Pasar Burung Banjaratma


Pasar Burung Desa Banjaratma
Pagi menjelang siang suasanan pasar begitu ramai, melintas dan menyelinap diantara kerumunan pedagan pasar, tidak tahan rasanya berlama-lama didalam pasar tradisional yang terdapat disalah satu Desa Kabupaten Brebes, Pasar Banjaratma yang lokasinya diantara perbatasan dua desa, DesaBanjaratma dengan Desa Petunjungan.
Ada suasana yang tidak biasa dipasar itu, karena dalam setiap pekanya ada satu hari, hari pasaran yang dinamakan Wagean, dan pada saat hari itulah pasar yang biasanya tidak terlalu ramai dan serentak berubah menjadi sesak oleh penjual dan pembeli, bertambahnya para penjual dan seperti pedagang ayam kampung, bebek dan ungas-ungas lainya, saat Wagean ini pasar begitu lengkap, dan saat itulah jual beli menjadi sibuk serta orang-orang desa yang datang hanya sekadar melihat atau jalan-jalan menjadi sesak.
Biasanya wagean ini sangat ditunggu oleh warga desa, mungkin karena saat wagean tiba penjual yang menjajakan dagangannya lebih lengkap, dan orang desa memanfaatkan situasi itu hanya untuk sekadar hiburan semata melihat-lihat ramainya pasar dan barangkali ada sesuatu yang dibutuhkan untuk dijadikan oleh-oleh saat pulang.

kadang terlihat para penyuka ayam bangkok atau ayam aduan situasi itu menjadi ajang ujicoba mengadu ayam peliharaannya yang mereka sengaja membawanya dari rumah untuk unjuk kemampuan ayam aduannya, seru pokonamah.
Wagean Pasar Banjaratma
Pagi berkicau, aku mencoba mencari-cari setelah sebelumnya menanyakan kepada teman yang melihat dimana tempat pasar si kicau berada, dan ternyata keberadaanya ada tetapi tempatnya diluar lokasi pasar tidak jauh dari pasar, ternyata hanya saat hari Wagean itu saja para pedagang burung berkicau itu berkumpul dan berjualan, sebuah pingiran kali menjadi arena berkerumunya para pecinta pagi berkicau.
Aku pun tidak berpikir panjang bergegas mendatangngi lokasi tersebut dimana kerumunan itu berada, dan tempatnya ternyata tidak jauh dari rumah lumayan hanya 15 menit, sudah samapai di lokasi, setelah tiba dilokasi pedagang yang datang belum begitu banyak, aku mencoba menelisik diantara orang yang sedang mengamati sangakar dan terlihat sangat menikmatinya sambil memegang lilitan embako wiru "Klepusss ...". seiring pagi masih menyimpan udara dinginya.
Saya ikut lalut dalam suasana menikmati kicauan burung ciblek, dan prenjak yang sedang bernyanyi, di salah satu dari sekian bnyaknya sangkar burung, walau asing rasanya aku nimbrung bersama orang-orang yang hadir disana. Tapi kecintaanku terhadap burung menjadi keberanian ingin bergabung bersama mereka, sambil memberanikan diri untuk memulai obrolan serta menanyakan asal burung itu didapatkan penjual.
Burung Prenjak
Waktu begitu cepatnya menyeret mentari menjelang siang, dan lambatlaun pedagang yang datang mulai bertambah bersama sepedah ontel yang dipenuhi sangakat, dan suasana sesak mulai terasa, penikmat pagi berkicau ramai berdatangan juga.
Kicauan berisik dari beberapa macam burung menjadi semakin keras, seiring obrolan pembeli yang sekadar mengobrol serta tawar menawar transaksi penjual dan pembeli tidak tertahankan bisingnya, tetapi saat-saat itulah terasa betapa damainya rasa hati ingin rasanya diam lebih lama ditempat itu.
Burung yang ada dipasar itu didominasi burung Ciblek dan Prenjak, walau terlihat berisiknya suren yang baru mabung ikut meramaikan juga, kerak alias jalak kebo selalu ada disetiap sangkar penjual, burung ini nampaknya masih menjadi buruan masyarakat desa, burung kerak memang sangat mudah dalam perawatanya serta pakanya, dan ketahanan terhadap penyakit serta cuaca cukup kuat, selain harganya sangat bersahabat bagi para pecinta pagi berkicau didesa itu, burung deruk dan kutilang serta jogjog juga hadir, serusekalih rasanya.
Sepasang Burung Glatik Batu
Saya mencoba berjalan menelusuri dan mengamati setiap sangkar para pedagang, sepasang gelatik batu menjadi perhatianku, mataku tertuju pada sepasang burung ini, teringat masakecil dulu saat-saat hujan sore menguyur kebun dan ladang, burung ini terbang kesana kemari mengejar kupu-kupu, dan yang menjadi ingatan saya kicauan burung ini sangat bagus, lubang pohon balsiah menjadi kediaman burung Glatik Batu ini.

Jadi seandainya ingin berbelanja atau sekadar melihat-lihat Pagi berkicau datang saja ke Brug Pasar Banjaratma Brebes, (Saat Wagean) karena para pedagangnya tidak menetap setelah siang bubar, dan disana berbagai macam burung ada walau tidak selengkap pasar burung yang ada dikota Besar seperti Sukahaji Bandung atau Jakarta.



Artikel ini hanyalah simpanan cache dari url asal penulis yang berkebarangkalian sudah terlalu lama atau sudah dibuang :

http://pagiberkico.blogspot.com/2017/07/pasar-burung-banjaratma.html

Kempen Promosi dan Iklan
Kami memerlukan jasa baik anda untuk menyokong kempen pengiklanan dalam website kami. Serba sedikit anda telah membantu kami untuk mengekalkan servis percuma aggregating ini kepada semua.

Anda juga boleh memberikan sumbangan anda kepada kami dengan menghubungi kami di sini
Si Mungil Burung Prenjak

Si Mungil Burung Prenjak

papar berkaitan - pada 20/3/2023 - jumlah : 102 hits
Burung Prenjak Minggu pagi menjadi hari yang ditunggu setelah sepekan sibuk dengan rutinitas kantor dan sabtu menjadi sangat sibuk dirumah berkumpul melepas semua waktu untuk keluarga tercinta Setelah semalam Batrai kamera terisi penuh pagi...
Perkutut Si Burung Sawah Yang Eksotis

Perkutut Si Burung Sawah Yang Eksotis

papar berkaitan - pada 20/3/2023 - jumlah : 263 hits
TIDAK ASING LAGI DENGAN BURUNG INI burung perkutut dan sahabat mungkin belum tahu bahwa burung perkutut ternyata banyak jenisnya dan yang saya miliki Coklat dan Abu abu bunyinya sangat luarbiasa bisa sahabat saksikan sendiri Video dibawah i...
Berburu Burung Gereja

Berburu Burung Gereja

papar berkaitan - pada 20/3/2023 - jumlah : 771 hits
ANAK BURUNG GEREJA cuaca begitu tidak bersahabat apalagi dengan kondisi burung peliharaan kita yang membuat khawatir dengan datangnya musim hujan dengan perubahan iklim yang ekstrim membuat kondisi burung menjadi kurang sehat Maka dari itu ...
Poksay Si Burung Asia

Poksay Si Burung Asia

papar berkaitan - pada 20/3/2023 - jumlah : 143 hits
Poksay Mandarin mengenal akan kehadiran burung poksay yang jarang kita jumpai walau surga hutan dan rimbunya pepohonan rindang merapat di belahan hijau Bumi Indonesia kicauan burung poksay ini akan membawa betapa merdunya suaranya dari sala...
Birding Bandung Indonesia Burung Kingfisher

Birding Bandung Indonesia Burung Kingfisher

papar berkaitan - pada 20/3/2023 - jumlah : 102 hits
Kingfisher Burung Cekakak bersama Pagi Berkicau Burung pekakak atau Rajaudang burung ini sangat gesit dan peka terhadap manusia sunguh sangat sulit untuk mendekatinya apalagi mengambil gambarnya butuh kesabaran yang besar agar burung ini ma...
Si Cantik Burung Kecil Cabai Cabaian

Si Cantik Burung Kecil Cabai Cabaian

papar berkaitan - pada 20/3/2023 - jumlah : 183 hits
Burung Cabai Seperti biasa salam Februari 2018 insensitas hujan tahun ini sangat besar hampir disetiap harinya hujan turun tidak kenal waktu baik siang sore malam dan juga pada pagi hari hujan tidak kunjung reda dan hampir di setiap daerah ...
Burung Trinil

Burung Trinil

papar berkaitan - pada 20/3/2023 - jumlah : 72 hits
Common sandpiper Musim berganti awan mulai pergi dari cerahnya pagi masih di sekitar rumah alam menyajikan semua yang di inginkan manusia sungai besar yang membelah Jawa Barat mulai surut seiring musim hujan telah berganti walau terkadang a...
Kenapa Burung Ini Ada Disini

Kenapa Burung Ini Ada Disini

papar berkaitan - pada 20/3/2023 - jumlah : 114 hits
Burung Pipit emprit piitPerjalanan dan pencarian burung yang tersebar luas di muka bumi saya mencoba untuk mendekat dan mengambil gambar serta menikmati keindahan dan kehidupan spesies burung entah bagaimana semua burung aku sangat menyukai...
Can Forest City Be Country S Economic Lifeboat

Diabetes Bayi Pun Boleh Kena Jenis Penyakit Yang Tak Kenal Usia

How Did Afif Know Of Alleged Rm100m Payment For Pjd Link Asks Pj Mp

Produk Nestle Naik Harga Harga Milo Dan Nescafe Akan Meningkat Ikuti Senarai Produk Nestle Malaysia

Memikirkan The Unknown

Najib Razak Mangsa Atau Pemangsa

Hotel Royal Signature Permata Baru Kuala Lumpur Setiap Bilik Menggemakan Intipati Kediaman

Dah Viral Baru Nak Terhegeh Hegeh Tak Tahu Buat Kerja Ke



Kenapa Platipus Haiwan Yang Membuatkan Saintis Merasa Hairan

Biodata Qistina Rania Pelakon Drama Berepisod Bercakap Dengan Jun Astro Ria Peserta Hero Dewi Remaja 2023

Biodata Dan Umur Adik Tantari Penyanyi Lagu Viral Rindu Hatiku Rindu Pesilat Cilik

Kisah Restoran Colonel Sanders Selain KFC Yang Tidak Boleh Dikembangkan

Info Dan Sinopsis Filem J2 J Retribution J2 J Retribusi Filem Malaysia 2021 Di Netflix Sekuel J Revolusi


Warrant Woes In El Paso An Attorney Can Help You Get Back On The Road

Media Orang Ramai Diingatkan Tidak Sebar Video Nahas Helikopter Tldm

Either You Are For The Working Class Or Against It Anwar You Can T Both Run With The Foxes And Hunt With The Hounds

Tak Perlis Lah Kalau Tak Makan Harumanis

Helikopter Terhempas 10 Dilaporkan Terkorban

Resepi Tortilla Wrap