Amalan Dan Doa Sebelum Tidur Yang Di Ajar Oleh Rasulullah Saw Rileks Media


Amalan-amalan sunnah yang Rasulullah contohkan salah satunya adalah mengenai hal tidur. Walaupun tidur adalah hal yang sangat mudah, tetapi dibalik fungsi tidur sangat penting sekali dan banyak sekali aspek kesehatan di dalamnya yang dibutuhkan oleh manusia. Untuk itu, Islam pun lewat Amalan Sebelum Tidur Menurut Rasulullah juga memberikan arahan mengenai masalah tidur.
Berikut adalah amalan sunnah yang bisa kita lakukan sebelum melaksanakan istirahat atau tidur dari berbagai hadist yang disampaikan oleh Rasulullah SAW.
1. Berwudhu sebelum Tidur
“Apabila engkau hendak mendatangi pembaringan (tidur), maka hendaklah berwudhu terlebih dahulu sebagaimana wudhumu untuk melakukan sholat.” (HR Bukhari dan Muslim)
Di dalam hadist di atas dijelaskan bahwa sebelum tidur sangat dianjurkan untuk melakukan wudhu. Hal ini tentu selain menjaga kesucian saat tidur juga dapat memberikan kesegaran pada diri kita sebelum tidur.
2. Tidur Dengan Posisi Menyamping Ke Kanan
Mengenai masalah posisi tidur yang tepat Rasulullah menyampaikannya dalam beberapa riwayat hadist berikut. Misalnya saja adalah hadist, “Berbaringlah di atas rusuk sebelah kananmu.” (HR. Al-Bukhari dan Muslim).
Selain dari apa yang disampaikan oleh Rasulullah SAW, tidur menyamping ke kanan juga dianalisa sebagai posisi tidur yang sehat menurut para pakar kesehatan. Hal ini dikarenakan membantu proses detoks dan lancarnya pernafasan.
3. Meletakkan Tangan Kanan Di Pipi Kanan
Riwayat ini menunjukkan bahwa diajurkan untuk tidur berbaring ke kanan. Hadist serupa juga ditemukan, dan isi riwayatnya adalah, “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam apabila tidur meletakkan tangan kanannya di bawah pipi kanannya.” (HR. Abu Dawud, At Tirmidzi, Ibnu Majah dan Ibnu Hibban)
4. Jangan Tidur dengan Posisi Tengkurap
Posisi Tidur Menurut Islam ternyata juga sangat penting untuk dilakukan. Mengenai masalah posisi tidur, Rasulullah juga melarang untuk kita tidur dalam posisi yang tengkurap. Hal ini tentu jika dilihat dari aspek biologi dan kesehatan, sangat tidak sehat karena menggangu kerja jantung dan pernafasan. Hal ini disampaikan dalam hadist,
“Sesungguhnya (posisi tidur tengkurap) itu adalah posisi tidur yang dimurkai Allah Azza Wa Jalla.” (HR Abu Dawud)
5. Membersihkan Tempat Tidur
“Apabila seorang dari kamu akan tidur pada tempat tidurnya, maka hendaklah mengibaskan kainnya pada tempat tidurnya itu terlebih dahulu, karena ia tidak tahu apa yang ada di atasnya…”. (HR. Bukhari dan Muslim).
Sunnah Rasul ini menunjukkan bahwa sebelum tidur hendaknya kita menjaga kebersihan tempat tidur. Saat tidur tentu pernafasan boleh terganggu jika banyak debu atau bakteria. Selain itu kotornya tempat tidur dapat mengganggu kesehatan kulit kita.
6. Tidur Sesegera Mungkin Setelah Isya
“Rasulullah shallallahu ‘allaihi wasallam memben ci tidur malam sebelum (sholat Isya) dan berbincang-bincang (yang tidak bermanfaat) setelahnya.” (HR Bukhari dan Muslim)
Dalam hadist ini disampaikan bahwa hendaknya kita tidur setelah melaksanakan shalat isya. Walaupun shalat isya memiliki waktu yang panjang, akan tetapi jika dilalaikan maka kita bisa saja meing galkannya. Misal bangun terlalu siang, akhirnya sampai terlupa untuk shalat isya. Hal ini dikarenakan saat tidur kita tidak sadar dan sangat mudah untuk melalaikannya. Cara Tidur Rasulullah ini sangat baik jika kita terapkan.
7. Melaksanakan Shalat Witir
“Kekasihku yaitu Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam mewasiatkan kepadaku tiga wasiat: (1) berpuasa tiga hari setiap bulannya, (2) mengerjakan dua rakaat shalat Dhuha, (3) mengerjakan witir sebelum tidur.”(HR. Bukhari)
Selain shalat isya wajib sebelum tidur, Rasulullah juga menyarankan untuk melaksanakan shalat witir sebelum tidur. Shalat witir sangat baik dilakukan karena selain mendapatkan pahala dari Allah, membantu kita menenangkan diri dan berdoa sebelum tidur. Shalat witir atau Shalat Malam Sebelum Tidur Menurut Islam tentu saja diperbolehkan, dan akan lebih baik jika dilanjut dengan tahajud setelah tidur, dan bangun dini hari.
8. Membaca Doa Sebelum Tidur
Membaca doa sebelum tidur dapat juga memberikan ketenangan dan juga menjadikan tidur sebagai ibadah yang kita lakukan. Untuk itu, Rasulullah mengajarkan doa sebelum tidur yang disampaikan dalam riwayat hadist berikut.
Dari Hudzaifah, ia berkata, “Apabila Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam hendak tidur, beliau mengucapkan: ‘Bismika allahumma amuutu wa ahya (Dengan nama-Mu, Ya Allah aku ma ti dan aku hidup).’ Dan apabila bangun tidur, beliau mengucapkan: “Alhamdulillahilladzii ahyaana ba’da maa amatana wailaihi nusyur (Segala puji bagi Allah yang telah menghidupkan kami setelah mematikan kami, dan kepada-Nya lah tempat kembali).” (HR. Bukhari)
9. Meniup Telapak Tangan
“Nabi shallallahu ’alaihi wa sallam ketika berada di tempat tidur di setiap malam, beliau mengumpulkan kedua telapak tangannya lalu kedua telapak tangan tersebut ditiup dan dibacakan ’Qul huwallahu ahad’ (surat Al Ikhlash), ’Qul a’udzu birobbil falaq’ (surat Al Falaq) dan ’Qul a’udzu birobbin naas’ (surat An Naas). Kemudian beliau mengusapkan kedua telapak tangan tadi pada anggota tubuh yang mampu dijangkau dimulai dari kepala, wajah, dan tubuh bagian depan. Beliau melakukan yang demikian sebanyak tiga kali.” (HR. Bukhari)
Hadist diatas menunjukkan bahwa maksudnya meniup telapak tangan bukan sekdar meniup, namun juga memiliki makna doa dan dzikir yang ditujukan kepada Allah SWT. Jangan terjebak kepada persoalan teknik meniupnya, maksudnya adalah dengan berdoa dan membaca kalimat dzikir lainnya.
10. Membaca Ayat Kursi
Persoalan membaca ayat kursi sebelum tidur juga disampaikan oleh Rasulullah dalam riwayat hadist berikut, “Jika kamu hendak berbaring di atas tempat tidurmu, bacalah ayat Al Kursi karena dengannya kamu selalu dijaga oleh Allah Ta’ala dan syetan tidak akan dapat mendekatimu sampai pagi“. Maka Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda, “Benar apa yang dikatakannya padahal dia itu pendus ta. Dia itu syetan“. (HR. Bukhari)
Sebetulnya selain membaca ayat kursi kita juga boleh membaca ayat-ayat Al-Quran lainnya yang sesuai dengan konteks dan keperluan kita. Untuk itu diperbolehkan membaca ayat-ayat lainnya, surat-surat pendek, yang kita hafal.
Sebagai penambahan boleh lihat video dibawah:

Sumber: dalamislam
Source link
The post Amalan Dan Doa Sebelum Tidur Yang Di Ajar Oleh Rasulullah SAW – Rileks Media appeared first on Rilekslah.my.


Artikel ini hanyalah simpanan cache dari url asal penulis yang berkebarangkalian sudah terlalu lama atau sudah dibuang :

https://www.rilekslah.my/amalan-dan-doa-sebelum-tidur-yang-di-ajar-oleh-rasulullah-saw-rileks-media/

Kempen Promosi dan Iklan
Kami memerlukan jasa baik anda untuk menyokong kempen pengiklanan dalam website kami. Serba sedikit anda telah membantu kami untuk mengekalkan servis percuma aggregating ini kepada semua.

Anda juga boleh memberikan sumbangan anda kepada kami dengan menghubungi kami di sini
Amalan Doa Pengasihan Nabi Yusuf Paling Ampuh Rileks Media

Amalan Doa Pengasihan Nabi Yusuf Paling Ampuh Rileks Media

papar berkaitan - pada 13/1/2019 - jumlah : 374 hits
Doa Pengasihan Nabi Yusuf Amalan doa pengasihan ini memang sangat terkenal Amalan ini merupakan salah satu amalan pengasihan Islam yang menggunakan ayat ayat al Qur an Ada banyak amalan dan doa yang bisa diwiridkan untuk berbagai macam tuju...
8 Punca Amalan Kita Ditolak Oleh Allah S W T Rileks Media

8 Punca Amalan Kita Ditolak Oleh Allah S W T Rileks Media

papar berkaitan - pada 18/1/2019 - jumlah : 345 hits
Sesungguhnya tujuan kita dihidupkan adalah untuk beribadah kepada Allah SWT Jadi semua ibadah yang dikerjakan mestilah berlandaskan kepada iman iaitu percaya bahawa hanya Allah sebagai penjamin hidup kita di dunia dan akhirat Namun tidak se...
Bacaan Doa Jika Anda Sukar Tidur Malam Rileks Media

Bacaan Doa Jika Anda Sukar Tidur Malam Rileks Media

papar berkaitan - pada 28/1/2019 - jumlah : 322 hits
Antara penya kit penya kit yang sering diadukan kepada perawat ialah masalah sukar untuk tidur malam ataupun dikenali imsomnia Sebagaimana yang kita tahu jangka waktu tidur setiap orang adalah berbeza bagaimanapun secara umumnya manusia tid...
Kenapa Rasulullah Saw Melarang Keluar Pada Waktu Maghrib Rileks Media

Kenapa Rasulullah Saw Melarang Keluar Pada Waktu Maghrib Rileks Media

papar berkaitan - pada 15/1/2019 - jumlah : 297 hits
Kenapa Rasulullah SAW Melarang Keluar Pada Waktu Maghrib Bahkan larangan tersebut sangat berlaku pada anak kecil Demi mereka boleh duduk diam di rumah orang tua rela menakut nakutkan anaknya dengan cerita cerita hantu yang mengerikan Sebena...
Amalkan Petua Ini Sebelum Tidur Esoknya Segala Toksin Dan Ra Cun Dalam Tubuh Badan Akan Hilang Rileks Media

Amalkan Petua Ini Sebelum Tidur Esoknya Segala Toksin Dan Ra Cun Dalam Tubuh Badan Akan Hilang Rileks Media

papar berkaitan - pada 23/1/2019 - jumlah : 398 hits
Bawang putih merupakan salah satu makanan sihat yang perlu anda amalkan sebagai rutin harian Bawang putih kaya dengan vitamin mineral enzim yang diperlukan oleh tubuh badan serta mempunyai banyak manfaat dari sudut kesihatan Antara manfaat ...
Amalan Pengubatan Al Quran Doa Penyembuh Mata Dan Penguat Pandangan Rileks Media

Amalan Pengubatan Al Quran Doa Penyembuh Mata Dan Penguat Pandangan Rileks Media

papar berkaitan - pada 27/1/2019 - jumlah : 435 hits
Mata adalah merupakan organ yang terpenting yang telah diciptakan oleh Allah S W T dan merupakan salah satu nikmat yang diberikan oleh yang Maha Berkuasa kepada kita Oleh itu kita sebagai manusia yang lemah hendaklah sentiasa memelihara dan...
Mengapa Celak Mata Baik Dipakai Sebelum Tidur Ternyata Ini Rahasia Rileks Media

Mengapa Celak Mata Baik Dipakai Sebelum Tidur Ternyata Ini Rahasia Rileks Media

papar berkaitan - pada 17/1/2019 - jumlah : 341 hits
Celak biasa digunakanan wanita untuk menambah kecantikan baik untuk dilihat suami atau teman sesama wanitanya Namun syafa at memakai celak tidak berhenti hanya sampai soal urusan kecantikan Celak memiliki manfaat lain dan baik saat dipakai ...
Masha Allah Inilah 6 Keberkatan Doa Ibu Yang Kita Perlu Tahu Rileks Media

Masha Allah Inilah 6 Keberkatan Doa Ibu Yang Kita Perlu Tahu Rileks Media

papar berkaitan - pada 2/2/2019 - jumlah : 385 hits
Seperti mulianya taraf seorang ibu begitulah juga mulianya doa mereka di sisi Allah SWT Allah telah meletakkan seseorang ibu di peringkat yang paling tinggi doanya untuk dimakbulkan Disebabkan itulah reda dan restu dari ibu sangat penting d...
Kesan Minum Air Kosong Selepas Bangun Tidur Rileks Media

Kesan Minum Air Kosong Selepas Bangun Tidur Rileks Media

papar berkaitan - pada 17/1/2019 - jumlah : 336 hits
Khasiat air kosong bukan sekadar untuk membersihkan tubuh malahan juga sebagai zat yang sangat diperlukan tubuh Salah satu waktu yang paling baik untuk minum air kosong adalah pada waktu pagi setelah bangun dari tidur Jangan bagi alasan and...
Epf Account 3 Can Help Contributors During Emergencies Expert

Work Harder At Communicating Achievements On Reforms Govt Told

Apabila Sang Profesor Datang Melawat

Azmin Pledges To Tell All On May 11

Honor X7b Telefon Pintar 5g Kini Di Kedai Seluruh Negara Pada Rm899

Isn T Akmal S Call To Reject Passport Renewal Based On Bm Fluency A Disservice Amid Looming Kkb Polls

Selepas Menjadi Penumpang Umno Bakal Terkubur Pada Pru16

Utilizing Crowdfunding For Business



10 Istilah Hampir Serupa Bahasa Inggeris Yang Kita Keliru Penggunaannya

5 Trend Bodoh Netizen Yang Nampaknya Semakin Menjadi Jadi

Info Dan Sinopsis Drama Berepisod Puaka Cuti Semester Slot Lestary TV3

Biodata Rozana Rozek TV Youtuber Resipi

8 Istilah Jerman Yang Kita Rakyat Malaysia Kerap Gunakan


Beraya Di Kuantan Dan Melaka

Lirik Lagu Katakan Saja Nabila Razali

Jadual Dan Keputusan Piala Thomas Piala Uber 2024

Reaching Out

Iddah Wanita Kematian Suami

Berebut Kasih