Warga Aceh Ramai Ramai Bikin Paspor Untuk Pergi Ke Pulau Jawa Ternyata Ini Penyebabnya


Beberapa hari ini, petisi online berjudul “Turunkan harga tiket pesawat domestik Indonesia” di situs change.org, ramai diperbincangkan.
Petisi yang dibuat oleh seseorang bernama Iskandar Zulkarnain dan ditujukan kepada Presiden Jokowi, Menteri Perhubungan, Menteri Keuangan, Direktur Utama Garuda Indonesia, ini berisi keluhan terkait naiknya harga tiket pesawat penerbangan domestik di Indonesia.
Dari pantauan Suar.ID hingga Sabtu (12/1/2019) pukul 11.30 WIB, petisi tersebut telah ditandatangani 121.997 orang.
Kenaikan harga tiket pesawat penerbangan domestik rupanya juga membuat orang-orang Aceh resah.
Antrean warga yang membuat paspor di Kantor Imigrasi Banda Aceh, Jumat (11/1/2019) siang. Bahkan, diulas oleh Serambinews.com (11/1/2019), muncul fenomena baru di Aceh Ramai-ramai membua paspor untuk pergi ke Pulau Jawa.
Paspor tersebut digunakan sebagian besar warga Aceh untuk pergi ke kota-kota di Pulau Jawa seperti Jakarta dan Malang melalui Kuala Lumpur, Malaysia.
Ya, mereka akan terbang ke Kuala Lumpur terlebih dulu kemudian terbang ke kota-kota yang dituju di Pulau Jawa dari sana.
Hal ini dikarenakan, tiket pesawat dari Aceh langsung ke kota-kota di Pulau Jawa justru lebih mahal dibandingkan melalui jalur internasional dari Aceh – Kuala Lumpur – dan baru ke Pulau Jawa.
Di media sosial, warganet ramai memposting perbandingan harga tiketnya.
Misalnya saja untuk ke Jakarta, harga tiket domestik Banda Aceh – Jakarta mencapai Rp 3 juta, sementara harga tiket Banda Aceh – Jakarta via Kuala Lumpur, tidak sampai Rp 1 juta.
Bahkan, Asrizal H Asnawi anggota DPR Aceh turut memposting sindiran mengenai fenomena orang Aceh yang ramai membuat paspor sebagai akibat dari mahalnya harga tiket pesawat penerbangan domestik.
“Orang Aceh ke Jakarta pakai pasport, semoga orang Jakarta yg mau ke Aceh juga pakai pasport. Jelas sudah posisi kita,” tulis Wakil Ketua Komisi IV DPRA ini, dalam status Facebooknya yang kemudian mengundang berbagai tanggapan warganet.
Safaruddin SH Bikin Paspor Untuk 4 Orang Untuk Pergi ke Malang
Direktur Yayasan Advokasi Rakyat Aceh (YARA), Safaruddin SH, membagikan ceritanya kepada Srambinews.com, saat harus membuat banyak paspor untuk pergi ke Malang.
“Saya harus bikin paspor untuk empat orang, 3 anak dan seorang keluarga lain, padahal saya ingin pergi ke Malang yang masih dalam wilayah Indonesia,” kata Safaruddin kepada Serambinews.com, Jumat (11/1/2019).
Berdasarkan hasil pengecekan di situs penjualan tiket, kata Safaruddin, jika menempuh penerbangan domestik dengan maskapai Garuda Indonesia, perlu uang sebesar Rp 4 juta lebih per orang untuk tiket Banda Aceh – Jakarta – Malang.
Harga tersebut membuat Safaruddin harus mengeluarkan uang sebesar Rp24 juta untuk enam orang.
Sementara melalui jalur Banda Aceh – Kuala Lumpur – Surabaya dengan maskapai Air Asia, harga tiketnya adalah Rp 950.000 per orang.
Maka, untuk 6 orang, Safaruddin hanya perlu mengeluarkan uang sebesar Rp 5.700.000.
Harga tiket tersebut, kata Safaruddin, sudah dia booking untuk penerbangan bulan Februari 2019.
“Saya bisa menghemat hampir 20 juta Rupiah. Dipotong untuk biaya pembuatan empat paspor sebesar Rp 1.420.000 (Rp 355 ribu per paspor), lalu potong lagi untuk ongkos bus dari Surabaya ke Malang sekitar 500 ribu, saya masih bisa menghemat sebesar 18 juta Rupiah,” kata pemegang kartu GarudaMiles Platinum bernomor 725 054 116 ini.
Pun begitu dengan maskapai penerbangan selain Garuda Indonesia yang harga tiket dari Banda Aceh ke Malang juga berkisar Rp3 juta per orang.
Safaruddin pun mengimbau masyarakat Aceh yang ingin ke Jakarta atau daerah-daerah lain di Pulau Jawa agar memilih jalur Kuala Lumpur.
Harga Tiket Pesawat Penerbangan Domestik
Mengutip Serambinews.com, di situs Traveloka untuk penerbangan domestik bulan Januari 2019 ini dari Banda Aceh ke Jakarta harganya memang di atas Rp2 juta per orang.
Misalnya saja dengan mengambil tangga acak, terbaca bahwa harga tiket keberangkatan 21 Januari 2019 dari Banda Aceh ke Jakarta naik Garuda Rp 2.962.700/orang.
Tiket Batik Air Banda Aceh-Jakarta Rp 2.559.000/orang.
Citilink transit di Kualanamu Rp 1.998.000/orang.
Lion transit di Kualanamu Rp 1.888.000- Rp 2.212.000/orang.
Sementara penerbangan AirAsia dari Banda Aceh ke Jakarta via Kuala Lumpur hanya Rp 879.700/orang.
Sementara pada tanggal 13 Februari 2019, harga tiket Garuda dari Banda Aceh ke Jakarta Rp 2.962.700/orang.
Batik Air dari Banda Aceh Rp 2.559.000/orang.
Citilink transit Kualanamu Rp 1.998.000/orang.
Lion transit Kualanamu Rp 1.888.000- Rp 2.212.000/orang.
Sedangkan Air Asia transit ke Kuala Lumpur harga tiketnya mulai Rp 716.700/orang.
Penerbangan naik Garuda dari Jakarta ke Banda Aceh pada 20 Maret 2019 mencapai Rp 3.057.700/orang.
Batik Air Banda Aceh-Jakarta Rp 2.609.000/orang.
Citilink transit Kualanamu Rp 2.013.000/orang.
Lion transit Kualanamu mulai Rp 1.918.000- Rp 2.242.000/orang.
Sedangkan transit naik AirAsia ke Kuala Lumpur, harga tiketnya hanya Rp 693.700/orang.
Menurut data yang dihimpun Serambinews.com dari curhatan warga di media sosial, kenaikan harga tiket ini “gila-gilaan”.
Warga Aceh berharap kenaikan harga tiket untuk penerbangan domestik hendaknya segera ditinjau oleh Menteri Perhubungan dan diturunkan kembali.
Sementara menanggapi keluhan dari warganet soal harga tiket pesawat yang dinilai mahal, Senior Manager Public Relation Garuda Indonesia Ikhsan Rosan buka suara.
Seperti dikutip dari Tribunnews.com, Ikhsan menegaskan range harga tiket pesawat yang ditetapkan maskapainya tidak menyalahi aturan batas atas oleh Kemenhub.
Ia juga menampik pihaknya menaikkan harga tiket pesawat, melainkan harga disesuaikan dengan jumlah permintaan yang masih tinggi.
“Untuk tarif, kami selalu mengikuti ketentuan yang ada. Tidak pernah melampaui batas atas yang ada. Pasca liburan ini, permintaan ke kota-kota besar memang masih tinggi,” jelas Ikhsan Rosan saat dikonfirmasi Tribunnews.com, Kamis (10/1/2019).
Maskapai Lion Air juga berpendapat sama dengan Garuda Indonesia.
“Kalau tarif tiket hingga Januari 2019 ini mengikuti aturan, tidak melebihi batas atas,” terang Corporate Communications Strategic of Lion Air Danang Mandala Prihantoro kepada Tribunnews.com.
Sumber: suar.grid.id


Artikel ini hanyalah simpanan cache dari url asal penulis yang berkebarangkalian sudah terlalu lama atau sudah dibuang :

https://islamidia.com/warga-aceh-ramai-ramai-bikin-paspor-untuk-pergi-ke-pulau-jawa-ternyata-ini-penyebabnya/

Kempen Promosi dan Iklan
Kami memerlukan jasa baik anda untuk menyokong kempen pengiklanan dalam website kami. Serba sedikit anda telah membantu kami untuk mengekalkan servis percuma aggregating ini kepada semua.

Anda juga boleh memberikan sumbangan anda kepada kami dengan menghubungi kami di sini
Sejak Harga Tiket Pesawat Melonjak Warga Aceh Ramai Ramai Buat Paspor

Sejak Harga Tiket Pesawat Melonjak Warga Aceh Ramai Ramai Buat Paspor

papar berkaitan - pada 13/1/2019 - jumlah : 333 hits
Warga Aceh ramai ramai bikin paspor di Kantor Imigrasi Kelas I TPI Banda Aceh sejak awal Januari 2019 Ini akibat harga tiket rute penerbangan domestik dari Aceh ke Jakarta sangat mahal sehingga warga memilih transit di Bandara Kuala Lumpur ...
Fenomena Warga Aceh Ramai Ramai Transit Di Malaysia Saat Hendak Pergi Ke Jakarta

Fenomena Warga Aceh Ramai Ramai Transit Di Malaysia Saat Hendak Pergi Ke Jakarta

papar berkaitan - pada 13/1/2019 - jumlah : 217 hits
Sebagian warga Aceh kini memilih berangkat ke Jakarta melalui penerbangan Kuala Lumpur Pilihan ini diambil karena harga tiket jauh lebih murah dibandingkan berangkat langsung dari Banda Aceh ke Jakarta
Hasil Riset Ahli Ungkap Potensi Gempa Besar Di Pulau Jawa Termasuk Jakarta Dan Bandung

Hasil Riset Ahli Ungkap Potensi Gempa Besar Di Pulau Jawa Termasuk Jakarta Dan Bandung

papar berkaitan - pada 10/1/2019 - jumlah : 229 hits
Kajian ilmiah yang diterbitkan di jurnal ilmiah internasional baru baru ini menunjukkan aktifnya jalur patahan di Pulau Jawa termasuk di dua daerah padat penduduk yaitu selatan Jakarta dan utara Bandung Kajian itu harus mendapat perhatian s...
Bikin Heboh Kardus Dekat Posko Jokowi Di Makassar Ternyata Isi Daging Busuk

Bikin Heboh Kardus Dekat Posko Jokowi Di Makassar Ternyata Isi Daging Busuk

papar berkaitan - pada 31/12/2018 - jumlah : 250 hits
Sebuah kardus tergeletak di bawah tiang listrik di seberang jalan depan posko pemenangan Jokowi Ma ruf Jalan Haji Bau Makassar menghebohkan warga setempat Sam salah seorang anggota Panwas Kecamatan Ujung Pandang yang pertama kali melihat ka...
Ma Ruf Amin Siap Penuhi Undangan Tes Baca Alquran Dari Warga Aceh

Ma Ruf Amin Siap Penuhi Undangan Tes Baca Alquran Dari Warga Aceh

papar berkaitan - pada 30/12/2018 - jumlah : 190 hits
Cawapres nomor urut 01 KH Ma ruf Amin mengaku siap memenuhi undangan dari masyarakat Aceh Ma ruf menyadari ini adalah keinginan dari masyarakat Aceh meskipun tes membaca Alquran bukan syarat bagi calon pemimpin
Makin Banyak Warga As Salahkan Donald Trump Ini Penyebabnya

Makin Banyak Warga As Salahkan Donald Trump Ini Penyebabnya

papar berkaitan - pada 9/1/2019 - jumlah : 201 hits
Hasil survei terbaru oleh firma riset pemasaran Ipsos semakin banyak warga Amerika Serikat menyalahkan Donald Trump atas penutupan sebagian pemerintahan Hal ini menyebabkan pemotongan gaji para pekerja federal pada pekan ini
Banda Aceh Dan Sabang Larang Warga Rayakan Malam Tahun Baru

Banda Aceh Dan Sabang Larang Warga Rayakan Malam Tahun Baru

papar berkaitan - pada 30/12/2018 - jumlah : 198 hits
Pemerintah Provinsi Aceh telah mengeluarkan surat imbauan agar saat pergantian tahun baru 2019 agar tidak melakukan perayaan dengan berbagai bentuk dan kegiatan Larangan ini juga diikuti oleh Pemerintah Kota Banda Aceh dan Sabang yang menja...
Standby Guys Pengurangan Subsidi Petrol Bakal Bermula

Melaka Signs Tourism Advertising Deal With Chinese Media Company

Special Zones Can Help Johor Surpass Other States Economically Says Pm

Ringgit Closes Higher As Us Dollar Index Declines

Ultimate Guide To Ghibli Park

Anak Batuk Lama Sangat Jangan Biarkan Kesan Pada Anak Ni Mak Ayah Kena Tahu

Reforms Not A Panacea For Weak Ringgit Says Economist

Will The Middle East Conflict Derail Our Economy



Info Sinopsis Kutipan Sheriff Narko Integriti Filem Malaysia 2024

Info Dan Sinopsis Dough Doh Filem Malaysia 2023 Lakonan Syafiq Kyle Kini Di Netflix

Info Dan Sinopsis The Djinn s Curse Khong Khaek Filem Seram Thailand 2023 Kini Di Netflix Malaysia

10 Filem Seram Thailand Berhantu Terbaru Mesti Tonton Juga Tersedia Online

10 Drama Thailand Thai Drama Terbaru Best Juga Tersedia Online


Honor Malaysia Bakal Lancar Empat Produk Baharu Pada 22 April

Finding Your Inner Peace Buddha Statues And The Path To Mindfulness

Bayi Meninggal Dunia Selepas Diberi Makan Cahaya Matahari

Banjir Besar 5 Negara Ragut Ratusan Nyawa

Transformation From The Top Down Hajiji S Exemplary Leadership In Sabah

Penyokong Pn Jangan Bongkak Dan Takabbur