209 Doa Para Nabi


15 Doa Mustajab Para Nabi yang Diabadikan dalam Al-Qur'anAzkia Nurfajrina - detikHikmahKamis, 09 Mar 2023 21:01 WIB

Doa mustajab para nabi dalam Al Qur'an. 
Jakarta - Doa mustajab yang pernah dipanjatkan para nabi dan rasul tercantum dalam ayat-ayat Al-Qur'an, dengan begitu kaum muslim bisa dengan mudah mengamalkannya. Berikut sejumlah bacaan doanya

Syaikh Abdurrazaq bin Abdul Muhsin Al-Badr dalam buku Fiqih Doa & Dzikir Jilid 2 menjelaskan mengapa Allah SWT mencatat doa para nabi dalam Al-Qur'an. Menurutnya, Dia melakukan demikian agar hamba-Nya yang beriman dapat mengetahui cara yang lurus dan benar saat berdoa dan bermunajat kepada-Nya


Alasan lainnya supaya manusia mempelajari bacaan dan sifat doa para nabi, adab berdoa mereka, hingga kesempurnan penyandaran doa hanya kepada Allah SWT


Lebih lanjut, Syaikh Abdurrazaq bin Abdul Muhsin Al-Badr mengemukakan, "Barang siapa meneladani para nabi dalam hal itu, niscaya Allah SWT akan membantunya sebagaimana Dia telah membantu mereka, dan menyelamatkannya sebagaimana Dia telah menyelamatkan mereka."

Diketahui bahwa Allah SWT mengabulkan doa-doa yang diucapkan para nabi dan rasul-Nya itu, sehingga ada baiknya bagi kaum muslim untuk mengambil hikmah bahkan mengamalkan bacaan doa mereka

Baca juga:3 Doa Mustajab yang Bisa Diamalkan di Malam Nisfu SyabanBaca juga:Doa Nabi Adam dalam Al-Quran yang Mustajab untuk Memohon Ampun
Doa-doa Para Nabi dalam Al-Qur'an
Di antara banyaknya doa para nabi dalam Al-Qur'an, berikut beberapa doa yang bisa diamalkan umat Islam sesuai keadaan dan kondisi masing-masing, yang dinukil dari buku Fiqih Doa & Dzikir Jilid 2, dan buku Tafsir dan Makna Doa-Doa susunan Syaikh Bakar Abdul Hafizh Al-Khulaifat:

1. Doa Nabi Adam AS
رَبَّنَا ظَلَمْنَآ اَنْفُسَنَا وَاِنْ لَّمْ تَغْفِرْ لَنَا وَتَرْحَمْنَا لَنَكُوْنَنَّ مِنَ الْخٰسِرِيْنَ

Latin: rabbanā ẓalamnā anfusanā wa illam tagfir lanā wa tarḥamnā lanakūnanna minal-khāsirīn(a)


Artinya: "Ya Tuhan kami, kami telah menzalimi diri kami sendiri. Jika Engkau tidak mengampuni kami dan tidak merahmati kami, niscaya kami termasuk orang-orang yang rugi." (QS Al-A'raf: 23)

2. Doa Nabi Nuh AS (1)
رَبِّ اِنِّيْٓ اَعُوْذُ بِكَ اَنْ اَسْـَٔلَكَ مَا لَيْسَ لِيْ بِهٖ عِلْمٌ ۗوَاِلَّا تَغْفِرْ لِيْ وَتَرْحَمْنِيْٓ اَكُنْ مِّنَ الْخٰسِرِيْنَ

Latin: rabbi innī a'ūżu bika an as'alaka mā laisa lī bihī 'ilm(un), wa illā tagfir lī wa tarḥamnī akum minal-khāsirīn(a)


Artinya: "Ya Tuhanku, sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu untuk memohon sesuatu yang aku tidak mengetahui (hakikatnya). Kalau Engkau tidak mengampuniku dan (tidak) menaruh belas kasihan kepadaku, niscaya aku termasuk orang-orang yang merugi." (QS Hud: 47)

3. Doa Nabi Nuh AS (2)
بِسْمِ اللّٰهِ مَجْرٰ۪ىهَا وَمُرْسٰىهَا ۗاِنَّ رَبِّيْ لَغَفُوْرٌ رَّحِيْمٌ

Latin: bismillāhi majrêhā wa mursāhā, inna rabbī lagafūrur raḥīm(un)


Artinya: "Dengan (menyebut) nama Allah pada waktu berlayar dan berlabuhnya! Sesungguhnya Tuhanku benar-benar Maha Pengampun lagi Maha Penyayang." (QS Hud: 41)

4. Doa Nabi Nuh AS (3)
الْحَمْدُ لِلّٰهِ الَّذِيْ نَجّٰىنَا مِنَ الْقَوْمِ الظّٰلِمِيْنَ

Latin: Alḥamdu lillāhil-lażī najjānā minal-qaumiẓ-ẓālimīn(a)

Artinya: "Segala puji bagi Allah yang telah menyelamatkan kami dari kaum yang zalim." (QS Al-Mu'minun: 28)

5. Doa Nabi Nuh AS (4)
رَّبِّ اَنْزِلْنِيْ مُنْزَلًا مُّبٰرَكًا وَّاَنْتَ خَيْرُ الْمُنْزِلِيْنَ

Latin: rabbi anzilnī munzalam mubārakaw wa anta khairul-munzilīn(a)

Artinya: "Wahai Tuhanku, tempatkanlah aku pada tempat yang diberkahi dan Engkau adalah sebaik-baik pemberi tempat." (QS Al-Mu'minun: 29)

6. Doa Nabi Ibrahim AS (1)
رَبَّنَآ اِنَّكَ تَعْلَمُ مَا نُخْفِيْ وَمَا نُعْلِنُۗ وَمَا يَخْفٰى عَلَى اللّٰهِ مِنْ شَيْءٍ فِى الْاَرْضِ وَلَا فِى السَّمَاۤءِ

Latin: Rabbanā innaka ta'lamu mā nukhfī wa mā nu'lin(u), wa mā yakhfā 'alallāhi min syai'in fil-arḍi wa lā fis-samā'(i)


Artinya: "Ya Tuhan kami, sesungguhnya Engkau mengetahui apa yang kami sembunyikan dan apa yang kami tampakkan. Tidak ada sesuatu pun yang tersembunyi bagi Allah, baik yang ada di bumi maupun yang ada di langit." (QS Ibrahim: 38)

7. Doa Nabi Ibrahim AS (2)
اَلْحَمْدُ لِلّٰهِ الَّذِيْ وَهَبَ لِيْ عَلَى الْكِبَرِ اِسْمٰعِيْلَ وَاِسْحٰقَۗ اِنَّ رَبِّيْ لَسَمِيْعُ الدُّعَاۤءِ ، رَبِّ اجْعَلْنِيْ مُقِيْمَ الصَّلٰوةِ وَمِنْ ذُرِّيَّتِيْۖ رَبَّنَا وَتَقَبَّلْ دُعَاۤءِ ، رَبَّنَا اغْفِرْ لِيْ وَلِوَالِدَيَّ وَلِلْمُؤْمِنِيْنَ يَوْمَ يَقُوْمُ الْحِسَابُ

Latin: Al-ḥamdu lillāhil-lażī wahaba lī 'alal-kibari ismā'īla wa isḥāq(a), inna rabbī lasamī'ud-du'ā'(i). Rabbij'alnī muqīmaṣ-ṣalāti wa min żurriyyatī, rabbanā wa taqabbal du'ā'(i). Rabbanagfir lī wa liwālidayya wa lil-mu'minīna yauma yaqūmul-ḥisāb(u)


Artinya: Segala puji bagi Allah yang telah menganugerahkan kepadaku di hari tua(-ku) Ismail dan Ishaq. Sesungguhnya Tuhanku benar-benar Maha Mendengar (memperkenankan) doa. Ya Tuhanku, jadikanlah aku dan sebagian anak cucuku orang yang tetap melaksanakan salat. Ya Tuhan kami, perkenankanlah doaku. Ya Tuhan kami, ampunilah aku, kedua orang tuaku, dan orang-orang mukmin pada hari diadakan perhitungan (hari Kiamat)." (QS Ibrahim: 39-41)

8. Doa Nabi Luth AS
رَبِّ نَجِّنِيْ وَاَهْلِيْ مِمَّا يَعْمَلُوْنَ

Latin: Rabbi najjinī wa ahlī mimmā ya'malūn(a)


Artinya: "Wahai Tuhanku, selamatkanlah aku dan keluargaku dari apa yang mereka perbuat." (QS Asy-Syuara: 169)

9. Doa Nabi Yusuf AS
رَبِّ قَدْ اٰتَيْتَنِيْ مِنَ الْمُلْكِ وَعَلَّمْتَنِيْ مِنْ تَأْوِيْلِ الْاَحَادِيْثِۚ فَاطِرَ السَّمٰوٰتِ وَالْاَرْضِۗ اَنْتَ وَلِيّٖ فِى الدُّنْيَا وَالْاٰخِرَةِۚ تَوَفَّنِيْ مُسْلِمًا وَّاَلْحِقْنِيْ بِالصّٰلِحِيْنَ

Latin: Rabbi qad ātaitanī minal-mulki wa 'allamtanī min ta'wīlil-aḥādīṡ(i), fāṭiras-samāwāti wal-arḍ(i), anta waliyyī fid-dun-yā wal-ākhirah(ti), tawaffanī muslimaw wa alḥiqnī biṣ-ṣāliḥīn(a)


Artinya: "Tuhanku, sungguh Engkau telah menganugerahkan kepadaku sebagian kekuasaan dan telah mengajarkan kepadaku sebagian takwil mimpi. (Wahai Tuhan) pencipta langit dan bumi, Engkaulah pelindungku di dunia dan di akhirat. Wafatkanlah aku dalam keadaan muslim dan gabungkanlah aku dengan orang-orang saleh." (QS Yusuf: 101)

10. Doa Nabi Musa AS
رَبِّ اشْرَحْ لِيْ صَدْرِيْ وَيَسِّرْ لِيْٓ اَمْرِيْ وَاحْلُلْ عُقْدَةً مِّنْ لِّسَانِيْ يَفْقَهُوْا قَوْلِيْ وَاجْعَلْ لِّيْ وَزِيْرًا مِّنْ اَهْلِيْ هٰرُوْنَ اَخِى اشْدُدْ بِهٖٓ اَزْرِيْ وَاَشْرِكْهُ فِيْٓ اَمْرِيْ كَيْ نُسَبِّحَكَ كَثِيْرًا وَّنَذْكُرَكَ كَثِيْرًا اِنَّكَ كُنْتَ بِنَا بَصِيْرًا

Latin: Qāla rabbisyraḥ lī ṣadrī. Wa yassir lī amrī. Waḥlul 'uqdatam mil lisānī. Yafqahū qaulī. Waj'al lī wazīram min ahlī. Hārūna akhī. Usydud bihī azrī. Wa asyrik-hu fī amrī. Kai nusabbiḥaka kaṡīrā(n). Wa nażkuraka kaṡīrā(n). Innaka kunta binā baṣīrā(n)


Artinya: "Wahai Tuhanku, lapangkanlah dadaku, mudahkanlah untukku urusanku, dan lepaskanlah kekakuan dari lidahku agar mereka mengerti perkataanku. Jadikanlah untukku seorang penolong dari keluargaku, (yaitu) Harun, saudaraku. Teguhkanlah kekuatanku dengannya, dan sertakan dia dalam urusanku (kenabian) agar kami banyak bertasbih kepada-Mu, dan banyak berzikir kepada-Mu. Sesungguhnya Engkau Maha Melihat (keadaan) kami." (QS Thaha: 25-35)

11. Doa Nabi Sulaiman AS
رَبِّ اَوْزِعْنِيْٓ اَنْ اَشْكُرَ نِعْمَتَكَ الَّتِيْٓ اَنْعَمْتَ عَلَيَّ وَعَلٰى وَالِدَيَّ وَاَنْ اَعْمَلَ صَالِحًا تَرْضٰىهُ وَاَدْخِلْنِيْ بِرَحْمَتِكَ فِيْ عِبَادِكَ الصّٰلِحِيْنَ

Latin: rabbi auzi'nī an asykura ni'matakal-latī an'amta 'alayya wa 'alā wālidayya wa an a'mala ṣāliḥan tarḍāhu wa adkhilnī biraḥmatika fī 'ibādikaṣ-ṣāliḥīn(a)


Artinya: "Ya Tuhanku, anugerahkanlah aku (ilham dan kemampuan) untuk tetap mensyukuri nikmat-Mu yang telah Engkau anugerahkan kepadaku dan kepada kedua orang tuaku dan untuk tetap mengerjakan kebajikan yang Engkau ridai. (Aku memohon pula) masukkanlah aku dengan rahmat-Mu ke dalam golongan hamba-hamba-Mu yang saleh." (QS An-Naml: 19)

12. Doa Nabi Yunus AS
لَّآ اِلٰهَ اِلَّآ اَنْتَ سُبْحٰنَكَ اِنِّيْ كُنْتُ مِنَ الظّٰلِمِيْنَ

Latin: Lā ilāha illā anta subḥānaka innī kuntu minaẓ-ẓālimīn(a)

Artinya: "Tidak ada tuhan selain Engkau. Maha Suci Engkau. Sesungguhnya aku termasuk orang-orang zalim." (QS Al-Anbiya: 87)

13. Doa Nabi Muhammad SAW (1)
حَسْبِيَ اللّٰهُ لَآ اِلٰهَ اِلَّا هُوَ ۗ عَلَيْهِ تَوَكَّلْتُ وَهُوَ رَبُّ الْعَرْشِ الْعَظِيْمِ

Latin: Hasbiyallāhu lā ilāha illā huw(a), 'alaihi tawakkaltu wa huwa rabbul-'arsyil-'aẓīm(i)


Artinya: "Cukuplah Allah bagiku. Tidak ada tuhan selain Dia. Hanya kepada-Nya aku bertawakal dan Dia adalah Tuhan pemilik 'Arasy (singgasana) yang agung." (QS At-Taubah: 129)

14. Doa Nabi Muhammad SAW (2)
رَّبِّ زِدْنِيْ عِلْمًا

Latin: rabbi zidnī 'ilmā(n)

Artinya: "Ya Tuhanku, tambahkanlah ilmu kepadaku." (QS Thaha: 114)

15. Doa Nabi Muhammad SAW (3)
رَّبِّ اغْفِرْ وَارْحَمْ وَاَنْتَ خَيْرُ الرّٰحِمِيْنَ

Latin: rabbigfir warḥam wa anta khairur-rāḥimīn(a)


Artinya: "Ya Tuhanku, berilah ampunan dan rahmat. Engkaulah sebaik-baik pemberi rahmat." (QS Al-Mu'minun: 118)

Demikian 15 doa mustajab para nabi dan rasul di antara banyaknya doa lain dalam Al-Qur'an, semoga bisa diamalkan ya
 Sumber detikcomFoto: Getty Images/iStockphoto/Husam Cakaloglu


Artikel ini hanyalah simpanan cache dari url asal penulis yang berkebarangkalian sudah terlalu lama atau sudah dibuang :

https://norsanina.blogspot.com/2024/04/209-doa-para-nabi.html

Kempen Promosi dan Iklan
Kami memerlukan jasa baik anda untuk menyokong kempen pengiklanan dalam website kami. Serba sedikit anda telah membantu kami untuk mengekalkan servis percuma aggregating ini kepada semua.

Anda juga boleh memberikan sumbangan anda kepada kami dengan menghubungi kami di sini
Doa Nabi Khidir Agar Diampunkan Dosa Dimurahkan Rezeki Dikabulkan Hajat

Doa Nabi Khidir Agar Diampunkan Dosa Dimurahkan Rezeki Dikabulkan Hajat

papar berkaitan - pada 17/4/2024 - jumlah : 98 hits
Doa Nabi Khidir Agar Diampunkan Dosa Dimurahkan Rezeki Dikabulkan Hajat Dalam Islam umat Islam diajarkan untuk sentiasa berdoa kepada Allah SWT Kita boleh berdoa bermacam macam hajat kepada Allah SWT mengikut keinginan Terdapat juga pelbaga...
Doa Nabi Daud Agar Dicintai Allah

Doa Nabi Daud Agar Dicintai Allah

papar berkaitan - pada 19/4/2024 - jumlah : 58 hits
Doa Nabi Daud Agar Dicintai Allah Dalam Islam kita diajar dan dianjurkan untuk sentiasa berdoa kepada Allah SWT Bahkan berdoa bukan sekadar suatu ibadah bahkan ia merupakan suatu perintah dari Allah SWT buat sekalian para hamba Nya untuk be...
Islam Agama Rantau Tanah Melayu 40 Tahun Selepas Nabi

Islam Agama Rantau Tanah Melayu 40 Tahun Selepas Nabi

papar berkaitan - pada 17/4/2024 - jumlah : 111 hits
Islam agama Rantau Tanah Melayu 40 tahun selepas Nabi ARVE Error src mismatch provider youtube url https youtu be qBtBDJGdH7s src in org https www youtube com embed qBtBDJGdH7s wmode transparent rel 0 feature oembed src in mod https www you...
Andra Respati Feat Gisma Wandira Ku Aminkan Doa Mu Chord

Andra Respati Feat Gisma Wandira Ku Aminkan Doa Mu Chord

papar berkaitan - pada 7/4/2024 - jumlah : 118 hits
Em Bm C D Em Em Bm C D Em Em aku berdoa Em Bm kepada Allah Bm C semoga kita D Em s lalu bahagia Bm C D Em Em Em Bm aku aminkan do a darimu Bm C D Em semoga cinta kita selalu terjaga Bm C hidup matiku hanya untukmu Bm sisa waktuku C D Em B k...
Panduan Mudah Mendirikan Solat Istisqa Dan Doa Istisqa

Panduan Mudah Mendirikan Solat Istisqa Dan Doa Istisqa

papar berkaitan - pada 11/4/2024 - jumlah : 112 hits
Panduan Mudah Mendirikan Solat Istisqa dan Doa Istisqa 10 Adakah anda tahu bagaimana cara mendirikan Malaysia kini dilanda suhu yang sangat panas dan kering yang boleh mencecah antara 35 hingga 38 darjah Celsius bergantung kepada kehadiran ...
10 Bacaan Doa I Tidal Beserta Tulisan Arab Latin Dan Artinya

10 Bacaan Doa I Tidal Beserta Tulisan Arab Latin Dan Artinya

papar berkaitan - pada 14/4/2024 - jumlah : 103 hits
I tidal adalah berdiri setelah ruku sebelum sujud Ia merupakan salah satu rukun shalat Agar lebih sempurna ada sunnahnya yakni membaca bacaan atau doa i tidal Sholat adalah ibadah yang kaifiyah atau tata caranya bersifat tauqifi Yakni telah...
Panduan Bacaan Tahlil Arwah Ringkas Berserta Doa Penutup

Panduan Bacaan Tahlil Arwah Ringkas Berserta Doa Penutup

papar berkaitan - pada 15/4/2024 - jumlah : 107 hits
Panduan Bacaan Tahlil Arwah Ringkas berserta Doa Penutup 15 Adakah anda mempunyai sanak saudara yang telah pergi meninggalkan anda Jika ada pasti anda pernah menghadiri kenduri tahlil arwah yang dikenalikan imam masjid atau surau Tahlil arw...
Enggan Tadah Tangan Doa Buat Sultan Dan Agong Ahli Pas Mohon Maaf

Enggan Tadah Tangan Doa Buat Sultan Dan Agong Ahli Pas Mohon Maaf

papar berkaitan - pada 15/4/2024 - jumlah : 68 hits
FMT ReportersHezry Yasin dalam hantaran yang dipadamkan antara lain menyatakan akan menurunkan tangan ketika doa buat sultan atau Agong semasa khutbah Jumaat PETALING JAYA Individu memuat naik hantaran berhubung doa buat sultan Agong Jumaat...
Pesanan Buat Sang Suami

Politikus Merosakkan Nama Raja Raja Melayu

Thousands Rally On Labour Day Demand Better Rights

Pesanan Datin Thalia Kepada Wanita Jadilah Wanita Yang Mahal

Set Up Gig Workers Commission Quickly Says Anwar

Continuous Learning

Embark On The Journey Of Family Togetherness With Sharp This Parents Day

Pengangguran Hilang Kerja Dan Kerja Luar Bidang



Info Dan Sinopsis Drama Berepisod Bercakap Dengan Jun Slot DramaVaganza Astro Ria

5 Amalan Muslim Yang Sering Dijadikan Bahan Lawak di Malaysia

6 Fungsi Kereta Yang Sepatutnya Ada Tapi Tak Dijadikan Standard

5 Perkhidmatan Yang Kini Entah Kenapa Kita Langgan Bulanan

5 Tumbuhan Penghalau Kucing Yang Turut Mencantikkan Laman Rumah


Drama Puaka Cuti Semester Lakonan Mark Adam Zaki Azeman

Cerita Foto Sepanjang Minggu

Kkb Polls Indians And The Futility Of Voting

They Travelled For Hours To Celebrate Raya With Us

Tinta Bernoktah

Peluang Bisnis Digital Apa Yang Bagus Tahun 2024