Makan Ayam Goreng Setiap Hari Bikin Cepat Mati


Menurut sebuah studi, makan ayam goreng setiap hari bisa bikin cepat mati, yaitu meningkatnya risiko kematian hingga 13 persen!
Temuan ini mungkin bisa bikin sebagian besar penduduk Indonesia stres, mengingat ayam goreng adalah salah satu lauk favorit segala lapisan masyarakat!
Dilansir dari CNN, studi dari Universitas Iowa, Amerika Serikat, dalam jurnal medis “BMJ” menyebut, wanita yang makan satu ayam atau lebih per hari punya risiko kematian lebih tinggi 13 persen dibandingkan wanita yang tidak mengonsumsi gorengan apa pun.
Selain itu, setiap hari makan ikan goreng atau shellfish (kerang, kepiting, lobster, udang, dan lain-lain) juga ditemukan bisa meningkatkan risiko kematian sebesar 7 persen.
Studi ini meneliti kebiasaan makan 107.000 wanita berusia 50-79 tahun dari 40 klinik yang tersebar di negeri Paman Sam tersebut tahun 1993-1998. Kondisi mereka kemudian dicek kembali selama rata-rata 18 tahun.
Ketika mendaftar studi, para partisipan menyelesaikan kuesioner berisi pertanyaan seputar frekuensi makan dan porsi dari 122 jenis makanan, termasuk ayam goreng, ikan goreng, kentang goreng, tortilla, dan taco.
Faktor lain yang terkait dengan mortalitas seperti tingkat pendidikan, penghasilan, total konsumsi energi, dan kualitas diet rata-rata juga turut diperhitungkan.
Wanita yang makan satu atau lebih porsi makanan yang digoreng setiap hari memiliki 8 persen risiko kematian lebih tinggi akibat penyakit yang berkaitan dengan jantung, dibandingkan dengan mereka yang tidak mengonsumsi goreng-gorengan.
Lebih spesifik lagi, menyantap ayam setiap hari bikin risiko kematian 13 persen lebih besar, dan peningkatan risiko kematian yang terkait dengan jantung hingga 12 persen.
Untuk konsumsi ikan goreng, peningkatan risiko kematian dan risiko kematian yang berkaitan dengan jantung adalah 7 persen dan 13 persen.
Dari Baik Bisa Berubah Menjadi Jahat
Dampak buruk makanan yang digoreng terhadap kesehatan merupakan kombinasi dari makanan dan proses memasaknya. Sebagai contoh, ikan punya banyak sekali manfaat terhadap kesehatan.
“Namun, jika Anda menggoreng ikan tersebut, prosesnya bisa mengubah kandungan yang baik menjadi buruk,” kata ketua penelitian studi, Wei Bao, MD, PhD, asisten profesor epidemiologi di Universitas Iowa.
Meski semua partisipan studi adalah wanita, tapi Wei mengatakan bahwa studi ini juga bisa diterapkan pada pria di AS.
Sebelumnya sudah ada studi mengenai efek kesehatan makanan yang digoreng yang tidak menunjukkan perbedaan dalam jenis kelamin.
Menurut studi, peningkatan risiko ini bisa karena berbagai alasan.  Bisa jadi karena makanan yang dikonsumsi adalah daging olahan yang tinggi garam.
Peneliti juga tidak mampu mengidentifikasi jenis minyak yang dipakai untuk menggoreng, serta temperatur saat memasak. Semuanya dapat memengaruhi hubungan antara makanan yang digoreng dengan risiko kematian.
Di AS, banyak orang yang makan ayam goreng di restoran cepat saji, yang sering memakai minyak berkali-kali hingga warnanya menghitam.
Tak beda jauh dengan di Indonesia juga, sih. Padahal, menggunakan minyak secara berulang-ulang dapat menciptakan lebih banyak zat berbahaya dalam minyak, yang kemudian diserap makanan.
Adakah Cara Untuk Menggoreng Makanan Lebih Sehat?
Dari kacamata medis, menggoreng makanan, apalagi metode deep frying, kurang dianjurkan.
Namun, jika Anda sulit lepas dari makanan yang digoreng, hindari membelinya di restoran cepat saji atau tempat yang Anda tahu suka menggoreng dengan minyak secara berulang-ulang.
Cobalah untuk mengikuti anjuran dari dr. Vito A. Damay, SpJP(K), M.Kes, FIHA, FICA,dari KlikDokter, yaitu dengan menggoreng sendiri di rumah. Langkah lebih jelasnya antara lain:
Ingatlah selalu bahaya kesehatan dari makanan yang digoreng sebelum Anda mulai memasak. Gunakan minyak zaitun atau minyak biji bunga matahari, hindari minyak sawit, margarin, atau Bila menggunakan minyak zaitun, panaskan minyak secukupnya saja (jangan terlalu panas). Usahakan untuk menggunakan minyak sesedikit mungkin, atau gunakan cookingsprayagar pemakaian minyak bisa dibatasi. Gunakan minyak yang baru. Jangan menggoreng berulang kali dengan minyak yang sama (minyak jelantah). Karena adanya temuan bahwa makan ayam goreng dan ikan goreng setiap hari bisa bikin cepat mati, baiknya segera kurangi dan batasi konsumsinya.
Cara memasak juga penting untuk diperhatikan. Mumpung hari ini adalah Hari Gizi dan Makanan, sayangi usia Anda setiap detiknya, jadilah lebih sehat.
Beralihlah ke metode masak lainnya seperti rebus atau kukus. Jika memang tak bisa hidup tanpa makanan yang digoreng, ikuti anjuran menggoreng yang sehat.
Daripada makan ayam goreng setiap hari, lebih baik gantikan dengan sayur dan buah yang kaya akan vitamin, mineral, antioksidan, dan serat yang baik untuk kesehatan tubuh.
Sumber: klikdokter.com


Artikel ini hanyalah simpanan cache dari url asal penulis yang berkebarangkalian sudah terlalu lama atau sudah dibuang :

https://islamidia.com/makan-ayam-goreng-setiap-hari-bikin-cepat-mati/

Kempen Promosi dan Iklan
Kami memerlukan jasa baik anda untuk menyokong kempen pengiklanan dalam website kami. Serba sedikit anda telah membantu kami untuk mengekalkan servis percuma aggregating ini kepada semua.

Anda juga boleh memberikan sumbangan anda kepada kami dengan menghubungi kami di sini
China Guna 1 Bilion Lipas Untuk Makan 55 Tan Sisa Makanan Setiap Hari

China Guna 1 Bilion Lipas Untuk Makan 55 Tan Sisa Makanan Setiap Hari

papar berkaitan - pada 19/1/2019 - jumlah : 140 hits
China guna 1 bilion lipas untuk makan 55 tan sisa makanan setiap hariSebuah kilang di timur China menternak satu bilion lipas untuk membantu memproses bertan sisa makanan setiap hari Kilang yang terletak di Jinan Shandong itu menerima 55 ta...
Jenjalan Cari Makan Nasi Ayam Istimewa Haji Ghani Kangkar Tebrau

Jenjalan Cari Makan Nasi Ayam Istimewa Haji Ghani Kangkar Tebrau

papar berkaitan - pada 23/1/2019 - jumlah : 144 hits
Jenjalan Cari Makan Nasi Ayam Istimewa Haji Ghani Kangkar Tebrau Singgah lunch jap on the way back Memang spesel Nasi ayam tu digoreng Ayam sambal dia memang pedas terangkat Marbeles Tetambah pulak dapat lemon ais Perghhhh Harga pun OK lepa...
Jangan Bermain Telefon Dalam Jangka Masa Lama Lelaki Ini Lumpuh Selepas Baring Main Telefon 3 Jam Setiap Hari

Jangan Bermain Telefon Dalam Jangka Masa Lama Lelaki Ini Lumpuh Selepas Baring Main Telefon 3 Jam Setiap Hari

papar berkaitan - pada 21/1/2019 - jumlah : 94 hits
Dunia hari ini semua orang boleh dikatakan bergantung kepada gadget semata mata seperti telefon dan internet untuk membuat berbagai aktiviti dan rutin harian mereka Dengan perkembangan teknologi terkini dan seiring dengan kemajuan semasa ma...
Nenas Adalah Superfood Kalau Mampu Ambillah Setiap Hari Pesanan Dari Doktor

Nenas Adalah Superfood Kalau Mampu Ambillah Setiap Hari Pesanan Dari Doktor

papar berkaitan - pada 31/1/2019 - jumlah : 320 hits
Kalau biasa kita gunakan nenas untuk dimasukkan dalam masakan selepas baca perkongsian DrRizal Abu Bakar ini rasanya lebih elok kita memakannya secara segar dan jadikan ia amalan setiap hari Mungkin ada yg tak tahu kebaikan nanas ni Jemput ...
Amalkan Doa Sebelum Tidur Ini Setiap Hari Agar Diturunkan Rezeki Dari Langit Laut Dan Bumi

Amalkan Doa Sebelum Tidur Ini Setiap Hari Agar Diturunkan Rezeki Dari Langit Laut Dan Bumi

papar berkaitan - pada 20/1/2019 - jumlah : 230 hits
Amalan amalan ini menjadi sebab Allah limpahi hamba Nya dengan keluasan rezeki dan rasa kaya dengan pemberian Nya Berdasarkan konsep rezeki yang telah diperkatakan Allah memberi jalan buat setiap hamba Nya untuk memperolehi rezeki dalam pel...
Kalau Mampu Ambillah Setiap Hari Doktor Ini Jelaskan Khasiat Nenas Yang Ramai Kurang Tahu

Kalau Mampu Ambillah Setiap Hari Doktor Ini Jelaskan Khasiat Nenas Yang Ramai Kurang Tahu

papar berkaitan - pada 17/1/2019 - jumlah : 111 hits
Persediaan untuk makan malam Nenas Balik rumah tengok CikPuan isteri sudah beli nenas Macam tahu tahu sahaja Nenas adalah superfood Penting untuk hampir keseluruhan tubuh Kalau mampu ambillah setiap hari SUMBER VITAMIN C Nenas sarat dengan ...
Warga Jakarta Sumbang 7 400 Ton Sampah Setiap Hari

Warga Jakarta Sumbang 7 400 Ton Sampah Setiap Hari

papar berkaitan - pada 16/1/2019 - jumlah : 53 hits
Guna mengatasi masalah sampah ini Pemprov DKI telah menetapkan kegiatan strategis daerah khususnya untuk DLH Provinsi DKI Jakarta Salah satunya yaitu pembangunan fasilitas pengolahan sampah di dalam kota atau Intermediate Treatment Facility...
Wow Tabik Anggota Tentera Kutip Jalur Gemilang Di Tepi Jalan Undang Sebak Terima Kasih Pahlawan

Dr Zakir Tidak Dihantar Balik Ke India Melayu Maafkan Bukan Melayu Pun Boleh

Dsv Bakal Saman Netizen Komen Melampau

Larang Tulisan Jawi Pada Produk Bukan Islam Ngo

Bercerita Pasal Pelakon Bollywood Kareena

Resepi Nasi Serai Mudah

Mekdi Panggilan Tempatan Bagi Mcdonald S Kini Jelas Terpampang Di Restoran Mcdonald S Bukit Bintang

Mahathir Cabinet Reshuffling Could Break Up Ph



2 Saintis Gila Buang 12 000 Tan Kulit Limau Tetapi Hasilnya Mengagumkan

7 Sebab Anda Boleh Menjadi Gila Apabila Bekerja di Kilang iPhone

Orang Sabian Golongan Ahli Kitab Yang Jarang Diceritakan

7 Fakta Dahsyat Tentang Kes Rampasan Pesawat Oleh D B Cooper

Biodata Dan Latar Belakang Pelakon Wafiy Ilhan


10 Wasiat Rasulullah Kepada Anaknya Fatimah

Boboiboy Movie 2 Best Ke Tidak

Nak Cuba Ke Tak Jus Minuman Herba Jamu Puteri Viral

Pasangan Mata Wang Usd Jpy Menghampiri Ke Tahap Rintangan Berpotensi Untuk Melanjutkan Penurunan

9 Hotel Terbaik Shinjuku Untuk Perjalanan Tokyo Terbaik

Toyota Fun Code 2019 Kompetisi Hackathon Pertama Bidang Otomotif