Rasulullah Dan Hubungan Dengan Adab Perasaan Dan Rasa Hati Mengesakan Allah Subhanahu Wa Ta Alla 9281





Hukum Kerjakan Shalat Subuh ketika Matahari Sudah Terbit karena Kesiangan
by yudi
Foto: Dian Maulana/Islampos
SHALAT adalah ibadah yang sudah ditentukan waktunya oleh Allah Azza Wajalla. Oleh karena itu, sudah seharusnya kita shalat tepat waktu. Lalu bolehkah mengerjakan shalat subuh ketika matahari sudah terbit?
Hal ini tentu tidak diperbolehkan jika dilakukan dengan sengaja. Pertanyaanya, bagaimana cara kita shalat subuh kesiangan karena luput yang tidak disengaja?
BACA JUGA: 5 Keistimewaan dari Allah bagi Ahli Shalat Subuh
Dijelaskan dalam Fatwa Lajnah no. 5545 bahwa jika seseorang tertidur sehingga luput dari shalat shubuh, dia terbangun ketika matahari terbit atau beberapa saat sebelum matahari terbit atau beberapa saat sesudah matahari terbit; maka wajib baginya mengerjakan shalat shubuh ketika dia terbangun, baik matahari terbit ketika dia sedang shalat atau ketika mau memulai shalat matahari sedang terbit atau pun memulai shalat ketika matahari sudah terbit, dalam kondisi ini hendaklah dia sempurnakan shalatnya sebelum matahari memanas. Dan tidak boleh seseorang menunda shalat shubuh hingga matahari meninggi atau memanas.
Adapun hadits yang menyatakan larangan shalat ketika matahari terbit karena pada waktu itu matahari terbit pada dua tanduk setan (HR. Muslim), maka larangan yang dimaksudkan adalah jika kita mau mengerjakan shalat sunnah yang tidak memiliki sebab atau mau mengerjakan shalat wajib yang tidak disebabkan karena lupa atau karena tertidur. (Demikian maksud dari Fatwa Lajnah).
BACA JUGA: Subuh Itu Terasa Nikmat
Dengan demikian maka, jika memang kita lupa atau tertidur sehingga luput menunaikan shalat subuh, maka tidak terlarang kita mengerjakannya ketika matahari sudah terbit. Wallahu a’lam. []
SUMBER: RUMAYSHOhttps://www.islampos.com/hukum-kerjakan-shalat-subuh-ketika-matahari-sudah-terbit-karena-kesiangan-115985/
Khutbah Jumat: Tiga Wasiat Al-Quran Ketika Kaum Muslimin Lemah
Jum'at, 22 Februari 2019 08:45 
Foto: Khutbah JumatKhutbah Pertamaاَلْحَمْدُ للهِ الَّذِي أَصْلَحَ الضَمَائِرَ، وَنَقَّى السَرَائِرَ، فَهَدَى الْقَلْبَ الحَائِرَ إِلَى طَرِيْقِ أَوْلَي البَصَائِرَ، وَأَشْهَدُ أَنْ لَا إِلهَ إِلَّا اللهُ وَحْدَهُ لَا شَرِيُكَ لَهُ، وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمّداً عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ، أَنْقَى العَالَمِيْنَ سَرِيْرَةً وَأَزكْاَهُمْ سِيْرَةً، وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَمَنْ سَارَ عَلَى هَدْيِهِ إِلَى يَوْمِ الدِّيْنِ.يَا أَيُّهَا النَّاسُ، أُوْصِيْكُمْ وَإِيَّايَ بِتَقْوَى اللهِ فَقَدْ فَازَ الْمُتَّقُوْنَقَالَ تَعَالَى: يَاأَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اتَّقُوا اللَّهَ حَقَّ تُقَاتِهِ وَلا تَمُوتُنَّ إِلا وَأَنْتُمْ مُسْلِمُونَوَقَالَ يَاأَيُّهَا النَّاسُ اتَّقُوا رَبَّكُمُ الَّذِي خَلَقَكُمْ مِنْ نَفْسٍ وَاحِدَةٍ وَخَلَقَ مِنْهَا زَوْجَهَا وَبَثَّ مِنْهُمَا رِجَالا كَثِيرًا وَنِسَاءً وَاتَّقُوا اللَّهَ الَّذِي تَسَاءَلُونَ بِهِ وَالأرْحَامَ إِنَّ اللَّهَ كَانَ عَلَيْكُمْ رَقِيبًاوَقَالَ يَاأَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اتَّقُوا اللَّهَ وَقُولُوا قَوْلا سَدِيدًا * يُصْلِحْ لَكُمْ أَعْمَالَكُمْ وَيَغْفِرْ لَكُمْ ذُنُوبَكُمْ وَمَنْ يُطِعِ اللَّهَ وَرَسُولَهُ فَقَدْ فَازَ فَوْزًا عَظِيمًا أَمَّا بَعْدُاَللَّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ عَلَى نَبِيِّنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَمَنْ تَبِعَهُمْ بِإِحْسَانٍ إِلَى يَوْمِ الْقِيَامَةِ.
Jamaah Jumat Rahimakumullah
Sekitar 95 tahun silam, Khalifah Utsmani (Ottoman) resmi dinyatakan runtuh. Kepemimpan Islam yang pernah jaya dan menguasai dua per tiga dunia dihapuskan dalam tata dunia pada 3 Maret 1924. 
Sejak itu, umat Islam tidak lagi di bawah naungan seorang pimimpin tunggal (khilafah) dan mereka tercerai berai menjadi lebih dari 60 negara. Kondisinya tak ubah seperti anak ayam yang kehilangan induknya. Hari demi hari problematika yang dihadapi terus meluas menyentuh segala lini kehidupan. Pendidikan, ekonomi, sosial dan politik umat Islam kian tertinggal dengan umat lainnya
Hari ini wajah dunia Islam benar-benar berada dalam kendali musuh tanpa memiliki kemampuan untuk melawan. Gambaran Rasulullah saw bahwa musuh-musuh Islam akan memangsa kaum muslimin sebagaimana orang-orang menyerbu makanannya benar-benar menjadi kenyataan. Suriah, Afghanistan, Palestina, Uighur, Rohingya dan negeri-negeri lainnya telah memberikan kesaksian akan nubuwat tersebut.
Jamaah Jumat Rahimakumullah
Tentunya ketika kondisi umat kian terpuruk, kita tidak boleh pesimis. Umat Islam dituntut terus untuk bangkit. Membangun optimisme agar kejayaan yang dijanjikan itu bisa tegak kembali.
Karena itu, ketika umat berada dalam kondisi lemah seperti ini, Al-Qur’an hadir mengingatkan kita akan tiga hal yang mesti kita lakukan bersama. Ketiga hal itu, Allah Ta’ala firmankan dalam surat yang hampir setiap hari Jum’at kita baca, yaitu surat Al Kahfi.  Bunyi ayat tersebut adalah:
وَاتْلُ مَا أُوحِيَ إِلَيْكَ مِنْ كِتَابِ رَبِّكَ لا مُبَدِّلَ لِكَلِمَاتِهِ وَلَنْ تَجِدَ مِنْ دُونِهِ مُلْتَحَدًا*وَاصْبِرْ نَفْسَكَ مَعَ الَّذِينَ يَدْعُونَ رَبَّهُمْ بِالْغَدَاةِ وَالْعَشِيِّ يُرِيدُونَ وَجْهَهُ وَلا تَعْدُ عَيْنَاكَ عَنْهُمْ تُرِيدُ زِينَةَ الْحَيَاةِ الدُّنْيَا وَلا تُطِعْ مَنْ أَغْفَلْنَا قَلْبَهُ عَنْ ذِكْرِنَا وَاتَّبَعَ هَوَاهُ وَكَانَ أَمْرُهُ فُرُطًا*
“Dan bacakanlah apa yang diwahyukan kepadamu, yaitu kitab Tuhan-mu (Al Qur’an). Tidak ada (seorang pun) yang dapat mengubah kalimat-kalimat-Nya. Dan kamu tidak akan dapat menemukan tempat berlindung selain daripada-Nya*Dan bersabarlah kamu bersama-sama dengan orang-orang yang menyeru Tuhannya di pagi dan senja hari dengan mengharap keridaan-Nya; dan janganlah kedua matamu berpaling dari mereka (karena) mengharapkan perhiasan kehidupan dunia ini; dan janganlah kamu mengikuti orang yang hatinya telah Kami lalaikan dari mengingati Kami, serta menuruti hawa nafsunya dan adalah keadaannya itu melewati batas.” (QS. Al-Kahfi: 27-28)
BACA JUGA  Khutbah Jumat: Teror Selandia Baru dan Industri Islamofobia

Ayat ini diturunkan kepada Nabi Saw ketika beliau sedang dalam kondisi lemah di kota makah. Kisah yang tercantum dalam surat Al Kahfi ini mengingatkan Nabi dan para sahabatnya tentang tiga wasiat penting yang bisa menenangkan hati mereka di saat ujian dan cobaan datang bertubi-tubi.
Jamaah Jumat Rahimakumullah
Wasiat Pertama fiman AllahTa’ala:وَاتْلُ مَا أُوحِيَ إِلَيْكَ مِنْ كِتَابِ رَبِّكَ لا مُبَدِّلَ لِكَلِمَاتِهِ وَلَنْ تَجِدَ مِنْ دُونِهِ مُلْتَحَدًا
“Dan bacakanlah apa yang diwahyukan kepadamu, yaitu kitab Tuhan-mu (Al Qur’an). Tidak ada (seorang pun) yang dapat mengubah kalimat-kalimat-Nya. Dan kamu tidak akan dapat menemukan tempat berlindung selain daripada-Nya.”(QS: Al-Kahfi 27)Ayat ini mengandung perintah untuk senantiasa tilawah Al-Qur’an. Tilawah disini mencakup dua makna: Pertama, membaca dengan cara mentadabburinya yang diiringi dengan khusyu’ dan mendalami kandungannya serta memperhatikan, mentadabburi akan wasiat Allah yang terdapat di dalamnya.
Makna kedua adalah mengamalkannya. Kedua makna inilah yang terangkum dalam wasiat untuk membaca Al-Qur’an.
Dengan senantiasa membaca dan mengamalkan petunjuk Al-Qur’an maka akan tumbuh rasa optimisme dalam hati walau kondisi dalam keadaan sempit.
Jamaah Jumat Rahimakumullah
Yang Kedua Allah Ta’ala mewasiatkan kepada Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam dan para sahabatnya agar senantiasa sabar bersama orang-orang yang menyeru Allah pada pagi dan sore.
Orang-orang yang senantiasa berzikir kepada Allah ketika masuk waktu pagi dan sore dan tujuan hidup mereka selalu dipertaruhkan untuk Allah, untuk agamaNya, syari’atNya, kitabNya. Bahkan seluruh hidupnya mereka tujukan untuk menegakkan agama Islam. Dan mereka selalu berfikir bagaimana cara untuk memenangkan agama Allah. Maka bersama orang-orang seperti inilah yang mestinya engkau bersabar untuk berada bersama mereka
وَاصْبِرْ نَفْسَكَ مَعَ الَّذِينَ يَدْعُونَ رَبَّهُمْ بِالْغَدَاةِ وَالْعَشِيِّ
“…Dan bersabarlah kamu bersama-sama dengan orang-orang yang menyeru Rabb mereka di pagi dan senja hari…” (QS. Al Kahfi: 28)Yaitu orang yang menjadikan tujuan hidupnya untuk meninggikan agama Islam. Senantiasa memikirkannya di waktu pagi dan sore. Atau bahkan dalam hidup mereka seluruhnya.
Jamaah Jumat Rahimakumullah
Wasiat yang ketiga adalah berlawanan dengan wasiat nomor dua yaitu firman Allah:
وَلا تُطِعْ مَنْ أَغْفَلْنَا قَلْبَهُ عَنْ ذِكْرِنَا وَاتَّبَعَ هَوَاهُ وَكَانَ أَمْرُهُ فُرُطًا
“…Dan janganlah kamu mengikuti orang yang hatinya telah Kami lalaikan dari mengingati Kami, serta menuruti hawa nafsunya dan adalah keadaannya itu melewati batas…” (QS. Al Kahfi: 28)
Sebagaimana kamu harus berteman dengan orang mukmin, begitu juga kamu harus memusuhi orang kafir. Janganlah sekali-kali berteman dengan mereka atau menjalin kasih sayang. jangan pernah pula berada dalam barisan selain barisan orang mukmin akan tetapi tepatilah barisan orang-orang mukmin dan selisihilah orang-orang musyrik. Orang-orang yang obsesi hidupnya hanya untuk dunia. Hatinya lalai terhadap Allah, tidak memiliki kesadaran untuk menolong agama Islam. Tidak menghiraukan kondisi umat Islam yang lemah dan tidak peduli dengan penguasaan musuh terhadapnya. Maka terhadap orang yang seperti ini janganlah kamu menghabiskan waktu bersama mereka.Jangan berteman dengan mereka, dan jangan condong kepada mereka.
BACA JUGA  Benarkah Kata Kafir Digunakan Hanya di Mekkah?

“Dan janganlah kamu mengikuti orang yang hatinya telah Kami lalaikan dari mengingati Kami.”
Jamaah Jumat rahimakumullah
Demikianlah tiga wasiat yang Allah pesankan kepada nabi-Nya. Marilah kita bersama untuk mentadabburinya dan mengamalkannya. Dan kita memohon kepada Allah agar kita selalu berada bersama kalimat yang haq, dunia dan akhirat. Kemudian bisa menggunakannya untuk menolong agama Allah dan dalam jihad melawan musuh-musuh Allah.
اَقُوْلُ قَوْلِيْ هَذَا وَأَسْتَغْفِرُ اللهَ الْعَظِيْمَ لِيْ وَلَكُمْ وَلِسَائِرِ الْمُسْلِمِيْنَ. فَاسْتَغْفِرُوْهُ، إِنَّهُ هُوَ الْغَفُوْرُ الرَّحِيْمُKhutbah Kedua
اَلْحَمْدُ للهِ عَلىَ إِحْسَانِهِ وَالشُّكْرُ لَهُ عَلىَ تَوْفِيْقِهِ وَاِمْتِنَانِهِ. وَأَشْهَدُ أَنْ لاَ اِلَهَ إِلاَّ اللهُ وَاللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ وَأَشْهَدُ أنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ الدَّاعِى إلىَ رِضْوَانِهِ. اللهُمَّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ وِعَلَى اَلِهِ وَأَصْحَابِهِ وَسَلِّمْ تَسْلِيْمًا كِثيْرًاأَمَّا بَعْدُ فَياَ اَيُّهَا النَّاسُ اِتَّقُوا اللهَ فِيْمَا أَمَرَ وَانْتَهُوْا عَمَّا نَهَى وَاعْلَمُوْا أَنَّ اللهَ أَمَرَكُمْ بِأَمْرٍ بَدَأَ فِيْهِ بِنَفْسِهِ وَثَـنَى بِمَلآ ئِكَتِهِ بِقُدْسِهِ وَقَالَ تَعاَلَى إِنَّ اللهَ وَمَلآئِكَتَهُ يُصَلُّوْنَ عَلىَ النَّبِى يآ اَيُّهَا الَّذِيْنَ آمَنُوْا صَلُّوْا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوْا تَسْلِيْمًا.اللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ مُحَمَّدٍ، كَمَا صَلَّيْتَ عَلَى إِبْرَاهِيْمَ وَعَلَى آلِ إِبْرَاهِيْمَ، وَبَارِكْ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ مُحَمَّدٍ، كَمَا بَارَكْتَ عَلَى إِبْرَاهِيْمَ وَعَلَى آلِ إِبْرَاهِيْمَ، فِي العَالَمِيْنَ إِنَّكَ حَمِيْدٌ مَجِيْدٌ، وَارْضَ اللَّهُمَّ عَنْ خُلَفَائِهِ الرَّاشِدِيْنَ، وَعَنْ أَزْوَاجِهِ أُمَّهَاتِ المُؤْمِنِيْنَ، وَعَنْ سَائِرِ الصَّحَابَةِ أَجْمَعِيْنَ، وَعَنْ المُؤْمِنِيْنَ وَالمُؤْمِنَاتِ إِلَى يَوْمِ الدِّيْنِ، وَعَنَّا مَعَهُمْ بِرَحْمَتِكَ يَا أَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ.اللَّهُمَّ اغْفِرْ لِلْمُؤْمِنِيْنَ وَالْمُؤْمِنَاتِ، وَالْمُسْلِمِيْنَ وَالْمُسْلِمَاتِ، الأَحْيَاءِ مِنْهُمْ وَالأَمْوَاتِ، إِنَّكَ سَمِيْعٌ قَرِيْبٌ مُجِيْبُ الدُّعَاءِ.اللَّهُمَّ اجْعَلْ جَمْعَنَا هَذَا جَمْعاً مَرْحُوْماً، وَاجْعَلْ تَفَرُّقَنَا مِنْ بَعْدِهِ تَفَرُّقاً مَعْصُوْماً، وَلا تَدَعْ فِيْنَا وَلا مَعَنَا شَقِيًّا وَلا مَحْرُوْماً.اللَّهُمَّ إِنَّا نَسْأَلُكَ الْهُدَى وَالتُّقَى وَالعَفَافَ وَالغِنَى.اللَّهُمَّ إِنَّا نَسْأَلُكَ أَنْ تَرْزُقَ كُلاًّ مِنَّا لِسَاناً صَادِقاً ذَاكِراً، وَقَلْباً خَاشِعاً مُنِيْباً، وَعَمَلاً صَالِحاً زَاكِياً، وَعِلْماً نَافِعاً رَافِعاً، وَإِيْمَاناً رَاسِخاً ثَابِتاً، وَيَقِيْناً صَادِقاً خَالِصاً، وَرِزْقاً حَلاَلاً طَيِّباً وَاسِعاً، يَا ذَا الْجَلاَلِ وَالإِكْرَامِ.اللَّهُمَّ أَعِزَّ الإِسْلاَمَ وَالْمُسْلِمِيْنَ، وَوَحِّدِ اللَّهُمَّ صُفُوْفَهُمْ، وَأَجمع كلمتهم عَلَى الحق، وَاكْسِرْ شَوْكَةَ الظالمين، وَاكْتُبِ السَّلاَمَ وَالأَمْنَ لِعَبادك أجمعين.اللَّهُمَّ رَبَّنَا اسْقِنَا مِنْ فَيْضِكَ الْمِدْرَارِ، وَاجْعَلْنَا مِنَ الذَّاكِرِيْنَ لَكَ في اللَيْلِ وَالنَّهَارِ، الْمُسْتَغْفِرِيْنَ لَكَ بِالْعَشِيِّ وَالأَسْحَارِ.اللَّهُمَّ أَنْزِلْ عَلَيْنَا مِنْ بَرَكَاتِ السَّمَاء وَأَخْرِجْ لَنَا مِنْ خَيْرَاتِ الأَرْضِ، وَبَارِكْ لَنَا في ثِمَارِنَا وَزُرُوْعِنَا يَا ذَا الْجَلاَلِ وَالإِكْرَامِ.رَبَّنَا آتِنَا في الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفي الآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ.رَبَّنَا لا تُزِغْ قُلُوْبَنَا بَعْدَ إِذْ هَدَيْتَنَا، وَهَبْ لَنَا مِنْ لَدُنْكَ رَحْمَةً، إِنَّكَ أَنْتَ الوَهَّابُ.رَبَّنَا ظَلَمْنَا أَنْفُسَنَا وَإِنْ لَمْ تَغْفِرْ لَنَا وَتَرْحَمْنَا لَنَكُوْنَنَّ مِنَ الخَاسِرِيْنَ.عِبَادَ اللهِ :(( إِنَّ اللهَ يَأْمُرُ بِالْعَدْلِ وَالإِحْسَانِ وَإِيْتَاءِ ذِي القُرْبَى وَيَنْهَى عَنِ الْفَحْشَاءِ وَالْمُنْكَرِ وَالْبَغْيِ يَعِظُكُمْ لَعَلَّكُمْ تَذَكَّرُوْنَ ))
Khutbah Jumat: Tiga Wasiat Al-Quran Ketika Kaum Muslimin Lemah - Kiblat

TITIANManhajKata Kafir dan Kebiasaan Yahudi Menyelewengkan Istilah Syar’i 18 Maret 2019Tarbiyah JihadiyahMenjalani Hidup dengan Mentalitas Mujahid 17 Maret 2019MunaqosyahBenarkah Kata Kafir Digunakan Hanya di Mekkah? 9 Maret 2019ManhajPenghapusan Kata Kafir dan Potensi Kaburnya Wala’ dan Bara’ 2 Maret 2019Wudhu seperti Dicontohkan Nabi ﷺ , Ini Penjelasan Ust Abdul Somad
by Saad SaefullahWUDHU berarti membersihkan diri dari segala hadats. Dan hal ini wajib dilakukan sebelum melaksanakan shalat. Dalam wudhu kita harus melakukan hal-hal yang diwajibkan sesuai dengan tuntunan Allah SWT dan Rasul-Nya.

Ustadz Abdul Somad, Lc., MA., menjelaskan bagaimana wudhu sesuai dengan tuntunan Nabi Muhammad Rasulullah ﷺ  dalam video ini. Video diambil dari akun @TamanSurga.Net di YouTube.
https://www.islampos.com/wudhu-seperti-dicontohkan-nabi-ini-penjelasan-ust-abdul-somad-139980/

BERITA TERKAITKhutbah Jumat: Teror Selandia Baru dan Industri Islamofobia Kamis, 21 Maret 2019 13:54Khutbah Jumat: Jangan Mengubah Kitab Suci Seperti Yahudi! Jum'at, 15 Maret 2019 07:52Khutbah Jumat: Kemuliaan dan Keutamaan Istighfar- Ust. Abdul Kholid, MA. Jum'at, 1 Maret 2019 18:16Khutbah Jumat: Fitnah Kedudukan di Akhir Zaman Jum'at, 1 Maret 2019 05:45Khutbah Jumat: Menyingkap Kebingungan Arah Pendidikan – Ust. Dr. M. Faqihuddin, M.M. Sabtu, 23 Februari 2019 12:14
TERPOPULERSoal Serangan Teror di Masjid Al Noor, Senator Australia Salahkan Muslim Perang Air antara Sri Mulyani dan Anis Baswedan Khutbah Jumat: Tiga Wasiat Al-Quran Ketika Kaum Muslimin Lemah Khutbah Jumat: Fitnah Kedudukan di Akhir Zaman Cerita Heroik Abdul Aziz Halau Teroris Selandia Baru dengan Tangan Kosong Sadis, Penyerang Masjid di Selandia Baru Rekam Aksinya Live Facebook KH Luthfi Basori: Tidak Sebut Non Muslim Sebagai Kafir Bertentangan dengan Syariat Islam Tak Hanya Selandia Baru, Ini Daftar Serangan Teroris yang Targetkan Muslim di Masjid Jamaah Masjid di London Diserang Pasca Aksi Teror di Selandia Baru
Dakwah sebagai Sarana Pengembangan Skill
by SodikinIlustrasi dakwah
Oleh:  Yuli AisyahMahasiswi dan Aktivis [email protected]
DAKWAH berarti ajakan, seruan maupun panggilan.ke dalam ajaran Islam yang dilakukan secara kontemporer (berubah-ubah) sesuai perkembangan zaman. Bukan berarti Islam berubah tetapi tantangan zaman yang kian berubah dan harus siap mengikuti hukum Islam.

Tujuan utama berdakwah yaitu memberitahukan apa yang telah disampaikan oleh Rasulullah ﷺ  dan mengajak manusia dari jalan kesesatan menuju jalan kebenaran, memperjuangkan yang haq dan meninggalkan kebathilan. Hal ini sesuai dengan firman Allah SWT dalam Al Quran:

“Al-Qur’an sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang bathil).” (QS. Al-Baqarah: 185)

BACA JUGA: Bermimpi tentang Indonesia dengan Dakwah Produktif

Tercapainya tujuan dakwah diharapkan kita pandai dalam hal membangun peradaban terutama pengembangan skill (keterampilan) yang menampilkan pesan Islam di dalamnya.

Dakwah bukan hanya sekadar ceramah, berorasi, menasihati orang lain dan sebagainya. Tapi dakwah juga berperan dalam pengembangan skill yang tentunya tidak dapat dirasakan dalam kurun waktu terdekat tetapi akan dirasakan dalam kurun waktu beberapa bulan bahkan tahun melalui sebuah proses.

Berkaca tentang aktivis, kembali bahwa ketika kita sudah terjun ke dunia dakwah maka semula yang kita pendiam akan perlahan-lahan menjadi sosok seorang yang berani untuk mengungkapkan pendapat bahkan bisa menjadi seorang kritikus. Percaya tidak percaya ini sudah banyak dialami oleh beberapa aktivis.

Dengan kita banyak bergabung ke medan dakwah maka kita akan banyak berkumpul dengan teman-teman se-aktivis dengan itu pula pasti akan ada proyeksi ke depan yang harus dilakukan. Ya, semisal membuka kewirausahaan. Ini adalah salah satu wujud dalam mengembangkan skill yang ada.

Dakwah merupakan salah satu jalan terbaik dalam pengembangan skill. Minimal sikap disiplin, bertanggung jawab dan amanah akan ditempa dalam wadah ini. 

“Hai orang-orang mukmin, jika kamu menolong (agama) Allah, niscaya Dia akan menolongmu dan meneguhkan kedudukanmu,” (QS Muhammad: 7).

Percaya dan yakinlah bahwa dakwah mampu menempa seseorang menjadi manusia luar biasa. Azzamkan niat dalam qalbu bahwa dengan dakwah aku bisa berprestasi. insyaAllah jika niat kita dibarengi dengan ketulusan memperjuangakan agama Allah maka dunia pun akan mengikuti.

BACA JUGA: Karena Dakwah Itu Cinta

Terjun ke dunia dakwah akan menghantarkan kita berjumpa dengan orang-orang hebat yang sudah merasakan halawatul iman sehingga seimbang antara akhirat dan dunia . Sudah banyak cerita tentang kalangan aktivis dakwah yang menjadi manusia yang tidak biasa-biasa saja. Are you ready for the world of da’wah? []

OPINI ini adalah kiriman pembaca Islampos. Kirim OPINI Anda lewat imel ke: [email protected], paling banyak dua (2) halaman MS Word. Sertakan biodata singkat dan foto diri. Isi dari OPINI di luar tanggung jawab redaksi Islampos.

https://www.islampos.com/dakwah-sebagai-sarana-pengembangan-skill-140260/

Orang Tak Dikenal Pecahkan Jendela Empat Masjid di Birmingham
Kamis, 21 Maret 2019 19:00 Reporter : Hari Ariyanti
masjid Birmingham sediakan makanan bagi gelandangan di musim Natal. ©Independent
Merdeka.com - Polisi anti-terorisme di West Midlands, Inggris sedang menyelidiki serangan di empat masjid di Birmingham semalam. Polisi menanggapi laporan bahwa ada seorang pria memecahkan jendela kaca di masjid yang berada di Birchfield Road pukul 02.32 waktu setempat. 
Ketika polisi sampai di TKP, serangan itu terjadi beberapa waktu sebelumnya. Demikian dilansir dari laman Sky News, Kamis (21/3).
Sekitar 42 menit kemudian, polisi disiagakan untuk serangan serupa di sebuah masjid di Slade Road, Erdington.
Patroli ditingkatkan di seluruh kota dan petugas menemukan kerusakan di tempat-tempat ibadah di Witton Road, Aston, dan di Broadway kawasan Perry Barr.
Motif di balik serangan itu masih belum diketahui. Namun menurut polisi West Midlands, empat serangan itu saling terkait.
Pasukan mengatakan, tim forensik berada di TKP untuk mengumpulkan bukti dan memeriksa CCTV di kawasan itu. Unit Penanggulangan Terorisme West Midlands juga terlibat dalam penyelidikan.
Ketua Dewan Kota Birmingham, John Cotton mengatakan sangat terkejut masjid menjadi target serangan.
"Sangat terkejut melihat bahwa masjid Birmingham telah menjadi target perusakan dan kekerasan semalam. Saya bekerja dengan @WMPolice & @BhamCityCouncil untuk memastikan kami menemukan mereka yang bertanggung jawab & mendukung komunitas Muslim kami," cuitnya di Twitter.
"Preman-preman ini bukan beraksi demi Birmingham & tidak akan memecah belah kita," lanjutnya.
Kepala Polisi West Midlands, Dave Thompson mengatakan sejak serangan teror di Christchurch, Selandia Baru, petugas dan staf Kepolisian West Midlands bekerja sama dengan sejumlah pihak untuk memberikan jaminan dan dukungan di masjid, gereja dan tempat-tempat ibadah lainnya.
"Saat ini kami tidak tahu motif serangan semalam. Yang bisa saya katakan adalah bahwa pasukan dan Unit Penanggulangan Terorisme bekerja berdampingan untuk menemukan siapa pun yang bertanggung jawab," tegasnya.
"Pada saat-saat sulit seperti ini, sangat penting bahwa setiap orang bersatu melawan mereka yang berusaha menciptakan perselisihan, ketidakpastian dan ketakutan di komunitas kami," pungkasnya. [noe]
Orang Tak Dikenal Pecahkan Jendela Empat Masjid di Birmingham | merdeka.com

Menyesal, Maling di Depok Kembalikan HP Curian dan Tulis Surat Permohonan Maaf 
Kamis, 21 Maret 2019 20:04 Reporter : Nur Fauziah
Pencuri kembalikan hp ke pemiliknya. ©2019 Merdeka.com/Nur Fauziah
Merdeka.com - Peristiwa unik terjadi di Depok. Seorang maling yang ketakutan akhirnya mengembalikan barang hasil curiannya ke tempat dia mencuri. Uniknya, si pencuri juga meninggalkan surat permintaan maaf pada korban yang merupakan ibu-ibu. 

Surat itu ditemukan oleh salah seorang penjaga toko foto copy di Jalan Pitara, Pancoran Mas Depok. Surat itu ditemukan pada Rabu (20/1) sore. Pelaku menitipkan surat dan ponsel curian ke salah satu pegawai di foto copy tersebut. "Suratnya dititipkan ke teman saya. Setelah itu dia pergi," kata Wahid, penjaga foto copy, Kamis (21/3).

Pelaku diduga takut dan menyesal hingga akhirnya mengembalikan ponsel. Pemiliknya adalah seorang ibu-ibu yang saat kejadian sedang foto copy di lokasi. "Pelakunya bilang minta tolong dikembalikan HP nya ke ibunya. Dia juga bilang minta maaf," paparnya.

Penjaga foto copy mengaku tidak kenal dengan pelaku. Dia pun tidak mengetahui nama pelaku. Pelaku hanya datang menitipkan surat dalam amplop berisi HP merek Samsung. Isi surat menyebutkan si pelaku menyesal. Dia juga berjanji tidak akan mengulangi perbuatannya. Pelaku juga membubuhkan tanda tangan di akhir surat yang ditulis tangan tersebut.
Berikut isi surat yang ditulis pencuri tersebut
"Ibu sebelumnya, saya mohon maaf dari hati yang terdalam. Atas kehilafan saya telah mengambil HP ibu. Saya sangat menyesal kembali. HP ini saya kembalikan, dan saya berjanji tidak akan mengulangi perbuatan tersebut. Saya mohon maaf sebesar-besarnya. Saya Harap ibu mau memaafkan, Atas kehilafan saya. Dan tidak akan diperpanjang permasalahan ini
NB: Atas segala kekurangan saya benar- benar menyesal. HP ini saya titipkan di tempat foto copy." [noe]
Menyesal, Maling di Depok Kembalikan HP Curian dan Tulis Surat Permohonan Maaf | merdeka.com
Ringan Dikerjakan Tapi Sering Dianggap Sepele, Inilah Keutamaan Shalat Sunnah Tahiyatul Masjid
Ketika kita memasuki masjid sebelum melakukan shalat berjamaan, sangat dianjurkan untuk melakukan shalat sunnat tahiyatul masjid terlebih dahulu. Shalat Tahiyatul Masjid merupakan shalat sunnah yang dilakukan sebanyak 2 rekaat saat seseorang masuk ke masjid sebelum melakukan shalat wajib. Hal ini sesuai dengan hadits Rasulullah ﷺ yang diriwayatkan oleh Abu Qatadah radhiyallahu’anhu yang berbunyi:

“Jika salah seorang dari kalian masuk masjid, maka hendaklah dia shalat dua rekaat sebelum dia duduk,” (HR Bukhari dan Muslim)

Sebelum Anda melakukan shalat, mungkin anda juga perlu mengetahui apa saja keutamaan dari shalat Tahiyatul Masjid.

Inilah 10 keutamaan Shalat Tahiyatul Masjid:

1. Memuliakan Masjid

Karena masjid merupakan rumahnya Allah, sudah selayaknya orang-orang yang datang ke rumah-Nya memulyakan-Nya. Adapun salah satu bentuk memulyakan masjid adalah dengan melakukan shalat tahiyatul masjid ketika kita memasuki masjid.

2. Sebagai penutup kekurangan shalat wajib

Rasulullah ﷺ bersabda: “Sesungguhnya amalan yang pertama kali dihisab pada manusia di hari kiamat nanti adalah shalat. Allah ‘azza wa jalla berkata kepada malaikat-Nya dan Dia-lah yang lebih tahu, “Lihatlah pada shalat hamba-Ku. Apakah shalatnya sempurna ataukah tidak? Jika shalatnya sempurna, maka akan dicatat baginya pahala yang sempurna. Namun jika dalam shalatnya ada sedikit kekurangan, maka Allah berfirman: Lihatlah, apakah hamba-Ku memiliki amalan sunnah. Jika hamba-Ku memiliki amalan sunnah, Allah berfirman: sempurnakanlah kekurangan yang ada pada amalan wajib dengan amalan sunnahnya.” Kemudian amalan lainnya akan diperlakukan seperti ini.” (HR. Abu Daud, Ibnu Majah, Ahmad)

3. Sebagai penghapus dosa dan derajat ditinggikan.

Karena memperbanyak sujud bisa dilakukan dengan cara melakukan shalat sunnah dan salah satu shalat sunnah tersebut adalah shalat tahiyatul masjid.

4. Cermin ketaatan dan ketakwaan pada Allah

Melakukan shalat tahiyatul masjid dengan tekad yang bulat dan sungguh-sungguh hanya karena Allah merupakan cermin orang yang bertakwa.

5. Dapat menyelesaikan segala urusan

Menyelesaikan dalah segala urusan disini maksudnya dapat menyelesakan permasalahan yang membuat seseorang merasa resah dan bimbang dalam persoalan hidupnya. Dengan melakukan shalat sunnah salah satunya shalat tahiyatul masjid dan serahkan segala urusannya kepada Sang Pencipta, maka Allah akan memberikan kecukupan dan memberi jalan keluar atas persoalan yang dialami.

6. Penyempurna shalat fardu

Maksudnya jika dalam melakukan shalat fardhu itu ada kekurangan atau kurang sempurna seperti lupa, ataupun sebagainya maka dapat disempurnakan dengan melakukan shalat tahiyatul masjid.

7. Rasa syukur seorang hamba

Melakukan shalat tahiyatul masjid juga merupakan sebagai bentuk rasa syukur kepada Allah atas semua nikmat yang diberikan. Seperti nikmat hidup, nikmat sehat dan rezeki yang melimpah.

8. Merupakan salah satu amal yang diutamakan

Shalat tahiyatul masjid merupakan salah satu amal yang diutamakan, seperti amalan shalat wajib dan sunnah lainnya.

9. Orang yang istimewa dihadapan Allah

Karena dengan rajin melakukan shalat sunnah ini, maka ia akan dijadikan wali Allah. Ia termasuk orang yang beriman dan bertakwa.

10. Dianjurkan Rasulullah ﷺ 

Shalat tahiyatul masjid merupakan salah satu shalat sunnah yang dianjurkan dan telah dicontohkan oleh Rasululah ﷺ. Seperti sabda Rasulullah ﷺ: “Sesungguhnya di antara tanda-tanda dekatnya kiamat adalah seseorang melalui (masuk) masjid, namun tidak melakukan shalat dua rakaat di dalamnya.” (HR. Ibnu Khuzaimah dalam Shahihnya)

TRIBUNNEWS.com
Ringan Dikerjakan Tapi Sering Dianggap Sepele, Inilah Keutamaan Shalat Sunnah Tahiyatul Masjid – Check Porsi Haji App.

RECENT POSTSMenjemput Rizki Bukan Mencari RizkiRingan Dikerjakan Tapi Sering Dianggap Sepele, Inilah Keutamaan Shalat Sunnah Tahiyatul MasjidAnjuran Shalat Tahiyatul MasjidMeminta-minta pada Zaman NowImam al-Ghazali Tuturkan Petuah Sufi Bagi Pegiat Haji Sunah
Brenton Tarrant Terinspirasi Teroris Norwegia Pembunuh 77 Orang 
Jum'at, 15 Maret 2019 18:45 
Foto: Anders Behring Breivik, seorang pelaku pembunuhan massal dari Norwegia (sumber: express) 
KIBLAT.NET, Christchurch – Brenton Tarrant (28), pria Australia yang terlibat serangan teror di masjid Al Noor, kota Christchurch, Selandia Baru menggambarkan dirinya sebagai “orang kulit putih biasa.” Sebanyak 49 orang dilaporkan tewas dalam serangan tersebut.
Tarrant, merekam aksinya saat menyerang masjid dalam video live Facebook. Dia juga memposting tulisan setebal 74 halaman berjudul “The Great Replacement” yang diposting di Scribd.
Dia mengaku sebagai orang Skotlandia, Irlandia dan Inggris dan pindah ke Selandia Baru. Dia melakukan perencanaan sebelum akhirnya melakukan serangan teror dengan korban lusinan itu.
Dalam menjalankan aksinya, Tarrant mengaku terinspirasi oleh seorang pembunuh massal Norwegia Anders Behring Breivik. Pada 22 Juli 2011, Breivik membunuh delapan orang dengan meledakkan bom van di tengah Regjeringskvartalet di Oslo. Dia kemudian menembak mati 69 peserta kamp musim panas Liga Pekerja Muda (AUF) di pulau Utoya.
Breivik memiliki riwayat ditolak masuk Angkatan Bersenjata Norwegia. Pada usia 20 tahun ia bergabung dengan Partai Progres anti-imigrasi/ sayap kanan dan mengepalai cabang organisasi pemuda partai lokal Vest Oslo selama tahun 2002.
Dia meninggalkan Partai Kemajuan pada tahun 2006 dan kemudian bergabung dengan klub senjata dan Freemason, lalu mendirikan sebuah perusahaan untuk membiayai serangan teroris yang dia rencanakan. Breivik mengaku telah merencanakan aksinya sejak tahun 2002.
Pada 2012 -saat dipenjara- Breivik berencana untuk mendirikan sebuah organisasi yang ia sebut Gerakan Revolusi Konservatif yang ia bayangkan terdiri dari sekitar 50 aktivis sayap kanan di Eropa, serta sebuah organisasi untuk aktivis sayap kanan yang dipenjara. 
BACA JUGA  Segera Diputuskan, Vonis Final terhadap Pembantai Muslim Bosnia Radovan Karadzic
Pada 2012 dia menghabiskan 8-10 jam per hari menulis. Dia telah mengatakan bahwa dia ingin menulis tiga buku: pertama terkait serangan yang dia lakukan, kedua membahas ideologi yang mendasari tindakannya, dan ketiga tentang visinya untuk masa depan.
Politisi dari beberapa partai Norwegia telah memprotes kegiatan Breivik di penjara, yang mereka lihat saat dia terus mendukung ideologinya dan mungkin mendorong tindakan kriminal lebih lanjut.
Sumber: Wikipedia, The TelegraphRedaktur: Ibas Fuadi
BERITA TERKAITPasca Serangan Teroris 15 Maret, Selandia Baru Perketat Aturan Senjata Api Kamis, 21 Maret 2019 14:27Pascateror Christchurch, Azan Shalat Jumat Akan Berkumandang di Seantero Selandia Baru Rabu, 20 Maret 2019 20:40Aktor Ini Sebut Trump Punya Andil dalam Serangan Teror Cristchurch Rabu, 20 Maret 2019 13:00Pengacara: “Egg Boy” Dibebaskan Tanpa TuntutanRabu, 20 Maret 2019 12:44
Innalillahiwainnailaihirojiun. 
Inilah Nama-nama Mereka yang Gugur di Teror Selandia Baru Kamis, 21 Maret 2019 13:01 Inilah Nama-nama Mereka yang Gugur di Teror Selandia Baru Kamis, 21 Maret 2019 13:01

KIBLAT.NET- 15 Maret 2019 menjadi hari berdarah bagi umat Islam di dunia. Muslim yang tengah melaksanakan ibadah di Masjid Al Noor, Selandia Baru dibantai oleh teroris keji. Dan inilah nama-nama mereka yang gugur dalam insiden tersebut.Selengkapnya, simak di sini.
Editor: Abdullah MuhammadInilah Nama-nama Mereka yang Gugur di Teror Selandia Baru - Kiblat

Tak Hanya Selandia Baru, Ini Daftar Serangan Teroris yang Targetkan Muslim di Masjid
Jum'at, 15 Maret 2019 17:58 
Foto: Masjid Al Noor Christchurch, Selandia Baru yang menjadi sasaran serangan teroris
KIBLAT.NET, Christchurch – Serangan teroris ditujukan kepada kaum muslimin yang tengah melaksanakan shalat Jumat di dua masjid di Christchurch, Selandia Baru. Serangan brutal pada Jumat (15/03/2019) yang menyebabkan 49 orang wafat itu menambah daftar aksi teror yang menargetkan umat Islam.

Serangan teror di Masjid Al Noor, Christchurch, Selandia Baru dilakukan saat umat Islam melaksanakan shalat Jumat. Pelaku bahkan menyiarkan secara langsung aksi brutal tersebut. Dalam rekaman video yang beredar, teroris tersebut secara brutal menembak setiap orang yang ditemuinya di dalam masjid.
Pihak keamanan Selandia Baru segera menangkap empat orang yang terkait dengan penyerangan di dua masjid tersebut. Sementara, Perdana Menteri Selandia Baru Jacinda Ardern menyatakan penyerangan itu sebagai aksi teroris.
“Jelas bahwa ini sekarang hanya dapat digambarkan sebagai serangan teroris. Dari apa yang kita ketahui, tampaknya sudah direncanakan dengan baik,” ujarnya, Jumat (15/03/2019) sore.
Serangan di Christchurch ini bukan satu-satunya aksi teror yang menargetkan umat Islam. Sebelumnya sejumlah penyerangan teroris kepada kaum muslimin terjadi di negara-negara Barat, yang kerap menuding Islam sebagai pangkal terorisme. Berikut daftarnya.
Teror Pembakaran dan Penembakan Masjid di Amerika Serikat
Aksi teror berupa penembakan terjadi di Masjid Al Furqon, Queens, New York, Sabtu (13/8/2016). Aksi penembakan menyebabkan imam masjid bernama Maulana Akonjee (55) dan seorang jemaah bernama Thara Uddin (64) meninggal dunia.
Serangan teroris itu terjadi setelah kedua korban selesai melaksanakan salat berjamaah di Masjid Al-Furqan pada pukul 13.55 waktu setempat. Pelaku penembakan yang melakukan aksinya sendirian menggunakan pistol berukuran besar. BACA JUGA  Dua Masjid di Selandia Baru Diserang, Banyak Mayat Bergelimpangan
Sebulan berselang, seorang pria warga Amerika Serikat bernama Joseph Schreiber membakar sebuah masjid di Pusat Islam Fort Pierce, Florida. Serangan teror itu dilakukannya ketika umat Islam setempat tengah menyambut Hari Raya Idul Adha pada September 2016.
Joseph Schreiber dijatuhi hukuman penjara selama 30 tahun setelah terbukti bersalah melakukan aksi teror yang mengakibatkan kerugian senilai lebih USD 100.000 itu. Namun Pengadilan kota St. Lucie hanya memintanya membayar ganti rugi sebesar USD 10 ribu .
Penembakan Brutal di Masjid Quebec, Kanada
Pada akhir Januari 2017, seorang pemuda secara membabi buta menembaki orang-orang yang berada di dalam sebuah masjid di Quebec, Kanada. Saat itu sedikitnya 50 orang berada di dalam masjid. Penembakan menyebabkan enam orang meninggal dunia dalam aksi teror tersebut, sementara delapan orang lainnya mengalami luka-luka. Perdana Menteri Kanada, Justin Trudeau mengecam aksi itu dan menyebutnya sebagai “serangan teroris terhadap Muslim”.
Lima puluh orang lebih berada di Masjid Quebec itu ketika penembakan terjadi Minggu malam. Juru bicara polisi, Christine Coulombe, mengatakan enam korban berusia antara 35 tahun sampai 70 tahun. Delapan lainnya luka-luka dalam serangan itu termasuk lima orang dalam kondisi kritis
Pengadilan di Quebec City, Kanada, memvonis pelaku teror Alexandre Bissonnette dengan hukuman seumur hidup. Di persidangan dia terbukti bersalah menyerbu ke dalam masjid menjelang akhir salat dan menembaki jamaah menggunakan dua pistol serta menghabiskan 108 butir amunisi. BACA JUGA  Cerita Heroik Abdul Aziz Halau Teroris Selandia Baru dengan Tangan Kosong
Serangan Teror di Masjid Arrahma Prancis
Aksi teror berupa penembakan terjadi di Masjid Arrahma di Avignon, Prancis pada 2 Juli 2017 pukul 22.30 waktu setempat. Serangan itu menyebabkan delapan orang terluka. Sebanyak empat orang terluka di dekat masjid, sementara satu keluarga yang terdiri dari empat orang terluka akibat pecahan peluru saat berada di apartemen yang terletak 50 meter dari lokasi kejadian.
Teror penembakan tersebut terjadi bertepatan ketika para Muslim keluar dari masjid usai salat. Namun, pihak kepolisian setempat menyatakan penembakan itu bukan serangan teroris.
Saksi mata mengatakan, orang-orang di tempat kejadian berhamburan ketika dua pria bertopeng saling mengacungkan senjata. Seorang membawa pistol dan seorang lagi membawa senapan. Salah seorang dari mereka dilaporkan menaiki sebuah kendaraan sebelum melontarkan tembakan.
Teror Bola Besi di Masjid Birmingham, Inggris
Komunitas muslim Inggris pada pertengahan Agustus 2018 menjadi sasaran teror ketika dua mereka dijadikan sasaran serangan bola besi. Masjid Qamarul Islam dan Masjid Al-Hijrah di Birmingham diserang dengan menggunakan bola besi yang diduga dilontarkan dengan menggunakan alat sejenis ketapel.
Serangan dilakukan malam hari pada Rabu (15/8/2018). Saat itu kaum muslimin setempat tengah melakukan shalat Isya. Akibat aksi teror itu jendela-jendela kedua masjid itu rusak.
Redaktur: Imam S.Tak Hanya Selandia Baru, Ini Daftar Serangan Teroris yang Targetkan Muslim di Masjid - Kiblat

KH Luthfi Basori: Tidak Sebut Non Muslim Sebagai Kafir Bertentangan dengan Syariat Islam
Jum'at, 1 Maret 2019 17:42
Foto: KH. Luthfi Basori (sumber: Suara nasional)
KIBLAT.NET, Jakarta – Ulama NU Jawa Timur, KH. Luthfi Basori menegaskan bahwa sikap teologis PBNU yang

Artikel ini hanyalah simpanan cache dari url asal penulis yang berkebarangkalian sudah terlalu lama atau sudah dibuang :

http://peceq.blogspot.com/2019/03/rasulullah-dan-hubungan-dengan-adab.html

Kempen Promosi dan Iklan
Kami memerlukan jasa baik anda untuk menyokong kempen pengiklanan dalam website kami. Serba sedikit anda telah membantu kami untuk mengekalkan servis percuma aggregating ini kepada semua.

Anda juga boleh memberikan sumbangan anda kepada kami dengan menghubungi kami di sini
Hidayah Allah Dipertemukan Jalan Pulang Yang Lurus Yang Diredhai Allah Subhanahu Wa Ta Alla Aamiin 9277

Hidayah Allah Dipertemukan Jalan Pulang Yang Lurus Yang Diredhai Allah Subhanahu Wa Ta Alla Aamiin 9277

papar berkaitan - pada 21/3/2019 - jumlah : 476 hits
I sha Wanita Punk yang Masuk Islamby Foto ruangmuslimahHIDAYAH mutlak milikNya kita tak berjak mengatur siapa kemana hidayah itu akan berpijak Meski telah di nasehati sedemikian rupa apabila Allah tak membukakan hatinya maka mustahil ia aka...
Adab Makan Menurut Islam Rasulullah Sa

Adab Makan Menurut Islam Rasulullah Sa

papar berkaitan - pada 20/3/2019 - jumlah : 403 hits
Adab Makan Menurut Islam Rasulullah SA Rasulullah Sallallahu Alaihi Wasalam telah menunjukkan adab makan yang boleh diikuti dan diteladani kerana kita diwajibkan menjaga kesihatan tubuh badan agar sentiasa sihat sebab ia adalah amanah darip...
Berhati Hati Inilah 3 Dosa Yang Disegerakan Balasannya Di Dunia Rileks Media

Berhati Hati Inilah 3 Dosa Yang Disegerakan Balasannya Di Dunia Rileks Media

papar berkaitan - pada 10/3/2019 - jumlah : 393 hits
Lumrah kita sebagai manusia yang dijadikan tidak pernah terlepas dari segala salah dan berbuat dosa dalam kehidupan seharian Setiap daripada kita pasti pernah melakukan dosa sama ada dosa kecil atau dosa besar Walau sebesar mana sekalipun d...
Rakyat Malaysia Yang Ingin Bercuti Di Thailand Dinasihatkan Berhati Hati

Rakyat Malaysia Yang Ingin Bercuti Di Thailand Dinasihatkan Berhati Hati

papar berkaitan - pada 11/3/2019 - jumlah : 232 hits
Rakyat negara ini yang berada di negara jiran Thailand dinas ihatkan berhati hati berikutan satu siri letu pan berlaku di selatan Thailand Berdasarkan kenyataan Wisma Putra Konsulat Jeneral Malaysia di Songkla mengesahkan insiden letu pan b...
Kisah Seorang Wanita Dipanjangkan Umurnya Hanya Kerana Sikap Rendah Hati Rileks Media

Kisah Seorang Wanita Dipanjangkan Umurnya Hanya Kerana Sikap Rendah Hati Rileks Media

papar berkaitan - pada 10/3/2019 - jumlah : 343 hits
Suatu hari semasa Tina hendak menyelesaikan tugasan harian dia masuk ke bilik daging sejuk beku untuk memeriksa baki stok bekalan daging akan tetapi nasib nya tidak baik tiba tiba pintu bilik sejuk itu tertutup dan dia terkunci dari dalam t...
Sifat Reda Lapang Hati

Sifat Reda Lapang Hati

papar berkaitan - pada 10/3/2019 - jumlah : 329 hits
Firman Allah SWT yang bermaksud Jikalau mereka bersungguh sungguh reda dengan apa yang yang diberikan Allah dan Rasul Nya kepada mereka serta berkata Cukuplah Allah bagi kami Allah akan memberikan kepada kami sebahagian daripada kurnia Nya ...
Dipicu Cemburu Dan Sakit Hati Pria Di Bekasi Ajak Temannya Habisi Nyawa Istrinya

Dipicu Cemburu Dan Sakit Hati Pria Di Bekasi Ajak Temannya Habisi Nyawa Istrinya

papar berkaitan - pada 10/3/2019 - jumlah : 289 hits
Seorang pria berinisial S tega menghabisi istrinya berinisial N Warga Kampung Gebang Malang Desa Sirnajaya Serang Baru Kabupaten Bekasi tersebut berbuat keji akibat dipicu cemburu dan sakit hati Aksi sadis S menghabisi sang istri dibantu re...
Kemboja Merah Hati Di Laman

Kemboja Merah Hati Di Laman

papar berkaitan - pada 12/3/2019 - jumlah : 1341 hits
Terapi lagi Senah eh Nampaknya laman baru Cik Melor ni banyak pokok bunga kemboja la Ada kemboja bonsai merah hati pink putih dan ada juga kemboja biasa warna pink merah putih kuning Contoh macam kemboja merah hati maroon dalam gambar kat a...
Pulang Wang Yang Dicuri Penyamun Bersikap Murah Hati

Pulang Wang Yang Dicuri Penyamun Bersikap Murah Hati

papar berkaitan - pada 12/3/2019 - jumlah : 248 hits
HEYUAN CHINA Gara gara melihat jumlah baki wang kosong dalam akaun seorang wanita penyamun dengan rela hati memulangkan semula wang itu kepada wanita terbabit Situasi itu berlaku di Heyuan China ketika wanita bernama Li sedang mengeluarkan ...
Towards More Comprehensive Pension Reform

3 Sebab Kenapa Kashmir Menjadi Pilihan Traveler Malaysia

Polis Jerman Sita Bugatti Rare Dalam Siasatan Berkait 1mdb

Laporan Bank Dunia Mengeluarkan Isyarat Bahaya Terhadap Sistem Pendidikan Malaysia

Should Stakeholders Sue Bloomberg To Prove 2nd Casino Licence Claim For Johor S Forest City Is Sheer Slander

Sungai Muda Sempadan Pulau Pinang Kedah

Jetama Taja Sabah Fc Rm5 Juta Musim Ini

Tak Sekolah



Info Dan Sinopsis Drama Berepisod Leha Leya Lawa Tonton

Info Dan Sinopsis Restu Drama Melayu Berepisod Platform Online iQIYI Malaysia

10 Istilah Hampir Serupa Bahasa Inggeris Yang Kita Keliru Penggunaannya

5 Trend Bodoh Netizen Yang Nampaknya Semakin Menjadi Jadi

Info Dan Sinopsis Drama Berepisod Puaka Cuti Semester Slot Lestary TV3


Drama Racun Rihanna Lakonan Intan Najuwa Rita Rudaini

Bunga Paling Seram Di Dunia

Logo Autentik Untuk Produk Asli Madu

Ucapan Hari Jadi Ucapan Lawak Untuk Kawan Islamik

Hadiah Hari Guru 40 Idea Hadiah Yang Menarik

Gara Gara Al Bani Menuduh Iamam Bukhari Kafir Karena Takwil