Fungsi Sarkofagus Yang Utama Dan Ciri Cirinya


Banyak peninggalan dari zaman megalithikum, yang mana salah satunya adalah Sarkofagus. Apa Fungsi Sarkofagus yang paling utama sebernarnya ? Untuk menjawab hal ini tentu kita bisa menjawabnya setelah kenal dengan benda Sarkofagus ini.

Fungsi Sarkofagus
Sarkofagus ialah aset sejarah yang digunakan sebagai penyimpanan ataupun penguburan jenazah semacam peti mati. Mayat biasanya diposisikan lurus, terlentang, ataupun juga miring dengan posisi tangan lurus ataupun menyilang.

Sarkofagus ini biasanya dibuat dari batu, logam, ataupun batu kapur. Sehingga mayat serta benda yang terdapat di dalamnya lumayan awet, sebagian ditemui benda- benda di dalamnya masih bagus.

Tradisi membuat sarkofagus dari batu diketahui dengan istilah tradisi megalitik.

Pengertian SarkofagusBersumber pada etimologi, sarkofagus berasal dari bahasa Yunani ialah sarx yang berarti daging serta phagein yang berarti memakan. Sehingga, sarkofagus dalam etimologi bahasa Yunani maksudnya memakan daging.

Perihal ini pasti ialah suatu kata kiasan yang diperuntukan buat guna dari sarkofagus itu sendiri.

Sarkofagus itu sendiri ialah salah satu dari banyak aset semacam menhir, dolmen ataupun meja batu, patung ataupun arca, kubur batu, punden berundak serta lain sebagainya.

Sarkofagus dikira bagaikan penguburan warga yang mempunyai strata kehidupan sosial besar sebab pula ditemui benda- benda di dalamnya.

Ciri-ciri Sarkofagus
Buat mengenali gimana bentuk sarkofagus berikut ini ciri-cirinya :
Bentuk sarkofagus semacam suatu lesung ataupun peti yang memanjang serta dilengkapi dengan penutup Sarkofagus umumnya dibuat dari batu, terdapat pula yang dibuat dari logam ataupun batu kapur Umumnya, sarkofagus ditaruh di atas tanah, tetapi terdapat pula yang menyimpannya di dalam tanah Sarkofagus pula dihias dengan ukiran ataupun pahatan yang indah yang terletak di bilik muka Ukiran sarkofagus baisanya berupa manusia, burung, geometris serta lainnya Di dalam sarkofagus umumnya ditemui barang lain semacam kapak persegi, periuk, perhiasan serta barang lainnya Terbuat bahan dasar dari batu. Terdiri dari tempat wadah jenazah dan tutup atas. Pada pinggiran rongga dalam memiliki sudut-sudut yang tajam maupun tumpul. Memiliki garis yang sama atau sejajar pada tepi bagian dalam. Sarkofagus terdiri dari berbagai bagian bidang seperti; bidang depan, bidang samping, bidang bawah (pada wadah), bidang atas (pada tutup) dan bidang belakang. Memiliki pola pahatan di permukaan. Menurut Soejono, sarkofagus mempunyai tipe serta ukuran yang berbeda- beda, antara lain bagaikan berikut:
Jenis A yang berdimensi kecil dekat 80 sampai 148 centimeter dengan benjolan di baian depan serta balik, dan terdapat berbagai style ialah style celuk, bona, angantiga, bunutin, busungbiu, serta ambiarsari. Jenis B yang berdimensi lagi dekat 150 sampai 170 centimeter tanpa tonjolan Jenis C yang berdimensi besar dekat 200 sampai 268 centimeter dengan benjolan di tiap sisi
Selain Sarkofagus ada juga Waruga, inilah perbedaan antara Sarkofagus dan Waruga

Perbandingan Sarkofagus dan WarugaWaruga ialah istilah lain dari sarkofagus yang diketahui oleh warga di Minahasa. Keduanya sesungguhnya mempunyai guna yang sama ialah bagaikan tempat penguburan mayat, tetapi bentuk, bagian serta metode peletakan mayatnya yang berbeda.

SarkofagusSarkofagus wujudnya mirip lesung serta memanjang, semacam bentuk persegi 4 ataupun oval. Sarkofagus lebih mirip peti mati pada biasanya yang dikala ini banyak digunakan.

Pada sarkofagus, mayat diletakkan semacam posisi tiduran serta tidak terdapat tekukan. Perihal ini nampak dari foto sarkofagus.

WarugaWaruga mempunyai 2 bagian ialah bagian dasar berupa kubus/ bundar serta bagian atasnya semacam atap rumah lengkap dengan bentuk segitiga semacam bubungan.

Pada waruga, sebab wujudnya kubus ataupun bundar, posisi mayatnya jongkok terlipat. Dapat kita amati dari foto waruga.

Tempat Penemuan SarkofagusBerikut temuan tradisi sarkofagus di dunia antara lain :

Amerika Serikat
Warner Tomb di Laurel Hill Cemetery di Philadelphia, Pennsylvania.

Vietnam
Delta Mekong di Vietnam merupakan sarkofagus yang berfugsi tempat pemakaman anggota keluarga mereka yang terletak di dekat rumah mereka bagaikan bagian dari tradisi asli pemujaan leluhur.

Indonesia
Sarkofagus di Indonesia disebut pula Waruga, semacam Tapanuli, Sumba, Minahasa serta di Jawa.

India
Sarkofagus yang terletak pada bukit Pallavaram di Tamil Nadu.

Spanyol
Sarkofagus Fenisia serta Paleochristian sudah ditemui di Semenanjung Iberia.

Salah satu gaya sarkofagus Yunani Kuno ialah sarkofagus Klazomenian yang terbuat di dekat kota Klazomenai di Yunani, tempat sebagian besar contoh ditemui, antara 550 SM serta 470 SM. Barang ini dibuat dari tanah liat bercorak cokelatan sampai merah muda.

Makam Lycian besar Payava, saat ini di British Museum, merupakan monumen makam kerajaan dekat 360 SM yang dirancang buat penempatan di hawa terbuka, contoh besar style Lycian yang universal.

Sarkofagus Romawi kuno dibuat dari logam ataupun batu kapur yang terkenal dari masa pemerintahan Trajan serta kerap kali diukir dengan pola rumit. Relief batu kapur pada sarkofagus Romawi berumur 190 Meter, menggambarkan Kemenangan Dionysus.

Sebagian besar contoh sarkofagus Romawi dirancang bagaikan tempat pemakaman tokoh- tokoh berarti, paling utama para penguasa serta tokoh- tokoh gereja terkemuka.

KesimpulanSarkofagus adalah salah satu peninggalan dari zaman megalithikum dan banyak ditemukan dan menyebar di beberapa daerah di Indonesia dan dunia, namun di Indonesia sendiri yang paling banyak ada di Bali.

Fungsi utama Sarkofagus adalah tempat untuk menyimpan mayat atau bisa dibilang peti mati orang yang sudah meninggal namun sesuai dengan budaya daerah tersebut.

Demiian tentang hal yang membahas Sarkofagus dari fungsinya, ciri-cirinya, beragam tempat penemuan Sarkofagus bahkan apa perbedaan Sarkofagus dan Waruga.

Artikel ini hanyalah simpanan cache dari url asal penulis yang berkebarangkalian sudah terlalu lama atau sudah dibuang :

https://hematinternet.blogspot.com/2021/12/fungsi-sarkofagus-yang-utama-dan-ciri.html

Kempen Promosi dan Iklan
Kami memerlukan jasa baik anda untuk menyokong kempen pengiklanan dalam website kami. Serba sedikit anda telah membantu kami untuk mengekalkan servis percuma aggregating ini kepada semua.

Anda juga boleh memberikan sumbangan anda kepada kami dengan menghubungi kami di sini
Kapak Lonjong Pengertian Ciri Ciri Fungsi Dan Persebaran

Kapak Lonjong Pengertian Ciri Ciri Fungsi Dan Persebaran

papar berkaitan - pada 14/12/2021 - jumlah : 447 hits
Kapak Lonjong Benda peninggalan dari zaman Neolitikum ini memiliki bentuk lonjong dan memiliki pangkal tangkai Kapak ini memiliki tingkat kehalusan yang lebih tinggi dibandingkan benda peninggalan zaman batu sebelumnya seperti zaman paleoli...
Sebab Utama Orang Putus Tunang

Sebab Utama Orang Putus Tunang

papar berkaitan - pada 3/12/2021 - jumlah : 353 hits
Putus Tunang Apa sebab utama ya So admin nak kongsikan beberapa sebab yang admin dah buat research tentang mengapa orang putus tunang Ekonomi makin merosot Salah satu penyebab kenapa terjadi dikalangan yang sudah ada ikatan pada pasangan De...
Luqman Hakim Tersenarai Dalam Skuad Utama Kv Kortrijk Hadapi Piala Belgium

Luqman Hakim Tersenarai Dalam Skuad Utama Kv Kortrijk Hadapi Piala Belgium

papar berkaitan - pada 1/12/2021 - jumlah : 192 hits
Langgan saluran Telegram kami untuk kemaskini berita baharu dan isu terkini VOCKET Penyerang skuad kebangsaan Luqman Hakim Shamsudin berdepan tugasan penting bersama kelabnya KV Kortrijk apabila berada dalam senarai 21 pemain yang dipilih m
Rups Pln Angkat Darmawan Prasodjo Selaku Eksekutif Utama Pln Jawa Pos

Rups Pln Angkat Darmawan Prasodjo Selaku Eksekutif Utama Pln Jawa Pos

papar berkaitan - pada 7/12/2021 - jumlah : 131 hits
RUPS PLN Angkat Darmawan Prasodjo sebagai Direktur Utama PLN6 December 2021 14 04 PMTANGGUNG JAWAB Menteri BUMN Erick Thohir saat menetapkan Darmawan Prasodjo selaku Direktur Utama PLN dalam RUPS yang diadakan di Kantor Pusat PT PLN Senin J...
2 Fokus Utama Pemangkin Pemulihan Pmks Ismail

2 Fokus Utama Pemangkin Pemulihan Pmks Ismail

papar berkaitan - pada 7/12/2021 - jumlah : 98 hits
2 fokus utama pemangkin pemulihan PMKS Ismail Pemangkin pemulihan perusahaan mikro kecil dan sederhana akan memberi dua fokus utama iaitu memanfaatkan inovasi serta pembangunan jangka panjang yang harus menerapkan prinsip prinsip kelestaria...
Ciri Ciri Menghadapi Penyakit Saraf Sciatic

Ciri Ciri Menghadapi Penyakit Saraf Sciatic

papar berkaitan - pada 19/12/2021 - jumlah : 428 hits
Sciatica merujuk kepada kesakitan yang memancar di sepanjang laluan saraf sciatic yang bercabang dari punggung bawah anda melalui pinggul dan punggung dan ke bawah setiap kaki Biasanya sciatica hanya menjejaskan satu bahagian badan anda Sci...
Ada Ciri Ciri Hoarders Disorder

Ada Ciri Ciri Hoarders Disorder

papar berkaitan - pada 18/12/2021 - jumlah : 271 hits
Sebenarnya memang serabut tengok Tapi Mala bercakap Balik kampung sekali sekala Sapu sapu lap habuk buang sawang susun sikit sikit sudah Cuma Kesian kat mak MY Tinggal dalam rumah yang penuh dengan barang barang Kalau kemas dan terurus takp...
Animisme Pengertian Ciri Ciri Contoh Dan Sejarah Terbaru

Animisme Pengertian Ciri Ciri Contoh Dan Sejarah Terbaru

papar berkaitan - pada 14/12/2021 - jumlah : 213 hits
Pengertian Animisme adalah kepercayaan terhadap roh atau arwah yang terdapat disuatu benda hidup atau mati sebagai sarana pemujaan yang awal mulanya kepercayaan ini telah muncul pada kehidupan manusia prasejarah Menurut etimologi animisme b...
Economists Tout Entrepreneurship As Panacea For Poverty

Catatan Hujung Minggu

Perlis Darul Kopi Ada 100 Port Untuk Ngopi Di Perlis

Teroka Pemikiran Baharu Bina Ekosistem Teknologi Ai

Maksud All Eyes On Rafah

Cita Cita Mahasiswi Ini Bikin Ulama Al Azhar Takjub

Pendapat Pelabur Asing Kerajaan Melayu Kerajaan Korup

Savour Malaysia Tour Packages Provided By Malaysian Aviation Group



Biodata Founder Leeyanarahman Nur Liyana Abdul Rahman Yaana Yana Lee Usahawan Tudung Yang Terkenal Bersama Suaminya

Biodata Zubir Khan Penyanyi Lagu Yennode Macha Macha Macha Pemuda Bertangan Kudung Yang Menginspirasikan

Info Penuh Senarai Peserta Juri Hadiah Cara Undi The Hardest Singing Show Astro Ria Sooka Program Realiti Mingguan Terbaru Malaysia

Info Dan Sinopsis Filem Shaitaan 2024 Remake Filem Vash Kini Di Netflix

Biodata Emran Rijal Owner Jenama Emri Vision Suami Tyra Kamaruzzaman Founder BeauTyra


Chonggu Experimental School By Bau Brearley Architects Urbanists In Shanghai China

Wang Ehsan Ke T Ganu Kelantan Tanda Kerajaan Madani Adil

Beraninya Kata Saya Pernah Bercinta Dengan Aliff Didi Astillah

Macc Proposes Criminal Charges In Case Involving Perlis Mb S Son

No Talks About Opening Uitm To Non Bumi Students Says Zambry

Singapore S New Pm Takes Office Pledging To Lead In His Own Way