Tanggapan Bmkg Soal Kabar Potensi Gempa 8 8 Sr Dan Tsunami Dahsyat Di Pantai Selatan Jawa


Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memberi jawaban soal kabar adanya potensi gempa 8,8 Skala Richter (SR) dan tsunami dahsyat setinggai 20 meter di Pantai selatan Jawa.
Sebelumnya, dikutip dari TribunMedan yang mengutip dari laman Antaranews, Pakar Tsunami dari Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT), Widjo Kongko memprakirakan gempa megathrust berpotensi terjadi di selatan Pulau Jawa.
Gempa yang berpotensi terjadi sebesar 8,5 hingga 8,8 SR diprediksi menimbulkan gelombang tsunami dengan ketinggian 20 meter di sepanjang pantai tersebut.
Dampak gelombang gempa tsunami berpotensi mengenai selatan Jawa khususnya selatan DIY cukup panjang yaitu Cilacap hingga Jawa Timur.
Gelombang tsunami tersebut memiliki potensi ketinggian 20 meter dengan jarak rendaman sekitar tiga hingga empat kilometer.
Prediksi gelombang tsunami diakibatkan oleh adanya segmen-segmen megathrust di sepanjang selatan Jawa.
“Ada segmen-segmen megathrust di sepanjang selatan Jawa hingga ke Sumba di sisi timur dan di selatan Selat Sunda.”
“Akibatnya, ada potensi gempa megathrust dengan magnitudo 8,5 hingga 8,8,” terang Widjo Kongko di Yogyakarta, Rabu (17/7/2019).
Widjo juga mengungkap gelombang tsunami akan tiba dalam waktu 30 menit usai terjadi gempa besar.
“Jika Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) membutuhkan waktu lima menit sejak gempa untuk menyampaikan peringatan dini, maka masyarakat hanya memiliki waktu sekitar 25 menit untuk melakukan evakuasi atau tindakan antisipasi lain,” katanya.
Tanggapan BMKG
Lantas apa tanggapan BMKG atas kabar potensi gempa 8,8 SR itu? Humas BMKG memberikan jawaban di akun twitternya, @infoHumasBMKG,  soal kabar tersebut, Jumat (19/7/2019).
BMKG memberikan tanggapan saat sejumlah warganet menanyakan soal kabar gempa 8,8 SR itu.
“Menurut BMKG, wilayah Indonesia merupakan wilayah yang rawan terjadinya gempabumi baik berkekuatan besar maupun yang kecil. Tetapi, gempabumi belum dapat diprediksi. Sementara, tsunami dapat diprediksi jika ada gempa yang berpotensi tsunami,” tulis BMKH di akun twitter @infoHumasBMKG.
Cuitan BMKG menanggapi kabar gempa 8,8 SR di selatan Pantai Jawa BMKG menambahkan, yang paling penting adalah kewaspadaan dan kesiapan masyarakat menghadapi bencana.
“Yang terpenting adalah sikap kewaspadaan dan kesiapsiagaan masyarakat terhadap bencana gempabumi,” tulis @infoHumasBMKG.
Warganet lainnya juga bertanya soal kabar akan adanya gelombang tsunami untuk Jawa bagian selatan.
BMKG pun kembali merespons. Menurut BMKG, saat ini memang ada potensi gelombang air laut di perairan selatan Jawa.
Namun, potensi gelombang itu bukan gelombang tsunami melainkan gelombang tinggi setinggi 4-6 meter.
“Menurut hasil pantauan BMKG, terdapat potensi gelombang setinggi 4-6 meter di perairan selatan P.Jawa hingga P.Sumbawa. Bukan gelombang tsunami ya. Tapi masyarakat tetap harus waspada terhadap gelombang tinggi tersebut,” cuit @infoHumasBMKG lagi.
Menurut hasil pantauan BMKG, terdapat potensi gelombang setinggi 4-6 meter di perairan selatan P.Jawa hingga P.Sumbawa. Bukan gelombang tsunami ya. Tapi masyarakat tetap harus waspada terhadap gelombang tinggi tersebut pic.twitter.com/EOXXPQWIhh
— Humas_BMKG (@InfoHumasBMKG) July 19, 2019

Himpunan Keluarga Maluku Utara Galang Dana Untuk Korban Gempa di Halmahera di Jakarta
Presiden Republik Indonesia Joko Widodo diharapkan hadir pada acara penggalangan dana untuk korban gempa di Halmahera, Maluku Utara, pada 28Juli 2019 di Hotel Borobudur/Grand Cempaka Jakarta
Kegiatan penggalangan dana untuk meringankan penderitaan ribuan kepala keluarga yang terdampak gempa di Halmahera Selatan tersebut di selenggarakan oleh Himpunan Keluarga Maluku Utara (HIKMU).
“Kami harapkan Pak Presiden Jokowi akan hadir dalam acara nanti. Karena kami tahu persis bahwa Pak Jokowi sangat mencintai Maluku Utara,” ungkap Ketua Panitia Penyelenggara, Iqbal Iskandar Alam.
Sementara itu, Ketua Bidang Komunikasi dan Olahraga HIKMU, Tommy Rusihan Arief mengatakan komunikasi dengan pihak Istana sudah dilakukan.
“Ya kita sudah berkomunikasi dengan pihak Istana untuk kehadiran Bapak Presiden. Mudah-mudahan semuanya berjalan sesuai rencana,” jelasnya.
Baik Iqbal Iskandar Alam maupun Tommy Rusihan Arief mengungkapkan sedikitnya sudah 150 pengusaha baik asal Maluku Utara maupun luar Malut sudah menyatakan kesediaannya untuk berkontribusi dalam acara penggalangan dana nanti.
“Mereka semua terpanggil karena ini menyangkut masalah kemanusiaan,” jelas putra asal Bacan, Halsel ini.
Tommy Rusihan Arief menambahkan bahwa guna menguatkan upaya penggalangan dana untuk bencana Halsel ini selanjutnya akan diadakan pertandingan amal golf dan sepakbola.
Bencana yang mengguncang Halmahera Selatan pekan lalu menelan sedikitnya lima korban jiwa dan ribuan rumah penduduk terdampak yang rusak berat, sedang dan ringan.
Sumber: tribunnews.com


Artikel ini hanyalah simpanan cache dari url asal penulis yang berkebarangkalian sudah terlalu lama atau sudah dibuang :

https://islamidia.com/tanggapan-bmkg-soal-kabar-potensi-gempa-88-sr-dan-tsunami-dahsyat-di-pantai-selatan-jawa/

Kempen Promosi dan Iklan
Kami memerlukan jasa baik anda untuk menyokong kempen pengiklanan dalam website kami. Serba sedikit anda telah membantu kami untuk mengekalkan servis percuma aggregating ini kepada semua.

Anda juga boleh memberikan sumbangan anda kepada kami dengan menghubungi kami di sini
Inilah Jejak Gempa Dan Tsunami Dahsyat Yang Dibangkitkan Zona Megathrust Pantai Selatan Jawa

Inilah Jejak Gempa Dan Tsunami Dahsyat Yang Dibangkitkan Zona Megathrust Pantai Selatan Jawa

papar berkaitan - pada 19/7/2019 - jumlah : 199 hits
Pakar Tsunami dari Badan Pengkajian Penerapan Teknologi Widjo Kongko mengungkap fakta fakta tentang potensi gempa dan tsunami di pantai selatan DIY Menurut dia wilayah pertemuan lempeng Eurasia dan Indoaustralia di pantai selatan mampu memb...
Viral Potensi Tsunami Selatan Jawa Bmkg Sebut Indonesia Memang Rawan

Viral Potensi Tsunami Selatan Jawa Bmkg Sebut Indonesia Memang Rawan

papar berkaitan - pada 21/7/2019 - jumlah : 220 hits
Beberapa hari belakangan media sosial dihebohkan dengan kabar potensi gempa dan tsunami Selatan Jawa Viralnya kabar ini karena dalam narasi yang beredar ada potensi gempa besar mencapai magnitudo 8 8 dan tsunami di Yogyakarta mencapai 20 me...
Katanya Pantai Selatan Jawa Akan Dilanda Gempa 8 8 Sr Tsunami Setinggi 20 Meter Yuk Mulai Waspada

Katanya Pantai Selatan Jawa Akan Dilanda Gempa 8 8 Sr Tsunami Setinggi 20 Meter Yuk Mulai Waspada

papar berkaitan - pada 18/7/2019 - jumlah : 308 hits
Nggak bisa dipastikan kapan terjadinya tapi tidak menutup kemungkinan juga terjadi dalam waktu dekat Apalagi baru ada rentetan gempa terjadi di Indonesia kan
Gempa Berpontensi Tsunami Bmkg Imbau Warga Maluku Utara Hindari Pantai

Gempa Berpontensi Tsunami Bmkg Imbau Warga Maluku Utara Hindari Pantai

papar berkaitan - pada 8/7/2019 - jumlah : 156 hits
Gempa Berpontensi Tsunami BMKG Imbau Warga Maluku Utara Hindari Pantai Hingga saat ini BMKG terus melakukan pemantauan Menurut dia Pusat Gempa Nasional BMKG sedang melakukan pantauan terhadap kenaikan terkait adanya potensi lebih lanjut
Viral Potensi Tsunami Selatan Jawa Bnpb Minta Warga Ingat Rumus 20 20 20

Viral Potensi Tsunami Selatan Jawa Bnpb Minta Warga Ingat Rumus 20 20 20

papar berkaitan - pada 22/7/2019 - jumlah : 191 hits
Informasi mengenai adanya potensi gempa megathrust bermagnitudo 8 8 dan disertai tsunami dengan ketinggian mencapai 20 meter ramai dibicarakan di media sosial dalam pekan ini Menanggapi kabar ini Pelaksana Harian Kepala Pusat Data Informasi...
Kabar Potensi Tsunami 20 Meter Bikin Warga Cilacap Panik

Kabar Potensi Tsunami 20 Meter Bikin Warga Cilacap Panik

papar berkaitan - pada 21/7/2019 - jumlah : 226 hits
Pakar tsunami dari Badan Pengkajian Penerapan Teknologi Widjo Kongko mengatakan ada potensi gempa megathrust Magnitudo 8 8 di selatan Jawa
Gempa Magnitudo 7 Dan Potensi Tsunami Warga Manado Berhamburan Ke Luar Rumah

Gempa Magnitudo 7 Dan Potensi Tsunami Warga Manado Berhamburan Ke Luar Rumah

papar berkaitan - pada 8/7/2019 - jumlah : 160 hits
Gempa M 7 dan Potensi Tsunami Warga Manado Berhamburan ke Luar Rumah BMKG mengeluarkan peringatan dini tsunami setelah terjadi guncangan gempa M 7 1 di Barat Daya Ternate Peringatan dini tsunami ini diterbitkan untuk wilayah Sulawesi Utara ...
Gempa 7 1 Guncang Ternate Bmkg Berpotensi Tsunami Di Sulawesi Utara Dan Maluku Utara

Gempa 7 1 Guncang Ternate Bmkg Berpotensi Tsunami Di Sulawesi Utara Dan Maluku Utara

papar berkaitan - pada 8/7/2019 - jumlah : 191 hits
Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika mencatat terjadinya gempa di barat daya Ternate Maluku Utara Minggu malam Dikutip dari akun twitter BMKG gempa ini berkekuatan 7 1 Gempa terjadi pada pukul 22 08 WIB Pusat gempa berada di koordina...
Masyarakat Pesisir Pantai Selatan Diminta Pahami Tanda Tsunami

Masyarakat Pesisir Pantai Selatan Diminta Pahami Tanda Tsunami

papar berkaitan - pada 22/7/2019 - jumlah : 156 hits
Masyarakat pantai selatan Kabupaten Malang diminta selalu waspada terhadap potensi terjadinya gempa dan tsunami Karena wilayah yang berada di area pergerakan aktif lempeng Indo Australia dan Euroasia
Towards More Comprehensive Pension Reform

3 Sebab Kenapa Kashmir Menjadi Pilihan Traveler Malaysia

Polis Jerman Sita Bugatti Rare Dalam Siasatan Berkait 1mdb

Makanan Perlis Paling Popular

Panduan Produk Kesihatan

Tafsir Mimpi Gajah

Laporan Bank Dunia Mengeluarkan Isyarat Bahaya Terhadap Sistem Pendidikan Malaysia

Should Stakeholders Sue Bloomberg To Prove 2nd Casino Licence Claim For Johor S Forest City Is Sheer Slander



Info Dan Sinopsis Drama Berepisod Leha Leya Lawa Tonton

Info Dan Sinopsis Restu Drama Melayu Berepisod Platform Online iQIYI Malaysia

10 Istilah Hampir Serupa Bahasa Inggeris Yang Kita Keliru Penggunaannya

5 Trend Bodoh Netizen Yang Nampaknya Semakin Menjadi Jadi

Info Dan Sinopsis Drama Berepisod Puaka Cuti Semester Slot Lestary TV3


5 Rekomendasi Laptop Untuk Mahasiswa Akuntansi Terbaru

Amang Seksual Inspektor Polis Ditahan Kerja

Lyodra Tak Selalu Memiliki Chord

No Campaign Elements In Kkb Hari Raya Open House Selangor Mb Tells Bersih

Should Stakeholders Sue Bloomberg To Prove 2nd Casino Licence Claim For Johor S Forest City Is Sheer Slander

Essential Guide To Safe Well Water Maintenance