Poksay Si Burung Asia


Poksay Mandarin
PAGI BERKICAU mengenal akan kehadiran burung poksay yang jarang kita jumpai walau surga hutan, dan rimbunya pepohonan rindang merapat di belahan hijau Bumi Indonesia, kicauan burung poksay ini akan membawa betapa merdunya suaranya, dari salah satu ribuan burung yang kita kenal dan kita lihat di muka Bumi.
Dimulai dari pagi menelusuri jalan Siliwangi menjadi agenda hunting koleksi yang menjadi buruan untuk sahabat pagi berkicau. Tak lama sampai di lokasi yang di tuju, tidak di sangaka pagi-pagi sekalih si kang sudah mangkal walau pangkalanya sering berpindah -pindah tetapi tidak pernah sepi pengunjung, terlihat ada beberapa pelangan sudah mendapat hasil buruannya menenteng bungkus kertas semen terikat di gengamannya.
Burung yang di bawa si Akan saat itu penuh, di setiap sangkar berbeda-beda jenis burungnya, entah dari mana asal burung-burung ini dia dapatkan, setelah memarkir motor saya berusaha menyapa si Akang dan mendekat sambil memperhatikan sangkar yang di bawa si akang, mata ini mulai mencari adakah burung yang aneh mendiami salah satu sangakatnya. Dan berkeliling beberapa kali sampai akhirnya tertuju pada salah satu burung, yaitu burung Poksay Mandarin, walau burung kacer tampak begitu memesona mengoda.
Dari deretan burung yang berkelas hingga burung berharga rata-rata, untuk menganti cucak daun yang sudah mulai membaik, tetapi yang saya cari adalah burung yang terlihat kondiri kurang baik, dan saya sering mendapatkan burung yang kondisi bulunya rusak hingga kurang sehat itu yang saya cari selama ini, terkadang terlihat sangat mengkhawatirkan, kasihan melihatnya, dan biasanya si akang memberi mahar tidak terlalu tinggi, yang pasti sangat murah.
Dari situlah menjadi hobi, betapa sangat sayang terhadap burung yang kurang di perhatikan, merawat sampai benar-benar burung ini sehat dan pada ahirnya lepas dari sangkar sudah kondisi sehat. Selama ini sudah lumayan banyak yang dapat saya lepaskan selama mendapat burung-burung sakit, dan setelah sehat keluar dari sangkar bebas, seperti Burung ciblek, murai irian, kutilang emas, ciung, jalak, cucak, cipoh dan lain-lain, lupa untuk mengingat kembali.
Kali ini Burung Poksay Mandarin yang saya dapatkan dalam kondiri bulu rusak, ambrol kata si akang! Kondisi sayap hanya sebelah, buntut sudah tinggal satu helai, sungguh sangat menghawatirkan, dan akan aku bawa pulang, saat itu yang harus dilakuakan mengembalikan burung ini sehat kembali hingga bulu dan kondisinya sehat kembali. 150 rb, menjadi nego yang sempurna, untuk saya bawa pulang ne poksay.
Rutinitas sehari-hari mulai setelah subuh dan selepas istirahat malam, memanfaatkan waktu sisa rutinitas kantor, dari memberi pakan yang burung itu butuhkan dan saya tidak merubah jenis pakan alam yang burung ini dapatkan di alam, madu, pisang, pepaya, ulat hongkong, jangkrik, belalang, serta biji-bijian kesukaan burung. 
Semua saya sediakan agar apa yang di makan burung tidak menjadi ketergantungan terhadap makanan buatan dan seandainya dilepaskan di alam mereka masih menyukai makanan yang disediakan alam, hanya vitamin dan makanan tambahan buat kombinasi agar burung cepat pada kondisi prima serta tidak khawatir dalam mencari makanan saat di alam kelak. Karena yang Si Akang bawa ternyata burung-burung tangkapan hutan.
Semua pecinta Pagi Berkicau memiliki cara sendiri-sendiri dalam memperlakukan burung ini, dan kasih sayan yang di berikan terhadap makhluk cantik penghuni udara ini, semua bebas merawatnya, terutama penghobi yang saya lakukan saat ini, tentunya menjadi hiburan dan hobi yang sangat mengasyikan dalam mengisi hari-hari waktu luang di rumah.
Poksay Mandarin
Suara Merdu Burung Poksay Hongkong Klik

Burung ini yang bernama chestnut-capped laughingthrush (Garrulax mitratus). Dan salah satu website yang terkenal yaitu Om kicau.com yang begitu gamblang membahas dan mengulas karakteristik burung poksay ini, sangat keren karena menjadi dasar rujukan dalam melakukan konsefasi burung-burung yang ada di beberapa daerah salah satunya dihutan-hutan Indonesia.
Ciri-ciri khusus Poksay mandarin yang perlu kita tahu.
Postus sedang tubuhnya berukuran kurang lebih 24 cm.Mahkota berwarna Merah kecoklatan yang menghiasai bagian atas kepalanya. Dan putih bergaris-garis tajam ke atas pada pangkal paruh.Paruh yang terlihat sangat mencolok berwarna kuning kuat.Topeng yang melingkar di bagian matanya berwarna putih mempertegas warna gelap bola matanya.Warna Abu-abu mendominasi pada bulu tubuhnya.Ada warna serupa dengan warna yang terdapat pada mahkota yaitu merah kecoklatan, yang terlihat di bawah ekornya. Serta gradasi hitam di ujungnya.Pada kakinya berwarna kuningTerlihat beberapa helai di bagian ujung berwarna putih.

Ada sekitar 38 spesies yang tersebar di seluruh penjuru dunia dan jumlah spesies terbesar ditemukan di hutan tropis yang berada di Asia, sedangkan yang di bawah ini. Burung pemalu yang menjadikan semak-semak di hutan mereka tinggal dan ada 3 Jenis dari burung ini yang ada di hutan lebat belantara Pulau Sumatra, Kalimantan dan Malaysia.

PoksayBlack Laughingthrush Garrulax lugubris  Burung pemalu tubuhnya berukuran 27 cm.Chestnut-capped Laughingthrush  Garrulax mitratus tubuhnya berukuran 24 cm.Chestnut-crowned Laughingthrush  Garrulax erythrocephalus peninsulae tubuhnya berukuran 27 cm.






Artikel ini hanyalah simpanan cache dari url asal penulis yang berkebarangkalian sudah terlalu lama atau sudah dibuang :

http://pagiberkico.blogspot.com/2017/05/poksay-si-burung-asia.html

Kempen Promosi dan Iklan
Kami memerlukan jasa baik anda untuk menyokong kempen pengiklanan dalam website kami. Serba sedikit anda telah membantu kami untuk mengekalkan servis percuma aggregating ini kepada semua.

Anda juga boleh memberikan sumbangan anda kepada kami dengan menghubungi kami di sini
Dua Pengadil Malaysia Cemerlang Adili Final Piala Asia U20

Dua Pengadil Malaysia Cemerlang Adili Final Piala Asia U20

papar berkaitan - pada 19/3/2023 - jumlah : 109 hits
Adalah menjadi satu kebanggaan buat negara apabila pengadil Nazmi Nasaruddin terpilih menjadi pengadil pada aksi final Piala Asia B 20 yang menemukan Iraq dan Uzbekistan Perlawanan berakhir dengan kemenangan berpihak kepada Uzbekistan selep...
Experience The Epic Of The Galaxy S23 Series Across Southeast Asia

Experience The Epic Of The Galaxy S23 Series Across Southeast Asia

papar berkaitan - pada 24/3/2023 - jumlah : 435 hits
Samsung s newly debuted Galaxy S23 Ultra Galaxy S23 and Galaxy S23 creates epic immersive experiences that push the limits of what s possible in a premium smartphone For more people to get a closer interaction with the latest flagship devic...
Boleh Kah Malaysia Kembali Menjadi Harimau Ekonomi Asia

Boleh Kah Malaysia Kembali Menjadi Harimau Ekonomi Asia

papar berkaitan - pada 24/3/2023 - jumlah : 164 hits
NORMAN RADZUANMALAYSIA HARIMAU EKONOMI ASIA Percayah Malaysia akan kembali mengaum IKUT LOJIK AKAL ANWAR BUKAN PERDANA MENTERI Mungkin ramai yg terkejut pengakuan Sultan Johor Anwar Perdana Menteri terbaik berbanding Perdana Menteri2 sebelu...
Itb Bawa Pulang Tiga Piala Huawei Ict Competition Asia Pacific

Itb Bawa Pulang Tiga Piala Huawei Ict Competition Asia Pacific

papar berkaitan - pada 18/3/2023 - jumlah : 176 hits
ITB sukses membawa pulang tiga piala dalam ajang Huawei ICT Competition Asia Pacific Tiga piala yang didapatkan beragam kategori mulai dari Women in Tech Network Track dan Cloud Track
Viu Jadi Pemacu Utama Pertumbuhan Langganan Ott Asia Tenggara Pada Suku Ke 4 2022 Menurut Laporan Mpa

Viu Jadi Pemacu Utama Pertumbuhan Langganan Ott Asia Tenggara Pada Suku Ke 4 2022 Menurut Laporan Mpa

papar berkaitan - pada 16/3/2023 - jumlah : 147 hits
Berdasarkan keputusan kewangan yang diumumkan oleh syarikat induknya PCCW Limited untuk tahun berakhir 31 Disember 2022 Viu perkhidmatan penstriman video OTT pan serantau terkemuka PCCW yang beroperasi di 16 pasaran terus menunjukkan pertum...
Ini Adalah Masjid Tertua Di Asia Tenggara Dah 500 Tahun Terbina Rupanya Ada Kat Malaysia Je

Ini Adalah Masjid Tertua Di Asia Tenggara Dah 500 Tahun Terbina Rupanya Ada Kat Malaysia Je

papar berkaitan - pada 9/3/2023 - jumlah : 254 hits
Ini adalah masjid tertua di asia tenggara dah 500 tahun terbina rupanya ada kat Malaysia je orang ramai yang telah lama mengimpikan untuk melawat dan beribadah di antara masjid tertua di Asia Tenggara Masjid Kampung Laut boleh berbuat demik...
Sprm Siasat Butler Hamzah Zainudin Pau Duit Rm15 Juta Syarikat Asia Coding Centre

Sprm Siasat Butler Hamzah Zainudin Pau Duit Rm15 Juta Syarikat Asia Coding Centre

papar berkaitan - pada 13/3/2023 - jumlah : 161 hits
SPRM Siasat Butler Hamzah Zainudin Pau duit RM15 juta Syarikat Asia Coding CentreNampaknya PN panas lagi Isu RM92 5B tak selesai lagi Ramai ditahan dan siasat SPRM Kini kroni atau butler Hamzah Zainudin Dato Stephen pula kena siasat kerana ...
A Great Day For Michelle Yeoh And Asia At The Oscars And For A Refugee Too

A Great Day For Michelle Yeoh And Asia At The Oscars And For A Refugee Too

papar berkaitan - pada 13/3/2023 - jumlah : 187 hits
Let s forget the for the time being and celebrate Michelle Yeoh s win at the Oscars for best actress in the sci fi movie Everything Everywhere All at Once making her the first Malaysian and first Asian woman to win the award Presumably much...
Burung Trinil

Burung Trinil

papar berkaitan - pada 20/3/2023 - jumlah : 72 hits
Common sandpiper Musim berganti awan mulai pergi dari cerahnya pagi masih di sekitar rumah alam menyajikan semua yang di inginkan manusia sungai besar yang membelah Jawa Barat mulai surut seiring musim hujan telah berganti walau terkadang a...
Jenis Pelaburan Terbaik Di Malaysia

Kenaikkan Harga Hotel Bajet Bakal Jejaskan Industri Pelancongan Negara

Datin Thalia Terkilan Dengan Sikap Buruk Pembantu Rumahnya

Kadir Jasin Warns Pmx Ph Against Falling Into The Trap To Free Najib

Pjd Link Cancellation Fahmi Tells Govt Critics To Read Pwd Statement

Either You Are For The Working Class Or Against It Anwar You Can T Both Run With The Foxes And Hunt With The Hounds

Pm Political Stability Making Malaysia Valued Investment Destination

Persatuan Hotel Bajet Sarankan Penggunaan Pekerja Asing Untuk Industri Perhotelan



8 Istilah Jerman Yang Kita Rakyat Malaysia Kerap Gunakan

Biodata Aizat Saha Pelakon Drama Berepisod Racun Rihanna TV3 Personaliti TikTok

Kenapa Platipus Haiwan Yang Membuatkan Saintis Merasa Hairan

Biodata Qistina Rania Pelakon Drama Berepisod Bercakap Dengan Jun Astro Ria Peserta Hero Dewi Remaja 2023

Biodata Dan Umur Adik Tantari Penyanyi Lagu Viral Rindu Hatiku Rindu Pesilat Cilik


Menangkan Jackpot Di Game Jekpot88 Di Berbagai Permainan

Tukar Lesen Memandu Malaysia Ke Lesen Nsw Australia

Wordpress Block Patterns Give You Superpowers

Video 2 Helikopter Bertembung Ketika Raptai Di Pangkalan Tldm Lumut

9 Tips Mengajar Murid Kelas Belakang

Status Puasa Qadha Puasa 6 Syawal