Dulu Megawati Hingga Amien Rais Kompak Desak Pam Swakarsa Bubar




 Polri menjamin Pam Swakarsa era kini bukanlah seperti Pam Swakarsa yang dulu, meskipun namanya sama. Ngomong-ngomong soal Pam Swakarsa era 1998, kelompok pro-pemerintahan Presiden BJ Habibie itu ditolak oleh banyak tokoh politik.


Pada momen itulah nama-nama besar, seperti Megawati Soekarnoputri dan Amien Rais, kompak seia sekata. Kesepakatan mereka tertuang di Ciganjur.


 
Saat itu, 10 November 1998, Sidang Istimewa MPR digelar. Presiden BJ Habibie dan anggota parlemen membahas pemilu selanjutnya serta agenda pemerintahan.


Di luar kompleks parlemen, mahasiswa dan kelompok pro-demokrasi masih berdemonstrasi. Mereka mendapat perlawanan dari Pam Swakarsa, yakni kelompok sipil yang mendukung Presiden BJ Habibie serta mengamankan jalannya Sidang Istimewa MPR kala itu. Bentrokan Pam Swakarsa versus demonstran tak terhindarkan di era awal reformasi itu.


Lewat buku 'Bersaksi di Tengah Badai', Wiranto bercerita soal peristiwa politik kala itu. Wiranto saat itu adalah Menteri Pertahanan dan Keamanan-Panglima ABRI (Menhankam-Pangab).


Peristiwa politik itu adalah Deklarasi Ciganjur. Pada 10 November 1998, empat tokoh inti bertemu, yakni Abdurrahman Wahid (Gus Dur), Amien Rais, Megawati, dan Sri Sultan Hamengkubuwono X. Ada pula tokoh-tokoh lain. Semuanya berkumpul di kediaman Gus Dur, di Ciganjur, Jakarta Selatan.


"Saya sangat menyadari bahwa para tokoh yang berkumpul di Ciganjur itu sudah dianggap sebagai representasi dari beberapa kelompok besar masyarakat kita, sehingga dapat dikatakan sebagai kepemimpinan de facto pada saat itu yang memiliki pengaruh kuat di komunitas pendukungnya," kata Wiranto dalam buku itu.


Wiranto tidak bisa hadir karena acara itu bertepatan dengan Sidang Istimewa MPR. Namun Wiranto mengaku memerintahkan anak buahnya memastikan keamanan pertemuan di Ciganjur itu.


Sebagaimana ditulis Ngatawi Al Zastrouw dalam buku 'Gus Dur, Siapa Sih Sampeyan?', Deklarasi Ciganjur adalah hasil dari forum dialog yang digagas Forum Komunikasi Senat Mahasiswa se-Jakarta (FKSMJ), Keluarga Mahasiswa ITB, dan Forum Komunikasi Mahasiswa Universitas Siliwangi. Dia menyebut acara di Ciganjur itu sebagai Sidang Istimewa Tandingan karena waktunya bersamaan dengan Sidang Istimewa MPR.


Deklarasi Ciganjur berisi desakan untuk segera digelarnya pemilu yang jujur dan adil untuk mengakhiri pemerintahan Presiden BJ Habibie. Selambat-lambatnya tiga bulan setelah Mei 1999, pemerintahan baru sudah harus terbentuk.


Deklarasi Ciganjur juga mendesak penghapusan dwifungsi ABRI secara bertahap, paling lama enam tahun dari tanggal Deklarasi Ciganjur. Gus Dur, Megawati, Amien Rais, dan Sultan juga mendorong pengusutan harta kekayaan Soeharto dan kroni-kroninya sesuai prosedur hukum. Juga, mereka menolak Pam Swakarsa.


"Mendesak seluruh pengamanan PAM Swakarsa Sidang Istimewa MPR 1998 untuk segera membubarkan diri saat ini juga kembali ke rumah masing-masing agar tidak memperkeruh keadaan," demikian bunyi salah satu poin Deklarasi Ciganjur.


 


Gus Dur, Amien Rais, Sultan, dan Megawati menandatangani Deklarasi Ciganjur.


Artikel ini hanyalah simpanan cache dari url asal penulis yang berkebarangkalian sudah terlalu lama atau sudah dibuang :

https://www.bagibagi.info/2020/09/dulu-megawati-hingga-amien-rais-kompak.html

Kempen Promosi dan Iklan
Kami memerlukan jasa baik anda untuk menyokong kempen pengiklanan dalam website kami. Serba sedikit anda telah membantu kami untuk mengekalkan servis percuma aggregating ini kepada semua.

Anda juga boleh memberikan sumbangan anda kepada kami dengan menghubungi kami di sini
Pada 1998 Pam Swakarsa Adalah Kelompok Pro Pemerintah Penghalau Demonstran

Pada 1998 Pam Swakarsa Adalah Kelompok Pro Pemerintah Penghalau Demonstran

papar berkaitan - pada 18/9/2020 - jumlah : 230 hits
Komisi untuk Orang Hilang dan Korban Tindak Kekerasan mengatakan Peraturan Kapolri soal Pengamanan Swakarsa bisa membangkitkan ketakutan masa lalu era 1998 Polri menyatakan Pam Swakarsa kini berbeda dengan yang dahulu Di era 1998 Pam Swakar...
Polri Tegaskan Seragam Coklat Satpam Beda Dengan Pam Swakarsa 1998

Polri Tegaskan Seragam Coklat Satpam Beda Dengan Pam Swakarsa 1998

papar berkaitan - pada 17/9/2020 - jumlah : 231 hits
Menurut Awi tenaga pengamanan dari unsur Polri memang terbilang kurang dibandingkan dengan tingginya jumlah penduduk Indonesia Hingga kemudian hadir Badan Usaha Jasa Pengamanan yang secara profesional mengelola Satpam
Kamu Belum Mendapat Bantuan Pemerintah Seperti Blt Hingga Subsidi Gaji Coba Cek Ini Dulu

Kamu Belum Mendapat Bantuan Pemerintah Seperti Blt Hingga Subsidi Gaji Coba Cek Ini Dulu

papar berkaitan - pada 13/9/2020 - jumlah : 216 hits
Buat Anda yang masih belum mendapatkan bantuan apapun dari pemerintah seperti Bantuan Langsung Tunai hingga bantuan subsidi gaji ini yang perlu Anda cek terlebih dahulu Pemerintah Indonesia menggelontorkan sejumlah program bantuan yang dipe...
Amien Rais Di Antara 2 Matahari

Amien Rais Di Antara 2 Matahari

papar berkaitan - pada 7/9/2020 - jumlah : 148 hits
Rencana pembentukan partai sempalan PAN PAN Reformasi terus bergaung dalam sepekan terakhir Namun nada sumbang terkait rencana pembentukan PAN Reformasi justru disampaikan oleh putra Amien Rais Mumtaz Rais Lihatlah tidak ada satupun anggota...
Habib Rizieq Ikut Desak Jokowi Tunda Pilkada Hingga Corona Mereda

Habib Rizieq Ikut Desak Jokowi Tunda Pilkada Hingga Corona Mereda

papar berkaitan - pada 23/9/2020 - jumlah : 182 hits
Desakan kepada Presiden Joko Widodo untuk menunda Pilkada Serentak 2020 kembali datang Kali ini dari Imam Besar Front Pembela Islam Habib Rizieq Shihab Lewat pengacaranya Damai Hari Lubis Habib Rizieq menhgatakan bahwa penundaan perlu dilak...
Polri Dinilai Pelihara Ketakutan Masa Lalu Lewat Pembentukan Kembali Pam Swakarsa

Polri Dinilai Pelihara Ketakutan Masa Lalu Lewat Pembentukan Kembali Pam Swakarsa

papar berkaitan - pada 17/9/2020 - jumlah : 200 hits
Komisi untuk Orang Hilang dan Korban Tindak Kekerasan mengkritik penggunaan istilah Pengamanan Swakarsa atau Pam Swakarsa melalui Peraturan Kapolri Nomor 4 Tahun 2020 Pam Swakarsa dinilai mengembalikan ketakutan masa lalu Hadirnya kembali i...
Dukungan Untuk Partai Baru Amien Rais Mengalir Dari Sumbar Loyalis Insya Allah Diikuti Daerah Lain

Dukungan Untuk Partai Baru Amien Rais Mengalir Dari Sumbar Loyalis Insya Allah Diikuti Daerah Lain

papar berkaitan - pada 19/9/2020 - jumlah : 157 hits
Partai baru yang akan dideklarasikan M Amien Rais menuai dukungan Di Padang Sumatera Barat pemuka agama dan ulama yang tergabung dalam Forum Komunikasi Umat Bersatu menyampaikan dukungan kepada Amien agar segera mendeklarasikan partai baru ...
Asyik Bantuan Rp 600 Ribu Per Bulan Bakal Diperpanjang Hingga Juni 2021

Asyik Bantuan Rp 600 Ribu Per Bulan Bakal Diperpanjang Hingga Juni 2021

papar berkaitan - pada 11/9/2020 - jumlah : 275 hits
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengungkapkan pemerintah akan memperpanjang program subsidi gaji berupa bantuan Rp 600 ribu per bulan bagi pegawai yang bergaji di bawah Rp 5 juta Ia menjelaskan program itu akan di...
Daftar Tunggu Haji Di Sulsel Hingga 43 Tahun

Daftar Tunggu Haji Di Sulsel Hingga 43 Tahun

papar berkaitan - pada 10/9/2020 - jumlah : 351 hits
Kaswad menyatakan jika melihat fenomena pemberangkatan ia mendukung program haji milenial atau haji muda yaitu daftar haji sejak usia dini
Can Forest City Be Country S Economic Lifeboat

Diabetes Bayi Pun Boleh Kena Jenis Penyakit Yang Tak Kenal Usia

How Did Afif Know Of Alleged Rm100m Payment For Pjd Link Asks Pj Mp

Memikirkan The Unknown

Produk Nestle Naik Harga Harga Milo Dan Nescafe Akan Meningkat Ikuti Senarai Produk Nestle Malaysia

Najib Razak Mangsa Atau Pemangsa

Dah Viral Baru Nak Terhegeh Hegeh Tak Tahu Buat Kerja Ke

Hotel Royal Signature Permata Baru Kuala Lumpur Setiap Bilik Menggemakan Intipati Kediaman



Kenapa Platipus Haiwan Yang Membuatkan Saintis Merasa Hairan

Biodata Qistina Rania Pelakon Drama Berepisod Bercakap Dengan Jun Astro Ria Peserta Hero Dewi Remaja 2023

Biodata Dan Umur Adik Tantari Penyanyi Lagu Viral Rindu Hatiku Rindu Pesilat Cilik

Kisah Restoran Colonel Sanders Selain KFC Yang Tidak Boleh Dikembangkan

Info Dan Sinopsis Filem J2 J Retribution J2 J Retribusi Filem Malaysia 2021 Di Netflix Sekuel J Revolusi


Warrant Woes In El Paso An Attorney Can Help You Get Back On The Road

Media Orang Ramai Diingatkan Tidak Sebar Video Nahas Helikopter Tldm

Either You Are For The Working Class Or Against It Anwar You Can T Both Run With The Foxes And Hunt With The Hounds

Tak Perlis Lah Kalau Tak Makan Harumanis

Helikopter Terhempas 10 Dilaporkan Terkorban

Resepi Tortilla Wrap