Ini 3 Peristiwa Penting Bulan Ramadhan Di Masa Rasulullah


Ramadan adalah bulan yang memiliki keistimewaan tersendiri di mata Nabi SAW. Hari-hari di bulan tersebut dipenuhi dengan keberkahan yang Allah SWT karuniakan untuk Nabi Muhammad SAW beserta umatnya.
Maka, bukan sesuatu yang mengherankan jika pada bulan-bulan ramadan yang dirasakan oleh Nabi SAW, terdapat banyak peristiwa-peristiwa penting bersejarah yang bisa diambil pelajarannya.
Diantara peristiwa penting dan bersejarah yang terjadi pada bulan ramadan dalam hidup Rasulullah SAW, adalah peristiwa turunnya ayat suci Al-Qur’an untuk pertama kalinya, ketika beliau sedang melaksanakan tahannuts di gua hira.
Saat itu, merupakan pengangkatan resmi Rasulullah SAW sebagai utusan Allah SWT yang mengemban amanat untuk menyampaikan risalah. Karena peristiwa tersebut, bulan ramadan mulai dikenal sebagai bulan Al-Qur’an “syahrul qur’an”.
Hikmah yang dapat dipetik dari peristiwa turunnya Al-Qur’an di bulan ramadan, yang didahului dengan menyendirinya Rasulullah SAW dalam rangka mengintenskan penghambaan kepada Allah SWT adalah selama kita terus mendekatkan diri kepada sang pencipta.
Maka Ia akan mengkaruniai karunia yang tak ternilai harganya, sebagaimana Rasulullah SAW dikaruniai Al-Qur’an yang menjadi petunjuk bagi seluruh umat manusia. (hudan linnas).
Selain peristiwa turunnya Al-Qur’an, peristiwa “al-Badr al-Kubro” atau yang lebih dikenal dengan istilah perang badar, merupakan salah satu peristiwa penting bersejarah yang juga mendapatkan perhatian besar dari para pakar sejarawan.
Hal itu, dikarenakan dalam peristiwa tersebut, terdapat kenyataan yang sangat menarik. Yaitu, jumlah kaum muslimin yang lebih sedikit dapat mengalahkan pasukan kafir Quraisy dengan jumlah yang berlipat-lipat.
Dari peristiwa al-Badr al-Kubro yang terjadi pada bulan ramadan tersebut, kita dapat mengambil ibrah bahwasannya tak selamanya logika yang digunakan manusia, bisa digunakan untuk membaca apa yang terjadi di dunia.
Karena, jika logika manusia yang digunakan kita akan mengingkari kemenangan kaum muslimin yang berjumlah sangat sedikit dibandingkan dengan pasukan kaum musyrik mekkah yang berjumlah lebih banyak dari kelompok kaum muslimin.
Namun, berkat kehendak dan pertolongan Allah SWT, serta keyakinan kaum muslimin terhadap pertolongan sang pencipta, pada akhirnya, mereka bisa memenangkan pertempuran.
Allah SWT berfirman: “dan bukanlah kalian yang membinasakan mereka, akan tetapi Allah SWT yang membinasakan mereka, serta bukanlah kalian yang mengenai mereka ketika kalian melempari mereka, akan tetapi Allah SWT yang mengenai mereka” (QS: Al-Anfal: 17).
Kemudian, peristiwa penting bersejarah lainnya, yang terjadi di bulan ramadan, dan bisa kita ambil pelajaran darinya, adalah peristiwa fath Makkah (pembebasan kota mekkah).
Sesuatu yang perlu dicatat bahwasannya peristiwa fath Makkah merupakan buah dari kesabaran panjang kaum muslimin untuk terus berjuang di jalan Allah SWT.
Maka, berkat kesabaran dan kegigihan kaum muslimin memperjuangkan kebaikan di jalan Allah SWT, Ia yang memiliki kekuasaan mutlak bagi kehidupan manusia memberikan karunia kepada mereka, berupa pembebasan kota mekkah di bulan suci ramadan yang penuh dengan rahmat dan keberkahan.
Selain peristiwa-peristiwa tersebut, masih terdapat peristiwa-peristiwa lain yang terjadi di bulan ramadan dan bisa kita petik hikmahnya.
Dan hampir semua peristiwa penting bersejarah yang terjadi di bulan ramadan, merupakan buah dari kebersihan hati Rasulullah SAW dan para sahabatnya dalam memandang segala permasalahan yang muncul dalam kehidupan, sehingga Allah SWT menghadiahi mereka, karunia-karunia besar di bulan Ramadan, yang penuh dengan keberkahan.
Sumber: islami.co


Artikel ini hanyalah simpanan cache dari url asal penulis yang berkebarangkalian sudah terlalu lama atau sudah dibuang :

https://islamidia.com/ini-3-peristiwa-penting-bulan-ramadhan-di-masa-rasulullah/

Kempen Promosi dan Iklan
Kami memerlukan jasa baik anda untuk menyokong kempen pengiklanan dalam website kami. Serba sedikit anda telah membantu kami untuk mengekalkan servis percuma aggregating ini kepada semua.

Anda juga boleh memberikan sumbangan anda kepada kami dengan menghubungi kami di sini
Begini Cara Rasulullah Menggapai Lailatul Qadar Di Bulan Ramadhan

Begini Cara Rasulullah Menggapai Lailatul Qadar Di Bulan Ramadhan

papar berkaitan - pada 21/5/2019 - jumlah : 289 hits
Sudah hampir separuh ibadah puasa kita lalui Itu artinya sebentar lagi bulan Ramadhan akan meninggalkan kita Belum tentu di tahun berikutnya kita mendapati kesempatan yang sama yaitu mengerjakan puasa di siang hari dan diberi kesehatan untu...
Jelang Bulan Ramadhan Christy Jusung Ziarah Ke Makam Sang Ayah

Jelang Bulan Ramadhan Christy Jusung Ziarah Ke Makam Sang Ayah

papar berkaitan - pada 5/5/2019 - jumlah : 434 hits
Sebelum menyambut bulan suci Ramadhan Christy Jusung menyempatkan waktu untuk ziarah ke makam sang ayah George Jusung
Bermesraan Dengan Pasangan Di Bulan Ramadhan

Bermesraan Dengan Pasangan Di Bulan Ramadhan

papar berkaitan - pada 5/5/2019 - jumlah : 285 hits
Soalan Apa hukum bercumbuan dan bermesra dengan pasangan semasa berpuasa Jawapan Kata Saiyydatina A isyah R anha Adalah Rasulullah S A W itu mencium salah seorang dari isteri baginda dalam keadaan baginda sedang berpuasa Riwayat Muslim Di d...
30 Nama Bayi Bagus Dan Indah Terinspirasi Bulan Ramadhan

30 Nama Bayi Bagus Dan Indah Terinspirasi Bulan Ramadhan

papar berkaitan - pada 5/5/2019 - jumlah : 339 hits
Bulan suci Ramadhan sudah di depan mata Bagi Bunda dan Ayah yang sedang menantikan kehadiran buah hati bulan penuh ampunan ini bisa lho jadi inspirasi dalam mencari nama bayi Baik untuk bayi laki laki atau perempuan terdapat nama nama indah...
15 Kesilapan Kita Di Bulan Ramadhan Nampak Simple Tapi Kita Selalu Lupa

15 Kesilapan Kita Di Bulan Ramadhan Nampak Simple Tapi Kita Selalu Lupa

papar berkaitan - pada 5/5/2019 - jumlah : 466 hits
PERSIAPAN SEBELUM MENJELANG RAMADANMengikut kajian kesilapan besar dalam berpuasa 1 Menghimpunkan makan malam dengan berbuka puasa adalah satu kesilapan Nabi berbuka puasa hanya dengan 3 biji kurma dan air kosong kerana buka puasa bukan unt...
Jelang Bulan Suci Ramadhan Berikut Tata Cara Mandi Wajib Sebelum Puasa Ramadhan

Jelang Bulan Suci Ramadhan Berikut Tata Cara Mandi Wajib Sebelum Puasa Ramadhan

papar berkaitan - pada 5/5/2019 - jumlah : 519 hits
Sebelum memasuki bulan suci ramdhan ada baiknya kita kembali bersihkan diri dengan melakukan mandi wajib Berikut tata cara mandi wajib jelang puasa ramadhan hal ini agar kita semakin khusyuk dalam menjalani ibadah puasa ramadhan Mandi wajib...
3 Keutamaan Shalat Tarawih Di Bulan Ramadhan Berdasarkan Hadits Shohih

3 Keutamaan Shalat Tarawih Di Bulan Ramadhan Berdasarkan Hadits Shohih

papar berkaitan - pada 5/5/2019 - jumlah : 275 hits
Bulan suci Ramadhan menjadi bulan istimewa bagui umat muslim di seluruh dunia Sebab pada bulan Ramadhan tersebut setiap aktivitas yang dilakukan merupakan bagian dari ibadah Berdasarkan hitungan kalender Hijriah tanggal 1 Ramadhan jatuh pad...
Pentingnya Menjaga Siklus Tidur Di Bulan Puasa Ramadhan

Pentingnya Menjaga Siklus Tidur Di Bulan Puasa Ramadhan

papar berkaitan - pada 9/5/2019 - jumlah : 296 hits
Menjaga siklus tidur yang sehat selama Ramadan sangat penting karena sebagian besar aktivitas seseorang akan dilakukan sampai larut dan harus bangun lebih awal untuk melakukan sahur saat sebelum fajar Menyitat Gulf News tuntutan disiplin bu...
Jalan Penghubung Bandar Utama Di Pahang Perlu Dinaiktaraf

Jom Melabur Dalam Amanah Hartanah Bumiputera

Terengganu Fc Umum Harga Tiket Agarbomb Performance Cup 2024

Ocrevus Transforming Multiple Sclerosis Treatment Landscape In Malaysia

Hada Labo Hydrating Water Gel

Cops Fire 5 Shots During 70km Car Chase Near Baling

I Was Never Arrested Merely Barred From Overseas Travel Ex Src Director

Kejadian Berlaku Depan Mata Masih Trauma Isteri Suspek Kes Tembak Di Klia Bersuara



10 Filem Seram Thailand Berhantu Terbaru Mesti Tonton Juga Tersedia Online

10 Drama Thailand Thai Drama Terbaru Best Juga Tersedia Online

Info Dan Sinopsis Drama Berepisod Kuih Muah Tonton

10 Filem Indonesia Terbaru Best 2023 2024 Juga Tersedia Online

10 Filem Melayu Terbaru Best Di Platform Online Netflix Malaysia 2024 Mesti Tonton


Artis Cahaya Manis Music Duruk Ngabang Chord

Yoursay Time And Patience Running Out For Anwar

Put Targeted Subsidy Plan In Place Quickly To Combat Diesel Smuggling Govt Urged

Zii Jia Won T Join National Team For Thomas Cup Training

Koleksi Video Melawat Taiping 2024

Dua Bersaudara Maut Tiga Cedera Parah Nahas 4wd