Bersatu atau dalam bahasa Inggeris United Malays National Organization Parti pol...
56 Tahun Lemhannas Sekjen Kemenkum Ham Sebut Satu Napas Dengan Kebangkitan Nasional

56 Tahun Lemhannas Sekjen Kemenkum Ham Sebut Satu Napas Dengan Kebangkitan Nasional

papar berkaitan - pada 21/5/2021 - jumlah : 233 hits
Peresmian Lemhannas yang bertepatan dengan Harkitnas bukan tanpa alasan Andap menjelaskan kesamaan tersebut didasari pertimbangan bahwa jiwa dan semangat pembentukannya merupakan Semangat Kebangkitan Nasional
Ucapkan Selamat Idulfitri Jokowi Harap Hari Kemenangan Jadi Momentum Melawan Pandemi

Ucapkan Selamat Idulfitri Jokowi Harap Hari Kemenangan Jadi Momentum Melawan Pandemi

papar berkaitan - pada 12/5/2021 - jumlah : 170 hits
Kepala Negara mengakui bahwa silaturahmi jarak jauh sangatlah berat Tetapi tidak ada pilihan bahwa kesehatan dan keselamatan masyarakat yang harus diutamakan
Presiden Jokowi Dan Ibu Iriana Salat Idulfitri 1442 H Di Istana Kepresidenan Bogor

Presiden Jokowi Dan Ibu Iriana Salat Idulfitri 1442 H Di Istana Kepresidenan Bogor

papar berkaitan - pada 13/5/2021 - jumlah : 231 hits
Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo melaksanakan salat Idulfitri 1442 H di halaman Gedung Induk Istana Kepresidenan Bogor Jawa Barat Kamis
The Evolution Of Adult Entertainment

Epf Account 3 Can Help Contributors During Emergencies Expert

Work Harder At Communicating Achievements On Reforms Govt Told

Pm Akan Umum Sspa Terbaik Pernah Diperkenalkan Kerajaan

Pelepasan Cukai Sukan 2024 Senarai 103 Sukan Tersenarai

Apabila Sang Profesor Datang Melawat

Pemilik Kereta Tertekan Hon Kerana Panik Polis

Cara Guna Cimb Dan Cara Check Status Loan Cimb



10 Istilah Hampir Serupa Bahasa Inggeris Yang Kita Keliru Penggunaannya

5 Trend Bodoh Netizen Yang Nampaknya Semakin Menjadi Jadi

Info Dan Sinopsis Drama Berepisod Puaka Cuti Semester Slot Lestary TV3

Biodata Rozana Rozek TV Youtuber Resipi

8 Istilah Jerman Yang Kita Rakyat Malaysia Kerap Gunakan


M U S M

Data Drives Dollars How Competitive Intelligence Optimizes Sales Marketing Roi

Tanya Hadi Mengapa Tak Bantah Akta Laut Wilayah Mb Terengganu Diberitahu

Cabaran Getir Menanti Ph Di Kkb

Nga S Aide Chosen For Kuala Kubu Baharu After Dap Abandoned Hope Of Malay Vote

World Bank Report Says Malaysian Children Not Learning Enough In Schools