Pandu Digital Kalbar Event Perdana Relawan Tik Kalimantan Barat Ikut Webinar Dan Lokakarya


Mendapat undangan untuk ikut dalam kegiatan webinar dan lokakarya dengan tema Peran Pandu Digital dalam Mendampingi Transformasi Desa Digital membuat Blogger Borneo merasa penasaran dengan gambaran besar dari bahasa “Pandu Digital” yang digunakan.
Beberapa hari sebelumnya, Blogger Borneo ada menulis mengenai kegiatan Pelantikan Gradasi Kalbar di Gedung Konferensi UNTAN yang dihadiri oleh Gubernur Kalimantan Barat Bapak Sutarmidji, Rektor UNTAN Bapak Garuda Wiko, dan beberapa pejabat pemerintahan lainnya.
Selama ini Blogger Borneo bergerak melalui organisasi nirlaba Relawan TIK Kalimantan Barat yang memang dalam dua tahun terakhir statusnya di non-aktifkan karena merasa belum menemukan orang-orang yang tepat untuk didelegasikan.
Relawan TIK Kalbar Alhamdulillah menjelang bulan Ramadhan 1442 Hijriah, Blogger Borneo bertemu dengan orang-orang yang memiliki visi misi sama mau mengembangkan pemanfaatan teknologi digital ke masyarakat umum.
Berawal mula dari kisah membentuk Komunitas Blogger Kubu Raya, langkah selanjutnya adalah menghidupkan kembali Relawan TIK Kalimantan Barat yang selama ini sempat “mati suri”.
Kebetulan beberapa diantara para founder dan member BKR Community berasal dari tim Lembaga Kursus dan Pelatihan (LKP) Yale Communication, maka rencana ini dapat direalisasikan dengan cukup sempurna.
Pucuk dicinta ulam pun tiba, beberapa saat setelah susunan kepengurusan inti RTIK Kalbar dibentuk, tantangan untuk menyelenggarakan kegiatan bertemakan Webinar Digital Skill pun diberikan oleh pengurus pusat Relawan TIK Indonesia.
Webinar Digital Skill Meskipun awalnya sempat merasa ragu, akhirnya setelah dilakukan diskusi internal antar pengurus inti maka tantangan tersebut diterima. Adapun jumlah peserta yang mengikuti kegiatan webinar menjadi tolok ukur dari keberhasilan penyelenggaraan kegiatan.
Di penyelenggaraan kegiatan webinar digital skill yang pertama, Alhamdulillah jumlah peserta yang hadir secara daring berjumlah 360 orang. Angka ini melewati target jumlah peserta yang ditetapkan pengurus pusat RTIK Indonesia yaitu 300 orang.
Melihat kesuksesan Relawan TIK Kalbar di event perdana, dua tantangan kembali diberikan. Alhamdulillah meskipun tidak mencapai angka sesuai target awal, sepertinya jumlah peserta sebanyak 270 orang dan 160 orang bukanlah angka yang sedikit.
Jumlah Peserta Hingga pada akhirnya, Relawan TIK Kalimantan Barat mendapat tantangan untuk menyelenggarakan 3 (tiga) kegiatan webinar sekaligus dan disini rekor hattrick pecah dengan jumlah peserta yang ikut serta mencapai 406 orang, 402 orang, dan 410 orang.
Secara detail, dibawah ini merupakan daftar kegiatan Webinar Digital Skill yang telah dilaksanakan oleh Relawan TIK Kalbar beserta jumlah peserta yang mengikutinya.
Aplikasi Perkantoran Pengolahan Kata = 360 Peserta. Aplikasi Perkantoran Pengolah Angka = 270 Peserta. Design Grafis Membuat Infografis = 160 Peserta. Membangun Website Menggunakan Blogspot dengan Top Level Domain = 406 Peserta. Membuat Website dengan CMS WordPress = 402 Peserta. Jaringan Komputer dengan Mikrotik = 410 Peserta. Pandu Digital Kalbar Melihat keberhasilan Relawan TIK Kalbar menyelenggarakan 6 (enam) kegiatan Webinar Digital Skill sekaligus dimana di tiga pelaksanaan terakhir mencetak hattrick keikutsertaan peserta melebihi angka 400 orang, Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia (KEMENKOMINFO RI) pun menunjuk Kalimantan Barat menjadi kota tuan rumah setelah Cirebon.
Tentu saja permintaan dari pihak KEMENKOMINFO RI ini bukanlah sebuah tugas yang ringan karena ada sebuah tanggung jawab besar dibelakangnya karena setelah ini para Pandu Digital Kalbar harus muncul dan mengambil peran serta ke masyarakat langsung.
Dan karena merasa masih baru kenal dengan istilah Pandu Digital ini, maka para pengurus Relawan TIK Kalbar diminta untuk ikut serta dalam kegiatan Webinar dan Lokakarya Pandu Digital di Cirebon yang mengambil tema Peran Pandu Digital dalam Mendampingi Desa Digital.

Penampakan dokumentasi diatas merupakan bentuk sertifikat yang diperoleh ketika Blogger Borneo telah mengikuti aktivitas mengikuti webinar tersebut sekaligus menyelesaikan tes yang diberikan setelahnya.
Kegiatan Lanjutan Insya Allah setelah Hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriah, Relawan TIK Kalimantan Barat akan kembali menyelenggarakan kegiatan webinar dengan beberapa tema menarik akan diangkat, tentunya masih terkait dengan pemanfaatan teknologi digital di segala aspek kehidupan masyarakat.
Beberapa tema umum mengenai pelaksanaan kegiatan yang berkaitan dengan aktivitas para Pandu Digital Kalbar nantinya, antara lain:
Literasi Digital. Melek Financial. UMKM Naik Kelas. Sebenarnya masih ada beberapa tema spesifik lagi akan dijadikan sebagai acuan penyelenggaraan kegiatan, namun untuk sementara belum bisa dibahas disini karena sifatnya internal dan masih dalam tahap pembahasan. Semoga bisa dieksekusi di tahun ini. Amin Ya Allah…
Demikian tulisan mengenai perkembangan aktivitas dari Relawan TIK Kalbar dalam hubungannya dengan aktivitas Pandu Digital Kalbar. Nantikan perkembangan terbaru untuk selanjutnya. Salam Relawan… (DW)


Artikel ini hanyalah simpanan cache dari url asal penulis yang berkebarangkalian sudah terlalu lama atau sudah dibuang :

https://bloggerborneo.com/pandu-digital-kalbar/

Kempen Promosi dan Iklan
Kami memerlukan jasa baik anda untuk menyokong kempen pengiklanan dalam website kami. Serba sedikit anda telah membantu kami untuk mengekalkan servis percuma aggregating ini kepada semua.

Anda juga boleh memberikan sumbangan anda kepada kami dengan menghubungi kami di sini
Edi Kamtono Resmikan Kampung Digital Gradasi Kalbar Pertama Di Tepian Sungai Kapuas

Edi Kamtono Resmikan Kampung Digital Gradasi Kalbar Pertama Di Tepian Sungai Kapuas

papar berkaitan - pada 28/4/2021 - jumlah : 74 hits
Di hari yang sama setelah proses pelantikan pengurus DPD Gerakan Digital Indonesia Kalimantan Barat dilaksanakan secara simbolis Wali Kota Pontianak Edi Kamtono langsung meresmikan Kampung Digital Gradasi Kalbar pertama di tepian Dalam kata...
Demo Hari Buruh Ini Tujuh Tuntutan Aliansi Solidaritas May Day Kalimantan Barat

Demo Hari Buruh Ini Tujuh Tuntutan Aliansi Solidaritas May Day Kalimantan Barat

papar berkaitan - pada 2/5/2021 - jumlah : 57 hits
Memperingati Aliansi Solidaritas May Day Kalimantan Barat menggelar aksi turun ke jalan dan menyampaikan aksi dari Panggung Rakyat dan Mimbar bebas di Bundaran Digulis Untan Jalan Ahmad Yani Kecamatan Pontianak Tenggara Kalimantan Barat pad...
Gradasi Kalbar Dilantik Emban Misi Kembangkan Dunia Digital Sampai Ke Pedesaan

Gradasi Kalbar Dilantik Emban Misi Kembangkan Dunia Digital Sampai Ke Pedesaan

papar berkaitan - pada 26/4/2021 - jumlah : 116 hits
Bertempat di Gedung Konferensi Universitas Tanjungpura Kamis Pengurus Dewan Perwakilan Daerah Gerakan Digital Indonesia Kalimantan Barat Masa Bakti 2021 2026 dilantik secara simbolis oleh Gubernur Kalimantan Barat Sutarmidji M Hum Pelantika...
Rapat Sekalipun Anak Dengan Ibu Bab Tingkah Laku Apa Ayah Buat Anak Ikut Satu Satu

Rapat Sekalipun Anak Dengan Ibu Bab Tingkah Laku Apa Ayah Buat Anak Ikut Satu Satu

papar berkaitan - pada 30/4/2021 - jumlah : 131 hits
Baik macam mana pun si ibu anak tetap akan lebih ikut cara ayah berbanding ibu Sejauh mana kebenaran ini Ya anak anak memang mewarisi genetik ibu dan ayah Dan tiada lagi kajian spesifik mengatakan anak ikut mana lebih Namun anak anak meliha...
Majlis Buka Puasa Tak Ikut Sop Dihadiri Selebriti Terkenal Netizen Minta Buat Iaporan Poiis

Majlis Buka Puasa Tak Ikut Sop Dihadiri Selebriti Terkenal Netizen Minta Buat Iaporan Poiis

papar berkaitan - pada 30/4/2021 - jumlah : 131 hits
nbsp Seperti yang kita tahu setiap kali menjelang bulan ramadhan mesti ada yang akan menganjurkan majlis berbuka puasa Namun dikala negara masih terkesan dek kerana C0VID 19 majlis berbuka puasa atau apa saja majlis yang melibatkan orang ra...
Tunggak Bayar Spp Pelajar Kelas 3 Sma Di Karawang Dilarang Ikut Uas Dan Terancam Do

Tunggak Bayar Spp Pelajar Kelas 3 Sma Di Karawang Dilarang Ikut Uas Dan Terancam Do

papar berkaitan - pada 30/4/2021 - jumlah : 87 hits
Saat ini keluarga Tegar hanya berharap agar tidak dikeluarkan dan anaknya diizinkan bisa mengikuti UAS di sekolahnya hingga dapat dinyatakan lulus dari SMK ITENAS Pedes Karawang
Jabatan Kesihatan Pahang Kompaun Masjid Sri Maulana Ikut Garis Panduan Sedia Ada

Jabatan Kesihatan Pahang Kompaun Masjid Sri Maulana Ikut Garis Panduan Sedia Ada

papar berkaitan - pada 30/4/2021 - jumlah : 83 hits
KUANTAN Jabatan Kesihatan Negeri Pahang mempertahankan tindakan pegawainya berhubung kompaun terhadap Masjid Sri Maulana Pekan pada Selasa lalu Pengarahnya Datuk Dr Bahari Tok Muda Awang Ngah berkata pegawai berkenaan telah menjalankan tuga...
Peniaga Rojak Gagal Ikut Sop Dikompaun Rm50 000 Jangan Hukum Rakyat Secara Zalim

Peniaga Rojak Gagal Ikut Sop Dikompaun Rm50 000 Jangan Hukum Rakyat Secara Zalim

papar berkaitan - pada 28/4/2021 - jumlah : 77 hits
Tindakan ke atas peniaga kecil kecilan di Kelantan yang dikompaun maksimum RM50 000 kerana gagal mematuhi Prosedur Standard Operasi terus mendapat kecaman rakyat Malaysia Terbaharu rakyat mempertikaikan kompaun yang dikenakan ke atas seoran...
Ustaz Ahmad Rozaini Di Mana Allah

Muhyiddin Atau Mahiaddin Apa Ada Pada Nama

10 Artis Yang Pernah Ditangkap Polisi Karena Ganja Ada Yang Kariernya Sedang Naik

Resepi Sotong Masak Ala Thai

Being More Present In Life Writing Challenge

Regional Experts Advocate Unified Cyber Security Standards At The First Asia Pacific Cyber Security Salon

Telefilem Kontra

Popia Cheese Mix Vege



6 Siri Drama Melayu Yang Berjaya Pecah Trend Masyarakat Kita

Ini Sebab Mengapa Kayu Gaharu Oud Tersangat Mahal Lebih Dari Emas

Asal Usul Nama Janda Baik Tempat Pelancongan Popular di Pahang

Ejen Dua Muka Paling Bahaya Buat FBI dan CIA Robert Hanssen

Kenapa Superman Pakai Seluar Dalam Merah Di Luar


Airasia S Teleport Strengthens Key Routes With 737 800 Freighter And Converted A320 Planes

Wedding Neelofa Dan Pu Riz

Kenangan Band Tolong Jaga Dia Chord

Nikmatnya Dapat Makan Pasembor Buah Pelam

Beri Ruang Masa Kerajaan Tentukan Sidang Parlimen

Umno Tarik Sokongan Pada 1 Ogos Pelan Pemulihan Muhyiddin Akan Musnah