Nisfu Sya Ban 2019 Ini 7 Amalan Malam Nisfu Sya Ban Kumpulan Doa Dan Niat Puasa Sya Ban


Nisfu Syaban 2019, Bulan Syaban merupakan bulan istimewa karena ada malam Nisfu Syaban, ada 7 amalan khusu di malam itu.
Malam Nisfu Syaban jatuh pada pertengahan bulan Sya’ban atau tanggal 15 Hijriah.
Malam Nisfu Syaban, menurut perhitungan akan jatuh pada Sabtu 20 April 2019 malam. Sementara Nisfu Syakban jatuh pada hari Minggu 21 April 2019.
Pada malam Nisfu Syaban juga dianjurkan untuk memperbanyak ibadah dan amalan karena pada malam.
Ini Amalan Khusus & Niat Puasa Syaban di Malam Nisfu Syaban 2019 dari Guru Sekumpul.
Amalan dan niat puasa Syakban di Malam Nisfu Syaban 2019 jatuh pada malam Minggu atau Sabtu malam 20 April 2019
Sebaiknya, pada malam Nisfu Sya’ban dianjurkan untuk memperbanyak peribadatan. Kenapa demikian?
Menurut ulama Kharismatik Kalsel almarhum KH Muhammad Zaini bin Abdul Ghani Al-Banjari atau yang lebih dikenal sebagai Guru Sekumpul, malam Nisfu Syakban merupakan salah satu dari beberapa malam yang bagus untuk berdoa karena tidak akan pernah ditolak oleh Allah.
Adapun 5 malam yang sangat bagus atau mustajab untuk berdoa adalah malam Jumat, malam pertama bulan Rajab, malam Nisfu Sya’ban, malam Lailatul Qadar, malam hari raya Idulfitri dan malam hari raya Kurban atau Idul Adha.
“Di malam-malam ini, sebaiknya kita banyak berdoa,” ujar almarhum Guru Sekumpul dicuplik dari video ceramahnya yang dibagikan akun youtube Islamic Forum.
Abah Guru Sekumpul mengatakan, ada amalan-amalan khusus yang bisa kita kerjakan di malam Nisfu Syaban, baik dilakukan berjemaah maupun sendiri, yakni:
Shalat Magrib berjemaah Membaca Surah Yasin tiga kali, tapi sebelumnya niatkan di hati dan berdoa dulu Shalat Isya berjemaah Shalat Sunah Tasbih empat rakaat, bisa dikerjakan berjemaah atau sendiri Ucapkan atau bacalah dzikir Nabi Yunus, yaitu “laa ilaaha anta subhanaka inni kuntum minazzolimin” sebanyak 1.275 kali Berniat salat subuh berjemaah. Perbanyak selawat kepada Nabi Muhammad SAW. Selain itu umat Islam juga dianjurkan berpuasa pada bulan Sya’ban. Dalam sebuah hadist yang diriwayatkan Imam al Bukhari disebutkan.
عَنْ أَبِي سَلَمَةَأَنَّ عَائِشَةَ -رضي الله عنها- حَدَّثَتْهُ قَالَتْ: “لَمْ يَكُنِ النَّبِيُّ -صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ- يَصُومُ شَهْرًا أَكْثَرَ مِنْ شَعْبَانَ، فَإِنَّهُ كَانَ يَصُومُ شَعْبَانَ كُلَّهُ… “Diriwayatkan dari Abu Salamah, bahwa Aisyah berkata: Nabi tidak berpuasa pada satu bulan lebih banyak selain di bulan Sya’ban. Sesungguhnya Nabi berpuasa pada bulan Sya’ban (seolah-olah) pada seluruh bulan.” (HR. Bukhari)
Meski tidak setiap hari, namun karena saking seringnya Nabi didapati berpuasa di bulan Sya’ban, maka disebutkanlah seolah Nabi berpuasa di bulan Sya’ban setiap hari.
Imam al Qasthalani dalam Irsyadus Sari yang merupakah syarah Shahih al Bukhari mencatat alasan Nabi memperbanyak puasa di bulan Sya’ban.
Suatu ketika, Nabi ditanya oleh Usamah bin Zaid:
عن أُسَامَةُ بْنُ زَيْدٍ، قَالَ: قُلْتُ: يَا رَسُولَ اللَّهِ، لَمْ أَرَكَ تَصُومُ شَهْرًا مِنَ الشُّهُورِ مَا تَصُومُ مِنْ شَعْبَانَ، قَالَ: ذَلِكَ شَهْرٌ يَغْفُلُ النَّاسُ عَنْهُ بَيْنَ رَجَبٍ وَرَمَضَانَ، وَهُوَ شَهْرٌ تُرْفَعُ فِيهِ الْأَعْمَالُ إِلَى رَبِّ الْعَالَمِينَ، فَأُحِبُّ أَنْ يُرْفَعَ عَمَلِي وَأَنَا صَائِمٌ “Dari Usamah bin Zaid, ia berkata: Aku bertanya pada Rasulullah, “Wahai Rasulullah, aku tak melihat engkau berpuasa dalam sebulan sebagaimana engkau lakukan di bulan Sya’ban.”
Rasulullah menjawab, “Bulan itu (Sya’ban) adalah bulan yang banyak orang lalai darinya, karena berada di antara bulan Rajab dan Ramadan. Pada bulan Sya’ban, amalan diangkat kepada hadirat Allah, maka aku ingin amalanku diangkat selagi aku sedang berpuasa.” (HR. An Nasa’i).
Ibnu Hajar al Asqalani menyebutkan dalam Fathul Bari Syarh Shahih al Bukhari bahwa Aisyah juga meriwayatkan bahwa Nabi banyak berpuasa di bulan Sya’ban karena pada bulan tersebut ajal seorang manusia dicatat, dan Nabi ingin ajal beliau dicatat saat sedang berpuasa.
Berikut Niat Puasa Nisfu Syaban
Lafadz bacaan niatnya adalah sebagai berikut:
نويت صوم شهر شعبان سنة لله تعالى Latin:
NAWAITU SAUMA SYAHRI SYAHBAN SUNNATAN LILLAHI TA’ALA
Artinya:
“Saya niat puasa bulan sya’ban sunnah karena Allah ta’ala”.
Berikut ini doa berbuka puasa beserta tulisan latin dan artinya:
Doa Berbuka Puasa 1
اَللّهُمَّ لَكَ صُمْتُ وَبِكَ آمَنْتُ وَعَلَى رِزْقِكَ أَفْطَرْتُ بِرَحْمَتِكَ يَا اَرْحَمَ الرَّحِمِيْنَ Latin:
Allahumma lakasumtu wabika aamantu wa’alaa rizqika afthortu birohmatika yaa arhamar roohimiin
Artinya:
“Ya Allah karena-Mu aku berpuasa, dengan-Mu aku beriman, kepada-Mu aku berserah dan dengan rezeki-Mu aku berbuka (puasa), dengan rahmat-Mu, Ya Allah Tuhan Maha Pengasih,”
Doa Berbuka Puasa 2
اللَّهُمَّ لَكَ صُمْتُ وَعَلى رِزْقِكَ أفْطَرْتُ ذَهَبَ الظَّمأُ وابْتَلَّتِ العُرُوقُ وَثَبَتَ الأجْرُ إِنْ شاءَ اللَّهُ تَعالى Latin:
Allahumma laka shumtu wa’ala rizqika afthortu dzahaba-dh-dhama’u wabtalatil ‘uruqu wa tsabatal ujru insya-Allah ta’ala
Artinya:
“Ya Allah, untuk-Mu lah aku berpuasa, atas rezeki-Mu lah aku berbuka. Telah sirna rasa dahaga, urat-urat telah basah, dan (semoga) pahala telah ditetapkan, insya Allah.”
Sumber: tribunnews.com


Artikel ini hanyalah simpanan cache dari url asal penulis yang berkebarangkalian sudah terlalu lama atau sudah dibuang :

https://islamidia.com/nisfu-syaban-2019-ini-7-amalan-malam-nisfu-syaban-kumpulan-doa-dan-niat-puasa-syaban/

Kempen Promosi dan Iklan
Kami memerlukan jasa baik anda untuk menyokong kempen pengiklanan dalam website kami. Serba sedikit anda telah membantu kami untuk mengekalkan servis percuma aggregating ini kepada semua.

Anda juga boleh memberikan sumbangan anda kepada kami dengan menghubungi kami di sini
Malam Nisfu Sya Ban 2019 Ini Amalan Amalan Utama Untuk Mengisi Malam Nisfu Syaban

Malam Nisfu Sya Ban 2019 Ini Amalan Amalan Utama Untuk Mengisi Malam Nisfu Syaban

papar berkaitan - pada 20/4/2019 - jumlah : 65 hits
Bulan Sya ban disebut sebut sebagai bulan penyetoran catatan amal perbuatan kita selama setahun Tutup buku malaikat menyetorkan semua catatan amal setiap manusia kepada Allah SWT Di dalamnya terdapat satu malam yang sangat masyhur Malam Nis...
Ini Doa Nabi Muhammad Saat Malam Nisfu Sya Ban

Ini Doa Nabi Muhammad Saat Malam Nisfu Sya Ban

papar berkaitan - pada 20/4/2019 - jumlah : 77 hits
Selain banyak berpuasa di bulan Sya ban Nabi Saw juga sangat memperhatikan malam Nisfu Sya ban Beliau banyak melakukan shalat malam dan banyak berdoa di malam Nisfu Sya ban Terdapat beberapa riwayat yang menghimpun doa doa Nabi Saw pada mal...
Nisfu Sya Ban 2019 Jatuh Pada Minggu 21 April 2019 Ini Doa Dan Keistimewaan Nisfu Sya Ban

Nisfu Sya Ban 2019 Jatuh Pada Minggu 21 April 2019 Ini Doa Dan Keistimewaan Nisfu Sya Ban

papar berkaitan - pada 20/4/2019 - jumlah : 93 hits
Malam Nisfu Syaban jatuh pada pertenghan bulan Sya ban atau tanggal 15 Hijriah Pada malam tersebut juga dianjurkan untuk memperbanyak ibadah dan amalan Malam Nisfu Sya ban menurut perhitungan akan jatuh pada hari Minggu malam Senin 21 April...
Ada Apa Dengan Malam Nisfu Sya Ban

Ada Apa Dengan Malam Nisfu Sya Ban

papar berkaitan - pada 20/4/2019 - jumlah : 104 hits
Allah akan muncul kepada seluruh makhlukNya pada malam Nisfu Sya ban dan mengampunkan seluruh makhlukNya kecuali orang yang mensyirikkan Allah dan orang yang saling bermusuhan HR Al Tabrani Sebenarnya tiada amalan khusus yang diwajibkan pad...
Malam Nisfu Sya Ban

Malam Nisfu Sya Ban

papar berkaitan - pada 20/4/2019 - jumlah : 41 hits
Assalamualaikum selamat sejahtera dan Salam Syaaban Malam Nisfu Syaaban adalah pada pertengahan bulan iaitu tanggal 15 Syaaban Berdasarkan hadith tiada amalan khusus untuk malam Nisfu Syaaban ini Namun sebagai umat Islam berdoalah dan mohon...
Di Malam Nisfu Sya Ban Wanita Haid Juga Bisa Mendapatkan Pahala Yang Sama Lakukan Ini

Di Malam Nisfu Sya Ban Wanita Haid Juga Bisa Mendapatkan Pahala Yang Sama Lakukan Ini

papar berkaitan - pada 19/4/2019 - jumlah : 134 hits
Dua minggu jelang datangnya bulan suci Ramadan umat muslim di seluruh dunia termasuk di tanah air biasanya akan menjalani ibadah malam nisfu syaban Malam nisfu syaban diperigati pada bulan ke delapan kalender Hijriah yakni bulan Syaban Peri...
Fadhilah Malam Nisfu Sya Ban Allah Turun Ke Langit Bumi

Fadhilah Malam Nisfu Sya Ban Allah Turun Ke Langit Bumi

papar berkaitan - pada 20/4/2019 - jumlah : 87 hits
Dalam sebuh riwayat yang mengadung penjelasan tentang keutamaan bulan Syaban dikatakan bahwa pada malam nisfu syaban Allah turun ke langit bumi Benarkah hadis tersebut Hadis tersebut ditemukan dalam riwayat Ibnu Majah Dari Abu Musa al Asy a...
Mengapa Allah Tidak Merahasiakan Malam Nisfu Sya Ban

Mengapa Allah Tidak Merahasiakan Malam Nisfu Sya Ban

papar berkaitan - pada 20/4/2019 - jumlah : 88 hits
Malam nisfu Sya ban memiliki keutamaan yang besar ia termasuk waktu yang mustajabah dibuat berdoa Perisitiwa peristiwa besar terjadi di malam penuh berkah tersebut Demikian pula dengan malam Lailatul Qadar memiliki keistimewaan yang sangat ...
Jangan Lupa Untuk Membaca Doa Ini Di Bulan Sya Ban

Jangan Lupa Untuk Membaca Doa Ini Di Bulan Sya Ban

papar berkaitan - pada 6/4/2019 - jumlah : 84 hits
Di antara doa populer yang sering dibaca saat menjelang dan sesudah memasuki bulan Rajab dan Sya ban adalah doa berikut Latin Allahumma baarik lana fi Rajaba wa Sya bana wa ballighna Ramadhana Artinya Ya Allah berkahi kami di bulan Rajab da...
Dendam Kerana Diejek Tidak Kacak

Semua Stesen Radio Tidak Menyiarkan Lagu Alif Syukri

Tips Simpan Duit Selama 4 Bulan Untuk Melancong

Rasa Kebas Sakit Mencucuk Di Pergelangan Tangan Apa Penyakit Anda

Cara Mudah Perbaiki Kipas Yang Slow Kepada Kelajuan Asal Seperti Baru Beli

Utusan Malaysia Berhenti Mencetak Akhbar

Mazuin Hamzah Di Usia 54 Tahun Yang Ada Hanya Catatan Silam

Zoo Melaka 2019



Info Drama Cinta Belum Tamat Tempoh Slot Megadrama

Ini Perbezaan Tahun Masihi SM M AD BC Dan CE BCE Dalam Sistem Tarikh

Misteri Bongkah Batu Bergerak Sendiri di Lembah Maut

10 Orang Biasa yang Menjadi Selebriti Antarabangsa Dalam Sekelip Mata

5 Permainan Video Paling Pelik Pernah Dihasilkan


Tebus Makanan Dan Minuman Di Paradigm Mall Petaling Jaya Sempena Taste Of Paradigm

Yapeim Gembleng Usahasama Perluas Amal Jariah

Plot Drama Bukan Gila

Plot Prosa Tradisonal Kepimpinan Melayu Teladan

Plot Prosa Tradisional Burung Terbang Dipipiskan Lada

Plot Novel Jendela Menghadap Jalan