Memasuki Bulan Sya Ban Inilah 7 Amal Yang Perlu Ditingkatkan


Bulan Sya’ban dikenal sebagai bulan yang terjepit atau bulan yang terlupakan dalam bahasa Rasulullah Saw. Karena bulan ini berada diantara dua bulan yang sangat mulia, yaitu bulan rajab dan bulan ramadhan.
Kedua bulan itu sudah tidak asing bagi kita akan kemuliaan dan keistimewaannya sebagai mana disinyalir dalam Alquran dan Hadis.
Akibatnya, ia seakan-akan terlupakan dan kehilangan aura keistimewaannya. Sehingga bulan ini sepi dari amalan-amalan yang seharusnya lebih ditingkatkan dari bulan-bulan sebelumnya.
Karena mengingat kedekatannya dengan satu bulan yang paling mulia yaitu ramadhan sebagaimana yang dilakukan Nabi Muhammad Saw dan para ulama terdahulu.
Maka dari itu kita perlu mengetahui amalan-amalan yang perlu ditingkatkan dan ditekankan di bulan Sya’ban ini sebagai bentuk sambutan yang meriah terhadap datangnya bulan suci Ramadhan mendatang.
Dr. al-Syaikh Muhammad al-Dabbisi dalam bukunya, Hal al-Mu’minin fi Sya’ban menyebutkan ada tujuh amalan yang perlu ditekankan oleh kita sebagai umat islam dalam bulan sya’ban ini sebagai berikut:
1. Berpuasa Sebanyak Mungkin di Dalamnya
Hal pertama yang perlu ditekankan bagi kita sebagai umat islam dalam bulan Sya’ban ini adalah berpuasa.
Dimana Rasulullah SAW menurut beberapa riwayat berpuasa sebanyak mungkin yang tidak pernah dilakukan dibulan-bulan lainnya kecuali bulan Ramadhan sebagaimana hadis berikut:
قال رسول الله صلى الله عليه وسلم ذاك شهر يغفل الناس عنه بين رجب رمضان وهو شهر ترفع الأعمال فيه إلى رب العالمين فأحب أن يرفع عملى وأنا صائم “Bulan itu (Sya‘ban) berada di antara Rajab dan Ramadhan adalah bulan yang dilupakan manusia dan ia adalah bulan yang diangkat padanya amal ibadah kepada Tuhan Seru Sekalian Alam, maka aku suka supaya amal ibadah ku di angkat ketika aku berpuasa”. ( HR. an-Nasa’i) (Hal al-Mu’minin fi Sya’ban, hal. 30)
2. Meramaikannya Dengan Penuh Ketaatan
Sebagai mana disinggung diawal rasulullah Saw menamakan bulan ini dengan bulan yang terlupakan sebagaimana tersurat dalam sabdanya diatas.
Dengan demikian, berarti Rasulullah Saw menuntut umat islam untuk meramaikan waktu-waktu yang terlupakan dengan banyak ketaatan, mulai dari berdzikir hingga ibadah-ibadah lainnya sebagai bentuk penajaman pendekatan mereka terhadap Allah SWT.
Sehingga mereka tidak tergolong orang yang lengah dan lupa sebagai mana difirmankan dalam surah al-A’raf [7]: 205, wa laa takun min al-ghaafilin (dan jangalah kamu menjadi bagian dari orang-orang yang lengah dan lupa). (Hal al-Mu’minin fi Sya’ban, hal. 30)
3. Menekankan Diri Dalam Segala Upaya dan Daya (Mujahadah Al-Nafsi) Dalam Kebaikan dan Ketaatan
Penekanan dalam upaya dan daya (mujahadah al-nafsi) ini pasti sebagai sayarat utama dari seseorang yang ingin bangkit dari kelengahan dan keterpurukan.
Karena jika tidak demikian sama halnya ia hanya berada dalam bayang-bayang mimpinya untuk bangkit. Allah swt berfirman dalam surah al-ankabut: 69:
وَالَّذِينَ جَاهَدُوا فِينَا لَنَهْدِيَنَّهُمْ سُبُلَنَا ۚوَإِنَّ اللَّهَ لَمَعَ الْمُحْسِنِينَ “Dan orang-orang yang berjihad untuk (mencari keridhaan) Kami, benar-benar akan Kami tunjukkan Kepada mereka jalan-jalan Kami. Dan sesungguhnya Allah benar-benar beserta orang-orang yang berbuat baik.”
Lebih jelas Rasul bersabda terkait hal ini
“Dari Abu Hurairah radhiallaahu ‘anhu, dia berkata: Rasulullah Shallallâhu ‘alaihi wasallam bersabda: ‘ Sesungguhnya Allah Ta’ala berfirman: ‘barangsiapa yang memusuhi wali-Ku, maka sungguh! Aku telah mengumumkan perang terhadapnya. Dan tidaklah seorang hamba bertaqarrub (mendekatkan diri dengan beribadah) kepada-Ku dengan sesuatu, yang lebih Aku cintai daripada apa yang telah Ku-wajibkan kepadanya, dan senantiasalah hamba-Ku (konsisten) bertaqarrub kepada-Ku dengan amalan sunnah hingga Aku mencintainya; bila Aku telah mencintainya, maka Aku adalah pendengarannya yang digunakannya untuk mendengar, dan penglihatannya yang digunakannya untuk melihat dan tangannya yang digunakannya untuk memukul dan kakinya yang digunakannya untuk berjalan; jika dia meminta kepada-Ku niscaya Aku akan memberikannya”. (H.R.al-Bukhâriy) (Hal al-Mu’minin fi Sya’ban, hal. 46)
4. Menyiapkan Amalan-amalan Terbaik Dalam Menghadapi Pelaporan Perbuatan Dengan Penuh Keikhlasan
“Bulan sya’ban ini menjadi pilihan Allah Swt untuk dilaporkannya perbuatan-perbuatan umat manusia dalam masa satu tahun oleh malaikat yang bertugas sebagaimana yang ditegaskan dan dilakukan oleh Nabi muhammad Saw diatas pada hadis yang terdappat dipoin pertama dan kedua. Itu artinya umat islam dituntuk untuk mempersembahkan amalan-amalan yang yang terbaik pada saat diamana perbuatannya dilaporkan kepada Allah Swt.” (Hal al-Mu’minin fi Sya’ban, hal. 52)
5. Menggapai Ampunan Allah di Malam Pertengahan Bulan Sya’ban Dengan Menjauhi Kesyirikan dan Permusuhan
Pada bulan ini terdapat malam dimana allah swt mengampuni semua dosa-dosa makhluknya kecuali orang-orang yang menyektukan-Nya dan suka menyulut api permusuhan sebagaiman disabdakan oleh nabi Muhammad SAW:
إن الله ليطلع في ليلة النصف من شعبان فيغفر لجميع خلقه إلا لمشرك أو مشاحن “Sesungguhnya Allah melihat waktu malam pertengahan Sya’ban, maka (Allah) mengampuni semua makhlukNya kecuali orang musyrik atau orang yang bersengketa.” (HR. Ibnu Majah, 1390)
Kita sebagai umat islam jangan menyia-nyiakan malam itu (malam nisfu sya’ban). Kita harus menggapainya dengan menjauhi dua katagori perbuatan yang menghalangi ampunan-Nya, yaitu menyektukan-Nya dan suka menyulut api permusuhan, disamping juga melakukan perbuatan-perbuatan lain yang bernilai positif. (Hal al-Mu’minin fi Sya’ban, hal. 66)
6. Memperbanyak Membaca dan Memahami Firman Allah (al-Qur’an)
Bulan ini sebagaimana kita ketahui adalah bulan pendahuluan bagi bulan ramadhan yang dikenal dengan bulan Alquran (syahr al-Qur’an).
Kita tentunya akan menikmati bacaan ayat-ayat suci didalamnya pada saat bulan ramadhan nanti jika kita sudah membiasakannya dibulan sya’ban ini, sebagaimana yang dilakukan oleh ulama’- ulama’ terdahulu.
Karena sejatinya seseorang akan sulit merasa nyaman dalam aktifitas tertentu jika belum terbiasa sebelumnya. (Hal al-Mu’minin fi Sya’ban, h. 70)
7. Bangun Malam Dengan Ibadah Tahajjud
Tentunya bangun malam dan ibadah tahajud tidak hanya dianjurkan dibulan ini, melainkan dibulan-bulan lainnya juga sangat dianjurkan untuk dilaksanakan.
Akan tetapi kita tahu bahwa bulan ini sebagai bulan pemanasan bulan ramadhan tentunya kita harus lebih menguatkan diri dalam upaya bangun malam untuk ibadah tahajud.
Karena sangat tidak mungkin kita tergolong orang-orang yang mendapatkan jaminan ampunan segala dosa karena terbiasa menghidupkan malam-malam ramadhan dengan penuh iman dan perenungan, kecuali kita sudah membiasakan dibulan-bulan sebelumnya khususnya dibulan sya’ban ini. (Hal al-Mu’minin fi Sya’ban, hal. 133)
Wallahu a’lam
Sumber: bincangsyariah.com


Artikel ini hanyalah simpanan cache dari url asal penulis yang berkebarangkalian sudah terlalu lama atau sudah dibuang :

https://islamidia.com/memasuki-bulan-syaban-inilah-7-amal-yang-perlu-ditingkatkan/

Kempen Promosi dan Iklan
Kami memerlukan jasa baik anda untuk menyokong kempen pengiklanan dalam website kami. Serba sedikit anda telah membantu kami untuk mengekalkan servis percuma aggregating ini kepada semua.

Anda juga boleh memberikan sumbangan anda kepada kami dengan menghubungi kami di sini
Sya Ban Bulan Diangkatnya Amal

Sya Ban Bulan Diangkatnya Amal

papar berkaitan - pada 12/4/2019 - jumlah : 290 hits
Sya ban Bulan Diangkatnya Amal Bismillah walhamdulillah was sholaatu wassalam ala Rasulillah wa ba du Saat ini kita sedang berada di bulan Sya ban atau dalam istilah penanggalan Jawa disebut Ruwah Satu bulan sebelum tiba bulan mulia yang di...
Jangan Lupa Untuk Membaca Doa Ini Di Bulan Sya Ban

Jangan Lupa Untuk Membaca Doa Ini Di Bulan Sya Ban

papar berkaitan - pada 6/4/2019 - jumlah : 296 hits
Di antara doa populer yang sering dibaca saat menjelang dan sesudah memasuki bulan Rajab dan Sya ban adalah doa berikut Latin Allahumma baarik lana fi Rajaba wa Sya bana wa ballighna Ramadhana Artinya Ya Allah berkahi kami di bulan Rajab da...
Kenapa Bulan Sya Ban Dimuliakan Ini Beberapa Keutamaannya

Kenapa Bulan Sya Ban Dimuliakan Ini Beberapa Keutamaannya

papar berkaitan - pada 6/4/2019 - jumlah : 200 hits
Bulan Sya ban adalah bulan ke delapan dari nama nama bulan kalender Hijriyah setelah bulan Rajab dan sebelum Ramadhan Bulan Sya ban adalah bulan yang diistimewakan Nabi SAW dan pula diagungkan sehingga selayaknya bagi seluruh kaum muslim un...
Lirik Lagu Kemarin Seventeen Cover By Nurus Sya Ban Syubbanul Muslimin

Lirik Lagu Kemarin Seventeen Cover By Nurus Sya Ban Syubbanul Muslimin

papar berkaitan - pada 12/4/2019 - jumlah : 666 hits
Kemarin engkau masih ada disiniBersamaku menikmati rasa iniBerharap semua takkan pernah berakhirBersamamu bersamamu Kemarin dunia terlihat sangat indahDan denganmu merasakan ini semuaMelewati hitam putih hidup iniBersamamu bersamamu Kini se...
Transjakarta Akan Uji Coba Bus Listrik Bulan Mei

Transjakarta Akan Uji Coba Bus Listrik Bulan Mei

papar berkaitan - pada 29/3/2019 - jumlah : 140 hits
Merek merek dunia tersebut kata Agung memang memiliki spesifikasi yang dibutuhkan Transjakarta terutama soal kenyamanan Namun pihaknya menilai yang terpenting adalah kesiapan setiap bus untuk beroperasi di lingkungan Transjakarta
Kubur Wang Kelian Suhakam Persoal Polis Tangguh Gali 4 Bulan

Kubur Wang Kelian Suhakam Persoal Polis Tangguh Gali 4 Bulan

papar berkaitan - pada 29/3/2019 - jumlah : 221 hits
Polis telah menghantar pasukan forensiknya untuk menggali semula mayat di kubur di tapak perkhemahan pemerdagangan manusia di Wang Kelian pada Mei 2015 empat bulan selepas perkuburan beramai ramai itu ditemui Ini merupakan antara penemuan l...
4 Bulan Pungli Honor 36 Pegawai Kepala Puskesmas Di Tuban Raup Rp 171 Juta

4 Bulan Pungli Honor 36 Pegawai Kepala Puskesmas Di Tuban Raup Rp 171 Juta

papar berkaitan - pada 29/3/2019 - jumlah : 197 hits
Menurut Direktur Reskrimsus Polda Jawa Timur Kombes Pol Akhmad Yusep Gunawan pungli dilakukan tersangka berupa pemotongan honor jasa pelayanan kesehatan yang diterima para karyawan Puskesmas dari Badan Penyelenggara Jaminan Sosial
Hiburan Juliana Evans Bakal Timang Cahaya Mata Hamil 5 Bulan

Hiburan Juliana Evans Bakal Timang Cahaya Mata Hamil 5 Bulan

papar berkaitan - pada 29/3/2019 - jumlah : 296 hits
Tahniah kami ucapkan kepada Che Puan Juliana Evans dan suami yang bakal menimang cahaya mata sulung mereka tidak lama lagi Juliana mengumumkan berita gembira tersebut dengan memuat naik foto beliau memegang baby bump yang sudah semakin jela...
Dalam Diam Rupa Rupanya Lagi Tiga Bulan Juliana Evans Bakal Bergelar Ibu

Dalam Diam Rupa Rupanya Lagi Tiga Bulan Juliana Evans Bakal Bergelar Ibu

papar berkaitan - pada 29/3/2019 - jumlah : 279 hits
Juliana Evans dan suami Tengku Shariffuddin bakal menimang cahaya mata pertama tidak lama lagi PELAKON Che Puan Juliana Evans membuat kejutan apabila mengumumkan dia dan suami Tengku Shariffuddin Shah Tengku Sulaiman Shah Al Hajj bakal meni...
Towards More Comprehensive Pension Reform

Reaching Out

Polis Jerman Sita Bugatti Rare Dalam Siasatan Berkait 1mdb

Makanan Perlis Paling Popular

Tafsir Mimpi Gajah

Kerana Wanita Melintas Penunggang Motosikal Berkuasa Tinggi Maut

Ask Your Idol About Ops Lalang Don T Be A Hypocrite Fahmi To Saddiq

How Much Longer For Mou On Allocations For Opposition Mps Says Syed Saddiq



Info Dan Sinopsis Restu Drama Melayu Berepisod Platform Online iQIYI Malaysia

10 Istilah Hampir Serupa Bahasa Inggeris Yang Kita Keliru Penggunaannya

5 Trend Bodoh Netizen Yang Nampaknya Semakin Menjadi Jadi

Info Dan Sinopsis Drama Berepisod Puaka Cuti Semester Slot Lestary TV3

Biodata Rozana Rozek TV Youtuber Resipi


Drama Dia Pria Terhebat

Jambu Batu Kandungan Nutrisi Dan Manfaatnya Untuk Kesihatan

Heidi Moru Aku Ada Chord

Oliva Helmin Feat Kelvin Tunggu Tunggu Chord

Ada 3 Dituduh Bid Ah Padahal Tidak Bid Ah By Dr Hm Rakib S H M Ag

Gejala Cerebral Palsy Pada Kanak Kanak Berumur 5 Tahun Dan Cara Diagnosis Awal