Kapak Lonjong Pengertian Ciri Ciri Fungsi Dan Persebaran


Kapak Lonjong – Benda peninggalan dari zaman Neolitikum ini, memiliki bentuk lonjong dan memiliki pangkal tangkai. Kapak ini memiliki tingkat kehalusan yang lebih tinggi dibandingkan benda peninggalan zaman batu sebelumnya seperti zaman paleolitikum ataupun mesolitikum.
Zaman Neolitikum, merupakan zaman dimana manusia sudah berada di fase satu tingkat lebih maju. Zaman ini manusia telah mengenal tentang kebudayaan, sudah mulai menetap pada suatu wilayah tertentu, mulai mengenal pekerjaan seperti beternak, bertani secara menetap, serta membuat sebuah budaya, salah satunya adalah budaya pembuatan kapak.
Budaya dalam pembuatan kapak batu menjadi salah satu peralatan yang membantu dalam aspek kehidupan manusia dahulunya.
Kapak lonjong merupakan salah satu benda peninggalan pada zaman Neolitikum, dimana kapak tersebut berfungsi sebagai alat yang memudahkan mereka dalam melakukan aktifitas tertentu, seperti membelah, menumbuk, dan sebagainya.
Contoh gambar kapak lonjong
Pengertian Kapak Lonjong Kapak lonjong adalah kapak batu yang berasal dari zaman neolitikum berbentuk melonjong dan memiliki pangkal tangai.
Menurut beberapa ahli seperti arkeologi, dan sejarawan, kapak lonjong merupakan peninggalan pada masa neolitikum yang mana telah berumur lebih dari 1000 tahun dibandingkan dengan kapak jenis lain seperti kapak persegi.
Kapak ini ditemukan di beberapa wilayah di Indonesia, diantaranya adalah Pulau Flores, Maluku, Sulawesi, dan sebagainya.
Ciri-Ciri Kapak Lonjong Adapun ciri-ciri dari kapak lonjong antara lain; Bahan dasar dari batu.Berasal dari zaman Neolitikum.Memiliki permukaan dengan tingkat kehalusan lebih tinggi.Berbentuk lonjong.Mempunyai pangkal tangkai.Pada mata kapak memiliki sisi tajam. Kapak lonjong mempunyai bermacam-macam ukuran dari kecil hingga memanjang. Seperti yang sudah disinggung, bahwa kapak lonjong memiliki bentuk permukaan yang lonjong.
Ada yang kecil, ada juga yang panjang. Dan hal itu menjadi alasan kenapa kapak ini dinamakan sebagai kapak lonjong.
Adapun ciri lain seperti bentuk ujung kapak yang agak lancip. Ujung ini dipakai sebagai tangkai dari kapak, sehingga mudah saat di genggam oleh tangan.
Namun seiring berjalannya waktu, tangkai tersebut mulai diganti menggunakan kayu sebagai peangan dari kapak tersebut. Ciri selanjutnya adalah sisi lain dari ujung kapak berbentuk bulat serta tajam.
Hal ini dibentuk dengan fungsi untuk memudahkan mereka saat memotong ataupun memangkas suatu benda.
Sesuai dengan namanya, kapak ini rata-rata memiliki permukaan yang lonjong. Hanya saja diameternya bervariasi.
Ada yang panjang dengan bentuk runcing di ujung kapaknya, ada yang berbentuk lonjong dengan bagian depan yang pipih dan melebar seperti alat pembelah kayu.
Selain itu, kapak lonjong ini memiliki ciri khas, dimana ujung yang lain berbentuk lonjong bahkan bulat, menyesuaikan bentuk dan kegunaannya masing-masing. Untuk penamaan dari dua jenis kapak tersebut mereka menamai Kleinbeil untuk kapak berbentuk kecil, serta Welzenbeil untuk kapak dengan ukuran yang besar.
Umumnya kapak lonjong memiliki 2 bahan untuk pembuatannya. Yang pertama adalah menggunakan batu kali hitam dan dibentuk sedemikian rupa.
Namun ada juga kapak lonjong yang memiliki motif berbeda, dimana hal tersebut di dapat dari pembuatan kapak lonjong dengan menggunakan jenis batu nefrit yang memiliki warna agak kehijauan.
Persebaran Kapak Lonjong Selain di Indonesia, kapak lonjong pada zaman Neolitikum ini juga tersebar di berbagai Negara, diantaranya adalah Myanmar, Cina, Taiwan, Jepang, Filipina, serta India.
Karena penyebaran tersebut, beberapa ahli dalam bidang sejarah mengatakan bahwa penyebaran kapak tersebut memiliki alur, dimana negara bagian timur dan utara di lewati dan menempat di sana cukup lama.
Hingga berada di Papua, kapak lonjong ini menetap cukup lama di sana.
Fungsi Kapak Lonjong Adapun fungsi dari kapak lonjong adalah; Sebagai alat mencangkul.Sebagai alat untuk memotong.Sebagai alat membelah kayu. Berbagai peninggalan sejarah zaman purbakala, pasti memiliki fungsi tersendiri. Hal itulah yang menjadi alasan mengapa mereka menciptakan benda tersebut, termasuk kapak lonjong pada zaman neolitikum, yang memiliki fungsi diantaranya: alat pemotong.
Pada zaman neolitikum, kapak ini memiliki bentuk runcing di salah satu ujungnya, sehingga memudahkan mereka dalam memotong suatu benda, entah itu makanan, dan sebagainya.
Lalu yang selanjutnya adalah sebagai Pekakas. Dimana untuk pekakas ini, mereka membutuhkan kapak lonjong yang berukuran agak besar.
Hal ini untuk memudahkan mereka dalam memotong kayu, dan sebagainya. Kapak lonjong juga berfungsi sebagai alat cangkul. Kita pasti paham bahwa zaman neolitikum merupakan zaman peralihan.
Dimana manusia pada saat itu sudah mengerti tentang bercocok tanam, bertani, dan sebagainya. Maka mereka menciptakan beberapa kapak lonjong berukuran sedang untuk memudahkan mereka saat mencangkul sawah, dan sebagainya.
Yang selanjutnya adalah sebagai benda wasiat. Biasanya untuk fungsi ini, mereka menggunakan kapak lonjong dengan diameter yang lebih kecil. Dan yang terakhir adalah, kapak lonjong digunakan sebagai alat upacara. Ya, hal ini selaras dengan zaman neolitikum yang sudah mengerti tentang apa itu budaya.
Jadi, tidak heran jika mereka mulai menggunakan kapak lonjong sebagai alat upacara. Untuk mengadakan upacara tertentu, mereka menggunakan kapak lonjong yang berdiameter lebih kecil dibandingkan dengan yang lainnya. Upacara yang sering diadakan adalah upacara keagamaan, dan sebagainya.
Hal ini juga yang menjadi alasan bahwa zaman neolitikum merupakan zaman purba yang sedikit lebih maju dibandingkan dengan zaman batu lainnya.
Mereka sudah mengerti bagaimana cara membuat benda tertentu untuk memudahkan aktifitas mereka. Oleh karenanya di Indonesia sudah ada beberapa museum yang menjadi tempat penyimpanan kapak peninggalan sejarah ini.
Umur dari kapak lonjong oleh beberapa ahli, dikatakan lebih dari 8000 tahun. Jadi, itulah beberapa informasi mengenai kapak lonjong.
Demikian artikel tentang pengertian, persebaran, ciri-ciri dan fungsi kapak lonjong. Semoga artikel yang telah saya buat ini, membantu menemukan jawaban yang kamu cari.


Artikel ini hanyalah simpanan cache dari url asal penulis yang berkebarangkalian sudah terlalu lama atau sudah dibuang :

https://hematinternet.blogspot.com/2021/12/kapak-lonjong-pengertian-ciri-ciri.html

Kempen Promosi dan Iklan
Kami memerlukan jasa baik anda untuk menyokong kempen pengiklanan dalam website kami. Serba sedikit anda telah membantu kami untuk mengekalkan servis percuma aggregating ini kepada semua.

Anda juga boleh memberikan sumbangan anda kepada kami dengan menghubungi kami di sini
Fungsi Sarkofagus Yang Utama Dan Ciri Cirinya

Fungsi Sarkofagus Yang Utama Dan Ciri Cirinya

papar berkaitan - pada 14/12/2021 - jumlah : 681 hits
Banyak peninggalan dari zaman megalithikum yang mana salah satunya adalah Sarkofagus Apa Fungsi Sarkofagus yang paling utama sebernarnya Untuk menjawab hal ini tentu kita bisa menjawabnya setelah kenal dengan benda Sarkofagus ini Fungsi Sar...
Animisme Pengertian Ciri Ciri Contoh Dan Sejarah Terbaru

Animisme Pengertian Ciri Ciri Contoh Dan Sejarah Terbaru

papar berkaitan - pada 14/12/2021 - jumlah : 214 hits
Pengertian Animisme adalah kepercayaan terhadap roh atau arwah yang terdapat disuatu benda hidup atau mati sebagai sarana pemujaan yang awal mulanya kepercayaan ini telah muncul pada kehidupan manusia prasejarah Menurut etimologi animisme b...
Pengertian Akuntansi Dari Tujuan Dan Fungsi Serta Manfaatnya

Pengertian Akuntansi Dari Tujuan Dan Fungsi Serta Manfaatnya

papar berkaitan - pada 14/12/2021 - jumlah : 188 hits
Pengertian tujuan dan fungsi akuntansi serta manfaatnya Apa itu akuntansi Bagi teman teman yang suka mencatat belanja misalnya seperti uang belanja sehari untuk beli apa saja masih ada sisa berapa dan punya utang berapa maka secara tidak la...
Pengertian Teks Laporan Percobaan Dari Struktur Dan Ciri Bahasa

Pengertian Teks Laporan Percobaan Dari Struktur Dan Ciri Bahasa

papar berkaitan - pada 14/12/2021 - jumlah : 198 hits
Laporan adalah suatu bentuk dari sebuah pengamatan yang dilakukan dan di tujukan untuk memberi informasi hasil yang telah diperoleh tersebut kepada banyak orang Berdasarkan pengertian tersebut teks laporan adalah sebuah bentuk tulisan yang ...
Ciri Ciri Dan Peninggalan Zaman Perunggu Terlengkap

Ciri Ciri Dan Peninggalan Zaman Perunggu Terlengkap

papar berkaitan - pada 14/12/2021 - jumlah : 907 hits
Jaman Perunggu merupakan periode waktu kala orang membuat perlengkapan dari paduan yang diucap perunggu Perunggu merupakan kombinasi paling utama tembaga serta timah Bahan bahan semacam kayu serta batu pula digunakan buat perlengkapan namun...
Kaji Semula Fungsi Suhakam Sebelum Terlambat

Kaji Semula Fungsi Suhakam Sebelum Terlambat

papar berkaitan - pada 14/12/2021 - jumlah : 200 hits
TUJUAN penubuhan SUHAKAM begitu murni sekali Persoalannya adalah ahli ahli yang dilantik menganggotai suruhanjaya tersebut Sudah sampai masanya mereka yang dilantik dikaji dan disiasat latar belakangnya Lantik mereka dalam kalangan yang ber...
Realitinya Seperti Anjing Dan Kucing Mn Tiada Fungsi Dakwa Ku Li

Realitinya Seperti Anjing Dan Kucing Mn Tiada Fungsi Dakwa Ku Li

papar berkaitan - pada 1/12/2021 - jumlah : 184 hits
November 30 2021 Tengku Razaleigh Hamzah yang mendakwa cukup memahami PAS melihat kerjasama Umno dan pasti Islam itu yang kerap bergaduh di lapangan umpama anjing dengan kucing PETALING JAYA Ahli Parlimen Gua Musang Tengku Razaleigh Hamzah ...
Update Pembahsan Lengkap Ciri Ciri Pithecanthropus Erectus

Update Pembahsan Lengkap Ciri Ciri Pithecanthropus Erectus

papar berkaitan - pada 14/12/2021 - jumlah : 242 hits
Manusia Purba Pithecanthropus Erectus Di Indonesia ialah salah satu negeri yang banyak mempunyai sejarah menimpa manusia purba salah satunya ialah yang tersebar dengan luas pada era dulu Pengetahuan ini didapatkan pada dikala temuan menimpa...
Apa Fungsi Nadma Semasa Banjir

Apa Fungsi Nadma Semasa Banjir

papar berkaitan - pada 21/12/2021 - jumlah : 272 hits
Apa fungsi NADMA semasa banjir Ahmad Shabery Cheek mempersoal kenyataan bahawa Agensi Pengurusan Bencana Negara tidak terbabit dalam soal pengurusan bencana Ahli Majlis Tertinggi Umno itu berharap kenyataan menteri bahawa Nadma hanya mengur...
Catatan Hujung Minggu

Economists Tout Entrepreneurship As Panacea For Poverty

Teroka Pemikiran Baharu Bina Ekosistem Teknologi Ai

Maksud All Eyes On Rafah

Savour Malaysia Tour Packages Provided By Malaysian Aviation Group

Majlis Rumah Terbuka Koperasi Norras Berhad

Jengah Kebun Melihat Tanaman

3 Top Rated Things To Do In Jakarta



Biodata Founder Leeyanarahman Nur Liyana Abdul Rahman Yaana Yana Lee Usahawan Tudung Yang Terkenal Bersama Suaminya

Biodata Zubir Khan Penyanyi Lagu Yennode Macha Macha Macha Pemuda Bertangan Kudung Yang Menginspirasikan

Info Penuh Senarai Peserta Juri Hadiah Cara Undi The Hardest Singing Show Astro Ria Sooka Program Realiti Mingguan Terbaru Malaysia

Info Dan Sinopsis Filem Shaitaan 2024 Remake Filem Vash Kini Di Netflix

Biodata Emran Rijal Owner Jenama Emri Vision Suami Tyra Kamaruzzaman Founder BeauTyra


Beware Misplaced Trust In Pseudo Intellectuals

Menu Tengahari Sup Ayam Ala Thai Kobis Goreng

Undang Luak Rembau Selamat Dikebumikan

Siri Oppo Reno12 Akan Dilancarkan Di China Pada 23 Mei

Arab Saudi Mahu Gencatan Senjata Kekal

Kembali Bersama Engku Emran Ini Jawapan Erra Fazira Jika Allah Aturkan Itu Takdirnya