Jelang Bulan Suci Ramadhan Berikut Tata Cara Mandi Wajib Sebelum Puasa Ramadhan


Sebelum memasuki bulan suci ramdhan, ada baiknya kita kembali bersihkan diri dengan melakukan mandi wajib.
Berikut tata cara mandi wajib jelang puasa ramadhan, hal ini agar kita semakin khusyuk dalam menjalani ibadah puasa ramadhan.
Mandi wajib jelang puasa ramadhan ini tentu dilakukan untuk membersihkan diri dari hal-hal yang membuat kita tidak bisa menjalanakan ibadah puasa ramadhan.
Selain usia berhubungan suami istri, mandi wajib menjadi hal yang harus dilakukan ketika terjadi berbagai kondisi.
Misalnya setelah berhentinya haid atau keluarnya air mani.
Tujuan dari mandi wajib adalah membersihkan diri dan mensucikan kembali.
Karena itu ada kaidah dan tata cara mandi wajib yang harus dilakukan.
Bagi yang belum memahami bagaimana tata cara mandi wajib baik bagi perempuan dan laki-laki, berikut kami sajikan urutannya.
Tata Cara Mandi wajib Bagi Pria
Ada hadits dan beberapa anjuran yang berbeda mengenai tata cara mandi wajib untuk pria.
Menurut HR At-Tirmidzi, menyela pangkal rambut hanya dikhususkan bagi laki-laki. Para wanita tidak perlu melakukan hal ini.
Berikut ini tata cara mandi wajib dengan cara Nabi Muhammad SAW menurut hadits Al Bukhari.
“Dari Aisyah istri Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam, bahwa jika Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam mandi karena junub,
beliau memulainya dengan mencuci kedua telapak tangannya, kemudian berwudhu sebagaimana wudhu untuk salat.
lalu memasukkan jari-jarinya ke dalam air dan menggosokkannya ke kulit kepala.
Setelah itu beliau menyiramkan air ke atas kepalanya dengan cidukan kedua telapak tangannya sebanyak tiga kali, kemudian beliau mengalirkan air ke seluruh kulitnya.” (HR. Al Bukhari)
“Dari Aisyah dia berkata, “Apabila Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam mandi karena junub, maka beliau memulainya dengan membasuh kedua tangan.
Beliau menuangkan air dengan tangan kanan ke atas tangan kiri, kemudian membasuh kemaluan dan berwudhu dengan wudhu untuk salat.
Kemudian beliau menyiram rambut sambil memasukkan jari ke pangkal rambut hingga rata.
Setelah selesai, beliau membasuh kepala sebanyak tiga kali, lalu beliau membasuh seluruh tubuh dan akhirnya membasuh kedua kaki.” (HR. Muslim)
Berikut ringkasan taat cara mandi wajib bagi pria
Mulailah dengan niat mandi wajib untuk menghilangkan hadats besar. Ambil air kemudian membasuh tangan sebanyak 3 kali. Bersihkan semua najis atau kotoran yang masih menempel pada tubuh. Berwudhu sebagaimana ketika hendak salat Mengguyur bagian kepala hingga tiga kali Siram anggota badan sebelah kanan hingga tiga kali, kemudian siram anggota badan pada bagian kiri sebanyak tiga kali juga. Membasuh rambut dan menyela pangkal kepala dengan cara memasukkan kedua tangan ke air, lalu menggosokkannya ke kulit kepala, dan kemudian menyiram kepala tiga kali. Gosok bagian tubuh sebanyak tiga kali, baik pada bagian depan, belakang, atau menyela rambut serta jenggot. Bilas seluruh tubuh dengan mengguyurkan air, dimulai dari sisi yang kanan, lalu lanjutkan dengan sisi tubuh kiri. Tata Cara Mandi Wajib Bagi Wanita
Tata cara mandi bagi wanita, dibedakan antara mandi junub dan mandi setelah haid atau nifas.
Untuk tata cara mandi junub bagi wanita, sama dengan tata cara mandi bagi laki-laki, sebagaimana yang telah dijelaskan di atas.
Hanya saja, wanita yang mandi junub dibolehkan untuk menggelung rambutnya, sebagaimana disebutkan dalam hadis dari Ummu Salamah, beliau bertanya:
“Wahai Rasulullah, aku seorang wanita yang gelungan rambutnya besar. Apakah aku harus membuka gelungan rambutku ketika mandi junub?”
Beliau menjawab: “Jangan (kamu buka). Cukuplah kamu menyela-nyelai kepalamu dengan air tiga kali, kemudian guyurlah kepala dan badanmu dengan air, sehingga kamu telah suci.” (HR. Muslim no. 330).
Dan ‘Aisyah radhiyallahu ‘anha berkata: “Kami ( istri-istri Nabi) apabila salah seorang diantara kami junub, maka dia mengambil (air) dengan kedua telapak tangannya tiga kali lalu menyiramkannya di atas kepalanya, kemudian dia mengambil air dengan satu tangannya lalu menyiramkannya ke bagian tubuh kanan dan dengan tangannya yang lain ke bagian tubuh yang kiri,” (HR. Bukhari: 277 dan Abu Dawud: 253).
Berikut ini, ringkasan tata cara mandi junub seorang Muslimah yang disunnahkan adalah sebagai berikut:
Niat (Menurut para ulama niat itu tempatnya di hati). Mencuci tangan terlebih dahulu sebanyak tiga kali sebelum tangan tersebut dimasukkan dalam bejana atau sebelum mandi. Membersihkan kemaluan dan kotoran yang ada dengan tangan kiri. Mencuci tangan setelah membersihkan kemaluan dengan menggosokkan ke tanah (atau lantai) atau dengan menggunakan sabun. Berwudhu dengan wudhu yang sempurna seperti ketika hendak shalat. Menyiramkan air ke atas kepalanya tiga kali. Mengguyur air pada kepala sebanyak tiga kali hingga sampai ke pangkal rambut atau kulit kepala dengan menggosok-gosokkannya dan menyela-nyelanya (Tidak wajib bagi wanita untuk mengurai ikatan rambutnya). Mengguyur air ke seluruh badan dimulai dari sisi yang kanan setelah itu yang kiri. Sedangkan untuk mandi karena haidh dan nifas, tata caranya sama dengan mandi junub namun ditambahkan dengan beberapa hal berikut ini:
Pertama: Dianjurkan Menggunakan Sabun.
Hal ini berdasarkan hadis Aisyah radhiallahu ‘anha, yang bertanya kepada Nabishallallahu ‘alaihi wa sallam tentang mandi wanita haid. Beliau menjelaskan:
“Kalian hendaklah mengambil air dan daun bidara, lalu wudhu dengan sempurna. Kemudian menyiramkan air pada kepalanya, lalu menggosok-gosoknya agak keras hingga mencapai akar rambut kepalanya. Kemudian menyiramkan air pada kepalanya. Kemudian engkau mengambil kapas bermisik, lalu bersuci dengannya.” (HR. Bukhari no. 314 & Muslim no. 332)
Kedua: Melepas gelungan, sehingga air bisa sampai ke pangkal rambut
Hadis di atas merupakan dalil dalam hal ini: “…lalu menggosok-gosoknya agak keras hingga mencapai akar rambut kepalanya..”
Hadis ini menunjukkan tidak cukup dengan hanya mengalirkan air seperti halnya mandi junub, namun harus juga digosok, seperti orang keramas memakai sampo.
Sumber: tribunnews.com


Artikel ini hanyalah simpanan cache dari url asal penulis yang berkebarangkalian sudah terlalu lama atau sudah dibuang :

https://islamidia.com/jelang-bulan-suci-ramadhan-berikut-tata-cara-mandi-wajib-sebelum-puasa-ramadhan/

Kempen Promosi dan Iklan
Kami memerlukan jasa baik anda untuk menyokong kempen pengiklanan dalam website kami. Serba sedikit anda telah membantu kami untuk mengekalkan servis percuma aggregating ini kepada semua.

Anda juga boleh memberikan sumbangan anda kepada kami dengan menghubungi kami di sini
Ini Cara Yang Betul Niat Puasa Ramadhan Termasuk Cara Niat Untuk Satu Bulan

Ini Cara Yang Betul Niat Puasa Ramadhan Termasuk Cara Niat Untuk Satu Bulan

papar berkaitan - pada 5/5/2019 - jumlah : 228 hits
Apa apa yang dilakukan mesti bermula dengan niat termasuk ibadah puasa di bulan Ramadhan ini caranya yang betul untuk berniat puasa di bulan Ramadhan
Ini Cara Konsumsi Mie Instan Yang Tepat Buat Santap Sahur Dan Berbuka Puasa Di Bulan Ramadhan

Ini Cara Konsumsi Mie Instan Yang Tepat Buat Santap Sahur Dan Berbuka Puasa Di Bulan Ramadhan

papar berkaitan - pada 9/5/2019 - jumlah : 197 hits
Tidak bisa dipungkiri bahwa banyak orang yang menggemari mie instan sebagai sajian baik berbuka maupun bersantap sahur Tentu saja dengan alasan praktis dan siap saji mie instan menjelma jadi primadona Walaupun tidak sedikit pula ada anggapa...
Mandi Manda Kat Amverton Heritage Resort Melaka Sebelum Tengok Anak Bulan Ramadhan 2019

Mandi Manda Kat Amverton Heritage Resort Melaka Sebelum Tengok Anak Bulan Ramadhan 2019

papar berkaitan - pada 10/5/2019 - jumlah : 423 hits
Assalammualaikum Dunia Haaa ambik ko tajuk penuh satu alam Seminggu sebelum puasa cikbunga dan anak anak bunga semua nya layu sebab demam selsema dan batuk Sib baik bapak bunga pi outstation kalau tak semuanya demam satu rumah Nampak tak ba...
Wajib Ada Stok Spageti Segera Master Pasto Di Bulan Ramadhan

Wajib Ada Stok Spageti Segera Master Pasto Di Bulan Ramadhan

papar berkaitan - pada 7/5/2019 - jumlah : 178 hits
Hah bukan mee je segera tapi spageti pun ada hokay Tiga minit je tara sedia untuk dimakan Bukan sahaja senang untuk disediakan tapi sedap macam anda makan spageti di restoren western tu Inilah dia spageti segera Master Pasto Sedia untuk dim...
Hukuman Bagi Orang Yang Ponteng Puasa Sepanjang Bulan Ramadhan

Hukuman Bagi Orang Yang Ponteng Puasa Sepanjang Bulan Ramadhan

papar berkaitan - pada 1/5/2019 - jumlah : 244 hits
Awal Ramadhan bakal menjengah umat Islam dalam beberapa hari saja lagi dan kita diwajibkan berpuasa selama sebulan bermula dari terbit fajar hinggalah terbenam matahari berserta niat Di Selangor Jabatan Agama Islam Selangor akan melaksanaka...
Tafsir Ayat Puasa Doa Kita Di Bulan Ramadhan Pasti Terkabul Jangan Khawatir

Tafsir Ayat Puasa Doa Kita Di Bulan Ramadhan Pasti Terkabul Jangan Khawatir

papar berkaitan - pada 12/5/2019 - jumlah : 229 hits
Harus penuh keyakinan kalau doa doa kita akan dikabulkan di bulan Ramadhan Posting ditampilkan lebih awal di
Jelang Bulan Ramadhan Christy Jusung Ziarah Ke Makam Sang Ayah

Jelang Bulan Ramadhan Christy Jusung Ziarah Ke Makam Sang Ayah

papar berkaitan - pada 5/5/2019 - jumlah : 149 hits
Sebelum menyambut bulan suci Ramadhan Christy Jusung menyempatkan waktu untuk ziarah ke makam sang ayah George Jusung
Pentingnya Menjaga Siklus Tidur Di Bulan Puasa Ramadhan

Pentingnya Menjaga Siklus Tidur Di Bulan Puasa Ramadhan

papar berkaitan - pada 9/5/2019 - jumlah : 147 hits
Menjaga siklus tidur yang sehat selama Ramadan sangat penting karena sebagian besar aktivitas seseorang akan dilakukan sampai larut dan harus bangun lebih awal untuk melakukan sahur saat sebelum fajar Menyitat Gulf News tuntutan disiplin bu...
Menu Sahur Lengkap Selama Bulan Puasa Ramadhan

Menu Sahur Lengkap Selama Bulan Puasa Ramadhan

papar berkaitan - pada 10/5/2019 - jumlah : 219 hits
Kami merangkum menu makan sahur puasa Ramadan Menu sahur ini mudah dan praktis disajikan serta mengenyangkan sarat gizi dan tidak membuat badan lemas Menu Sahur Selama Puasa 1 Senin 6 Mei 2019 Ayam Goreng Bumbu Kuning 2 Selasa 7 Mei 2019 Tu...
Inspirational Ideas Of Dining Room Decor That Are Delightful

Ppbm Jangan Angkuh Pemuda Umno

Isteri Bertudung Labuh Ditangkap Bersama 2 Lelaki Pakistan Di Rumah Sendiri Oleh Suami

Apa Sebenarnya Yang Berlaku Di Sebalik Perlantikan Hajiji Sebagai Ketua Menteri Sabah

Niat Nak Bunuh Isteri Curang Terbunuh Pula Bayi Sendiri

Pemuda Umno Ingatkan Ppbm Jangan Angkuh

Grm Sokong Anwar Pm Ke 9 Segerakan Perubahan

Does Acid Reflux Cause Bad Breath In Dogs



Biodata Penyanyi Linda Nanuwil Peserta Gegar Vaganza Musim 7 GV7 2020

Biodata Penyanyi Oja Peserta Gegar Vaganza Musim 7 GV7 2020

Resepi Sultana Scone Paling Mudah

Realiti Sebenar Kerjaya Dalam Bidang Pembangunan Videogame

Senarai Lagu Tugasan Konsert Akhir Big Stage 2020 Minggu 8


Jom Like Fan Page Blog Naim

Facemask Unicorn

Ayatul Syifa Penyembuh Segala Penyakit

Doa Agar Atasan Tunduk Kepada Kita Gaji Cepat Naik Atasan Jadi Ramah

Ketahui Punca Dan 8 Cara Mudah Merawat Cagu Pada Kuku Kaki

Strategi Mula Makan Diri