Cara Lengkap Perpanjang Stnk Tahunan Dan Lima Tahunan




STNK atau Surat Tanda Nomor Kendaraan bermotor merupakan salah satu dokumen resmi yang dikeluarkan oleh SAMSAT yang merupakan dokumen berharga yang wajib untuk dimiliki setiap orang yang memiliki kendaraan bermotor sebagai bukti bahwa kendaraan tersebut adalah milik dia.
Selain STNK, terdapat juga BPKB atau Buku Pemilik Kendaraan Bermotor dan juga Tanda Nomor Kendaraan Bermotor atau TNKB yang merupakan dokumen penting juga yang menjadi dokumen penting kepemilikan kendaraan bermotor.
Setiap tahunnya tentu saja pemilik kendaraan bermotor wajib memperpanjang pajak tahunan sehingga wajib mengunjungi SAMSAT untuk bisa memperoleh pengesahan tahunan yang ditandai dengan adanya cap stempel pada kotak di dalam STNK yang tersedia.
Tidak hanya setiap tahun, namun STNK juga harus diperpanjang di SAMSAT setiap 5 tahun sekali. Jika sudah 5 tahun pemilik kendaraan tidak hanya akan mendapatkan cap saja, namun juga pengendara akan mengganti plat nomor baru dan juga STNK baru.
Cara Lengkap Perpanjang STNK Tahunan dan Lima TahunanNamun banyak warga Indonesia yang saat ini masih beranggapan jika cara perpanjang STNK di SAMSAT akan terdapat pungli di mana-mana dan juga bisa memakan banyak waktu.
Padahal, anggapan ini salah karena setiap prosedur dan prosesnya sangat mudah dilakukan, hal terpenting adalah melengkapi segala persyaratannya dan sabar karena disini membutuhkan waktu untuk menunggu setiap prosedurnya.
Sebenarnya, cara lengkap perpanjang STNK di SAMSAT ini sangat mudah dan tidak begitu merepotkan jika anda sudah mengetahui syarat dan juga syarat-syaratnya.
1. Syarat Perpanjang STNKSeperti yang sudah saya jelaskan diatas, perpanjang STNK tidak selamanya ribet dan memakan banyak waktu jika kita mengetahui syarat perpanjangan STNK. Untuk itu, berikut dibawah ini sudah saya tuliskan beberapa syarat perpanjang STNK:

Motor yang ingin diperpanjang STNK.Satu lembar BPKB asli dan juga fotokopi.KTP asli dan siapkan fotokopiannya dimana KTP nya adalah pemilik kendaraan yang sesuai dengan STNK.STNK asli dan juga STNK fotokopi.
2. Cara Lengkap Perpanjang STNKSetelah anda menyiapkan semua syarat untuk perpanjangan STNK. Anda boleh langsung datang ke Samsat dengan membawa beberapa syarat-syarat tersebut dan lakukan beberapa prosedur cara lengkap perpanjang STNK di Samsat yang sudah saya tuliskan dibawah ini.
a) Cek Fisik MotorSetelah anda sampai di Samsat, anda langsung saja datang ke loket pendaftaran cek fisik kendaraan dan mengambil nomor antrian.
Setelah itu anda tinggal menunggu nomor antrian anda dipanggil dan kendaraan anda akan dicek fisiknya biasanya cek fisik nomor rangka dan nomer mesin kendaraan.
Secara dasar, cek fisik kendaraan tidak akan ditarik biaya. Namun jika ternyata anda diwajibkan untuk membayar dan andamerasa terkena pungli. Sebaiknya anda laporkan saja kejadian tersebut, karena cek fisik tidak pernah ditarif biaya.
b) Validasi Hasil Cek FisikSetelah melakukan cek fisik kendaraan tentu saja anda akan mendapatkan hasil validasi dari cek fisik yang dilakukan tersebut. Anda berikan saja hasil cek fisik beserta STNK asli yang anda bawa tersebut ke bagian legalisasi hasil cek fisik kendaraan.
Dan lokasi dari bagian legalisasi hasil cek fisik ini biasanya tidak berada jauh dari lokasi cek fisik kendaraan. Sementara untuk waktu dari pengecekan dan validasi hasil cek fisik ini tidak memakan waktu lama, hanya 15 menit saja.
c) Isi Formulir dan Daftar Pembayaran PajakBerikutnya anda harus mengambil formulir dan isi secara lengkap formulir pendaftaran pengambilan formulir STNK jika anda kurang mengerti maka anda dapat bertanya kepada petugas.
Kemudian berkas-berkas yang sudah anda siapkan tersebut, selanjutnya anda gabungkan bersamaan dengan berkas cek fisik yang sudah divalidasi dan juga formulir pendaftaran yang telah anda isi.
Kemudian Anda berikan semua berkas tersebut ke bagian loket pendaftaran dan tunggu sampai anda dipanggil oleh penjaga loket tersebut.
d) Bayar PajakSaat nama anda sudah dipanggil, anda hanya perlu membayar pajak di kasir sesuai dengan angka yang dicetak pada lembaran pajak.
Setelah anda membayar pajak, nantinya anda akan memperoleh dua lembar bukti pembayaran. Dua lembar tersebut yang pertama adalah lembar berwarna putih untuk pengambilan plat nomor dan yang kedua adalah lembar biru yang digunakan untuk mengambil STNK baru.
Anda hanya perlu mengambil plat nomor baru dan juga STNK baru setelah menukarkan dua lembar bukti tersebut. Sebelumnya, anda harus memastikan data yang tertulis di STNK apakah sudah sesuai dengan data atau belum.


Artikel ini hanyalah simpanan cache dari url asal penulis yang berkebarangkalian sudah terlalu lama atau sudah dibuang :

https://www.wendyandriyan.info/2021/09/cara-lengkap-perpanjang-stnk-tahunan.html

Kempen Promosi dan Iklan
Kami memerlukan jasa baik anda untuk menyokong kempen pengiklanan dalam website kami. Serba sedikit anda telah membantu kami untuk mengekalkan servis percuma aggregating ini kepada semua.

Anda juga boleh memberikan sumbangan anda kepada kami dengan menghubungi kami di sini
Perghhh Betul Betul Berkorban Guru Sempoi Ajar Murid Cara Lompat Tinggi Lengkap Berbaju Melayu

Perghhh Betul Betul Berkorban Guru Sempoi Ajar Murid Cara Lompat Tinggi Lengkap Berbaju Melayu

papar berkaitan - pada 20/10/2021 - jumlah : 214 hits
Betul betul berkorban guru sempoi ajar murid cara lompat tinggi lengkap berbaju Melayu Bukan sekadar bagi teori kena tunjuk betul betul Selasa 19 Oktober 2021 3 30 PMOleh IWAN SHU ASWAD SHUAIBAksi Aiman memakai baju Melayu membuat lompat ti...
Cara Convert Video Youtube Menjadi Mp3

Cara Convert Video Youtube Menjadi Mp3

papar berkaitan - pada 12/10/2021 - jumlah : 203 hits
Sesuai judulnya maka yang akan Saya bahas kali ini adalah Cara Convert Video Youtube menjadi Mp3 Sebenarnya fungsi youtube adalah tempat para pengguna untuk mengunggah menonton dan berbagi video kepada khalayak umum Akan tetapi dengan terus...
5 Tip Cara Mencuci Untuk Pastikan Throw Cushion Agar Sentiasa Nampak Baru

5 Tip Cara Mencuci Untuk Pastikan Throw Cushion Agar Sentiasa Nampak Baru

papar berkaitan - pada 12/10/2021 - jumlah : 228 hits
Throw cushion adalah aksesori penting yang mampu menaikkan seri ruang Kini terdapat pelbagai bentuk dan corak kusyen tabur ini malah rambang mata apabila memilihnya di gedung gedung dekorasi IMPIANA bawakan tip bagaimana berguna untuk anda ...
Id Line Personal Bocor Hingga Disebarkan Penggemar Cara Iqbaal Ramadhan Menyikapi Banjir Pujian

Id Line Personal Bocor Hingga Disebarkan Penggemar Cara Iqbaal Ramadhan Menyikapi Banjir Pujian

papar berkaitan - pada 12/10/2021 - jumlah : 212 hits
Alih alih marah Iqbaal justru menganggap bahwa itu adalah insiden menyenangkan Ia bahkan berusaha membalas satu persatu chat yang diterimanya
Cara Masak Paru Goreng Yang Betul Betul Rangup Sedap

Cara Masak Paru Goreng Yang Betul Betul Rangup Sedap

papar berkaitan - pada 12/10/2021 - jumlah : 287 hits
goreng yang rangup seakan memang enak Lebih membuka selera jika ia dimasak atau pelbagai jenis masakan lain yang menaikkan lagi keenakannya Walaupun menu menggunakan paru ini nampak mudah namun untuk menyediakan yang sedap rangup dan tidak ...
Tak Sangka Bil Elektrik Turun Bila Buat Cara Ini

Tak Sangka Bil Elektrik Turun Bila Buat Cara Ini

papar berkaitan - pada 12/10/2021 - jumlah : 639 hits
Bermula PKP pertama pada awal tahun lalu saya perasan bil elektrik di rumah naik mendadak lebih daripada kebiasaan Kalau dulu bil yang perlu dijelaskan hanyalah sekitar RM110 dan ke bawah namun kami agak terkejut apabila bil yang diterima p...
Cara Semak Status Vaksinasi Sekolah Online Melalui Covidnow

Cara Semak Status Vaksinasi Sekolah Online Melalui Covidnow

papar berkaitan - pada 12/10/2021 - jumlah : 286 hits
Assalamualaikum dan salam sejahtera Kementerian Kesihatan hari ini melancarkan ciri baharu perincian vaksin bagi peringkat sekolah melalui laman sesawang COVIDNOW Melalui ciri baharu ini ibu bapa atau penjaga boleh membuat semakan mengenai ...
Perut Anda Semakin Membuncit Sejak Kebelakangan Ini Ini 6 Cara Efektif Atasinya Segera

Perut Anda Semakin Membuncit Sejak Kebelakangan Ini Ini 6 Cara Efektif Atasinya Segera

papar berkaitan - pada 13/10/2021 - jumlah : 130 hits
MASALAH perut buncit seringkali dikaitkan dengan kebahagian Salah tau Sebenarnya keadaan itu boleh jadi faktor risiko masalah kesihatan terutamanya jantung dan kencing manis Pada masa sama ia juga dikaitkan dengan individu yang mempunyai ya...
Lirik Campak Bintang Faizal Tahir M Nasir

Backstabbing Drama In The Opposition Pas Sabotaging Bersatu By Attacking Chinese Vernacular Schools

Two In Five Malaysians Might Quit If Required To Work More In Office Randstad

Umno Explores Every Means Possible To Free Najib

Lumira Di Eka Heights Kehidupan Bermakna Yang Dinantikan

100 Cawangan Kfc Tutup Dan Akur Kuasa Boikot

Calon Bersatu Prk Kkb Tunggang Isu Kematian Teoh Beng Hock

Bonus R 5000 Jogue Ca A T Queis Onlin



10 Fakta Biodata Jabir Meftah Pelakon Drama Berepisod Racun Rihanna TV3

Biodata Dan Latar Belakang Adam Shamil Personaliti TikTok Terkenal

5 Negara Yang Memilih Untuk Tidak Menggunakan Matawang Sendiri

Info Dan Sinopsis Drama Berepisod Aku Bukan Ustazah Slot Akasia TV3

Info Dan Sinopsis Drama Berepisod Bercakap Dengan Jun Slot DramaVaganza Astro Ria


Negara Paling Banyak Menang Tilawah Al Quran Peringkat Antarabangsa

Duit Syiling Peringatan 50 Tahun Lembaga Pertubuhan Peladang

Pulut Sambal

Plaza Premium Group Kembangkan Jenama Restoran Flight Club Di Terminal 1 Lapangan Terbang Antarabangsa Kuala Lumpur

Apa Saja Yang Anda Berikan Tumpuan Dalam Fikiran Akhirnya Akan Jadi Kenyataan

Contact Lens Trial Experience The Difference Risk Free