Doa Yang Makbul In Syaa Allah 9551



"WAKTU WAKTU DIIJABAHNYA DO'A"

Allah ﷻ memberikan masing-masing waktu tertentu dengan keutamaan dan kemuliaan yang berbeda-beda, diantaranya ada waktu-waktu tertentu yang sangat baik untuk berdoa. Tetapi, kebanyakan orang menyia-nyiakan kesempatan baik tersebut. Mereka mengira, bahwa seluruh waktu memiliki nilai sama dan tidak berbeda.

Bagi setiap muslim, seharusnya memanfaatkan waktu-waktu yang utama dan mulia untuk berdoa agar mendapatkan kesuksesan, keberuntungan, kemenangan, dan keselamatan.

Adapun waktu-waktu dijabah doa tersebut antara lain:

1. Sepertiga akhir malam

Dari Abu Hurairah bahwa Rasulullah ﷺ bersabda, “Tuhan kita yang Maha Berkah dan Maha Tinggi turun ke langit dunia setiap malam pada sepertiga malam terakhir dan berfirman, “Barangsiapa berdoa kepada-Ku pasti Aku kabulkan, barangsiapa meminta kepada-Ku pasti Aku beri, dan barangsiapa yang memohon ampunan-Ku pasti Aku ampuni.” (HR.Bukhari)

Amr bin Abasah mendengar Rasulullah ﷺ bersabda, “Saat yang paling mendekatkan seorang hamba dengan Tuhannya adalah saat ia dalam sujudnya dan jika ia bangun melaksanakan shalat pada sepertiga malam yang terakhir. Karena itu, jika kamu mempu menjadi orang yang berzikir kepada Allah ﷻ pada saat itu maka jadilah.” (HR. Tirmidzi dan Ahmad)

2. Saat berbuka puasa bagi orang yang berpuasa

Dari Abdullah bin Amr Ash bahwa dia mendengar Rasulullah ﷺ bersabda, "sesungguh nya bagi orang yang berpuasa pada saat berbuka ada doa yang tidak ditolak.” (HR.Ibnu Majah dan Hakim)

3. Setiap selepas shalat fardhu

Dari Abu Umamah, sesungguhnya Rasulullah ﷺ ditanya tentang doa yang paling didengar oleh Allah ﷻ, beliau menjawab, ”Di pertengahan malam yang kahir dan setiap selesai shalat fardhu.” (HR.Tirmidzi)

Imam Syafi’i berkata, ”Dianjurkan bagi imam dan makmum serta orang-orang yang shalat sendirian untuk memperbanyak zikir dan doa setelah shalat fardu, dan dianjurkan membaca dengan pelan, kecuali jika makmum belum mengerti, maka imam boleh mengeraskan agar makmum menirukan. Setelah mereka mengerti, maka semua kembali pada hukum semula, yaitu sirri (samar-samar),(imam syafi’i)

4. Saat adzan berkumandang

Dari Sahl bin Saad bahwa Rasulullah ﷺ bersabda, ”Ada dua yang tidak tertolak atau jarang tertolak : Doa pada saat adzan dan doa tatkala perang berkecamuk.” (HR. Abu Daud, Baihaqi, dan Hakim)

5. Saat bangun tidur pada malam hari bagi orang yang sebelum tidur dalam keadaan suci

Dari Amr bin Abasah bahwa Rasulullah ﷺ bersabda, “Tidaklah seorang hamba tidur dalam keadaan suci lalu terbangun pada malam hari kemudian memohon sesuatu tentang urusan dunia atau akhirat melainkan Allah ﷻ akan mengabulkannya. (HR.Ibnu majah)

6. Doa diantara Adzan dan iqamah

Dari Anas bin Malik berkata bahwa Rasulullah ﷺ bersabda, “Doa antara adzan dan iqamah tidak ditolak, maka berdoalah kamu.” (HR. Ahmad)

7. Doa pada waktu sujud dalam shalat

Doa di kala sujud yaitu sujud dalam shalat atau sujud-sujud lain yang diajarkan Islam seperti sujud syukur, sujud tilawah, dan sujud sahwi. Dari Abu Hurairah berkata bahwa Rasulullah ﷺ bersabda, ”Saat yang paling dekat dengan Tuhannya adalah ketika ia sujud, maka perbanyaklah doa.” (HR. Muslim)

8. Saat sedang kehujunan

Dari Sahl bahwa Rasulullah ﷺ bersabda, “Dua doa yang tidak pernah ditolak, doa pada waktu adzan dan doa pada waktu kehujanan.” (HR. Hakim)

9. Saat ajal tiba

Dari Ummu Salamah bahwa Rasulullah ﷺ mendatangi rumah Abu Salamah pada hari wafatnya, dan beliau mendapatkan kedua mata Abu Salamah terbuka lalu beliau memejamkannya, kemudian berkata, ”Sesungguhnya tatkala ruh dicabut, maka pandangan mata akan mengikutinya.” Semua keluarga histeris. Beliau lalu bersabda, ”Janganlah kamu berdoa untuk diri kalian kecuali kebaikan, sebab para Malaikat mengamini apa yang kamu ucapkan.”(HR. Muslim)

10. Pada malam Lailatul Qadar

Allah ﷻ berfirman, “Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan. Pada malam itu turun malaikat-malaikat dan Jibril dengan izin Tuhannya untuk mengatur segala urusan. Malam itu penuh kesejahteraan sampai terbit fajar.” (Q.S Al-Qadr :3-5)

11. Doa pada hari ‘Arafah

Dari Amr bin Syu’aib dari bapaknya dari kakeknya bahwa Rasulullah ﷺ bersabda, ”sebaik baik doa adalah pada hari ‘Arafah” (HR.Al-Tirmidzi)

Demikianlah penjelasan tentang Waktu Waktu Istimewa Agar Doa Cepat Diijabah Allah ﷻ. 

In Syaa Allah bermanfaat bagi Kita semuanya... Dan In Syaa Allah Do'a kita Dikabulkan Allah ﷻ...

Aamiin Yaa Allah 

Sumber:
KUMPULAN DOA-DOA




Artikel ini hanyalah simpanan cache dari url asal penulis yang berkebarangkalian sudah terlalu lama atau sudah dibuang :

http://peceq.blogspot.com/2020/01/doa-yang-makbul-in-syaa-allah-9551.html

Kempen Promosi dan Iklan
Kami memerlukan jasa baik anda untuk menyokong kempen pengiklanan dalam website kami. Serba sedikit anda telah membantu kami untuk mengekalkan servis percuma aggregating ini kepada semua.

Anda juga boleh memberikan sumbangan anda kepada kami dengan menghubungi kami di sini
Jalani Kehidupan Seharian Kerana Allah In Syaa Allah Kehidupan Dapat Dinikmati Dan Disyukuri 9513

Jalani Kehidupan Seharian Kerana Allah In Syaa Allah Kehidupan Dapat Dinikmati Dan Disyukuri 9513

papar berkaitan - pada 11/1/2020 - jumlah : 216 hits
Apapun yang Terjadi Dalam Hidup Ini Jalani Nikmati Syukuri dan Jangan Mengeluh By Abdul somat maulana Desember 16 2019 Tidak usah banyak tanya dan mengeluh atas apapun yang Allah persembahkan kepada kita cukup jalani nikmati syukuri dan pas...
In Syaa Allah Kesabaran Kerana Allah Akan Memberikan Kejutan Terindah Dari Allah 9516

In Syaa Allah Kesabaran Kerana Allah Akan Memberikan Kejutan Terindah Dari Allah 9516

papar berkaitan - pada 11/1/2020 - jumlah : 456 hits
Sebenarnya Aku Lelah Tapi Aku Percaya Setelah Ini Allah Akan Memberiku Kejutan Indah BHI December 25 2019 INSPIRASIAku yakin tidak ada satu pun hal yang Allah ciptakan sia sia sekalipun itu adalah hal yang paling menyiksa hati kita sekalipu...
In Syaa Allah Dahulukan Adab Untuk Menggapai Ilmu Yang Bermanfaat 9530

In Syaa Allah Dahulukan Adab Untuk Menggapai Ilmu Yang Bermanfaat 9530

papar berkaitan - pada 12/1/2020 - jumlah : 298 hits
Bismillahi Walhamdulillah In Syaa Allah dahulukan adab untuk menggapai ilmu yang bermanfaat Dan tidaklah Kami memberi tanda tanda itu melainkan untuk menakut nakuti Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh TAZKIRAH FENOMENA JUAL AGAMAFirm...
Kenapa Allah Tidak Makbulkan Doa Kita

Kenapa Allah Tidak Makbulkan Doa Kita

papar berkaitan - pada 2/1/2020 - jumlah : 907 hits
Dah berkurun aku berdoa tapi Allah tak makbulkan pun doa aku Aku rasa Allah tak dengar doa aku so tak payah dah lah aku berdoa Aku ni banyak dosa mesti Allah tak nak makbulkan doa aku Penatlah doa tapi sama je tak ada apa pun Ini antara dia...
Terjaga Tidur Tiba Tiba Baca Doa Ini Dan Minta Apa Saja Allah Akan Kabulkan

Terjaga Tidur Tiba Tiba Baca Doa Ini Dan Minta Apa Saja Allah Akan Kabulkan

papar berkaitan - pada 6/1/2020 - jumlah : 376 hits
Terjaga Tidur Tiba Tiba Baca Doa Ini Dan Minta Apa Saja Allah Akan Kabulkan Doa jika terbangun di malam hari Doa ini sepatutnya diucapkan seorang muslim jika terbangun di malam hari Tidur Malam Tiba Tiba Terbangun Baca Doa Ini Dan Minta Apa...
In Syaa Allah Allah Jadikan Kita Bukan Penyukat 9490

In Syaa Allah Allah Jadikan Kita Bukan Penyukat 9490

papar berkaitan - pada 10/1/2020 - jumlah : 310 hits
Kita jangan jadi Mahkamah Agong Menyukat keperibadian orang lain Manusia bukanlah adil sebagaimana Adil milik Allah Maha Pencipta In Syaa Allah Allah jadikan kita bukan sebagai penyukat baik buruk mulia keji seseorang hamba Allah yang lain ...
Pesanan Buat Sang Suami

Hari Pekerja 2024 Sejarah Tema Sambutan

Optimizing Your Twitter Feed Strategies For Positive Content Filtering

Rm232mil Road Project Awarded To Nepturis Witness Tells Wan Saiful Trial

There Is An Awakening

Kisah Bekas Pekerja Kfc Dan Boikot

Masih Beraya

Pks Sebut Nama Wali Kota Depok Mohammad Idris Masuk Kandidat Pilkada Jabar



Info Dan Sinopsis Drama Berepisod Bercakap Dengan Jun Slot DramaVaganza Astro Ria

5 Amalan Muslim Yang Sering Dijadikan Bahan Lawak di Malaysia

6 Fungsi Kereta Yang Sepatutnya Ada Tapi Tak Dijadikan Standard

5 Perkhidmatan Yang Kini Entah Kenapa Kita Langgan Bulanan

5 Tumbuhan Penghalau Kucing Yang Turut Mencantikkan Laman Rumah


Continuous Learning

Maksud Gaji Bersih Gaji Kasar Gaji Pokok Perbezaannya

Pengumuman Gaji Penjawat Awam Naik 15 Peratus Dan Cara Kira Kenaikan Gaji Baharu Penjawat Awam

Hati Bersih Hidup Bahagia

Ai Team Talent Sementara Batch 3

Glamping With The Stars