Kenapa Bulan Sya Ban Dimuliakan Ini Beberapa Keutamaannya


Bulan Sya’ban adalah bulan ke delapan dari nama-nama bulan kalender Hijriyah, setelah bulan Rajab dan sebelum Ramadhan.
Bulan Sya’ban adalah bulan yang diistimewakan Nabi SAW dan pula diagungkan, sehingga selayaknya bagi seluruh kaum muslim untuk turut pula mengagungkan bulan ini.
Dalam sebuah hadis, Nabi Saw bersabda, “Sya’ban adalah bulan dimana amal seseorang dilaporkan kepada Allah Swt dan saya senang bila amalku dilaporkan dalam keadaan saya berpuasa”.
Dalam kitab Ma dza Fi Sya’ban, Sayyid Muhammad bin Abbas al-Maliki menjelaskan banyak riwayat yang menjelaskan tentang keagungan dan keutamaan bulan Sya’ban ini, termasuk di antaranya mengapa bulan ini dinamakan bulan Sya’ban.
Sayyid Muhammad mengutarakan beberapa pandangan ulama’ mengenai asal usul kata “Sya’ban” sekaligus makna yang terkandung di dalamnya sebagaimana kami kutip di bawah ini.
وسمي شعبان لأنه يتشعب منه خير كثير، وقيل معناه شاع بان، وقيل مشتق من الشِعب (بكسر الشين) وهو طريق في الجبل فهو طريق الخير، وقيل من الشَعب (بفتحها) وهو الجبر فيجبر الله فيه كسر القلوب، وقيل غير ذلك “Bulan ini dinamai dengan sebutan Sya‘ban karena banyak cabang-cabang kebaikan pada bulan mulai ini. Sebagian ulama mengatakan, Sya‘ban berasal dari Syâ‘a bân yang bermakna terpancarnya keutamaan. Menurut ulama lainnya, Sya‘ban berasal dari kata As-syi‘bu (dengan kasrah pada huruf syin), sebuah jalan di gunung, yang tidak lain adalah jalan kebaikan. Sementara sebagian ulama lagi mengatakan, Sya‘ban berasal dari kata As-sya‘bu (dengan fathah pada huruf syin), secara harfiah bermakna ‘menambal’ di mana Allah menambal  dan menutupi kegundahan hati (hamba-Nya) di bulan Sya’ban. Ada pula ulama yang memahami bulan ini dengan makna selain yang disebutkan sebelumnya”.
Melalui penjelasan di atas, tampak sangat jelas kandungan keistimewaan dan keutamaan bulan Sya’ban ini.
Sehingga tidak heran ketika memasuki bulan ini, kaum muslim menyambutnya dengan penuh antusias dan kegembiraan.
Berbagai aneka ragam ibadah di lakukan dengan penuh semarak, mulai dari puasa, meramaikan masjid dengan shalat wajib lima waktu dan shalat-shalat sunah secara berjamaah, berangkat umrah serta ziarah ke makam baginda Nabi SAW.
Terdapat kaidah umum yang sudah populer di kalangan ulama’ bahwa nilai dasar keistimewaan suatu zaman (bulan) ditentukan oleh tingkat keistimewaan peristiwa yang terjadi pada zaman tersebut.
Semakin tinggi nilai keistimewaan peristiwa yang terjadi, maka semakin tinggi pula keistimewaan zaman yang melingkupinya.
Begitu pula pada bulan Sya’ban, dikarenakan banyak amalan kebaikan dan keistimewaan yang diberikan Allah SWT di dalamnya, mulai dilaporkannya amalan seseorang ke hadirat Allah SWT.
Di bulan ini kita dianjurkan untuk memperbanyak membaca shalawat kepada Nabi Saw dan sebagainya, sehingga menentukan tingkat keistimewaan bulan ini.
Ada pernyataan sangat baik sekali yang dikatakan Sayyid Muhammad bin Abbas al-Maliki dalam kitabnya Ma Dza Fi Sya’ban berkaitan dengan mengagungkan bulan Sya’ban ini, juga bulan-bulan lainnya.
اننا لا نعظم الزمان لأنه زمان ولا المكان لأنه مكان لأن هذا عندنا من الشرك. ولكن ننطر لما هو أعلى من ذلك وأعظم……..وانما ننظر اليها من حيث مقامها ووجاهتها وجاهها ورتبتها وشرفها “kami tidak mengagungkan zaman (bulan) karena semata zaman tersebut, dan tidak pula mengagungkan tempat karena hanya semata tempat itu. Bagi kami hal itu bagian dari perbuatan syirik. Tetapi kami melihat yang lebih besar dan agung dari itu semua….kami melihat (mengagungkan) dari sisi kedudukan, dan kemulian zaman (bulan) dan tempat tersebut”.
Karenanya ketika kaum muslim mengagungkan bulan Sya’ban bukan karena bulan Sya’bannya tetapi karena peristiwa agung yang terjadi di dalamnya.
Sumber: islami.co


Artikel ini hanyalah simpanan cache dari url asal penulis yang berkebarangkalian sudah terlalu lama atau sudah dibuang :

https://islamidia.com/kenapa-bulan-syaban-dimuliakan-inilah-beberapa-keutamaannya/

Kempen Promosi dan Iklan
Kami memerlukan jasa baik anda untuk menyokong kempen pengiklanan dalam website kami. Serba sedikit anda telah membantu kami untuk mengekalkan servis percuma aggregating ini kepada semua.

Anda juga boleh memberikan sumbangan anda kepada kami dengan menghubungi kami di sini
Sya Ban Bulan Diangkatnya Amal

Sya Ban Bulan Diangkatnya Amal

papar berkaitan - pada 12/4/2019 - jumlah : 291 hits
Sya ban Bulan Diangkatnya Amal Bismillah walhamdulillah was sholaatu wassalam ala Rasulillah wa ba du Saat ini kita sedang berada di bulan Sya ban atau dalam istilah penanggalan Jawa disebut Ruwah Satu bulan sebelum tiba bulan mulia yang di...
Memasuki Bulan Sya Ban Inilah 7 Amal Yang Perlu Ditingkatkan

Memasuki Bulan Sya Ban Inilah 7 Amal Yang Perlu Ditingkatkan

papar berkaitan - pada 8/4/2019 - jumlah : 213 hits
Bulan Sya ban dikenal sebagai bulan yang terjepit atau bulan yang terlupakan dalam bahasa Rasulullah Saw Karena bulan ini berada diantara dua bulan yang sangat mulia yaitu bulan rajab dan bulan ramadhan Kedua bulan itu sudah tidak asing bag...
Jangan Lupa Untuk Membaca Doa Ini Di Bulan Sya Ban

Jangan Lupa Untuk Membaca Doa Ini Di Bulan Sya Ban

papar berkaitan - pada 6/4/2019 - jumlah : 297 hits
Di antara doa populer yang sering dibaca saat menjelang dan sesudah memasuki bulan Rajab dan Sya ban adalah doa berikut Latin Allahumma baarik lana fi Rajaba wa Sya bana wa ballighna Ramadhana Artinya Ya Allah berkahi kami di bulan Rajab da...
Lirik Lagu Kemarin Seventeen Cover By Nurus Sya Ban Syubbanul Muslimin

Lirik Lagu Kemarin Seventeen Cover By Nurus Sya Ban Syubbanul Muslimin

papar berkaitan - pada 12/4/2019 - jumlah : 669 hits
Kemarin engkau masih ada disiniBersamaku menikmati rasa iniBerharap semua takkan pernah berakhirBersamamu bersamamu Kemarin dunia terlihat sangat indahDan denganmu merasakan ini semuaMelewati hitam putih hidup iniBersamamu bersamamu Kini se...
Ini Pertimbangan Hakim Vonis Hercules Delapan Bulan Penjara

Ini Pertimbangan Hakim Vonis Hercules Delapan Bulan Penjara

papar berkaitan - pada 27/3/2019 - jumlah : 142 hits
Terdakwa Hercules Rosario Marshal diganjar delapan bulan kurungan penjara oleh Majelis Hakim Pengadilan Negeri Jakarta Barat Hakim menyatakan Hercules Rosario Marshal bersalah atas perkara penyerobotan lahan tanpa izin
Hercules Divonis 8 Bulan Penjara

Hercules Divonis 8 Bulan Penjara

papar berkaitan - pada 27/3/2019 - jumlah : 132 hits
Pengadilan Negeri Jakarta Barat menjatuhkan hukuman delapan bulan kurungan penjara kepada Hercules Rosario Marshal Hakim menyatakan Hercules Rosario Marshal bersalah atas perkara penyerobotan lahan tanpa izin
Bermodal Uang Amplop Undangan Pasangan Ini Berhasil Raih Keuntungan Ratusan Juta Tiap Bulan

Bermodal Uang Amplop Undangan Pasangan Ini Berhasil Raih Keuntungan Ratusan Juta Tiap Bulan

papar berkaitan - pada 27/3/2019 - jumlah : 217 hits
Bila ada kemauan dan tekad yang kuat siapa saja bisa menjadi pengusaha sukses Seperti kisah pasangan suami istri ini yang mengandalkan uang amplop kondangan pernikahannya sebagai modal membuka usaha Meski awalnya sempat merugi siapa sangka ...
Isterinya Sudah Lama Meninggalkan Dia Sejak Kakinya Membusuk 2 Bulan Lalu Bekas Isteri

Isterinya Sudah Lama Meninggalkan Dia Sejak Kakinya Membusuk 2 Bulan Lalu Bekas Isteri

papar berkaitan - pada 27/3/2019 - jumlah : 277 hits
The ReporterMeskipun sudah tidak bersama diceraikan kerana mengejar isteri muda bekas isteri pesakit ini sanggup datang melawat lelaki yang pernah hidup bersama dengannya Tidak sanggup dirinya melihat keadaan bekas suaminya yang terlantar k...
Pegawai Bumn Ptpn Iv Yang Kampanyekan Prabowo Dihukum 3 Bulan Penjara

Pegawai Bumn Ptpn Iv Yang Kampanyekan Prabowo Dihukum 3 Bulan Penjara

papar berkaitan - pada 27/3/2019 - jumlah : 134 hits
Pegawai PT Perkebunan Nusantara IV Ibrahim Martabaya dinyatakan terbukti bersalah melakukan tindak pidana pemilu karena mengampanyekan capres Prabowo Subianto di halaman Facebooknya Dia dihukum 3 bulan penjara dan denda Rp 5 juta subsider 1...
Pentingnya Muhasabah Diri

Wanita Dikenakan Bayaran Rm9 55 Untuk Nasi Putih Dan Telur Goreng Bungkus

Malaysia Asserts Claim For Portion Of Goldman Sachs Fines In 1mdb Case

Forest City Casino Misreporting Pas Leader Wants Brave Pmx To Teach Bloomberg A Lesson At Qatar Economic Forum

Anwar Ibrahim Terima Mandat Rakyat

2 Direman Kemuka Butiran Palsu Pelaburan Rm38 Juta

Record 13 Pay Hike For Civil Servants Get Ready For Subsidy Cuts Skyrocketing Inflation And Even Recession

Strategic Alliances For Business



Biodata Tyra Kamaruzzaman Founder BeauTyra Yang Kahwin Bersuamikan Emran Rijal

Info Dan Sinopsis Drama Berepisod Dr Pontianak Astro Warna Sooka

10 Fakta Biodata Jabir Meftah Pelakon Drama Berepisod Racun Rihanna TV3

Biodata Dan Latar Belakang Adam Shamil Personaliti TikTok Terkenal

5 Negara Yang Memilih Untuk Tidak Menggunakan Matawang Sendiri


Pembukaan Akaun Kanak Kanak Tabung Haji

Ge14 S Impact On State Federal Relations

Ptptn Invites Stakeholders To Collaborate In New Scheme

Cerita Awan

Jangan Pandang Belakang 2

Bukan Sekadar Penyeri Masakan Ini Potensi Daun Sup Untuk Kesihatan