Batuk Rejan Gejala Diagnosis Komplikasi Pencegahan Dan Pengobatannya


Batuk rejan, juga disebut sebagai pertusis, adalah infeksi saluran pernapasan serius yang disebabkan oleh sejenis bakteri yang disebut Bordetella pertussis. Infeksi menyebabkan batuk berdarah dan tak terkendali yang bisa membuat sulit bernafas. Batuk rejan bukan hanya dapat terjadi pada anak-anak namun juga dapat terjadi orang dewasa usia berapapun. Batuk rejan dapat menyebabkan kematian pada bayi dan anak-anak.

Menurut KidsHealth, sebelum vaksin batuk rejan ditemukan penyakit ini menyebabkan sekitar 9.000 kematian per tahun di Amerika Serikat. Dengan penemuan vaksin batuk rejan angka kematian yang disebabkan oleh penyakit ini menurun hingga 30 kematian setiap tahun, demikian menurut Centers for Disease Control and Prevention (CDC). CDC mengatakan jumlah kasus pertusis pada tahun 2014 berada di bawah 33.000.

Gejala Batuk rejanMenurut CDC, masa inkubasi (waktu antara infeksi awal dan onset gejala) batuk rejan sekitar lima sampai 10 hari, namun gejala mungkin tidak muncul selama tiga minggu. Gejala awal yang biasanya terjadi mirip dengan pilek, flu, batuk, dan demam. Dalam dua minggu, akan terjadi batuk kering dan terus-menerus berkembang yang dapat menyebabkan pernapasan sangat sulit. Pada bayi dan anak sering menyebabkan suara "teriakan" saat  mencoba menarik napas setelah batuk.

Jenis batuk berat ini juga bisa menyebabkan:
MuntahKulit biru atau ungu di sekitar mulutDehidrasiDemam ringanKesulitan bernapasOrang dewasa dan remaja biasanya mengalami gejala yang lebih ringan, seperti batuk yang berkepanjangan tanpa suara "teriakan".

Diagnosis dan Pengobatan batuk rejanJika Anda atau anak Anda mengalami gejala batuk rejan, segeralah berusaha untuk mendapatkan bantuan medis, terutama jika anggota keluarga Anda belum diimunisasi. Batuk rejan sangat menular,  bakteri penyebab penyakit ini dapat bercampur dengan udara yang dapat menular dengan cepat. Bakteri keluar bersamaan dengan batuk, bersin, atau tertawa, dan dapat dengan cepat menyebar ke orang lain.

Diagnosa terhadap batuk rejanUntuk mendiagnosa batuk rejan, dokter Anda akan melakukan pemeriksaan fisik dan mengambil sampel lendir di hidung dan tenggorokan. Sampel ini kemudian akan diuji tentang keberadaan bakteri B. pertussis. Tes darah mungkin juga diperlukan untuk membuat diagnosis yang lebih akurat.

PengobatanBayi dan anak kecil perlu dirawat di rumah sakit selama perawatan, untuk pengamatan dan dukungan pernafasan yang diperlukan. Mereka juga mungkin akan memerlukan cairan intravena (IV) untuk dehidrasi jika gejala yang terjadi menyebabkan mereka tidak menerima cukup asupan cairan.

Karena batuk rejan adalah merupakan infeksi yang disebabkan oleh bakteri, pengobatan dengan menggunakan antibiotik merupakan pengobatan yang paling utama. Penggunaan Antibiotik paling efektif jika digunakan pada tahap awal terjadinya batuk rejan; Namun juga dapat digunakan pada tahap akhir infeksi untuk mencegahnya menyebar kepada orang lain. Fungsi dari antibiotic sendiiri adalah untuk membantu mengobati infeksi, Antibiotik tidak digunakan untuk mencegah atau mengobati batuk itu sendiri. Obat batuk galam kasus ini tidak disarankan karena tidak akan memiliki efek pada gejala batuk rejan dan dapat membawa efek samping yang berbahaya bagi bayi dan anak kecil.

Dokter biasanya akan menyarankan penggunaan pelembab di kamar tidur anak untuk menjaga kelembaban udara dan membantu meringankan gejala batuk rejan.

Kemungkinan Komplikasi yang dapat disebabkan oleh batuk rejan.
Bayi dengan batuk rejan memerlukan pemantauan ketat untuk menghindari komplikasi yang berpotensi berbahaya akibat kekurangan oksigen. Komplikasi serius meliputi:

Kerusakan otakPneumoniaKejangPendarahan di otakApnea (memperlambat atau berhenti bernapas)Kejang-kejang (gerakan tak terkendali, cepat)Kematian
Jika bayi Anda mengalami gejala infeksi batuk rejan seperti tersebut diatas, segeralah hubungi dokter Anda.

Anak-anak dan orang dewasa juga dapat mengalami komplikasi, termasuk diantaranya kondisi sebagai berikut:
 Sulit tidurInkontinensia urin (kehilangan kontrol kandung kemihPneumoniaFraktur tulang rusukPangaruh batuk rejan dalam Jangka PanjangGejala batuk rejan bisa berlangsung hingga empat minggu atau lebih, bahkan selama pengobatan. Anak-anak dan orang dewasa umumnya cepat sembuh dengan intervensi tindakan medis awal. Bayi berisiko tinggi mengalami kematian akibat batuk rejan, bahkan setelah dilakukan pengobatan. Orangtua harus memantau bayi dengan seksama. Jika gejalanya menetap atau memburuk, hubungi dokter Anda segera.

Pencegahan Batuk rejanVaksinasi dan menjaga kesehatan adalah kunci pencegahan. Rekomendasi vaksinasi untuk bayi dilakukan pada usia:
 2 bulan 4 bulan 6 bulan
Booster shots dibutuhkan untuk anak-anak pada usia:
15 sampai 18 bulan 4 sampai 6 tahun dan lagi pada usia 11 tahun
Anak-anak bukan satu-satunya yang rentan terhadap batuk rejan. Jika Anda bekerja dengan, mengunjungi, atau merawat bayi dan anak-anak, berusia di atas 65 tahun, atau bekerja di industri kesehatan, bicarakan dengan dokter tentang mendapatkan vaksinasi, sebagai langkah pencegahan.



Artikel ini hanyalah simpanan cache dari url asal penulis yang berkebarangkalian sudah terlalu lama atau sudah dibuang :

https://realifact.blogspot.com/2017/05/batuk-rejan-gejala-diagnosis-komplikasi.html

Kempen Promosi dan Iklan
Kami memerlukan jasa baik anda untuk menyokong kempen pengiklanan dalam website kami. Serba sedikit anda telah membantu kami untuk mengekalkan servis percuma aggregating ini kepada semua.

Anda juga boleh memberikan sumbangan anda kepada kami dengan menghubungi kami di sini
Simptom Influenza Langkah Pencegahan Influenza

Simptom Influenza Langkah Pencegahan Influenza

papar berkaitan - pada 13/1/2020 - jumlah : 1629 hits
Simptom Influenza Langkah Pencegahan Influenza Assalamu alaikum Ummi nak kongsikan sedikit info mengenai seranganan virus influenza yang sedang hangat diperkatakan Info ni untuk rujukan Ummi juga Semoga anak anak kita
Penyebab Tanah Longsor Pencegahan Dan Tanaman Pengendalinya

Penyebab Tanah Longsor Pencegahan Dan Tanaman Pengendalinya

papar berkaitan - pada 14/1/2020 - jumlah : 336 hits
Penyebab tanah longsor bisa diakibatkan oleh banyak hal yang secara umum disebabkan oleh faktor pendorong dan faktor pemicu Apalagi di musim hujan ada saja kekhawatiran masyarakat akan bencana banjir dan tanah longsor
Influenza Simptom Perbezaan Dengan Selsema Biasa Dan Pencegahan

Influenza Simptom Perbezaan Dengan Selsema Biasa Dan Pencegahan

papar berkaitan - pada 11/1/2020 - jumlah : 999 hits
Influenza Simptom Perbezaan Dengan Selsema Biasa dan PencegahanInfluenza Simptom Perbezaan Dengan Selsema Biasa dan Pencegahan Influenza adalah penyakit berjangkit disebabkan oleh virus influenza pada jangkitan hidung tekak dan paru paru Te...
Ri Akan Perkuat Kerjasama Pencegahan Penculikan Nelayan Dengan Filipina Dan Malaysia

Ri Akan Perkuat Kerjasama Pencegahan Penculikan Nelayan Dengan Filipina Dan Malaysia

papar berkaitan - pada 9/1/2020 - jumlah : 261 hits
Nelayan Indonesia kerap menjadi sasaran penculikan kelompok Abu Sayyaf dengan tujuan meminta tebusan Ke depan pemerintah Indonesia akan memperkuat kerjasama pencegahan dengan Filipina agar tak ada lagi korban lainnya Hal ini disampaikan Men...
Tangani Terorisme Pemerintah Bakal Lakukan Pencegahan Dari Hulu Ke Hilir

Tangani Terorisme Pemerintah Bakal Lakukan Pencegahan Dari Hulu Ke Hilir

papar berkaitan - pada 9/1/2020 - jumlah : 142 hits
Menko Polhukam Mahfud MD menjelaskan pihaknya akan menyiapkan dan mematangkan kembali langkah langkah deradikalisasi teror
Kanak Kanak 7 Tahun Didakwa Kritikal Kerana Influenza Ada Komplikasi Lain

Kanak Kanak 7 Tahun Didakwa Kritikal Kerana Influenza Ada Komplikasi Lain

papar berkaitan - pada 14/1/2020 - jumlah : 257 hits
Seorang pelajar berusia 7 tahun yang didakwa kritikal dan ditempatkan di Unit Rawatan Rapi di sebuah hospital di negeri Johor akibat jangkitan influenza A disahkan benar Menurut Aminolhuda Hassan Exco Kesihatan Pendidikan dan Sumber Manusia...
Gejala Ikhtilat Merosakkan Umat

Gejala Ikhtilat Merosakkan Umat

papar berkaitan - pada 26/12/2019 - jumlah : 365 hits
Pada hari ini gejala ikhtilat di antara lelaki dengan perempuan berlaku dengan meluas sekali Seolah olah seperti tiada siapa yang menyedari perkara tersebut termasuk suatu yang terlarang di sisi agama Disebabkan hilangnya kesedaran itu juga...
Anak Kerap Demam Batuk Selesema Ibu Yang Masih Menyusu Pun Kena Jaga Makan

Anak Kerap Demam Batuk Selesema Ibu Yang Masih Menyusu Pun Kena Jaga Makan

papar berkaitan - pada 26/12/2019 - jumlah : 495 hits
Ada yang menyatakan kalau tak mahu anak kerap demam batuk dan selesema ibu menyusu kena kawal pemakanan Betul ke Ok berdasarkan apa yang dikongsikan oleh Kaunselor Laktasi Puan beliau menyatakan ramai yang belum faham tentang pantang makan ...
Politikus Merosakkan Nama Raja Raja Melayu

Pesanan Datin Thalia Kepada Wanita Jadilah Wanita Yang Mahal

Thousands Rally On Labour Day Demand Better Rights

Set Up Gig Workers Commission Quickly Says Anwar

Continuous Learning

Embark On The Journey Of Family Togetherness With Sharp This Parents Day

Pengangguran Hilang Kerja Dan Kerja Luar Bidang

Pengumuman Gaji Penjawat Awam Naik 15 Peratus Dan Cara Kira Kenaikan Gaji Baharu Penjawat Awam



Info Dan Sinopsis Drama Berepisod Bercakap Dengan Jun Slot DramaVaganza Astro Ria

5 Amalan Muslim Yang Sering Dijadikan Bahan Lawak di Malaysia

6 Fungsi Kereta Yang Sepatutnya Ada Tapi Tak Dijadikan Standard

5 Perkhidmatan Yang Kini Entah Kenapa Kita Langgan Bulanan

5 Tumbuhan Penghalau Kucing Yang Turut Mencantikkan Laman Rumah


Meneladani 3 Nilai Semangat Ki Hajar Dewantara Sebagai Bapak Pendidikan Indonesia

Beyond The Buzz Exploring The Science Behind Mushroom Gummie

Senandung Buruh Kasar

Dibunuh Kerana Tak Mahu Rujuk Selepas Bercerai Mayat Disumbat Dalam Bagasi

Pertahan Keharmonian Bagi Mengukuhkan Ekonomi Negara Mohamad Sabu

Jangan Nanti Plot Twist Didakwa Ambil Barang Terlarang Sarah Yasmine Tak Takut Buat Ujian Air Kencing