Tips Merawat Anggrek Untuk Pemula


Tips Merawat Anggrek Untuk Pemula - Anggrek merupakan bunga cantik yang sering dijumpai di dataran tinggi yang pesonanya tidak bisa dipungkiri. Namun dibalik keindahannya, ada harga yang harus dibayar untuk memilikinya. 


Belum lagi dengan cara Merawat Anggrek yang dikenal tidak mudah. Tanaman ini biasanya tidak hidup di pot atau di tanah langsung, tetapi menggantung di sisi batang pohon. Beberapa jenis bahkan harus ditanam di media khusus dan di tempat yang kelembabannya tepat.
Bagaimana cara merawat anggrek?
Baca Juga : 

Tips Menanam Tanaman Gelombang Cinta  Tips Menanam Katus Hingga PerawatannyaMacam Macam Tanaman Hias Gantung
Cara merawat anggrek untuk pemula
Meski terdengar melelahkan, sebenarnya cara merawat anggrek terbilang tidak sesulit yang dibayangkan. Hanya saja ada teknik khusus yang sedikit berbeda dengan bunga yang lainnya. Berikut rangkuman lengkap untuk Anda tentang berbagai cara merawat anggrek agar tidak layu dan mudah mati.
1. Jenis Tanaman Anggrek Yang Tersebar Di Dunia
Anggrek memiliki lebih dari 800 genera dan 22.000 spesies yang tersebar di seluruh dunia. Dengan status ini, mereka juga dijuluki tumbuhan paling beragam. Sifatnya yang menyukai tempat lembab juga membuatnya banyak ditemukan di daerah beriklim tropis seperti Asia, Amerika Tengah, dan Amerika Selatan.
Anggrek tidak tumbuh langsung di tanah, tetapi di batang pohon atau di bebatuan berlumut. Meski jenisnya mencapai ribuan, hanya sedikit jenis anggrek yang biasa dibudidayakan dan diperdagangkan. Berikut ini beberapa jenis tanaman anggrek yang bisa ditemukan di Indonesia.
Cattleya
Jenis bunga anggrek yang memiliki warna dominan magenta atau ungu tergantung dari jenis dan hasil persilangannya. Cattleya berasal dari wilayah Amerika Tengah dan Selatan, namun kemudian menyebar ke berbagai belahan dunia. Jenis ini juga memiliki warna cantik yang mencolok, dan aroma yang sedap.
Cymbidium
Jenis ini dikenal sebagai anggrek perahu dengan ukuran bunga yang cukup kecil dibandingkan dengan anggrek lainnya. Jenis berbunga ini cukup lebat dan indah untuk dilihat. Cara merawat anggrek yang satu ini sangat mudah dan sering dipilih oleh para pemula.
Dendrobium
Jenis anggrek lain yang paling umum adalah Dendrobium. Warnanya bernuansa magenta dan putih. Spesies ini dikenal sebagai yang paling berbunga di dunia. Ia juga sangat mudah dikenali dari warnanya yang mencolok. Ini lebih sering ditemukan di daratan Asia, Australia, dan Kepulauan Pasifik.
ludisia
Jenis tanaman anggrek ini juga dikenal sebagai anggrek permata. Ukuran bunganya relatif kecil, namun cukup lebat dan sangat menarik. Anggrek ini juga merupakan jenis anggrek yang mudah dibudidayakan. Biasanya ditemukan di Asia Selatan dan Asia Tenggara.
2. Media tanam anggrek yang paling tepat
Sebelum mulai merawatnya, tentunya Anda perlu memastikan bahwa anggrek Anda berada di habitat yang tepat. Anggrek biasanya ditanam di media yang lembab, yang bisa berupa kombinasi tanah liat, pasir, dan serpihan kulit kayu. Beberapa juga menggunakan sphagnum moss, atau spesies lumut tertentu yang memiliki tekstur seperti spons.
Keripik kulit kayu dan sphagnum moss memiliki fungsi untuk menjaga kadar air dalam tanah dan menjaganya agar tetap lembab selama beberapa hari sebelum jadwal penyiraman berikutnya. Kebanyakan anggrek menyukai kelembapan, terutama Cypripedium reginae (sandal wanita) dan Phaius tankervilleae (anggrek biarawati)
Keripik kulit kayu sebenarnya memiliki fungsi yang sama dengan lumut, namun tidak dapat menyimpan banyak air atau cepat kering. Oleh karena itu, lebih cocok untuk jenis anggrek tertentu yang tidak memerlukan kelembaban tinggi seperti Phalaenopsis (anggrek bulan) dan Cattleya.
Hal lain yang harus diperhatikan adalah proses penggantian pot atau media tanam. Hal ini karena biasanya media tanam akan terurai seiring berjalannya waktu. Biasanya setiap 1-2 tahun sekali, Anda harus menggantinya dengan yang baru. 
Cara memindahkannya sebenarnya cukup mudah.
Setelah diangkat dan dipisahkan dari media tanam yang lama, segera buang akar anggrek yang mati. Akar mati akan terlihat dari warnanya sudah mulai menghitam atau menggelap. Mereka harus dihilangkan sebelum dipindahkan ke media tanam baru. Demikianlah informasi tentang tips merawat anggrek untuk pemula semoga bermanfaat.


Artikel ini hanyalah simpanan cache dari url asal penulis yang berkebarangkalian sudah terlalu lama atau sudah dibuang :

https://ceritakin.blogspot.com/2021/12/tips-merawat-anggrek-untuk-pemula.html

Kempen Promosi dan Iklan
Kami memerlukan jasa baik anda untuk menyokong kempen pengiklanan dalam website kami. Serba sedikit anda telah membantu kami untuk mengekalkan servis percuma aggregating ini kepada semua.

Anda juga boleh memberikan sumbangan anda kepada kami dengan menghubungi kami di sini
Tips Merawat Tanaman Hias Di Musim Hujan

Tips Merawat Tanaman Hias Di Musim Hujan

papar berkaitan - pada 20/12/2021 - jumlah : 197 hits
Tips Merawat Tanaman Hias Di Musim Hujan Tips Merawat Tanaman Hias Di Musim Hujan Di masa pandemi kebanyakan orang memilih menyalurkan hobi memelihara tanaman hias untuk mengisi waktu dengan kegiatan yang bermanfaat Ya selain membuat rumah ...
7 Tips Jadi Social Media Influencer Untuk Pemula

7 Tips Jadi Social Media Influencer Untuk Pemula

papar berkaitan - pada 24/12/2021 - jumlah : 250 hits
Cara Nak Jadi Social Media Influencer Untuk PemulaDah jadi trend sekarang ramai orang berlumba lumba nak jadi social media influencer Bunyi macam seronok je kan Realitinya menjadi social media influencer bukanlah satu tugas yang mudah Dah n...
5 Tips Berlari Untuk Beginner Laju Laju Nak Pergi Mana

5 Tips Berlari Untuk Beginner Laju Laju Nak Pergi Mana

papar berkaitan - pada 8/12/2021 - jumlah : 395 hits
Orang kata untuk memulakan sesuatu tabiat menjadikan ia sebagai rutin TAK MUDAH tapi sebenarnya tak susah juga kalau korang memang ada misi untuk meningkatkan mutu kehidupan sekaligus berubah menjadi lebih baik Nah Kakak kongsikan lima tips...
Tips Asas Untuk Kenyang Dengan Sepinggan Nasi

Tips Asas Untuk Kenyang Dengan Sepinggan Nasi

papar berkaitan - pada 8/12/2021 - jumlah : 162 hits
Tips asas untuk kenyang dengan sepinggan nasi Assalamualaikum dan Hai Bila kita dengar perkataan Kurus atau Diet mesti kita akan risau untuk lapar sebab kena kurangkan makanan dalam seharian Sebenarnya silap apa yang kita fikir tu Untuk kur...
8 Makanan Kucing Terbaik Di Malaysia 2021 Dan Tips Memilih

8 Makanan Kucing Terbaik Di Malaysia 2021 Dan Tips Memilih

papar berkaitan - pada 7/12/2021 - jumlah : 392 hits
Para peminat kucing mesti mengutamakan pemilihan makanan kucing terbaik dan berkualiti untuk haiwan kesayangan mereka Pemilihan makanan sangat penting untuk memastikan kucing sentiasa sihat berbulu lebat gebu dan kekal comel sepanjang masa ...
Bought A House With A Furnace Here Are 5 Tips To Make It Last

Bought A House With A Furnace Here Are 5 Tips To Make It Last

papar berkaitan - pada 9/12/2021 - jumlah : 203 hits
Furnaces are a great way to keep your home warm through cold winters They are effective enough to be used throughout the United States whether it be in the frigid winters of Bismarck or the The post appeared first on
Tips Penjagaan Mata Bagi Anak Yg Giler Gajet

Tips Penjagaan Mata Bagi Anak Yg Giler Gajet

papar berkaitan - pada 9/12/2021 - jumlah : 285 hits
Assalammualaikum dan Salam SejahteraDunia makin hari makin maju boleh dikatakan semua dihujung jari Dari kerja hinggalah ke pembelajaran anak kebanyakan menggunakan peranti pintar mudah alih Secara tidak langsung mata kita makin hari makin ...
Hilangkan Kesan Kunyit Yang Melekat Kat Tangan Try Tips Ini

Hilangkan Kesan Kunyit Yang Melekat Kat Tangan Try Tips Ini

papar berkaitan - pada 10/12/2021 - jumlah : 233 hits
Korang biasa gaul kunyit kat ikan atau ayam pakai sarung tangan ke Ke ada yang lebih suka guna tangan macam sis Sis tak retilah nak pakai sarung tangan ataupun seduk dan sebagainya untuk mengaulnya Rasa macam keduanya ataupun bahan perapan ...
5 Tips To Afford Your First Home

5 Tips To Afford Your First Home

papar berkaitan - pada 9/12/2021 - jumlah : 174 hits
Purchasing your first home is a major milestone It s easy to scroll through your favorite real estate listing sites and dream What s not easy is saving the cash you need to put in an offer The post appeared first on
Absolute Power Corrupts Absolutely

Potensi Pemulihan Ringgit Terancam Jika Data Pekerjaan As Mengejutkan Negatif

Igp Chief Editor Of English Portal To Be Questioned Over Forest City Casino Claim

8 Tip Tingkatkan Sales Homestay Anda

Cara Memasarkan Homestay Anda

Dapatkan Porsche Design Honor Magic6 Rsr Di Honor Experience Store Terpilih Pada 5 Mei

Overcoming Funding Challenges

Samsung Knox Empowering Consumer Security In The Galaxy A55 5g



Info Dan Sinopsis Drama Berepisod Aku Bukan Ustazah Slot Akasia TV3

Info Dan Sinopsis Drama Berepisod Bercakap Dengan Jun Slot DramaVaganza Astro Ria

5 Amalan Muslim Yang Sering Dijadikan Bahan Lawak di Malaysia

6 Fungsi Kereta Yang Sepatutnya Ada Tapi Tak Dijadikan Standard

5 Perkhidmatan Yang Kini Entah Kenapa Kita Langgan Bulanan


Help Shape Ai With Malaysian Values Says Anwar

Friendly Fire Between Umno Youth Head And Bersatu Counterpart Opens A Can Of Worms

Negeri Sembilan Akan Menaikan Gaji Penjawat Awam

Gaji Mei 2024 Tarikh Pembayaran Gaji Penjawat Awam

Bella Astillah Feat Didi Astillah Bermanja Manja Chord

Perjalanan Mendapat Haji Yang Mabrur