Gradasi Kalbar Dilantik Emban Misi Kembangkan Dunia Digital Sampai Ke Pedesaan


Bertempat di Gedung Konferensi Universitas Tanjungpura, Kamis (15/04/2021), Pengurus Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Gerakan Digital Indonesia Kalimantan Barat (GRADASI KALBAR) Masa Bakti 2021 – 2026 dilantik secara simbolis oleh Gubernur Kalimantan Barat, Sutarmidji, M.Hum.
Pelantikan DPD Gradasi Kalbar dihadiri Rektor Untan beserta jajarannya, Kepala Bappeda Kalbar, Kepala BKKBN Kalbar, Kepala Dinas KOMINFO Kalbar, Kepala Dinas Nakertrans Kalbar, Kepala Dinas DIKBUD Kalbar, Kepala Dinas Perindag Kalbar, Kabid Koperasi Dinas Koperasi & UKM Kalbar, Ketua KORWIL ABDSI Kalbar, Perwakilan UBSI, Ketua STMIK, Ketua STBA serta Ketua STIE.
Selain melantik para pengurus DPD Gradasi Kalbar, di saat bersamaan dilaksanakan juga secara simbolis penyerahan Pandu Kehormatan kepada Gubernur Kalimantan Barat, Sutarmidji, M. Hum.
Gradasi Kalbar Generasi Digital Indonesia (GRADASI) merupakan Organisasi Penggerak Literasi Digital Nasional, yang mandiri dan terbuka untuk umum, merujuk pada semangat kreatifitas dan inovasi generasi muda, dalam memaksimalkan potensinya, untuk berkolaborasi membangun negeri, menuju smart society.
GRADASI didirikan atas dasar pemikiran tentang perlunya suatu wadah atau tempat bernaung serta berkumpul, untuk berbagi pengalaman serta keahlian para profesional, akademisi, wirausaha, masyarakat, pelajar dan pemerhati digital, demi meningkatkan kualitas literasi berbasis digital bagi masyarakat Indonesia.
GRADASI diharapkan mampu menghadirkan generasi yang berdaya saing tinggi, progresif, unggul dalam kompetensi, partisipatif serta kolaboratif dalam meningkatkan kualitas SDM Indonesia berbasis digital.
Misi Utama Dalam kata sambutannya, Sutarmidji menyampaikan bahwa Gradasi Kalbar diharapkan dapat memberikan warna baru untuk mendorong pemanfataan teknologi informasi secara positif.
Masih dalam sesi yang sama, Beliau mengharapkan anak-anak muda yang tergabung dalam Gradasi Kalbar bisa menjadi generasi yang akan membangun Kalimantan Barat dari wilayah terkecil di daerah bernama desa nantinya.
“Saya yakin dengan kehadiran teman-teman generasi digital Indonesia yang baru saja menjalani pelantikan ini untuk bekerja dengan baik. Dengan sungguh-sungguh sehingga kedepannya kalbar terlepas dari status desa tertinggal maupun sangat tertinggal,” demikian ucapnya dikutip dari laman Gencil.News, Sabtu (17/04/2021).
Desa Mandiri Ketika membahas mengenai kondisi desa di Indonesia, Bapak Sutarmidji, M.Hum menjelaskan bawah Indonesia memiliki 74.953 desa. Desa itu dibagi lima kategori, yakni desa mandiri, desa maju, desa berkembang, desa tertinggal, dan desa sangat tertinggal.
Untuk Kalimantan Barat sendiri, terdapat 2.032 desa. Dari jumlah tersebut, baru satu statusnya desa mandiri yaitu Desa Sutra yang berada di Kabupaten Kayong Utara. Sedangkan desa dengan status sangat tertinggal mencapai 669 desa.
“Nah, untuk sekarang posisi kita itu desa mandiri 214 dan desa sangat tertinggal itu hanya tinggal 12. Tahun ini target saya desa sangat tertinggal itu sudah hilang, jadi hanya ada desa tertinggal. Dan desa tertinggal itu saya harap dalam kurun waktu dua tahun ke depan sudah selesai,” tambahnya.

Mitra Kerjasama Setelah proses pelantikan pengurus DPD Gradasi Kalbar dan penyerahan Pandu Kehormatan, agenda selanjutnya adalah sesi kata sambutan dari Rektor Universitas Tanjungpura, Bapak Garuda Wiko.
Garuda Wiko mengatakan bahwa UNTAN akan menggandeng Gradasi Kalbar dalam menjalankan program strategis yang ada, salah satu diantaranya adalah UNTAN Village.
UNTAN Village UNTAN Village merupakan program penempatan Rumah Susun Mahasiswa (RUSUNAWA) yang diperuntukkan bagi 400 orang mahasiswa tahun ini yang telah diseleksi dari 1.500 orang mahasiswa penerima IPKA yang berasal dari berbagai desa di Kalimantan Barat.
Selama menempati Rusunawa, para mahasiswa ini akan diberikan pelatihan-pelatihan berbasis basic skill seperti kemampuan kewirausahaan dan pengetahuan digital.
Diharapkan para mahasiswa ini nantinya akan menjadi wirausaha mandiri yang bisa turut berperan aktif dalam membangun desanya dengan wawasan lingkungan eco-village dan literasi digital yang baik.
Garuda Wiko menyebutkan saat ini UNTAN sedang berusaha untuk membentuk ekosistem digital dengan program-program strategis yang direncanakan dengan tujuan memberikan layanan terbaik kepada para peserta didik agar dapat menjadi lulusan yang paripurna.
Kampung Digital Di tempat terpisah, kehadiran Gradasi Kalbar langsung disambut positif oleh Walikota Pontianak, Edi Kamtono dengan meresmikan Kampung Digital yang terletak di Jalan Imam Bonjol Gang H. Mursyid Kelurahan Benua Melayu Laut Kecamatan Pontianak Selatan.
Image: RRI.Co.Id/Pontianak Wali Kota Pontianak Edi Rusdi Kamtono mengatakan keberadaan kampung digital ini bisa memajukan aktivitas yang berkaitan dengan ekonomi kreatif. Kampung Digital Gradasi ini bisa dimanfaatkan masyarakat dalam kegiatan perekonomian dan lainnya.
Menurutnya, Kota Pontianak memiliki peluang menjadi kota digital di Indonesia sebab dari data pengguna IT di kota ini mempunyai potensi besar.
Dirinya berharap kampung digital ini bisa berkontribusi dalam memberikan pelatihan-pelatihan bagaimana mendapatkan informasi, bertukar informasi termasuk produktivitas yang bisa dilakukan. (DW)


Artikel ini hanyalah simpanan cache dari url asal penulis yang berkebarangkalian sudah terlalu lama atau sudah dibuang :

https://bloggerborneo.com/gradasi-kalbar/

Kempen Promosi dan Iklan
Kami memerlukan jasa baik anda untuk menyokong kempen pengiklanan dalam website kami. Serba sedikit anda telah membantu kami untuk mengekalkan servis percuma aggregating ini kepada semua.

Anda juga boleh memberikan sumbangan anda kepada kami dengan menghubungi kami di sini
Edi Kamtono Resmikan Kampung Digital Gradasi Kalbar Pertama Di Tepian Sungai Kapuas

Edi Kamtono Resmikan Kampung Digital Gradasi Kalbar Pertama Di Tepian Sungai Kapuas

papar berkaitan - pada 28/4/2021 - jumlah : 75 hits
Di hari yang sama setelah proses pelantikan pengurus DPD Gerakan Digital Indonesia Kalimantan Barat dilaksanakan secara simbolis Wali Kota Pontianak Edi Kamtono langsung meresmikan Kampung Digital Gradasi Kalbar pertama di tepian Dalam kata...
Pandu Digital Kalbar Event Perdana Relawan Tik Kalimantan Barat Ikut Webinar Dan Lokakarya

Pandu Digital Kalbar Event Perdana Relawan Tik Kalimantan Barat Ikut Webinar Dan Lokakarya

papar berkaitan - pada 1/5/2021 - jumlah : 104 hits
Mendapat undangan untuk ikut dalam kegiatan webinar dan lokakarya dengan tema Peran Pandu Digital dalam Mendampingi Transformasi Desa Digital membuat Blogger Borneo merasa penasaran dengan gambaran besar dari bahasa Pandu Digital yang digun...
Di Hannover Messe 2021 Telkom Tampilkan Layanan Digital Ecosystem Kepada Dunia

Di Hannover Messe 2021 Telkom Tampilkan Layanan Digital Ecosystem Kepada Dunia

papar berkaitan - pada 14/4/2021 - jumlah : 93 hits
Hannover Messe adalah pameran terbesar di dunia yang mencakup seluruh pemain teknologi industri
Salmah Wanita Terkandas Lebih 30 Tahun Di Sibu Meninggal Dunia Selepas Sahur

Salmah Wanita Terkandas Lebih 30 Tahun Di Sibu Meninggal Dunia Selepas Sahur

papar berkaitan - pada 16/4/2021 - jumlah : 92 hits
448 total views 448 views today LABUAN 15 April Seorang wanita yang hidup merempat selepas terkandas lebih 30 tahun di Sibu Sarawak meninggal dunia pagi ini ekoran penyakit kanser paru paru tahap empat Salmah Adeh 67 dibawa ke Labuan untuk ...
Guru Meninggal Dunia Dalam Kereta

Guru Meninggal Dunia Dalam Kereta

papar berkaitan - pada 16/4/2021 - jumlah : 117 hits
Seorang guru ditemui meninggal dunia dalam kereta yang diparkir di depan Kuarters Guru Sekolah Menengah Kebangsaan Bagan Terap Sabak Bernam semalam Kejadian 4 30 petang itu disedari isteri mangsa yang baru pulang ke rumah selepas mendapati ...
Melihat Pembangunan Patung Yesus Terbesar Ketiga Di Dunia

Melihat Pembangunan Patung Yesus Terbesar Ketiga Di Dunia

papar berkaitan - pada 16/4/2021 - jumlah : 103 hits
Melihat Pembangunan Patung Yesus Terbesar Ketiga di Dunia Patung Yesus Sang Pelindung di Encantado negara bagian Rio Grande do Sul Brasil dibangun lebih besar dari Patung Yesus Sang Penebus di Rio de Janeiro dan akan menjadi yang terbesar k...
Pelancaran Rasmi Realme 8 Pro Dan Muzium 108mp Pertama Dunia Di Malaysia

Pelancaran Rasmi Realme 8 Pro Dan Muzium 108mp Pertama Dunia Di Malaysia

papar berkaitan - pada 16/4/2021 - jumlah : 128 hits
realme Malaysia akan segera memperkenalkan realme 8 Pro terbarunya telefon pintar realme pertama yang dilengkapi dengan Kamera Ultra Quad 108MP untuk Menangkap Infinity Peminat fotografi akan dapat membawa fotografi dan videografi ke tahap ...
Dubes Saudi Insya Allah Ada Haji Untuk Muslim Indonesia Dan Dunia Tahun Ini

Dubes Saudi Insya Allah Ada Haji Untuk Muslim Indonesia Dan Dunia Tahun Ini

papar berkaitan - pada 15/4/2021 - jumlah : 130 hits
Mereka yang mengikuti ibadah haji harus divaksin COVID 19 terlebih dahulu sesuai dengan regulasi yang berlaku
Istimewanya Masa Kepada Dunia Bahagian I

Istimewanya Masa Kepada Dunia Bahagian I

papar berkaitan - pada 15/4/2021 - jumlah : 125 hits
Oleh Prof Madya Dr Mohd Bakri Bin Adam Institut Penyelidikan Matematik Jabatan Matematik Universiti Putra Malaysia Kemahiran perbandingan antara objek atau entiti merupakan satu kemahiran pemikiran logik yang sangat berguna dalam kehidupan ...
Pelaburan Rm 42 Bilion Di Kedah Tidak Wujud

Hutan Simpan Dijadikan Projek Perlombongan Ada Kaitan Kerabat Pahang

5 Punca Utama Sakit Tumit Kaki

Kad Bank Hilang Cara Buat Kad Baru

No Wheat Flour Price Increase From July 1 Says Minister

Exam Year Kids Back In School Earlier

Lelaki Ini Cadang Tebuk Bukit Bina Terowong Kimanis Keningau Jimat 25km

7 Cars Damaged After Scaffolding Falls From Crane



Kisah Scammer Afrika Yang Tidak Sengaja Jadi Jurufoto Berjaya

Info Dan Sinopsis Filem Sabda Kekasih Astro First

Info Dan Sinopsis Filem Chomel Astro First

Ini Sebab Mengapa Minyak Argan Menjadi Minyak Paling Mahal Di Dunia

7 Pedang Tertua Manusia Yang Telah Dijumpai


Shuib Feat Siti Sarah Semakin Benci Semakin Cinta Chord

Permohonan Baharu I Sinar Kwsp Pengeluaran Rm10 000

Pasukan Penyelamat Jepun Selamatkan Mangsa Lemas Rupa Rupanya Patung Ehem

Semua Menteri Bn Tolak Desak Notis 14 Hari Terus Sokong Muhyiddin

The Central Ring Gallery By Studio A In Hefei China

Seluruh Karyawan Tetap Universitas Terbuka Bisa Dapat Fasilitas Kredit Ringan Btn