Siaran Pers Klarifikasi Ibadah Dan Makar Saat Hut Kantor Knpb Timika


SIARAN PERS

Nomor : 0301.A5/DEP.KP-KPS/KINGMI/I/2019

TENTANG KLARIFIKASI IBADAH DAN MAKAR
DALAM RANGKA HARI HUT KNPB WILAYAH TIMIKA YANG KE-V SEKALIGUS IBADAH LEPAS SAMBUT TAHUN LAMA KE TAHUN BARU
====================================

Kami selaku Ketua Departemen Keadilan dan Perdamaian Koordinator Puncak Selatan Gereja Kemah Injil (KINGMI) di Tanah Papua yang diundang membawakan Ibadah dan Doa pada Hari Ulang Tahun (HUT) Komite Nasional Papua Barat (KNPB) Wilayah Timika mengklarifikasikan yaitu sebagai berikut:

Ibadah ialah aneka tindakan dan sikap yang menghargai dan menghormati kelayakan Allah semesta langit dan bumi yang agung. Jadi, ibadah berpusat pada Allah dan bukan pada manusia. Di dalam ibadah itu kita sebagai umat ciptaan-Nya menghampiri kepada Allah dengan bersyukur karena apa yang telah dilakukan-Nya bagi kita di dalam Kristus dan melalui Roh Kudus.

Ibadah itu tidak bisa dijadikan dan kategori sebagai MAKAR. Ibadah adalah Pribadi seseorang dengan Tuhan Allah, jadi Ibadah tidak bisa dibatasi dengan kepentingan apapun dalam dunia ini. Teroris mau ibadahkah? Komunis mau ibadah, Penjahat kaliber mau ibadahkah? Orang baik mau ibadahkah? TNI/POLRI mau ibadahkah? TPN/OPM mau ibadah? Orang Papua mau Ibadahkah? Orang non Papua mau Ibadahkah? Itu urusan dia dengan Tuhannya yang dia sembah.

Kegiatan Ibadah Syukuran Hari Ulang Tahun (HUT) Kantor Komite Nasional Papua Barat (KNPB) Timika sekaligus Lepas Sambut Tahun Lama ke Tahun Baru pada tanggal 31 Desember 2018 itu kami diundang sebagai pengkhotbah dengan agenda Ibadah ini adalah 1. Doa Pemulihan, 2. Doa Syukuran, 3. Doa Pengampunan 4. Doa Permintaan.

Dalam agenda Ibadah Syukuran ini tidak ada Deklarasi Negara Papua Barat di Kampung Kebun Siri, Distrik Mimika Baru, Kabupaten Mimika, Papua.

Berikut ini kami menjelaskan semua kegiatan dalam khotbah dan Doa yang kami siapkan untuk memimpin dalam Kegiatan Ibadah Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-V Komite Nasional Papua Barat (KNPB) Wilayah yang ke-V dan Ibadah Lepas Tahun Baru ke Tahun Lama adalah sebagai berikut:

a. Doa Pemulihan.

Kata Ibrani "Pemulihan" adalah "Shalam" yang berarti mengembalikan Sesuatu Yang terhilang atau yang dipinjam, arti lain adalah membentuk kembali. (Yoel 2:25); Sedangkan Kata Gerika "Pemulihan" ialah apokathistemai, yang berarti membentuk sesuatu kembali kepada bentuk semula, bentuk awal, permulaan atau asal. Kita mengerti bahwa tidak ada sesuatu apapun yang dapat dibentuk Kembali selain dari sesuatu yang telah diambil, dipisahkan atau dipecah. Jadi pemulihan dapat didefenisikan adalah pengembalian keposisi semula dengan memperbaharui atau mengembalikan Sesuatu Yang Sudah diambil atau Hilang.

Berangkat dari itu dalam agenda Doa pemulihan pada tanggal 31 Desember 2018 yang dibubarkan oleh TNI/POLRI di Kantor KNPB Wilayah Timika sekaligus dengan aksi aparat menangkap, membubarkan, membongkar sampai Ibadah itu dianggap MAKAR itu keliru karena agenda kami sebagai pelayan yang diundang adalah Doa Pemulihan sebagai agenda doa pertama.

Mengapa kami rencana mengajak melakukan Doa Pemulihan? (a) Kasus Nduga. Kasus Nduga hari ini banyak umat Tuhan termasuk warga Gereja KINGMI dari 3 Klasis dan 34 Jemaat masih ada di hutan-hutan, tidak ada kekuatan kami, kami hanya meminta ke Tuhan yang punya sumber Pemulihan ini, Dia (Tuhan) memulihkan Nduga. Agar Tuhan sadarkan TNI/POLRI dan TNP/OPM yang sedang jadikan wilayah Nduga sebagai Daerah Operasi Militer agar tidak mengorbankan Jemaat/Umat Tuhan yang tidak tahu masalah. (b) Kasus Kematian. Kasus kematian aktivis Papua Merdeka dan kematian masyarakat dalam tahun ini meningkat diseluruh Tanah Papua yaitu melalui racun, minuman keras, perang suku, pembunuhan, HIV AIDS, perang suku, penembakan oleh aparat TNI/POLRI dan lainnya.

Sehingga melalui HUT dan Lepas Tahun Lama dan Tahun Baru ini menaikan Doa Pemulihan agar Tuhan memulihkan menutup semua pintu masuk kematian yang menuju pemusnahan etnis bangsa Papua hari ini, tapi agenda mulia ini digagalkan oleh aparat TNI/POLRI dengan dalih bahwa Ibadah adalah sebuah terselubung untuk doktrinisasi Makar.

b. Doa Syukuran

Ayat dasar yang kami siapkan pada sesi doa syukuran pada HUT dan Ibadah Lepas Sambut di Kantor KNPB Timika adalah Mazmur 50:14 "Persembahkanlah syukur sebagai korban kepada Allah dan bayarlah nazarmu kepada Yang Mahatinggi!"

Mengucap Syukur adalah rasa berterima kasih yang sangat dalam atas pemeliharaan, penyertaan, dan perlingdungan Allah dalam hidup kita. Sebagaimana banyak orang Kristen maupun non Kristen bersyukur kepada Tuhan, Keluarga Besar KNPB/PRD Timika juga mengucap syukur diujung Tahun 2018 lalu pada tanggal 31 Desember 2018 atas segala berkat yag diterima dari Tuhan. Karena keluarga besar KNPB/PRD Timika berjalan dengan baik, menerima berkat, kesembuhan, atau mengalami mujizat Tuhan dari masalah, kesesakan, sakit-penyakit selama Tahun 2018 sekalipun banyak tantangan yang dihadapi oleh KNPB/PRD Timika.

Dalam sesi Doa Sykuran ini yang rencana waktu itu adalah “Mengucap syukur atas kesakitan, kelemahan, kematian yang Tuhan luputkan dari tanggal 31 Desember 2017 sampai 31 Desember 2018.”

c. Doa Pengampunan

Ayat dasar yang kami siapkan pada sesi doa pengampunan pada HUT dan Ibadah Lepas Sambut di Kantor KNPB Timika adalah Matius, 6:12; Dan ampunilah kami akan kesalahan kami, seperti kami juga mengampuni orang yang bersalah kepada kami.”

Pengampunan adalah melepaskan, melemparkan, membebaskan diri. Pengampunan yg dituntut dari umat Allah bukan sekedar pengampunan yg menjaga jarak atau terbatas melainkan pengampunan secara penuh di mana kita membebaskan diri dari segala perasaan negatif terhadap orang yg menyalahi kita. Dengan mengampuni, kita melepaskan hak kita untuk membalas dan mempercayakan keluh kesah kita kepada Tuhan, karena Ia adalah Hakim yg bisa menegakkan keadilan lebih baik daripada kita. (Mazmur 89:14) dalam Ibadah HUT dan Lepas Sambut Tahun Lama ke Tahun Baru ini kami melepaskan Doa Pengampunan kepada Amerika, Belanda, PBB dan Indonesia yang mengorban orang Papua demi kepentingan ekonomi politik global saat 19 Desember 1961 sampai hari ini. Tetapi agenda ini digagalkan oleh pihak TNI/POLRI yang membubarkan secara paksa.

d. Doa Permintaan

Ayat dasar yang kami siapkan pada sesi doa permintaan pada HUT dan Ibadah Lepas Sambut di Kantor KNPB Timika adalah Yohanes, 14:14; Jikalau kamu minta sesuatu kepada-Ku, kamu akan menerimanya.”

Permintaan adalah pergumulan yang digumuli oleh seseorang yang disampaikan untuk meminta kebutuhannya yang sedang dibutuhkannya. Sumber segala berkat hanya dari Tuhan yang menjadikan langit dan bumi serta umat manusia.

Dalam sesi ini pergumulan dan permohonan permintaan yang rencana disampaikan melalui Doa Permintaan adalah kesejahteraan ekonomi orang Papua, kebutuhan pribadi, keluarga, dan kelompok atas segala kebutuhan dalam hidup, lebih khusus dalam tahun 2019. Tetapi agenda ini juga digagalkan oleh pihak TNI/POLRI yang membubarkan Ibadah pada 31 Desember 2018 yang lalu.
Demikianlah Klarifikasi Ibadah dan Makar Dalam Rangka Hari HUT KNPB Wilayah Timika Yang Ke-V sekaligus Ibadah Lepas Sambut Tahun Lama Ke Tahun Baru.

Demikian klarifikasi kami dan atas perhatian disampaikan terima kasih. Tuhan berkati.

Timika, 10 Januari 2019

KETUA DEPARTEMEN KEADILAN DAN PERDAMAIAN KOORDINATOR PUNCAK SELATAN
GEREJA KEMAH INJIL (KINGMI) DI TANAH PAPUA

ttd
PDT. DESERIUS ADII, S.Th.

Sumber: https://www.facebook.com/deserius.adii/posts/1486183984847979

Artikel ini hanyalah simpanan cache dari url asal penulis yang berkebarangkalian sudah terlalu lama atau sudah dibuang :

https://phaul-heger.blogspot.com/2019/01/siaran-pers-klarifikasi-ibadah-dan.html

Kempen Promosi dan Iklan
Kami memerlukan jasa baik anda untuk menyokong kempen pengiklanan dalam website kami. Serba sedikit anda telah membantu kami untuk mengekalkan servis percuma aggregating ini kepada semua.

Anda juga boleh memberikan sumbangan anda kepada kami dengan menghubungi kami di sini
Siaran Pers Terkait Pembongkaran Kantor Komite Nasional Papua Barat Wilayah Mimika

Siaran Pers Terkait Pembongkaran Kantor Komite Nasional Papua Barat Wilayah Mimika

papar berkaitan - pada 1/1/2019 - jumlah : 243 hits
SIARAN PERS Nomor 0301 A3 SKP SKP KPS KINGMI XII 2018 TENTANGPENGGEBEREKAN PENANGKAPAN DAN PEMBONGKARAN KANTOR KOMITE NASIONAL PAPUA BARAT WILAYAH MIMIKA Dipenghujung tahun 2018 Senin sekitar pukul 08 10 WIT aparat TNI Polri melakukan pengg...
Begini Pendapat Hukum Paham Papua Terkait Penetapan 3 Aktivis Knpb Tersangka Makar

Begini Pendapat Hukum Paham Papua Terkait Penetapan 3 Aktivis Knpb Tersangka Makar

papar berkaitan - pada 15/1/2019 - jumlah : 215 hits
Tanpa Menerbitkan Surat Perintah Penangkapan dan Penahanan Polisi Menahan dan Menetapkan Tiga Aktivis KNPB sebagai Tersangka Kasus MakarJayapura kepolisian daerah Papua menahan dan menetapkan tiga aktivis KNPB yaitu Yanto Awekion Sem Asso d...
Kepolisian Dan Knpb Saling Tuding Atas Pendudukan Kantor Di Mimika

Kepolisian Dan Knpb Saling Tuding Atas Pendudukan Kantor Di Mimika

papar berkaitan - pada 8/1/2019 - jumlah : 221 hits
Babak baru kisruh Papua Kepolisian dan KNPB saling tuding atas pendudukan kantor di MimikaPenggeledahan kantor Komite Nasional Papua Barat KNPB oleh kepolisian Mimika pada akhir tahun lalu berlanjut dengan saling menuntut Pihak KNPB menyata...
Aparat Penegak Hukum Abaikan Perintah Uu Dalam Pananganan Kasus Knpb Timika

Aparat Penegak Hukum Abaikan Perintah Uu Dalam Pananganan Kasus Knpb Timika

papar berkaitan - pada 10/1/2019 - jumlah : 189 hits
APARAT PENEGAK HUKUM PAPUA ABAIKAN PERINTAH UNDANG UNDANG DALAM PENANGANAN KASUS KNPB TIMIKA Penolakan Surat Pemberitahuan KNPB Timika Untuk Perayaan Ibadah Hut KNPB Timika oleh Kasatintelkam Polres Mimika Ilegal Penetapan Tersangka Terhada...
Laporan Bpw Knpb Timika Yanto Awerkion Sem Asso Dan Eman Dogopia Dibawa Ke Jayapura

Laporan Bpw Knpb Timika Yanto Awerkion Sem Asso Dan Eman Dogopia Dibawa Ke Jayapura

papar berkaitan - pada 8/1/2019 - jumlah : 194 hits
LAPORAN RESMI SITUASI TERAKHIR KANTOR PAPUA MERDEKA KNPB PARLEMEN DI TIMIKAKnpb Timika News Pada hari ini tanggal 8 Januari 2019 tepat pukul 5 00Am pagi Waktu Papua 3 Orang Aktivis Knpb dan Parlemen digiring ke Polda Papua tanpa memberikan ...
Cerita Menegangkan Warga Saat Puting Beliung Mengamuk Di Cirebon

Cerita Menegangkan Warga Saat Puting Beliung Mengamuk Di Cirebon

papar berkaitan - pada 31/12/2018 - jumlah : 232 hits
Kesaksian Warga saat Puting Beliung Mengamuk di Cirebon Banyak yang menangis banyak yang azan menyebut nama Allah Alhamdulillah kami selamat
Sindiran Kubu Jokowi Saat Prabowo Sandi Tolak Tes Alquran Ada Yang Mules Perutnya

Sindiran Kubu Jokowi Saat Prabowo Sandi Tolak Tes Alquran Ada Yang Mules Perutnya

papar berkaitan - pada 31/12/2018 - jumlah : 236 hits
Sekretaris Tim Kampanye Nasional TKN Jokowi Ma ruf Hasto Kristiyanto menyindir kubu Prabowo Sandi yang menolak undangan tersebut Hasto menyebut selama ini kubu Prabowo Sandi selalu menggunakan isu isu politik identitas untuk meraih simpati ...
Saat Evakuasi Korban Mutilasi 2 Polisi Ditembaki Orang Tak Dikenal

Saat Evakuasi Korban Mutilasi 2 Polisi Ditembaki Orang Tak Dikenal

papar berkaitan - pada 31/12/2018 - jumlah : 160 hits
Dua anggota Polres Parigi Moutong dan Polda Sulawesi Tengah ditembak orang tak dikenal Penembakan terjadi saat anggota tengah mengevakuasi korban mutilasi di kawasan Desa Salubanga Kecamatan Sausu Parigi Moutong pada sekitar pukul 08 00 WIT...
Sandi Siapkan Jawaban Jika Kasus Pelanggaran Ham Prabowo Disinggung Saat Debat

Sandi Siapkan Jawaban Jika Kasus Pelanggaran Ham Prabowo Disinggung Saat Debat

papar berkaitan - pada 31/12/2018 - jumlah : 157 hits
Debat pertama akan mengambil tema hukum HAM korupsi dan terorisme Sandi mengaku sudah mempersiapkan materi jika lawan debatnya menyinggung pelanggaran HAM yang dilakukan Prabowo Subianto
Towards More Comprehensive Pension Reform

3 Sebab Kenapa Kashmir Menjadi Pilihan Traveler Malaysia

Polis Jerman Sita Bugatti Rare Dalam Siasatan Berkait 1mdb

Laporan Bank Dunia Mengeluarkan Isyarat Bahaya Terhadap Sistem Pendidikan Malaysia

Should Stakeholders Sue Bloomberg To Prove 2nd Casino Licence Claim For Johor S Forest City Is Sheer Slander

Sungai Muda Sempadan Pulau Pinang Kedah

Jetama Taja Sabah Fc Rm5 Juta Musim Ini

Tak Sekolah



Info Dan Sinopsis Drama Berepisod Leha Leya Lawa Tonton

Info Dan Sinopsis Restu Drama Melayu Berepisod Platform Online iQIYI Malaysia

10 Istilah Hampir Serupa Bahasa Inggeris Yang Kita Keliru Penggunaannya

5 Trend Bodoh Netizen Yang Nampaknya Semakin Menjadi Jadi

Info Dan Sinopsis Drama Berepisod Puaka Cuti Semester Slot Lestary TV3


Drama Racun Rihanna Lakonan Intan Najuwa Rita Rudaini

Bunga Paling Seram Di Dunia

Logo Autentik Untuk Produk Asli Madu

Ucapan Hari Jadi Ucapan Lawak Untuk Kawan Islamik

Hadiah Hari Guru 40 Idea Hadiah Yang Menarik

Gara Gara Al Bani Menuduh Iamam Bukhari Kafir Karena Takwil