Mie Sagu Khas Pontianak Salah Satu Menu Istimewa Ayam Pak Usu


Mie Sagu Khas Pontianak – Sesuai namanya, Mie Sagu merupakan salah satu kuliner khas Pontianak yang berbahan dasar sagu. Sebenarnya, mie sagu ini dapat dianggap sebagai makanan khas Indonesia karena dapat dengan mudah ditemukan di daerah-daerah yang banyak ditumbuhi banyak pohon sagu, seperti: Riau, Maluku, Makassar, Irian Jaya dan Papua.
Untuk Pontianak sendiri, meskipun jumlah pohon sagu yang tumbuh tidak sebanyak di daerah-daerah baru saja disebutkan diatas, namun jenis kuliner berbentuk mie ini termasuk paling banyak digemari masyarakat setempat terutama sebagai pengganti sarapan. Jadi jangan heran ketika Ayam Pak Usu menjadikan kuliner khas Pontianak ini sebagai salah satu hidangan menu utama.
Mie Sagu Khas Pontianak Pada satu kesempatan, Blogger Borneo datang berkunjung ke Rumah Makan Ayam Pak Usu Pontianak yang terletak di Jalan Putri Candramidi atau juga dikenal sebagai Jalan Podomoro untuk mencicipi dua menu istimewa yang disediakan yaitu Mie Sagu Khas Pontianak dan Bakmie Kepiting Halal Khas Pontianak.
Untuk membuat sajian Mie Sagu sebenarnya caranya cukup mudah. Pertama-tama yang harus dibeli adalah bahan baku dasar pembuatannya yaitu Mie Sagu mentah. Setelah itu rendam kedalam air dingin, biarkan hingga lembut. Selang beberapa lama kemudian, tiriskan dan salin ke dalam mangkok.
Mie Sagu Khas Pontianak dapat dibuat menjadi 2 (dua) jenis panganan tergantung dari cara pengolahannya, bisa dalam bentuk mie sagu rebus atau mie sagu goreng. Cara pembuatannya juga cukup mudah, siapkan bumbu-bumbu yang digunakan, seperti: Bawang Merah, Bawang Putih, Cabai Merah, Cabe Rawit, Daun Bawang, dan Garam.
Cara Membuat Masukkan semua bumbu-bumbu yang digunakan dalam wadah penumisan, setelah aroma wanginya mulai keluar, masukkan mie sagu dan beri air secukupnya. Meskipun termasuk dalam kategori menu kuliner berbentuk mie, namun tekstur dan kekenyalannya tidak sama seperti mie kuning karena tepung yang digunakan berbeda jenisnya.
Image: Dok. Pribadi Selain itu, biasanya mie sagu memiliki ukuran lebih besar jika dibandingkan dengan mie kuning biasa. Bagi sebagian besar pecinta kuliner Mie Sagu Khas Pontianak, mereka menjadikan menu pilihan ini dimakan ketika sarapan. Ada juga yang menyantapnya ketika makan siang dan atau makan malam.
Paket Menu Meskipun dianggap mudah dalam proses pembuatannya, ada juga diantara kita tidak memiliki waktu luang untuk membuat sajian menu mie sagu di rumahnya. Nah daripada merasa repot, kita bisa langsung memesan salah satu jenis kuliner khas Pontianak ini ke Rumah Makan Ayam Pak Usu, harga seporsinya cukup murah yaitu 10 ribu rupiah saja per porsi.
Dalam paket menu seporsinya, terdapat beberapa unsur makanan tambahan, seperti: Ikan Teri Goreng, Kacang Tanah, Bawang Goreng, Daun Bawang dan Sop, dan Kecambah. Perpaduan beberapa unsur dalam satu kesatuan ini memberikan cita rasa gurih di lidah.
Aplikasi Android Demi mempermudah para pelanggannya, Ayam Pak Usu Pontianak membuat sebuah aplikasi android yang bisa diinstal melalui Google Play Store. Melalui aplikasi android Ayam Pak Usu, kita dapat melihat informasi seperti: Berita UMKM Terbaru, Daftar Produk UMKM Kalbar, Menu Makanan dan Minuman, serta Daftar Menu Favorit Pilihan Para Pelanggan.
Image: Google PlayStore Selain itu, kita dapat mengumpulkan poin demi poin dari hasil transaksi ketika berkunjung ke Ayam Pak Usu Pontianak. Setiap pembelian minimal 50 ribu, maka kita berhak atas 5000 poin.  Ini berlaku kelipatan dan tidak dapat diuangkan. Cukup scan qr code dari aplikasi pada saat proses pembayaran selesai dilakukan.
Kumpulkan poin-poin ini untuk kemudian ditukarkan pada saat datang kembali. Penukaran poin berlaku kelipatan 10.000, 20.000, 30.000, dan seterusnya. Maksimal penukaran untuk satu kali transaksi adalah 200.000 poin. Batas akhir penukaran poin adalah pada tanggal 31 Desember di setiap tahunnya.
Video Liputan Secara lengkap Blogger Borneo ada membuat video singkat mengenai kunjungan ke salah satu lokasi kuliner halal di Pontianak ini. Silahkan melihat hasil liputannya dibawah ini, semoga bermanfaat.

Pontianak Creative Culinary Festival 2019 Dalam rangka memperingati hari jadi ke-248 Kota Pontianak, Pemerintah Kota Pontianak melalui Dinas Kepemudaan, Olahraga, dan Pariwisata (DISPORAPAR) akan menyelenggarakan beberapa rangkaian kegiatan dimana salah satunya adalah Pontianak Creative Culinary Festival 2019.
Pada pelaksanaan kegiatan kali ini, DISPORAPAR Pontianak menggandeng beberapa pihak kerjasama, antara lain: Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI), Ayani Mega Mall, dan Ayam Pak Usu. Insya Allah selama 2 (dua) hari mulai dari tanggal 16 sampai 20 Oktober 2019,  kegiatan ini akan mengambil tempat di Halaman Parkir Ayani Mega Mall Pontianak.
Akan banyak stan kuliner akan ambil bagian dalam penyelenggaraan event kuliner besar di Pontianak ini, dan salah satu diantaranya adalah Ayam Pak Usu sendiri. Jadi bagi kawan-kawan yang ingin mencicipi menu Mie Sagu Khas Pontianak dan Bakmie Kepiting Pontianak Halal pertama ini bisa langsung datang ke standnya nanti.
So, bagi masyarakat kota Pontianak khususnya dan Kalimantan Barat umumnya, jangan lewatkan kesempatan untuk berkunjung kesini ya. Mari bersama kita semarakkan Hari Ulang Tahun (HUT) Kota Pontianak tercinte. I Love Pontianak… (DW)
 
 


Artikel ini hanyalah simpanan cache dari url asal penulis yang berkebarangkalian sudah terlalu lama atau sudah dibuang :

https://bloggerborneo.com/mie-sagu-khas-pontianak/

Kempen Promosi dan Iklan
Kami memerlukan jasa baik anda untuk menyokong kempen pengiklanan dalam website kami. Serba sedikit anda telah membantu kami untuk mengekalkan servis percuma aggregating ini kepada semua.

Anda juga boleh memberikan sumbangan anda kepada kami dengan menghubungi kami di sini
Mencicipi Bakmie Kepiting Halal Khas Pontianak Ayam Pak Usu

Mencicipi Bakmie Kepiting Halal Khas Pontianak Ayam Pak Usu

papar berkaitan - pada 10/10/2019 - jumlah : 397 hits
Bakmie Kepiting Halal Khas Pontianak Rumah Makan Ayam Pak Usu merupakan salah satu tempat kuliner halal Pontianak yang sudah mendapatkan Sertifikat Halal Majelis Ulama Indonesia dengan nomor registrasi 21310004670616 yang berlaku hingga tan...
Posisi Tidur Ibu Mengandung Salah Satu Sebab Bayi Mati

Posisi Tidur Ibu Mengandung Salah Satu Sebab Bayi Mati

papar berkaitan - pada 4/10/2019 - jumlah : 568 hits
Posisi tidur ibu mengandung salah satu sebab bayi mati Ditulis oleh Dr IzzatPosisi tidur ibu mengandung salah satu sebab bayi mati secara mengejut dalam kandungan Betul ke Mesti takda orang bagitahu pasal mende ni kan Saya nak cerita sikit ...
Masyarakat Lebih Suka Minum Kopi Jadi Salah Satu Penyebab Pepsi Hengkang Dari Ri

Masyarakat Lebih Suka Minum Kopi Jadi Salah Satu Penyebab Pepsi Hengkang Dari Ri

papar berkaitan - pada 4/10/2019 - jumlah : 196 hits
Anggota Dewan Pembina Gabungan Pengusaha Makanan dan Minuman Seluruh Indonesia Thomas Darmawan menilai perubahan konsumsi masyarakat yang bergeser ke minuman kopi menjadi salah satu alasan hengkangnya PepsiCo dari Indonesia
Aneka Menu Istimewa Sambut Tetamu

Aneka Menu Istimewa Sambut Tetamu

papar berkaitan - pada 11/10/2019 - jumlah : 369 hits
Tetamu bakal berkunjung ke rumah hujung minggu nanti Bosan pula asyik dengan hidangan nasi dan lauk pauk Tidak salah menjamu mereka dengan hidangan aneka jenis mi yang mengenyangkan Pastinya juadah istimewa dihidangkan buat keluarga dan jug...
Anak Anak Makan Bahagian Bertulang Je Nah Buatkan Dada Ayam Yang Terlebih Macam Ni Satu Famili Boleh Makan

Anak Anak Makan Bahagian Bertulang Je Nah Buatkan Dada Ayam Yang Terlebih Macam Ni Satu Famili Boleh Makan

papar berkaitan - pada 18/10/2019 - jumlah : 399 hits
Berbanding bahagian dada ayam anak anak lebih suka pada bahagian yang bertulang seperti kepak ayam paha dan sebagainya Sudahnya bahagian isi ayam dibiarkan begitu sahaja Bagi mengelakkan pembaziran berlaku resipi yang satu ini patut anda cu...
Hanya 18 Jam Sempat Tatap Anak Pasangan Ini Reda Bayi Pergi Kerana Kecacatan Otak Salah Satu Puncanya Kurang Asid Folik

Hanya 18 Jam Sempat Tatap Anak Pasangan Ini Reda Bayi Pergi Kerana Kecacatan Otak Salah Satu Puncanya Kurang Asid Folik

papar berkaitan - pada 20/10/2019 - jumlah : 505 hits
Pengambilan Asid Folik memang amat disarankan kepada wanita yang ingin hamil dan juga sedang hamil Ia penting dalam penghasilan sel darah merah dan sel sel lain di dalam tubuh seperti kuku rambut kulit saraf dan otak Oleh itu ia amat disara...
2 Menu Mudah Sedap Ayam Serai Kepah Tumis Bawang Putih

2 Menu Mudah Sedap Ayam Serai Kepah Tumis Bawang Putih

papar berkaitan - pada 5/10/2019 - jumlah : 827 hits
Malas nak masak malas nak keluar makan Tapi tekak nak makan sedap ini ada dua menu sangat senang boleh korang cuba sebab ia sangat sampoi Sedap ni makan dengan nasi putih kalau rajin sikit boleh tambahlah sayur Senangkan AYAM SERAIBAHAN BAH...
Salah Satu Tersangka Penganiaya Ninoy Karundeng Berprofesi Petugas Medis

Salah Satu Tersangka Penganiaya Ninoy Karundeng Berprofesi Petugas Medis

papar berkaitan - pada 17/10/2019 - jumlah : 174 hits
Saat ini penyidik masih memeriksa petugas medis berinisial IZH Untuk perannya saya belum dapat informasinya ujar Argo
Check Alat Tulis Anak

10 Vacuum Cordless Terbaik Untuk Bersihkan Rumah 2024

Drama Terjerat Kisah Cinta Terlarang Hingga Terjerat Dan Menjerat Hidup Hakiki

Penjelasan Isu Blackrock Oleh Pm Diterima Baik

Jangan Bersangka Sudah Beriman

How Brain Drain Can Be Beneficial To Malaysia And Why It Should Be Encouraged

For Winning Games Slot Gacor123 Apply Strategies

Plan Nak Pergi Holiday



6 Makhluk Mitos Yang Digeruni dan Disanjung Masyarakat Asia Tenggara

10 Filem Komedi Lawak Terbaru Yang Best Juga Tersedia Online Netflix Prime Video HBO GO Dengan Sarikata Bahasa Melayu

Info Dan Sinopsis Filem Ipar Adalah Maut 2024 Kini Di Pawagam Malaysia

Kahwin Beristerikan Bella Hanna Bella Luna Ini 10 Fakta Biodata Pelakon Redza Rosli Yang Ramai Tak Tahu

Info Dan Sinopsis Drama Berepisod Terjerat iQIYI Malaysia Gandingan Aliff Aziz Dan Ruhainies


Hukum Memakai Pendakap Gigi

Hukum Bawa Anak Istimewa Ke Masjid

Bunga Orkid Rosak

Subsidi Bersasar Bendung Ketirisan Diesel Bersubsidi

Muhyiddin Pernah Cadang Laksana Subsidi Bersasar

Bank Staff Colluded With Syndicate To Steal Client S Money Pula