Kronologis Lengkap Peristiwa Di Koya Barat


Menyampaikan perkembangan terakhir tentang :
Aksi Pemalangan dan Pembakaran Ban Bekas di Jalan Raya Protokol Koya Barat oleh Masyarakat Adat Koya Barat Kota Jayapura

1. Pada hari Rabu tanggal 27 Februari 2019 Pukul 07.00 s.d 12.10 WIT bertempat di Jalan Raya Protokol Koya Barat Distrik Muara Tami Kota Jayapura telah berlangsung Aksi Pemalangan dan pembakaran Ban Bekas yang dilakukan oleh masyarakat adat Koya Barat dengan latar belakang akibat adanya Pengerusakan Rumah dan Pemotongan Kabel TOA oleh pengikut Jemaat Jafar Umar Thalib. Aksi pemalangan diikuti sekitar 30 orang.

2. Kronologisnya sebagai berikut :

a. Pukul 04.15 WIT Kelompok Jemaah Jafar Umar Thalib sekitar 15 orang yang berasal dari Arso 14 melaksanakan sholat subuh di Masjid Al- Muhajirin Koya Barat. Selesai sholat subuh dilanjutkan dengan kajian rohani oleh Ustadz Jafar Umar Thalib.

b. Pukul 04.50 WIT Selesai kegiatan Kajian Rohani dan kemudian kelompok Jemaah Jafar Umar Thalib keluar dari masjid untuk kembali ke Arso, akan tetapi setelah keluar dari pintu Gapura Masjid kelompok tersebut kemudian langsung merusak dan masuk di rumah bpk. Henok yang posisinya tidak jauh dari Masjid, karena merasa terganggu dengan tindakan bapak Henok yang memutar musik rohani dengan keras dan TOA nya dipasang tepat pada posisi Masjid. Selanjutnya Bapak Henok lari menuju ke Polsek Muara Tami untuk melaporkan kejadian tersebut.

c. Pukul 09.30 WIT Dilaksanakan pertemuan antara Tokoh Adat,Tokoh Agama dan tokoh masyarakat beserta jajaran TNI-POLRI dan instansi pemerintahan. Adapun yang Hadir diantaranya :
1) Drs.H.Syamsudin, MM (Kepala Departemen agama kota Jayapura)
2) Supriyanto,S.Sip (Kadistrik Muara Tami)
3) DR. Eko Susanto (FKUB kota Jayapura)
4) Pdt. Viktor Baransano (Ketua FKUB Distrik Muara Tami)
5) Kpt Inf Sutrisno (Danramil 1701-22/M Tami)
6) AKP D Pieter Kalahatu,SH (Kapolsek Muara Tami)
7) AKP Erol Sudrajat (kasat sabhara polresta Jayapura)
8) Iptu budi rahman (Kanit intelkam Polresta Jayapura)
9) Ipda waris (Panit reskrim Polsek Muara Tami)
10) Pdt. Abraham mayor (Bakal klasis Distrik Muara Tami)
11) Pdt. Nike mirino (GKI di tanah Papua)
12) Luter Sabarofek (Lurah Koya Barat)
m. Ust Hidayat, Spd. Mpd (Ketua pengurus n. Masjid Al Muhajirin Koya Barat)
13) Niko paay (Tokoh Masyarakat)
14) Olof fingkrew (Tokoh Masyarakat)
15) Henok Niki (Pemilik Rumah)

d. Pukul 09.45 WIT penyampaian Tokoh masyarakat yang diwakili oleh Olof Fingkrew yang intinya Bahwa Kami selaku masyarakat tidak terima, dan ini bukan kejadian yang pertama kalinya, tapi yang ke 3 kalinya sehingga saya meminta Ketua pengurus Masjid harus tegas, harus menolak kelompok mereka yang tidak benar menurut kami, tokoh pengurus masjid harus dihadirkan dalam musyawarah ini untuk kita bersama-sama membuat komitmen.

e. Pukul 10.17 WIT penyampaian AKP D. Pieter Kalahatu,SH (Kapolsek Muara Tami) yang intinya :

1) Kami selaku aparat keamanan memaklumi adanya kejadian pemalangan ini, dan ini merupakan isyarat bagi kami untuk melaksanakan tindakan antisipasi untuk mencegah tindakan yang tidak diinginkan. Kita semua masyarakat disini jangan sampai diprovokasi oleh pihak-pihak tertentu yang membesar-besarkan cerita, ini merupakan isu sara. Mari kita semua bersama-sama menjaga stabilitas keamanan nasional, khususnya di wilayah kita sendiri.

2) Saya menyadari pasti masyarakat merasa kecewa karena kejadian seperti ini merupakan kejadian yang ke 3 kalinya, pasti masyarakat mengira kami selaku aparat keamanan tidak bekerja dengan baik, tetapi tolong berikan waktu kepada kami untuk bisa menyelesaikan permaslahan ini, dan bantu kami untuk memberikan keterangan sejujur-jujurnya untuk bisa mencari pelakunya. Kejadian ini merupakan kriminal murni, yang dipicu oleh kesalah pahaman.

f. Pukul 10.35 WIT Penyampaian oleh Niko Paay (Tokoh adat di Koya Barat), intinya :

1) Kami selama ini sudah cukup sabar, karena kejadian ini merupakan kejadian yang ke 3 kalinya. Kelompok ini kelompok yang merusak, dan kelompok yang sama dengan kejadian yang pertama dan kedua. Mereka ini bukan penduduk sini, usir semua mereka dari bumi Papua ini, Mereka ini yang memecah belah kerukunan umat beragama.

2) Kalau besok kelompok itu masih melaksanakan sholat subuh di Masjid ini dengan mobil yang sama, saya akan bakar. Ibadah apa yang dilakukan dengan membawa senjata tajam seperti itu, berarti mereka sudah rencanakan niat yang tidak baik.

g. Pukul 10.40 WIT penyampaian oleh Supriynto, S.Sip (Kadistrik Muara Tami) yang intinya :

1) Apa yang disampaikan oleh pak Niko Paay tadi itu benar, mereka bukan penduduk sini, saya minta pada pihak pengurus masjid untuk bersikap tegas kepada kelompok tersebut untuk menolak mereka, jangan sampai berkembang opini bahwa pengurus masjid memberikan perlindungan terhadap mereka. Jangan memberikan ruang kepada mereka untuk tumbuh dan berkembang di wilayah kita yang damai dan tentram ini.
Harapan kami untuk menjaga stabilitas keamanan, kami minta untuk netralisir kejadin ini, kita boleh marah, tapi jangan sampai menimbulkan pertumpahan darah.

2) Kita jangan sampai diadu domba, kita harus menjaga kerukunan umat beragama, kita harus solid lagi. Untuk itu, saya mohon kerja samanya kepada bapak bapak tokoh adat, mari kita buka palang ini, karena ini jalur umum untuk seluruh lapisan masyarakat.

h. Pukuk 10.50 WIT Penyampaian Perwakilan FKUB Kota Jayapura yang intinya Bahwa Kami mengemban amanat, pesan dari Pdt Welem Itaar dimana kita warga Muara Tami harus bersikap tegas, tegas dalam artian siapapun orang yng masuk wilayah Muara Tami ini, harus mendapat izin dari tokoh adat, tokoh masyarakat dan instansi pemerintah.

i. Pukul 11.07 WIT Penyampaian Ketua FKUB Kabupaten Keerom yang intinya Bahwa Kami dari Kabupaten Keerom tidak bisa terpisahkan dengan kasus ini, karena markas mereka ada di Kabupaten Keerom. Apa yang sudah dilaksanakan di Keerom, kami selama ini sudah mengeluarkan SP 3 pada kelompok mereka, terutama dalam hal mereka membangun pondok pesantren di Arso 14 seluas 28,5 Ha. Mereka ini belum terdaftar di Kesbangpol, ini merupakan peringatan pada pihak pihak yang mendukung mereka tumbuh dan berkembang di wilayah kita ini supaya mengambil langkah langkah tindakan tegas pada kelompok ini.

j. Pukul 11.20 WIT Bapak Niko Paay menerima telepon dari AKP Jaka Muliana (Kapolsek Skamto) bahwa pelaku Pengerusakan rumah bpk. Henok Niki telah ditangkap dan akan di bawa ke Polresta Jayapura untuk dilaksanakan penyelidikan lebih lanjut.

k. Pukul 11.30 WIT Pertemuan selesai dengan kesimpulan bahwa masyarakat sepakat untuk membuka palang, karena tuntutan masyarakat telah terpenuhi oleh aparat keamanan.

l. Pukul 12.10 WIT Masyarakat dibantu aparat keamanan TNI-POLRI membuka palang jalan. Situasi aman terkendali.
***

Informasi diatas didapat dari grup WA

Artikel ini hanyalah simpanan cache dari url asal penulis yang berkebarangkalian sudah terlalu lama atau sudah dibuang :

https://phaul-heger.blogspot.com/2019/02/kronologis-lengkap-peristiwa-di-koya.html

Kempen Promosi dan Iklan
Kami memerlukan jasa baik anda untuk menyokong kempen pengiklanan dalam website kami. Serba sedikit anda telah membantu kami untuk mengekalkan servis percuma aggregating ini kepada semua.

Anda juga boleh memberikan sumbangan anda kepada kami dengan menghubungi kami di sini
Informasi Dari Koya Barat Ada Penyerangan Orang Tidak Dikenal

Informasi Dari Koya Barat Ada Penyerangan Orang Tidak Dikenal

papar berkaitan - pada 27/2/2019 - jumlah : 283 hits
Terjadi Penyerangan dan ancaman dari orang tidak dikenal terhadap satu keluarga di Koya Barat Distrik Muara Tami Pihak penyerang yang berjumlah 15 orang menggunakan mini bus dan berpakaian putih menyerang rumah keluarga Bapak Hanok Duwiri d...
Situasi Koya Barat Kondusif Pelaku Sudah Diamankan

Situasi Koya Barat Kondusif Pelaku Sudah Diamankan

papar berkaitan - pada 27/2/2019 - jumlah : 305 hits
Sementara sikon masih kondusif terkendali di jalan Protokol Koya Barat aparat keamanan pemerintah tokoh adat tokoh masyarakat tokoh gereja sedang berkumpul berbicara dengan keluarga korban dan warga masyarakat di seputaran TKP Info dari apa...
Hiburan Sambut Bunga Di Bridal Shower Nelydia Uqasha Senrose Nafi Ikut Budaya Barat

Hiburan Sambut Bunga Di Bridal Shower Nelydia Uqasha Senrose Nafi Ikut Budaya Barat

papar berkaitan - pada 5/3/2019 - jumlah : 1284 hits
Baru sahaja meraikan adiknya Nelydia Senrose dalam satu majlis bridal shower baru baru ini aksi pelakon Uqasha Senrose yang menyambut bunga yang dibaling oleh Nelydia menjadi buah mulut netizen dan menerima pelbagai kritikan termasuklah ter...
Paradoks Papua Barat

Paradoks Papua Barat

papar berkaitan - pada 2/3/2019 - jumlah : 275 hits
Seluruh rangkaian peristiwa pahit masa lalu telah menjadi kepompong kemudian berubah membentuk kupu kupu yang akan terbang ke seluruh dunia untuk menjelaskan sebuah kebenaran Kemudian berbagai propaganda dirancang untuk membuat atmosfir dun...
Transformasi Dikir Barat

Transformasi Dikir Barat

papar berkaitan - pada 1/3/2019 - jumlah : 518 hits
Dikir barat terkenal di Kelantan sejak negara belum mencapai kemerdekaan Dikir barat mula terkenal di seluruh Malaysia apabila ia dieksport keluar Kelantan melalui Pesta Dendang Rakyat anjuran Radio Televisyen Malaysia yang turut mempertand...
Peristiwa Al Maunah

Peristiwa Al Maunah

papar berkaitan - pada 15/2/2019 - jumlah : 1432 hits
Jangan perlekeh tugas pasukan keselamatanKIRA KIRA 18 tahun lalu sebuah pekan kecil yang terletak di antara Lenggong dan Kuala Kangsar Perak tiba tiba menjadi perhatian nasional dan antarabangsa Rutin kehidupan biasa penduduknya berubah pek...
Ini Cara Masak Set Nasi Briani Lengkap Dengan Lauk Baru Masak Macam Pro

Ini Cara Masak Set Nasi Briani Lengkap Dengan Lauk Baru Masak Macam Pro

papar berkaitan - pada 16/2/2019 - jumlah : 938 hits
Masak Nasi Briani tapi nak padankan dengan lauk apa Jangan risau hari ni RASA ingin kongsikan menu Nasi Briani yang lengkap dengan lauk dan acarnya sekali Padanan nasi dan lauk ini sesuai kalau korang sediakan untuk hidangan tetamu di hujun...
10 Cerita Ngocol Warganet Soal Peristiwa Ketinggalan Manusia Emang Tempatnya Khilaf Ya

10 Cerita Ngocol Warganet Soal Peristiwa Ketinggalan Manusia Emang Tempatnya Khilaf Ya

papar berkaitan - pada 4/3/2019 - jumlah : 208 hits
Pasti pernah dengar atau ngalamin cerita orang yang boncengan tapi saat temannya belum naik malah udah ditinggal duluan Ngakak sekenanya deh
Strategi Nasional Dalam Menghadapi Peristiwa Madiun Pki Di Tii G 30 S Pki Dan Konflik Konflik Internal Lainnya

Strategi Nasional Dalam Menghadapi Peristiwa Madiun Pki Di Tii G 30 S Pki Dan Konflik Konflik Internal Lainnya

papar berkaitan - pada 28/2/2019 - jumlah : 224 hits
akan membahas Strategi Nasional dalam Menghadapi Peristiwa Madiun PKI DI TII G 30 S PKI dan Konflik Konflik Internal Lainnya Peristiwa Madiun PKI dan Cara yang Dilakukan Pemerintah dalam Penanggulangannya Aksi aksi dari Front Demokrasi Raky...
Special Zones Can Help Johor Surpass Other States Economically Says Pm

Ringgit Closes Higher As Us Dollar Index Declines

Melaka Signs Tourism Advertising Deal With Chinese Media Company

Anak Batuk Lama Sangat Jangan Biarkan Kesan Pada Anak Ni Mak Ayah Kena Tahu

Ultimate Guide To Ghibli Park

Tanding Pakaian Janda Kerja Gila 1 Mei Tuntut Naik Gaji

Boycott Gone Sour Malays Returning To Mcdonald S Insulted And Called Dogs Pigs By Fellow Malays

Transformation From The Top Down Hajiji S Exemplary Leadership In Sabah



Info Dan Sinopsis Filem J2 J Retribution J2 J Retribusi Filem Malaysia 2021 Di Netflix Sekuel J Revolusi

Info Sinopsis Kutipan Sheriff Narko Integriti Filem Malaysia 2024

Info Dan Sinopsis Dough Doh Filem Malaysia 2023 Lakonan Syafiq Kyle Kini Di Netflix

Info Dan Sinopsis The Djinn s Curse Khong Khaek Filem Seram Thailand 2023 Kini Di Netflix Malaysia

10 Filem Seram Thailand Berhantu Terbaru Mesti Tonton Juga Tersedia Online


Beyond The Pew The Bridal Heart Guides Your Daily Walk With Christ

Wanita Cedera Diragut Ketika Menunggang Motosikal

Kes Lelaki Israel 10 Ditahan Semula Bawah Sosma

Pelbagai Cara Memakai Samping

Isu Buang Beras Sardin Semuanya Sudah Rosak Busuk Bekas Ahli Parlimen Kuala Krau

Prove Existence Of Addendum Decree For Najib S House Arrest Experts Say