Jelang Bulan Suci Ramadhan Berikut Tata Cara Mandi Wajib Sebelum Puasa Ramadhan


Sebelum memasuki bulan suci ramdhan, ada baiknya kita kembali bersihkan diri dengan melakukan mandi wajib.
Berikut tata cara mandi wajib jelang puasa ramadhan, hal ini agar kita semakin khusyuk dalam menjalani ibadah puasa ramadhan.
Mandi wajib jelang puasa ramadhan ini tentu dilakukan untuk membersihkan diri dari hal-hal yang membuat kita tidak bisa menjalanakan ibadah puasa ramadhan.
Selain usia berhubungan suami istri, mandi wajib menjadi hal yang harus dilakukan ketika terjadi berbagai kondisi.
Misalnya setelah berhentinya haid atau keluarnya air mani.
Tujuan dari mandi wajib adalah membersihkan diri dan mensucikan kembali.
Karena itu ada kaidah dan tata cara mandi wajib yang harus dilakukan.
Bagi yang belum memahami bagaimana tata cara mandi wajib baik bagi perempuan dan laki-laki, berikut kami sajikan urutannya.
Tata Cara Mandi wajib Bagi Pria
Ada hadits dan beberapa anjuran yang berbeda mengenai tata cara mandi wajib untuk pria.
Menurut HR At-Tirmidzi, menyela pangkal rambut hanya dikhususkan bagi laki-laki. Para wanita tidak perlu melakukan hal ini.
Berikut ini tata cara mandi wajib dengan cara Nabi Muhammad SAW menurut hadits Al Bukhari.
“Dari Aisyah istri Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam, bahwa jika Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam mandi karena junub,
beliau memulainya dengan mencuci kedua telapak tangannya, kemudian berwudhu sebagaimana wudhu untuk salat.
lalu memasukkan jari-jarinya ke dalam air dan menggosokkannya ke kulit kepala.
Setelah itu beliau menyiramkan air ke atas kepalanya dengan cidukan kedua telapak tangannya sebanyak tiga kali, kemudian beliau mengalirkan air ke seluruh kulitnya.” (HR. Al Bukhari)
“Dari Aisyah dia berkata, “Apabila Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam mandi karena junub, maka beliau memulainya dengan membasuh kedua tangan.
Beliau menuangkan air dengan tangan kanan ke atas tangan kiri, kemudian membasuh kemaluan dan berwudhu dengan wudhu untuk salat.
Kemudian beliau menyiram rambut sambil memasukkan jari ke pangkal rambut hingga rata.
Setelah selesai, beliau membasuh kepala sebanyak tiga kali, lalu beliau membasuh seluruh tubuh dan akhirnya membasuh kedua kaki.” (HR. Muslim)
Berikut ringkasan taat cara mandi wajib bagi pria
Mulailah dengan niat mandi wajib untuk menghilangkan hadats besar. Ambil air kemudian membasuh tangan sebanyak 3 kali. Bersihkan semua najis atau kotoran yang masih menempel pada tubuh. Berwudhu sebagaimana ketika hendak salat Mengguyur bagian kepala hingga tiga kali Siram anggota badan sebelah kanan hingga tiga kali, kemudian siram anggota badan pada bagian kiri sebanyak tiga kali juga. Membasuh rambut dan menyela pangkal kepala dengan cara memasukkan kedua tangan ke air, lalu menggosokkannya ke kulit kepala, dan kemudian menyiram kepala tiga kali. Gosok bagian tubuh sebanyak tiga kali, baik pada bagian depan, belakang, atau menyela rambut serta jenggot. Bilas seluruh tubuh dengan mengguyurkan air, dimulai dari sisi yang kanan, lalu lanjutkan dengan sisi tubuh kiri. Tata Cara Mandi Wajib Bagi Wanita
Tata cara mandi bagi wanita, dibedakan antara mandi junub dan mandi setelah haid atau nifas.
Untuk tata cara mandi junub bagi wanita, sama dengan tata cara mandi bagi laki-laki, sebagaimana yang telah dijelaskan di atas.
Hanya saja, wanita yang mandi junub dibolehkan untuk menggelung rambutnya, sebagaimana disebutkan dalam hadis dari Ummu Salamah, beliau bertanya:
“Wahai Rasulullah, aku seorang wanita yang gelungan rambutnya besar. Apakah aku harus membuka gelungan rambutku ketika mandi junub?”
Beliau menjawab: “Jangan (kamu buka). Cukuplah kamu menyela-nyelai kepalamu dengan air tiga kali, kemudian guyurlah kepala dan badanmu dengan air, sehingga kamu telah suci.” (HR. Muslim no. 330).
Dan ‘Aisyah radhiyallahu ‘anha berkata: “Kami ( istri-istri Nabi) apabila salah seorang diantara kami junub, maka dia mengambil (air) dengan kedua telapak tangannya tiga kali lalu menyiramkannya di atas kepalanya, kemudian dia mengambil air dengan satu tangannya lalu menyiramkannya ke bagian tubuh kanan dan dengan tangannya yang lain ke bagian tubuh yang kiri,” (HR. Bukhari: 277 dan Abu Dawud: 253).
Berikut ini, ringkasan tata cara mandi junub seorang Muslimah yang disunnahkan adalah sebagai berikut:
Niat (Menurut para ulama niat itu tempatnya di hati). Mencuci tangan terlebih dahulu sebanyak tiga kali sebelum tangan tersebut dimasukkan dalam bejana atau sebelum mandi. Membersihkan kemaluan dan kotoran yang ada dengan tangan kiri. Mencuci tangan setelah membersihkan kemaluan dengan menggosokkan ke tanah (atau lantai) atau dengan menggunakan sabun. Berwudhu dengan wudhu yang sempurna seperti ketika hendak shalat. Menyiramkan air ke atas kepalanya tiga kali. Mengguyur air pada kepala sebanyak tiga kali hingga sampai ke pangkal rambut atau kulit kepala dengan menggosok-gosokkannya dan menyela-nyelanya (Tidak wajib bagi wanita untuk mengurai ikatan rambutnya). Mengguyur air ke seluruh badan dimulai dari sisi yang kanan setelah itu yang kiri. Sedangkan untuk mandi karena haidh dan nifas, tata caranya sama dengan mandi junub namun ditambahkan dengan beberapa hal berikut ini:
Pertama: Dianjurkan Menggunakan Sabun.
Hal ini berdasarkan hadis Aisyah radhiallahu ‘anha, yang bertanya kepada Nabishallallahu ‘alaihi wa sallam tentang mandi wanita haid. Beliau menjelaskan:
“Kalian hendaklah mengambil air dan daun bidara, lalu wudhu dengan sempurna. Kemudian menyiramkan air pada kepalanya, lalu menggosok-gosoknya agak keras hingga mencapai akar rambut kepalanya. Kemudian menyiramkan air pada kepalanya. Kemudian engkau mengambil kapas bermisik, lalu bersuci dengannya.” (HR. Bukhari no. 314 & Muslim no. 332)
Kedua: Melepas gelungan, sehingga air bisa sampai ke pangkal rambut
Hadis di atas merupakan dalil dalam hal ini: “…lalu menggosok-gosoknya agak keras hingga mencapai akar rambut kepalanya..”
Hadis ini menunjukkan tidak cukup dengan hanya mengalirkan air seperti halnya mandi junub, namun harus juga digosok, seperti orang keramas memakai sampo.
Sumber: tribunnews.com


Artikel ini hanyalah simpanan cache dari url asal penulis yang berkebarangkalian sudah terlalu lama atau sudah dibuang :

https://islamidia.com/jelang-bulan-suci-ramadhan-berikut-tata-cara-mandi-wajib-sebelum-puasa-ramadhan/

Kempen Promosi dan Iklan
Kami memerlukan jasa baik anda untuk menyokong kempen pengiklanan dalam website kami. Serba sedikit anda telah membantu kami untuk mengekalkan servis percuma aggregating ini kepada semua.

Anda juga boleh memberikan sumbangan anda kepada kami dengan menghubungi kami di sini
Ini Cara Yang Betul Niat Puasa Ramadhan Termasuk Cara Niat Untuk Satu Bulan

Ini Cara Yang Betul Niat Puasa Ramadhan Termasuk Cara Niat Untuk Satu Bulan

papar berkaitan - pada 5/5/2019 - jumlah : 166 hits
Apa apa yang dilakukan mesti bermula dengan niat termasuk ibadah puasa di bulan Ramadhan ini caranya yang betul untuk berniat puasa di bulan Ramadhan
Mandi Manda Kat Amverton Heritage Resort Melaka Sebelum Tengok Anak Bulan Ramadhan 2019

Mandi Manda Kat Amverton Heritage Resort Melaka Sebelum Tengok Anak Bulan Ramadhan 2019

papar berkaitan - pada 10/5/2019 - jumlah : 177 hits
Assalammualaikum Dunia Haaa ambik ko tajuk penuh satu alam Seminggu sebelum puasa cikbunga dan anak anak bunga semua nya layu sebab demam selsema dan batuk Sib baik bapak bunga pi outstation kalau tak semuanya demam satu rumah Nampak tak ba...
Ini Cara Konsumsi Mie Instan Yang Tepat Buat Santap Sahur Dan Berbuka Puasa Di Bulan Ramadhan

Ini Cara Konsumsi Mie Instan Yang Tepat Buat Santap Sahur Dan Berbuka Puasa Di Bulan Ramadhan

papar berkaitan - pada 9/5/2019 - jumlah : 78 hits
Tidak bisa dipungkiri bahwa banyak orang yang menggemari mie instan sebagai sajian baik berbuka maupun bersantap sahur Tentu saja dengan alasan praktis dan siap saji mie instan menjelma jadi primadona Walaupun tidak sedikit pula ada anggapa...
Cara Kekal Sihat Di Bulan Puasa

Cara Kekal Sihat Di Bulan Puasa

papar berkaitan - pada 9/5/2019 - jumlah : 87 hits
Cara Kekal Sihat Di Bulan Puasa Alhamdulillah Dah masuk puasa hari ketiga Masih kekal sihat di bulan puasa ni Sebelum puasa hari tu umi ada keluarkan entry tentang PERSEDIAAN MENYAMBUT RAMADHAN YANG PERLU KITA TAHU So kita perlu tahu apa ya...
Hindari Kulit Kering Saat Puasa Bisa Dilakukan Dengan Cara Berikut Ini

Hindari Kulit Kering Saat Puasa Bisa Dilakukan Dengan Cara Berikut Ini

papar berkaitan - pada 11/5/2019 - jumlah : 67 hits
Kendala menjaga hidrasi kulit pada saat Ramadan karena perubahan pola asupan makanan biasanya tubuh bisa memperoleh asupan tanpa adanya batasan jam khusus kata Ika Anggraini dokter spesialis kulit dan kelamin Bamed Skin Care dalam sebuah te...
Menu Sahur Lengkap Selama Bulan Puasa Ramadhan

Menu Sahur Lengkap Selama Bulan Puasa Ramadhan

papar berkaitan - pada 10/5/2019 - jumlah : 86 hits
Kami merangkum menu makan sahur puasa Ramadan Menu sahur ini mudah dan praktis disajikan serta mengenyangkan sarat gizi dan tidak membuat badan lemas Menu Sahur Selama Puasa 1 Senin 6 Mei 2019 Ayam Goreng Bumbu Kuning 2 Selasa 7 Mei 2019 Tu...
Pentingnya Menjaga Siklus Tidur Di Bulan Puasa Ramadhan

Pentingnya Menjaga Siklus Tidur Di Bulan Puasa Ramadhan

papar berkaitan - pada 9/5/2019 - jumlah : 77 hits
Menjaga siklus tidur yang sehat selama Ramadan sangat penting karena sebagian besar aktivitas seseorang akan dilakukan sampai larut dan harus bangun lebih awal untuk melakukan sahur saat sebelum fajar Menyitat Gulf News tuntutan disiplin bu...
Wajib Ada Stok Spageti Segera Master Pasto Di Bulan Ramadhan

Wajib Ada Stok Spageti Segera Master Pasto Di Bulan Ramadhan

papar berkaitan - pada 7/5/2019 - jumlah : 103 hits
Hah bukan mee je segera tapi spageti pun ada hokay Tiga minit je tara sedia untuk dimakan Bukan sahaja senang untuk disediakan tapi sedap macam anda makan spageti di restoren western tu Inilah dia spageti segera Master Pasto Sedia untuk dim...
Begini 5 Cara Mencegah Asam Lambung Naik Saat Puasa Ramadhan

Begini 5 Cara Mencegah Asam Lambung Naik Saat Puasa Ramadhan

papar berkaitan - pada 8/5/2019 - jumlah : 78 hits
Senyumperawat com Salah satu problem pada lambung sebagian orang yang belum terbiasa puasa adalah nyeri lambung Oleh karena itu biasanya sebelum puasa biasanya banyak yang berbondong membeli obat maag di warung Nah alangkah lebih baik pula ...
Ketahui 6 Ciri Wanita Yang Miliki Nafsu Seks Besar

Inilah 4 Pengkhianat Kejatuhan Kesultanan Melayu Melaka

Bmf Lawak Santai Sapa Yang Boikot

Resepi Rempah Perapan Kambing Ayam Daging Perap Satay Pun Boleh

33 Senarai Kategori Produk Muslim Bmf Kempen Sokong Beli Produk Muslim

Sinopsis Telefilem Aneh Lakonan Fattah Amin Dan Elyana

Saham Patuh Syariah Apa Yang Anda Patut Tahu

Sambal Tumis Udang



Ini Sebab Produk Supreme Tersangat Mahal Dan Menjadi Kegilaan Ramai

Ini Sejarah Lagu Bella Ciao Yang Dipopularkan Oleh Siri TV Money Heist

Misteri Kematian Penghisap Vape di Amerika Syarikat

5 Insiden Boikot Terbesar Melibatkan Malaysia

Adakah Rambut dan Kuku Terus Tumbuh Setelah Seseorang Itu Meninggal Dunia


Membaja Kebun Kampung Sekijang

Pernah Sehat Dan Banyak Beramal Shalih Setelah Itu Gila Bagaimana Nasibnya Di Akhirat

Resepi Agar Agar Santan Gula Melaka

Pelajar 14 Tahun Cipta Peranti Penderaan Kanak Kanak

Ramai Orang Tidak Sedar Dan Tidak Tahu Waktu Afdal Ziarah Kubur

Bmf Santan Keluaran Bumiputera Muslim