Mana Lebih Buruk Untuk Kesehatan Jeroan Sapi Atau Ayam


Mungkin banyak dari Anda yang sudah tidak asing dengan jeroan. Makanan yang terdiri dari berbagai organ dalam pada hewan, seperti otak, usus, limpa, hati, jantung, lidah, ini cukup laris manis di pasaran.
Namun, dari beragam jenis jeroan, yang paling sering dijumpai adalah jeroan sapi dan ayam.
Baik dan Buruk Jeroan
Jeroan dikenal memiliki dampak buruk bagi kesehatan tubuh. Padahal, di sisi lain, jeroan juga mengandung banyak nutrisi daripada daging atau otot pada umumnya.
Jeroan sangat kaya akan vitamin B, seperti vitamin B12 dan folat. Makanan ini juga kaya akan mineral, termasuk zat besi, magnesium, selenium dan seng, serta vitamin-vitamin penting yang larut dalam lemak, seperti vitamin A, D, E dan K.
Selain itu, daging dari organ adalah sumber protein yang sangat baik. Terlebih lagi, protein hewani menyediakan sembilan asam amino esensial yang dibutuhkan tubuh Anda untuk berfungsi secara efektif.
Akan tetapi, jeroan juga mengandung kolesterol, lemak, dan kalori yang cukup tinggi. Jika dikonsumsi dalam jumlah yang berlebihan, tentu dapat menimbulkan masalah pada kesehatan.
Lantas, di antara jeroan sapi dan jeroan ayam, manakah yang lebih buruk untuk kesehatan? Untuk menjawab hal tersebut, mari lihat contoh perbandingan informasi gizi antara jeroan sapi dan jeroan ayam.
Dalam setiap 100 gram (gr) hati sapi terkandung 165 kkal kalori, 365 mg kolesterol, dan 4,73 gr lemak. Sementara itu, dalam 100 gram (gr) hati ayam mengandung 116 kkal kalori, 345 mg kolesterol, serta 4,83 gr lemak.
Sementara itu, 100 gr usus sapi mengandung 94 kkal kalori, 157 mg kolesterol, serta 4,05 gr lemak. Di sisi lain, dalam 100 gram usus ayam mengandung 94 kkal kalori, 240 mg kolesterol, dan 2,06 gr lemak.
Dari beberapa perbandingan di atas, terlihat bahwa kalori dan kolesterol dalam hati sapi lebih tinggi dibanding hati ayam. Namun, kandungan lemak pada hati ayam sedikit lebih tinggi dibandingkan hati sapi.
Untuk usus, diketahui bahwa usus sapi dan usus ayam memiliki nilai kolesterol yang sama. Namun, kolesterol dalam usus ayam jauh lebih tinggi dibanding usus sapi.
Bahaya Konsumsi Jeroan Berlebihan
Dari perbandingan di atas, baik jeroan dari sapi maupun ayam, memiliki keunggulan dan kekurangan sendiri.
Oleh karena itu, memakannya dalam porsi cukup adalah kuncinya. Jika mengonsumsinya berlebihan, akan terjadi beberapa hal seperti di bawah ini.
Nyeri sendi/Gout Arthritis
Jeroan dapat menjadi penyebab utama terjadinya peradangan pada sendi. Anda yang mengalami nyeri pada sendi sebaiknya tidak mengonsumsi jeroan karena dapat memperparah sakit yang diderita.
Kandungan purin yang tinggi dalam jeroan dapat menyebabkan gejala asam urat tinggi atau yang biasa disebut Gout Arthritis.
Penyakit jantung dan pembuluh darah
Jeroan mengandung lemak dan kolesterol yang tinggi. Kolesterol yang tinggi dapat menjadi penyebab penyakit jantung koroner, obesitas, darah tinggi, dan stroke hemoragik.
Bagian dari jeroan yang paling tinggi mengandung kolesterol adalah otak, hati, dan usus.
Gangguan pencernaan
Salah satu jenis jeroan, yaitu usus, memiliki tekstur yang keras sehingga sulit dicerna. Usus juga mengandung banyak bakteri karena merupakan organ pencernaan.
Proses pengolahan usus yang kurang bersih saat diolah menjadi makanan dapat menjadi penyebab nyeri perut bagian bawah.
Gangguan pertumbuhan janin
Ibu hamil sangat tidak dianjurkan mengonsumsi jeroan. Zat-zat pada jeroan dapat menyebabkan gangguan pertumbuhan janin dalam kandungan. Tak hanya itu, beberapa penelitian menyatakan bahwa konsumsi jeroan oleh ibu hamil dapat menyebabkan alergi. Nutrisi yang diperlukan selama proses kehamilan dapat dicukupi dengan makanan lain selain jeroan.
Jika Anda ingin mengonsumsi jeroan, pastikan hewan sumbernya sehat, dibiarkan hidup bebas, dan makan dari sumber makanan alami.
Akan tetapi, jika Anda tak yakin akan kesehatan sumber hewan pemilik jeroan, pilihlah jeroan organik. Hewan yang sehat berarti organnya juga sehat.
Karena itu, Anda harus memilih daging – baik jeroan atau bukan – yang berasal dari hewan sehat yang terjamin kesejahteraannya.
Jeroan sapi memang memiliki kadar kolesterol dan lemak yang lebih tinggi jika dibandingkan jeroan ayam. Karena itu, jika dikonsumsi dalam porsi yang melebihi kebutuhan, akan berdampak buruk bagi kesehatan.
Namun, bukan berarti jeroan mutlak untuk dihindari. Itu karena banyak manfaat yang terkandung dalam jeroan jika dikonsumsi dalam porsi yang tepat.
Sumber: klikdokter.com


Artikel ini hanyalah simpanan cache dari url asal penulis yang berkebarangkalian sudah terlalu lama atau sudah dibuang :

https://islamidia.com/mana-lebih-buruk-untuk-kesehatan-jeroan-sapi-atau-ayam/

Kempen Promosi dan Iklan
Kami memerlukan jasa baik anda untuk menyokong kempen pengiklanan dalam website kami. Serba sedikit anda telah membantu kami untuk mengekalkan servis percuma aggregating ini kepada semua.

Anda juga boleh memberikan sumbangan anda kepada kami dengan menghubungi kami di sini
7 Perdebatan Tim Bus Vs Tim Kereta Soal Mana Yang Lebih Asyik Buat Mudik Kamu Pilih Yang Mana

7 Perdebatan Tim Bus Vs Tim Kereta Soal Mana Yang Lebih Asyik Buat Mudik Kamu Pilih Yang Mana

papar berkaitan - pada 31/5/2019 - jumlah : 227 hits
Bebas mau pakai yang mana yang penting selamat sampai tujuan biar bisa lebaran bareng keluarga
Huawei P30 Pro Vs Oppo Reno 10x Rakaman Kamera Mana Lebih Baik

Huawei P30 Pro Vs Oppo Reno 10x Rakaman Kamera Mana Lebih Baik

papar berkaitan - pada 2/6/2019 - jumlah : 464 hits
Oppo baru baru ini telah hadir dengan sebuah telefon pintar baru dinamakan Oppo Reno 10x yang mana turut memfokuskan kepada penawaran zum ketika rakaman gambar 8211 lebih kurang seperti Huawei P30 Pro Pada video kali ini kami membandingkan ...
Bermusafir Ketika Puasa Rukhsah Atau Azimah Lebih Afdhal

Bermusafir Ketika Puasa Rukhsah Atau Azimah Lebih Afdhal

papar berkaitan - pada 30/5/2019 - jumlah : 408 hits
Soalan Sewaktu saya bermusafir ketika berpuasa manakah yang lebih utama teruskan berpuasa atau mengambil rukhsah berbuka Secara umumnya manakah yang lebih utama mengambil rukhsah atau terus dengan hukum asal azimah Jawapan Sebelum membahask...
Wordpress Vs Blogger Mana Yang Lebih Baik

Wordpress Vs Blogger Mana Yang Lebih Baik

papar berkaitan - pada 6/6/2019 - jumlah : 332 hits
WordPress vs Blogger Mana Yang Lebih Baik Kami sering ditanya oleh pengguna baru mengapa mereka harus menggunakan WordPress bukannya perkhidmatan blog percuma seperti WordPress com atau Blogger Dalam artikel ini kami akan melakukan perbandi...
Terkait Kolesterol Daging Ayam Ternyata Memiliki Dampak Sama Seperti Daging Sapi

Terkait Kolesterol Daging Ayam Ternyata Memiliki Dampak Sama Seperti Daging Sapi

papar berkaitan - pada 13/6/2019 - jumlah : 204 hits
Penelitian terbaru menyebut bahwa mengonsumsi daging merah dan daging putih seperti unggas memiliki efek yang sama pada tingkat kolesterol Berdasar penelitian ini disarankan untuk membatasi konsumsi kedua jenis daging ini untuk menurunkan k...
Kementan Harga Daging Sapi Ayam Dan Telur Tak Lebihi Batas Atas

Kementan Harga Daging Sapi Ayam Dan Telur Tak Lebihi Batas Atas

papar berkaitan - pada 1/6/2019 - jumlah : 208 hits
Untuk harga daging sapi di pasar tradisional pihaknya memantau sejumlah daerah yakni Bali Sumatera Selatan Jawa Timur dan DKI Jakarta Per 27 Mei 2019 untuk wilayah Bali harga rata rata daging sapi Rp 102 000 per kilogram
Mengiringi Jenazah Lebih Utama Di Depan Atau Di Belakang

Mengiringi Jenazah Lebih Utama Di Depan Atau Di Belakang

papar berkaitan - pada 12/6/2019 - jumlah : 269 hits
Saat mengiringi jenazah lebih utama di depan atau di belakang jenazah Ibn Rusyd dalam karyanya Bidayatu al Mujtahid wa Nihayatu al Muqtashid menjelaskan bahwa setidaknya ada dua pendapat soal al masyyu ma a al janaazah Pendapat pertama yang...
Menu Raya Lebih Mudah Dengan Santan Ayam Brand

Menu Raya Lebih Mudah Dengan Santan Ayam Brand

papar berkaitan - pada 13/6/2019 - jumlah : 631 hits
Assalamualaikum wbt Selamat Hari Raya korang Persiapan raya korang dah 100 siap ke Mommy pun dah hampir siap dan tinggal nak kemas rumah dan iron baju raya saja Bab memasak untuk raya pula lebih senang dan mudah dengan santan segera Ayam Br...
H 8 Lebaran 2019 Harga Daging Sapi Turun Sementara Ayam Mulai Naik

H 8 Lebaran 2019 Harga Daging Sapi Turun Sementara Ayam Mulai Naik

papar berkaitan - pada 27/5/2019 - jumlah : 250 hits
Harga daging ayam delapan hari menuju Lebaran 2019 terpantau mulai naik Di Pasar Pondok Gede Bekasi harga daging ayam yang berukuran besar berkisar Rp 50 000 yang sebelumnya dijual seharga Rp 45 000 per ekor Sementara untuk ukuran sedang da...
Ph Must Safeguard Its Voter Base To Land Second Term For Anwar Says Analyst

Tetaplah Beriadah Di Bulan Ramadan

Perumahan Izara Bayu Sutera Kediaman Idaman Tepi Tasik Dengan Ciri Smart Home

8 Resepi Air Balang Viral Di Bazar Ramadhan

Fungi Wechat Yang Ramai Tak Tahu

Diet If Yang Berkesan Menurut Pakar

Lirik Lagu Raya Mana Nabila Razali

Pemilik Kafe Tanah Aina Fareena Nafi Terima Notis Rasmi Peringatan Penutupan Parkir Restorannya



Koleksi 15 Lagu Hari Raya Terbaru Yang Meriahkan Aidilfitri 2024 Bakal Evergreen Bak Lagu Lama

6 Pantang Larang Penting Kalau Nak Selamat di Sekolah Asrama

Info Dan Sinopsis Filem 19 Puasa Playboys Of Plastik Hitam Astro First

Casimir Zeglen Paderi Yang Mencipta Jaket Kalis Peluru

Biodata Mohammad Rifdean Masdor Atlet Muay Thai Malaysia Yang Gegarkan One Championship Seangkatan Johan Ghazali Jojo


Penerima Zakat Untuk Fii Sabilillah Apakah Terbatas Hanya Pada Jihad

Salam Nuzul Alquran Kuiz Menguji Pengetahuan Tentang Al Quran

Ramadan Bazaars 2024 Exploring The Culinary Delights Of Selangor S Ramadan Bazaars

Linkedin Menjadi Mitra Plan Indonesia Buka Peluang Kerja Bagi 400 Pencari Kerja Baru Di Jawa Tengah

5 Hidden Features Of Wordpress Com

Hospital Kuala Pilah