Inilah Jejak Gempa Dan Tsunami Dahsyat Yang Dibangkitkan Zona Megathrust Pantai Selatan Jawa


Pakar Tsunami dari Badan Pengkajian Penerapan Teknologi (BPPT) Widjo Kongko mengungkap fakta-fakta tentang potensi gempa dan tsunami di pantai selatan DIY.
Menurut dia, wilayah pertemuan lempeng Eurasia dan Indoaustralia di pantai selatan mampu membangkitkan gempa tektonik hingga magnitudo 8,8. Dengan kekuatan yang cukup besar itu, maka gempa tersebut memiliki potensi tinggi menciptakan tsunami.
Hal itu diungkapkan dalam acara jumpa pers di Kantor Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DIY Pada Rabu (17/7/2019).
Adapun wilayah ancaman berupa bencana gempa bumi yang berpotensi tsunami di DIY ini terletak di pesisir selatan yang berbatasan dengan Samudera Indonesia.
Ia menjelaskan bahwa Samudera Indonesia di selatan Pulau Jawa adalah merupakan pertemuan lempeng Eurasia dan Indoaustralia yang merupakan potensi sumber terjadinya gempa bumi tektonik.
Letak pertemuan lempeng di tengah laut menyebabkan wilayah pesisir menjadi rentan terhadap bahaya tsunami yang diakibatkan oleh pergeseran lempeng tersebut.
Widjo menyebut pergeseran lempeng tersebut berakibat adanya potensi gempa megathrust yang memiliki potensi kekuatan hingga magnitudo 8,8 di selatan Pulau Jawa sehingga menyebabkan tsunami.
“Ada segmen-segmen megathrust di sepanjang selatan Jawa hingga ke Sumba di sisi timur dan di selatan Selat Sunda. Akibatnya, ada potensi gempa megathrust dengan magnitudo 8,5 hingga 8,8,” jelasnya.
Berdasarkan permodelan, gelombang tsunami tersebut memiliki potensi ketinggian mencapai 20 meter dengan jarak rendaman sekitar tiga hingga empat kilometer.
Dari permodelan itu, Widjo menyebut, gelombang tsunami akan tiba dalam waktu sekitar 30 menit usai terjadi gempa besar.
“Jika Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) membutuhkan waktu lima menit sejak gempa untuk menyampaikan peringatan dini, maka masyarakat hanya memiliki waktu sekitar 25 menit untuk melakukan evakuasi atau tindakan antisipasi lain,” tegasnya.
Ia juga menjabarkan, daerah yang berpotensi terkena dampak gelombang tsunami jika terjadi gempa megathrust di selatan Jawa khususnya di selatan DIY cukup panjang yaitu mulai dari daerah Cilacap hingga ke Jawa Timur.
Berdasarkan catatan, gempa besar di selatan Pulau Jawa yang menimbulkan gelombang tsunami pernah beberapa kali terjadi.
Diantaranya pada tahun 1994 di Banyuwangi dengan magnitudo 7 dan pada 2006 yang menyebabkan tsunami di Pangandaran akibat gempa bermagnitudo 6,8.
“Pada gempa tahun 1994, memang tidak ada catatan terjadi tsunami di DIY. Namun pada tahun 2006 ada catatan terjadi tsunami di selatan DIY tetapi jangkauannya tidak melebihi Gumuk Pasir di Parang Kusumo,” bebernya.
Kendati demikian, dari penelitian yang dilakukan, peristiwa gempa megathrust di selatan Pulau Jawa pernah terjadi dengan kekuatan magnitudo 9.
“Umur radioaktif dari unsur-unsur yang kami temukan di Lebak Banten dan Bali memiliki umur yang sama. Artinya, pernah ada tsunami di selatan Jawa yang disebabkan gempa dengan magnitudo besar,” pungkasnya.
Jejak Gempa dan Tsunami Pesisir Selatan
Sebelumnya peneliti LIPI, Eko Yulianto, lewat uji karbon menemukan deposit tsunami di pesisir Kulonprogo, DIY, berusia 300 tahun, atau diduga terjadi tahun 1699.
Deposit lebih tua ditemukan berusia 1.698 tahun, 2.785 tahun, dan 3.598 tahun. Deposit dengan usia lebih kurang sama ditemukan di Lebak, Banten hingga Cilacap, Jateng.
Temuan ini menunjukkan gempa besar dan tsunami dahsyat sangat potensial di sepanjang wilayah ini.
Gempa Bantul 2006 berpusat di dekat daratan Parangtritis, persis di patahan Opak yang memanjang dari Parangtritis hingga Piyungan berbelok ke timur mengikuti kaki pegunungan Nglanggeran hingga Bayat, Klaten.
Ke utara dari Piyungan memanjang melewati Prambanan hingga sebelah timur gunung Merapi.
Meski tidak ada dalam catatan sejarah, perbedaan ekstrem kontur daratan di sisi timur Parangtritis dan dataran sebelah barat, mengindikasikan pernah terjadi tunjaman akibat patahan hebat.
Entah berapa juta tahun lalu, namun mestinya kontur daratan Bantul dan Gunungkidul pernah di level sama.
Seperti halnya daratan Gunungkidul yang sambung menyambung dengan kontur perbukitan karst Wonogiri, Pacitan, terus ke timur hingga Malang, Lumajang hingga Banyuwangi.
Patahan yang ambles mulai dari sisi timur Parangtritis hingga Kulonprogo itu akhirnya sebagian besar terisi endapan vulkanis dari gunung Merapi di sebelah utara.
Endapan itu sebagian besar berasal dari gunung Merapi Tua dan kemungkinan sebagian dari gunung Bibi, yang jauh lebih tua.
Daratan yang patah dan ambles, yang sekaligus jadi pembatas tegas antara dataran rendah Yogya hingga Bantul dan perbukitan di Gunungkidul ini sedikit banyak menjelaskan mengapa daerah terdampak paling parah gempa 2006 terlihat dari Pundong (Bantul) hingga Berbah (Sleman).
Dari temuan dan pembacaan sumber sejarah kuna tertulis, bencana besar tertulis di Prasasti Rukam bertarikh  829 Saka atau 907 Masehi.
Prasasti ini dikeluarkan Sri Maharaja Dyah Balitung sebagai pemimpin kerajaan Mdang Mataram saat itu.
Prasasti tembaga ini ditemukan di Desa Petarongan, Parakan, Temanggung pada 1975. Inti prasasti itu adalah perintah dari Dyah Balitung lewat sang putra mahkota, Rakryan Mahamantri i Hino Sri Daksotamma Bahubajra Pratikpasaya, agar menjadikan Desa Rukam sebagai tanah sima (perdikan) bagi sang nenek, Rakryan Sanjiwana.
Desa itu disebutkan hancur karena letusan gunung berapi. Namun tidak dijelaskan gunung api mana yang membuat desa itu hancur lebur.
Mengingat temuan ada di wilayah Parakan, diduga kuat gunung berapi yang dimaksud itu Gunung Sindoro.
Penemuan bangunan pemujaan dan permukiman kuno Mataram di Liyangan, Parakan, Temanggung menguatkan dugaan itu.
Situs berciri Hindu itu terkubur bermeter-meter di bawah permukaan oleh material vulkanik dari arah Gunung Sindoro.
Struktur bangunan mula pertama ditemukan tak sengaja ketika para penggali pasir menemukan batu-batu persegi di kedalaman lebih kurang enam meter.
Penelitian selama lima tahun terakhir menampakkan Situs Liyangan sebagai bangunan pemujaan dan kompleks hunian cukup besar.
Jejak lain bencana alam telah mengubur peradaban Mataram Kuna bisa disaksikan langsung di Candi Sambisari, Candi Kimpulan, Candi Losari, dan Candi Kedulan. Bangunan terakhir ini tengah dalam proses pemugaran candi induknya.
Candi Sambisari dan Kedulan yang berdekatan lokasinya di Purwomartani dan Tirtomartani, Kalasan, Sleman, saat ditemukan terkubur material vulkanik dari Merapi, sedalam 6-8 meter.
Sumber: tribunnews.com


Artikel ini hanyalah simpanan cache dari url asal penulis yang berkebarangkalian sudah terlalu lama atau sudah dibuang :

https://islamidia.com/inilah-jejak-gempa-dan-tsunami-dahsyat-yang-dibangkitkan-zona-megathrust-pantai-selatan-jawa/

Kempen Promosi dan Iklan
Kami memerlukan jasa baik anda untuk menyokong kempen pengiklanan dalam website kami. Serba sedikit anda telah membantu kami untuk mengekalkan servis percuma aggregating ini kepada semua.

Anda juga boleh memberikan sumbangan anda kepada kami dengan menghubungi kami di sini
Tanggapan Bmkg Soal Kabar Potensi Gempa 8 8 Sr Dan Tsunami Dahsyat Di Pantai Selatan Jawa

Tanggapan Bmkg Soal Kabar Potensi Gempa 8 8 Sr Dan Tsunami Dahsyat Di Pantai Selatan Jawa

papar berkaitan - pada 20/7/2019 - jumlah : 170 hits
Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika memberi jawaban soal kabar adanya potensi gempa 8 8 Skala Richter dan tsunami dahsyat setinggai 20 meter di Pantai selatan Jawa Sebelumnya dikutip dari TribunMedan yang mengutip dari laman Antaran...
Katanya Pantai Selatan Jawa Akan Dilanda Gempa 8 8 Sr Tsunami Setinggi 20 Meter Yuk Mulai Waspada

Katanya Pantai Selatan Jawa Akan Dilanda Gempa 8 8 Sr Tsunami Setinggi 20 Meter Yuk Mulai Waspada

papar berkaitan - pada 18/7/2019 - jumlah : 308 hits
Nggak bisa dipastikan kapan terjadinya tapi tidak menutup kemungkinan juga terjadi dalam waktu dekat Apalagi baru ada rentetan gempa terjadi di Indonesia kan
Gempa Berpontensi Tsunami Bmkg Imbau Warga Maluku Utara Hindari Pantai

Gempa Berpontensi Tsunami Bmkg Imbau Warga Maluku Utara Hindari Pantai

papar berkaitan - pada 8/7/2019 - jumlah : 156 hits
Gempa Berpontensi Tsunami BMKG Imbau Warga Maluku Utara Hindari Pantai Hingga saat ini BMKG terus melakukan pemantauan Menurut dia Pusat Gempa Nasional BMKG sedang melakukan pantauan terhadap kenaikan terkait adanya potensi lebih lanjut
Gempa Dahsyat 6 4 California Selatan Getaran Terasa Sampai Ke Los Angeles

Gempa Dahsyat 6 4 California Selatan Getaran Terasa Sampai Ke Los Angeles

papar berkaitan - pada 5/7/2019 - jumlah : 310 hits
California telah digegarkan dengan gempa bumi terburuk dalam tempoh 20 tahun di kawasan selatan negara tersebut Gempa bumi kuat dengan kekuatan 6 4 skala Richter itu berlaku di Ridgecrest kira kira 150 kilometer Utara dari Los Angeles Menur...
Viral Potensi Tsunami Selatan Jawa Bnpb Minta Warga Ingat Rumus 20 20 20

Viral Potensi Tsunami Selatan Jawa Bnpb Minta Warga Ingat Rumus 20 20 20

papar berkaitan - pada 22/7/2019 - jumlah : 191 hits
Informasi mengenai adanya potensi gempa megathrust bermagnitudo 8 8 dan disertai tsunami dengan ketinggian mencapai 20 meter ramai dibicarakan di media sosial dalam pekan ini Menanggapi kabar ini Pelaksana Harian Kepala Pusat Data Informasi...
Masyarakat Pesisir Pantai Selatan Diminta Pahami Tanda Tsunami

Masyarakat Pesisir Pantai Selatan Diminta Pahami Tanda Tsunami

papar berkaitan - pada 22/7/2019 - jumlah : 156 hits
Masyarakat pantai selatan Kabupaten Malang diminta selalu waspada terhadap potensi terjadinya gempa dan tsunami Karena wilayah yang berada di area pergerakan aktif lempeng Indo Australia dan Euroasia
Viral Potensi Tsunami Selatan Jawa Bmkg Sebut Indonesia Memang Rawan

Viral Potensi Tsunami Selatan Jawa Bmkg Sebut Indonesia Memang Rawan

papar berkaitan - pada 21/7/2019 - jumlah : 220 hits
Beberapa hari belakangan media sosial dihebohkan dengan kabar potensi gempa dan tsunami Selatan Jawa Viralnya kabar ini karena dalam narasi yang beredar ada potensi gempa besar mencapai magnitudo 8 8 dan tsunami di Yogyakarta mencapai 20 me...
Pengiriman Bantuan Korban Gempa Di Halmahera Selatan Terkendala Akses

Pengiriman Bantuan Korban Gempa Di Halmahera Selatan Terkendala Akses

papar berkaitan - pada 23/7/2019 - jumlah : 108 hits
Kementerian Sosial menyiapkan bantuan senilai Rp 1 7 miliar untuk korban gempa di Halmahera Selatan Provinsi Maluku Utara Namun pengiriman bantuan hingga ini terkendala akses ke desa desa yang terdampak
Mensos Serahkan Langsung Bantuan Rp 1 3 Miliar Untuk Korban Gempa Halmahera Selatan

Mensos Serahkan Langsung Bantuan Rp 1 3 Miliar Untuk Korban Gempa Halmahera Selatan

papar berkaitan - pada 19/7/2019 - jumlah : 100 hits
Kementerian Sosial menyalurkan bantuan senilai Rp 1 39 miliar untuk korban gempa di Maluku Utara berupa kebutuhan dasar pengungsi seperti tenda makanan dan sandang serta peralatan kebersihan
Towards More Comprehensive Pension Reform

Makanan Perlis Paling Popular

Polis Jerman Sita Bugatti Rare Dalam Siasatan Berkait 1mdb

Panduan Produk Kesihatan

Tafsir Mimpi Gajah

Kerana Wanita Melintas Penunggang Motosikal Berkuasa Tinggi Maut

Laporan Bank Dunia Mengeluarkan Isyarat Bahaya Terhadap Sistem Pendidikan Malaysia

Sungai Muda Sempadan Pulau Pinang Kedah



Info Dan Sinopsis Restu Drama Melayu Berepisod Platform Online iQIYI Malaysia

10 Istilah Hampir Serupa Bahasa Inggeris Yang Kita Keliru Penggunaannya

5 Trend Bodoh Netizen Yang Nampaknya Semakin Menjadi Jadi

Info Dan Sinopsis Drama Berepisod Puaka Cuti Semester Slot Lestary TV3

Biodata Rozana Rozek TV Youtuber Resipi


Lyodra Tak Selalu Memiliki Chord

No Campaign Elements In Kkb Hari Raya Open House Selangor Mb Tells Bersih

Should Stakeholders Sue Bloomberg To Prove 2nd Casino Licence Claim For Johor S Forest City Is Sheer Slander

Essential Guide To Safe Well Water Maintenance

Drama Dia Pria Terhebat

Jambu Batu Kandungan Nutrisi Dan Manfaatnya Untuk Kesihatan