Apa Itu Mosi Tidak Percaya Trending Terkait Uu Cipta Kerja Omnibus Law


 

Omnibus law UU Cipta Kerja terus memancing reaksi dari berbagai kelompok masyarakat. Reaksi kekecewaan memunculkan berbagai aksi, salah satunya trending mosi tidak percaya DPR di Twitter karena aturan dirasa merugikan masyarakat pekerja.
Dikutip dari tulisan berjudul 'Demokrasi dan Sistem Pemerintahan', mosi tidak percaya dikenal dalam sistem pemerintahan parlementer. Mosi tidak percaya tidak dikenal dalam sistem pemerintahan presidensial yang dianut Indonesia.


Dalam sistem parlementer, parlemen memiliki peran penting dalam pemerintahan suatu negara. Parlemen punya wewenang mengangkat perdana menteri yang akan menjalankan pemerintahan.


"Parlemen juga dapat menjatuhkan pemerintahan, yaitu dengan mengeluarkan mosi tidak percaya. Sistem parlementer memisahkan jabatan kepala negara dan pemerintahan," tulis Cora Elly Noviati, yang merupakan dosen Universitas Moch Sroedji, Jember, Jawa Timur.


Kepala negara dalam sistem pemerintahan parlementer dijabat presiden, raja, ratu, atau sebutan lain di tiap negara. Contoh negara yang menganut sistem parlementer adalah Inggris, Belanda, Malaysia, Thailand, Jerman, India, dan Singapura.


Dengan mekanisme tersebut, pemerintahan dalam sistem pemerintahan berada di bawah parlemen. Mosi tidak percaya menjadi pola pengawasan dan pertanggungjawaban dalam sistem pemerintahan parlementer. Setelah mengajukan mosi tidak percaya, parlemen bisa mendesak untuk membentuk pemerintahan baru.


Sistem parlementer berbeda dengan presidensial yang dipimpin presiden sebagai kepala negara dan pemerintahan. Presiden adalah pemegang kekuasaan eksekutif, sedangkan legislatif dikuasai parlemen. Eksekutif dan legislatif memiliki kekuatan terpisah yang seimbang.


"Presiden tidak bertanggung jawab kepada badan perwakilan rakyat (kongres), karenanya tidak dapat dikenai mosi tidak percaya oleh congress," tulis Bagir Manan di buku 'DPD dan MPR Dalam UUD 1945 Baru' yang dikutip dalam tulisan Cora.


Mengutip tulisan Bagir Manan, berikut ciri lain sistem pemerintahan presidensial:


1. Presiden adalah pemegang kekuasaan tunggal


2. Presiden adalah penyelenggara pemerintahan yang bertanggung jawab, selain sebagai wewenang konstitusional yang bersifat prerogatif dan biasanya melekat pada jabatan kepala negara.


Kendati begitu, di Indonesia, DPR sebagai lembaga parlementer penguasa bidang legislatif berhak mengajukan mosi kepada pemerintah. Mosi berupa pendapat atau pernyataan diajukan lewat hak interpelasi, angket, dan menyatakan pendapat. Hak interpelasi memungkinkan DPR meminta keterangan, angket berguna saat parlemen ingin menyelidiki, dan menyatakan pendapat digunakan saat presiden atau wapres diduga melakukan pelanggaran, sebagai tindak lanjut angket, serta terkait kebijakan atau kejadian luar biasa.


Mosi tidak percaya sempat beberapa kali terjadi dalam sejarah Indonesia, namun bukan dari DPR pada pemerintah. Kejadian mosi tidak percaya pernah diajukan mahasiswa terkait pembatalan revisi UU KPK pada September 2019.


"Intinya, hari kami berikan mosi tidak percaya kepada DPR karena hari ini kami merasa kecewa," kata Ketua BEM UI Manik Marganamahendra.


Isu mosi tidak percaya juga sempat berembus saat Indonesia menghadapi polemik Bank Century. Seperti tulisan Ikrar Nusa Bakti berjudul 'Mosi Tak Percaya? Tidaklah', mosi tidak percaya untuk menggulingkan pemimpin negara di sistem pemerintahan presidensial tidak bisa dilakukan.


Artikel ini hanyalah simpanan cache dari url asal penulis yang berkebarangkalian sudah terlalu lama atau sudah dibuang :

https://www.bagibagi.info/2020/10/apa-itu-mosi-tidak-percaya-trending.html

Kempen Promosi dan Iklan
Kami memerlukan jasa baik anda untuk menyokong kempen pengiklanan dalam website kami. Serba sedikit anda telah membantu kami untuk mengekalkan servis percuma aggregating ini kepada semua.

Anda juga boleh memberikan sumbangan anda kepada kami dengan menghubungi kami di sini
Ini Rencana Jokowi Setelah Omnibus Law Cipta Kerja Disahkan Dpr

Ini Rencana Jokowi Setelah Omnibus Law Cipta Kerja Disahkan Dpr

papar berkaitan - pada 10/10/2020 - jumlah : 306 hits
Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah membeberkan rencana Presiden Joko Widodo selanjutnya setelah DPR mengesahkan RUU Omnibus Law Cipta Kerja menjadi UU Cipta Kerja Menurut Ida kini dirinya ditugaskan Presiden Jokowi untuk merumuskan paling...
Ternyata Orang Ini Pencetus Omnibus Law Uu Cipta Kerja

Ternyata Orang Ini Pencetus Omnibus Law Uu Cipta Kerja

papar berkaitan - pada 10/10/2020 - jumlah : 239 hits
Pengesahan Omnibus Law RUU Cipta Lapangan Kerja menjadi undang undang Cipta Kerja menuai pro kontra di masyarakat Gelombang penolakan muncul dari berbagai kalangan mulai dari buruh atau pekerja akademisi hingga para fans grup band asal Kore...
Akhirnya Airlangga Hartarto Buka Bukaan Ambisi Jokowi Di Balik Lahirnya Omnibus Law Uu Cipta Kerja

Akhirnya Airlangga Hartarto Buka Bukaan Ambisi Jokowi Di Balik Lahirnya Omnibus Law Uu Cipta Kerja

papar berkaitan - pada 10/10/2020 - jumlah : 331 hits
Akhirnya Airlangga Hartarto buka bukaan soal ambisi Presiden Jokowi di balik lahirnya Omnibus Law UU Cipta Kerja Airlangga Hartarto yang menjabat sebagai Menteri Koordinator Bidang Perekonomian merupakan salah satu pihak yang dianggap berta...
Polda Metro Jaya Klaim Pulangkan 1 057 Pendemo Tolak Omnibus Law Cipta Kerja

Polda Metro Jaya Klaim Pulangkan 1 057 Pendemo Tolak Omnibus Law Cipta Kerja

papar berkaitan - pada 10/10/2020 - jumlah : 316 hits
Masih ada 135 orang dalam proses pendalaman terkait peran dalam aliran aksi anarkisme Jadi sampai saat ini kami masih melakukan penyelidikan Untuk kemudian akan melakukan penyidikan terkait perusakan pengerusakan jelasnya
Dukung Omnibus Law Krisdayanti Uu Cipta Kerja Adalah Terobosan

Dukung Omnibus Law Krisdayanti Uu Cipta Kerja Adalah Terobosan

papar berkaitan - pada 9/10/2020 - jumlah : 334 hits
Reaksi rakyat yang kisruh akibat disahkannya Omnibus Law yang diwujudkan pada UU Cipta Kerja nyatanya mengundang perhatian penyanyi yang kini duduk di Senayan sebagai wakil rakyat Krisdayanti Lewat unggahan Instagramnya krisdayantilemos pad...
Said Aqil Omnibus Law Uu Cipta Kerja Menindas Nasib Buruh Petani Dan Rakyat Kecil Demi Nu Kita Harus Bersuara

Said Aqil Omnibus Law Uu Cipta Kerja Menindas Nasib Buruh Petani Dan Rakyat Kecil Demi Nu Kita Harus Bersuara

papar berkaitan - pada 9/10/2020 - jumlah : 267 hits
Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama KH Said Aqil Siroj menilai Undang Undang Cipta Kerja hanya menguntungkan kaum para investor sementara rakyat terus diinjak Said Aqil menyebut UU Cipta Kerja yang disahkan DPR dan Pemerintah dalam ra...
Kemenkeu Omnibus Law Perpajakan Masuk Dalam Ruu Cipta Kerja

Kemenkeu Omnibus Law Perpajakan Masuk Dalam Ruu Cipta Kerja

papar berkaitan - pada 1/10/2020 - jumlah : 232 hits
Penggabungan dua aturan sapu jagad itu menurutnya tidak menjadi masalah Sebab kedua aturan ini bertujuan sama sama memudahkan investasi masuk ke Indonesia
Aksi Ratusan Buruh Jakarta Tolak Omnibus Law Cipta Kerja

Aksi Ratusan Buruh Jakarta Tolak Omnibus Law Cipta Kerja

papar berkaitan - pada 6/10/2020 - jumlah : 245 hits
Aksi Ratusan Buruh Jakarta Tolak Omnibus Law Cipta Kerja Dalam aksinya ratusan buruh pawai berkeliling sambil berorasi dan mengajak pekerja di pabrik pabrik untuk turun jalan sebagai bentuk menolak RUU Omnibus Law Cipta Kerja yang baru disa...
Profesor Suteki Tanggapi Kontra Narasi Meluruskan 12 Hoax Omnibus Law Ruu Cipta Kerja

Profesor Suteki Tanggapi Kontra Narasi Meluruskan 12 Hoax Omnibus Law Ruu Cipta Kerja

papar berkaitan - pada 8/10/2020 - jumlah : 367 hits
Mengapa UU Omnibus Law Cipta Kerja Berpotensi Merugikan Pekerja Di berbagai sosial media beredar kontra narasi Meluruskan 12 Hoax Omnibus Law RUU Cipta Kerja Entah siapa yang mulanya menulis tentang konten tersebut Namun jika dilihat dari s...
Reviving Abandoned Housing Projects Is Turning Nightmare To Hope

8 Karakter Di Drama Korea Ini Bisa Jadi Contoh Bahwa Emansipasi Bukan Cuma Cita Cita Wanita Indonesia

Penyalahgunaan Kuasa Penyakauan Harta Rakyat Oleh Mahathir Wajib Didedahkan

Zus Coffee Ice Green Tea Latte

Let S Be Reasonable Tun M Don T Call The Kettle Black

Isu Buang Beras Sardin Semuanya Sudah Rosak Busuk Bekas Ahli Parlimen Kuala Krau

Membongkar Kejayaan Pembayaran Dan Pemenang Di Wecopytrade Dan Wemastertrade

Pra Pesanan Samsung Ai Tv Berpeluang Memenangi Hadiah Bernilai Rm140 000



Kisah Restoran Colonel Sanders Selain KFC Yang Tidak Boleh Dikembangkan

Info Dan Sinopsis Filem J2 J Retribution J2 J Retribusi Filem Malaysia 2021 Di Netflix Sekuel J Revolusi

Info Sinopsis Kutipan Sheriff Narko Integriti Filem Malaysia 2024

Info Dan Sinopsis Dough Doh Filem Malaysia 2023 Lakonan Syafiq Kyle Kini Di Netflix

Info Dan Sinopsis The Djinn s Curse Khong Khaek Filem Seram Thailand 2023 Kini Di Netflix Malaysia


Bendi Goreng Bersambal

Lunch Di Don Kari Kepala Ikan Seksyen 16 Shah Alam Shah Alam Selangor

Lotter Sumandak Cantik Chord

Selangor Ph To Continue Working With Bn Despite Likely Mca Mic Polls Snub

Mahb S Sacking Of Staff With High Medical Bill Unlawful Court Rules

Decision On Sabah Pkr Chief To Be Made Soon Says Anwar