7 Poin Pernyataan Amp Terkait Penembakan 2 Warga Sipil Di Intan Jaya


Negara Bertanggung Jawab Atas Tentara Indonesia Menembak Mati 2 Warga Sipil di Intan Jaya 

Aliansi Mahasiswa Papua

Pernyataan Sikap

Aparat Indonesia telah menembak mati dua warga sipil di Kab. Intan Jaya, Papua pada 18 Februari 2020. Selain dua warga ditembak mati di dalam rumah, Dua orang perempuan lainnya mengalami luka tembak.

Suarapapua.com memberitakan peristiwa penembakan tersebut awalnya aparat Tentara Indonesia melakukan pemeriksaan di setiap rumah warga sambil melepaskan bunyi-bunyi tembakan sepanjang Kampung Galunggama, Distrik Sugapa, di mulai sejak pukul 03:00 subuh hingga pukul 09:00 waktu Papua.

Dua warga yang meninggal adalah Kayus Sani (51) dan Melkias Tipagau (11), siswa kelas VI SD YPPK Bilogai dan dua orang korban luka tembak adalah Elpina Sani, ibu kandung dari Melkias Tipagau dan Martina Sani (12), juga siswa kelas VI SD YPPK Bilogai. Martina Sani telah diterbang ke Timika untuk keluarkan proyektil yang masih bersarang di dalam tubuhnya. Sedangkan Ibu Elpina dirawat di Intan Jaya. Kepada suarapapua.com, Kepala Sekolah SD YPPK Bilogai, Stefanus Sondegau menjelaskan Melkias Tipagai dan Martina Sani tercatat sebagai siswa SD YPPK Bilogai.
Peristiwa di atas merupakan lanjutan Operasi Militer di Intan Jaya yang telah berlangsung sejak Bulan Desember 2019, sejak terjadi baku tembak antara Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat (TPN PB) dan Aparat Militer Indonesia di sejumlah Kampung: Kampung Kulapa (Distrik Hitadipa), Kampung Ndugusiga (Distrik Sugapa), Kampung Bulapa (DisSugapa), Kampung Ugimba (Distrik Ugimba).

Pasca itu rezim Indonesia juga melancarkan pengiriman dan pembangunan pos-pos militer di Intan Jaya. Ketua I Anggota DPR Kab. Intan Jaya membenarkan adanya pendropan militer di tanggal 18 dan 20 Januari 2020 di Bandara Pogapa, Homeo. Akibatnya, terhitung sejak tanggal 25 Desember 2019, masyarakat dari Kampung Ndugusiga (distrik Sugapa) mulai mengungsi ke Kampung Mamba, Yokatapa, Bilogai, dan Nabire karena kehadiran TNI dan akibat patroli yang dilakukan membuat masyarakat takut, terterror, dan terintimidasi bahkan silit/sangat hati-hati keluar rumah pada siang juga malam hari.

Kontak senjata kembali terjadi pada 26 Januari 2020 di Kampung Mamba (Distrik Sugapa), berdekatan dengan Kampung Galunggama, menewaskan satu orang pria yang sampai saat ini belum teridentifikasi identitasnya akibat peluru mengenai wajahnya. Korban luka tembak lainnya adalah  satu anak usia delapan tahun tertembak peluru nyasar di rusuk bagian kanan, dan Kayus Sani (51) tertembak di Kaki saat berada di depan Halaman Gereja, kini Kayus Sani telah ditembak mati di rumahnya pada 18 Februari, kemarin.

Berdasarkan rentetan operasi militer di Intan Jaya, Aliansi Mahasiswa Papua melihat:
Pertama, bahwa dua warga sipil yang ditembak mati merupakan kejahatan HAM. Peristiwa ini merupakan pelanggaran HAM atas menyalahgunakan senjata api oleh aparat Negara secara tidak professional hingga menewaskan warga sipil, bukan anggota TPN PB.

Kedua, Aparat Negara masih melakukan operasi-operasi militer, melakukan penembakan dan pemeriksaan (entah apa yang diperiksa di rumah warga (?)) di wilayah/kampong yang sesungguhnya bukan markas/daerah yang dihuni pasukan TPN PB. Bahkan telah dikatakan pihak TPN PB bahwa anggota TPN PB tidak berada di kampung Galunggama, daerah terjadi peristiwa penembakan tersebut di tanggal itu, bahkan tidak melakukan penyerangan/kontak senjata dengan TNI.

Ketiga, Negara melalui Kepala Penerangan Kodam XVII/Cendrawasih, Kolonel Cpl Eko Daryanto sedang melakukan pembohongan publik terkait identitas Korban siswa SD kelas VI dan satu pria (51) tersebut. Pembohongan itu diliris melalui siaran pers tertanggal 19 Februari 2020, pihak Kodam Cendrawasih mengatakan Melkianus Tipagau adalah anggota TPN PB yang ditembak mati. Sementara hasil verifikasi jurnalis suarapapua.com menjelaskan bahwa Kepala Sekolah SD YPPK Bilogai, Stefanus Sondegau membenarkan Melkianus Tipagau (11) tercatat siswa kelas VI SD YPPK Bilogai.

Ke empat, Operasi militer di Intan Jaya merupakan bagian dari operasi-operasi militeristik sebelumnya. 45 ribu warga Nduga belum pulih dan masih tersebar di titik-titik pengungsian. Mereka mengungsi akibat operasi militer di Nduga yang dimulai sejak 2 Desember 2018. Begitu juga di Puncak Jaya pada pertengahan 2019; pengiriman militer besar-besaran pasca rasisme di Surabaya pada 17 Agustus 2019; pembungkaman ruang demokrasi dengan moncong senjata; dan penangkapan aktivis anti rasisme yang tersebar di penjara-penjara di Papua, Kalimantan dan Jakarta.

Berdasarkan fakta sejarah operasi militeristik telah menjadi satu pola keberadaan NKRI di Papua. Militeristik adalah wajah NKRI di Papua. Tercatat 500 ribu juta jiwa telah meninggal di tangan moncong senjata dalam Operasi-operasi militeristik yang dilancarkan sejak 1963 hingga 2014. Diatas jumlah populasi Papua yang semakin minoritas di tanah Papua, sampai saat ini operasi militer terus dilakukan. Bahwa salah satu keran Genosida etnis Papua adalah operasi militeristik.
Maka, berdasarkan fakta-fakta diatas, Aliansi Mahasiswa Papua (AMP) menyatakan:

Negara Republik Indonesia bertanggung jawab atas tindakan Tentara Indonesia yang telah menembak mati satu Siswa SD Kelas VI atas nama Melkianus Tipagai (11) dan Kayus Sani (51) dan dua perempuan Papua korban luka tertembak. Mendesak Komnas HAM membentuk tim Independen guna menyelidiki penembakan di Intan Jaya.Buka seluas-luasnya akses jurnalis Internasional dan Nasional serta pemantau HAM Internasional ke tanah Papua.Kodam XVII/Cendrawasih hentikan membuat opini pembohongan terkait warga sipil yang ditembak mati di Intan Jaya.Segera hentikan seluruh rangkaian operasi militer di Intan Jaya. Segera tarik semua militer organic dan non organic dari seluruh tanah Papua.Berikan Hak Penentuan Nasib Sendiri untuk rakyat bangsa Papua sebagai solusi paling demokratis.

Demikian pernyataan ini dibuat, atas pantauan dan solidaritas dari setiap kalangan, AMP ucapkan hormat diberi.

Salam kemanusiaan!

Medan Juang, 20 Februari 2020

Komite Pusat
Aliansi Mahasiswa Papua

Artikel ini hanyalah simpanan cache dari url asal penulis yang berkebarangkalian sudah terlalu lama atau sudah dibuang :

https://phaul-heger.blogspot.com/2020/02/7-poin-pernyataan-amp-terkait.html

Kempen Promosi dan Iklan
Kami memerlukan jasa baik anda untuk menyokong kempen pengiklanan dalam website kami. Serba sedikit anda telah membantu kami untuk mengekalkan servis percuma aggregating ini kepada semua.

Anda juga boleh memberikan sumbangan anda kepada kami dengan menghubungi kami di sini
Tpnpb Laporkan 2 Warga Sipil Terkena Tembakan

Tpnpb Laporkan 2 Warga Sipil Terkena Tembakan

papar berkaitan - pada 27/2/2020 - jumlah : 170 hits
TPNPB Tembak Mati 2 Anggota Pasukan Keamanan Indonesia Dan Pasukan Keamanan Indonesia Tembak Warga Civil Di Keneyam NdugamaSiaran Pers KOMNAS TPNPB Per 27 Februari 2020TPNPBNEWSPerang Pembebasan Nasional oleh Tentara Pembebasan Nasional Pap...
Bapeten Bantah Kecolongan Terkait Temuan Zat Radioaktif Tak Berizin Di Rumah Warga

Bapeten Bantah Kecolongan Terkait Temuan Zat Radioaktif Tak Berizin Di Rumah Warga

papar berkaitan - pada 25/2/2020 - jumlah : 102 hits
Temuan baru tersebut merupakan upaya yang dilakukan pihak Kepolisian dalam mengungkap kasus adanya zat radioaktif di Perumahan Batan Indah
Tpnpb Opm Bantah Ada Anggota Yang Tertembak Korban Tewas Itu Warga Sipil

Tpnpb Opm Bantah Ada Anggota Yang Tertembak Korban Tewas Itu Warga Sipil

papar berkaitan - pada 20/2/2020 - jumlah : 257 hits
Pasukan Militer Indonesia Berdalil Tembak Anggota TPNPB Padahal Tembak Masyarakat Sipil di Intan Jaya PapuaSiaran Per KOMNAS TPNPB OPM Per 19 Februari 2020TPNPBNEWSOleh Pimpinan TPNPB Mayjen Lekagak Telenggen Pada Hari ini Tanggal 19 Februa...
Warga B40 Dan Oku Berdaftar Di Sabah Amp Sarawak Sudah Boleh Mengambil Dekoder Percuma Myfreeview Di Lokasi Terpilih

Warga B40 Dan Oku Berdaftar Di Sabah Amp Sarawak Sudah Boleh Mengambil Dekoder Percuma Myfreeview Di Lokasi Terpilih

papar berkaitan - pada 17/2/2020 - jumlah : 308 hits
Sebanyak 7 pusat pengagihan di Sabah dan Sarawak dibuka untuk pengagihan dekoder percuma kepada warga B40 dan golongan OKU Suruhanjaya Komunikasi dan Multimedia Malaysia memaklumkan bahawa proses pengagihan dekoder percuma kepada warga B40 ...
Baca Selengkapnya 7 Poin Siaran Pers Pemkab Dogiyai Terkait Kecelakaan Dan Pengeroyokan Yang Viral

Baca Selengkapnya 7 Poin Siaran Pers Pemkab Dogiyai Terkait Kecelakaan Dan Pengeroyokan Yang Viral

papar berkaitan - pada 28/2/2020 - jumlah : 240 hits
SIARAN PERS PEMERINTAH KABUPATEN DOGIYAIMENGENAI KECELAKAAN LALU LINTAS DAN PENGEROYOKAN TERHADAP SOPIR TRUK DI KAMPUNG EKIMANI DISTRIK KAMU UTARA KABUPATEN DOGIYAIPada hari Minggu 23 Februari 2020 telah terjadi kecelakaan lalu lintas dan p...
Harimau Mangsa Ternak Dekat Permukiman Warga

Harimau Mangsa Ternak Dekat Permukiman Warga

papar berkaitan - pada 17/2/2020 - jumlah : 181 hits
Warga Gampong Darul Makmur Kecamatan Sultan Daulat Kota Subussalam dihebohkan temuan ternak dimangsa harimau Ada dua ekor ditemukan sudah mati satu sapi betina dewasa dan anak Sabtu
Wabah Corona Warga Di Hubei Dilarang Bepergian Dengan Kendaraan

Wabah Corona Warga Di Hubei Dilarang Bepergian Dengan Kendaraan

papar berkaitan - pada 17/2/2020 - jumlah : 256 hits
Selain itu otoritas setempat juga akan mengadakan pemeriksaan kesehatan rutin kepada seluruh warga di Hubei Perusahaan juga dilarang beroperasi tanpa mendapat izin dari pemerintah setempat
Gubernur Jatim Tegaskan Warga Yang Keluar Dari Observasi Natuna Negatif Virus Corona

Gubernur Jatim Tegaskan Warga Yang Keluar Dari Observasi Natuna Negatif Virus Corona

papar berkaitan - pada 16/2/2020 - jumlah : 212 hits
Kalau memang dibutuhkan pendampingan terkait trauma kejadian ini ada psikolog yang siap mendampingi mereka katanya
Covid 19 Kesihatan Wanita Warga Emas Amerika Semakin Baik

Covid 19 Kesihatan Wanita Warga Emas Amerika Semakin Baik

papar berkaitan - pada 23/2/2020 - jumlah : 378 hits
KUALA LUMPUR 22 Feb Seorang wanita warga emas Amerika Syarikat berusia 83 tahun yang disahkan positif COVID 19 di negara ini telah menunjukkan perkembangan status kesihatan yang sangat baik selepas dua ujian pengesahan ulangan jangkitan itu...
Cerita Foto Sepanjang Minggu

Drama Puaka Cuti Semester Lakonan Mark Adam Zaki Azeman

Konsert Cinta Di Awan Siti Nurhaliza Tambah Lagi Sehari

Kkb Polls Indians And The Futility Of Voting

Saya Harap Isu Aliff Aziz Tak Jejaskan Saya Cari Rezeki Di Malaysia Aaron Aziz

Dibunuh Kerana Tak Mahu Rujuk Selepas Bercerai Mayat Disumbat Dalam Bagasi

They Travelled For Hours To Celebrate Raya With Us

Lelaki Miang Tanggal Seluar Budak Direman



Info Dan Sinopsis Drama Berepisod Bercakap Dengan Jun Slot DramaVaganza Astro Ria

5 Amalan Muslim Yang Sering Dijadikan Bahan Lawak di Malaysia

6 Fungsi Kereta Yang Sepatutnya Ada Tapi Tak Dijadikan Standard

5 Perkhidmatan Yang Kini Entah Kenapa Kita Langgan Bulanan

5 Tumbuhan Penghalau Kucing Yang Turut Mencantikkan Laman Rumah


Drama My Stolen First Kiss

Emy Yusuf Feat Driant Kenyang Beraya Chord

Dani Kurama Sumpah Kali Ini Chord

Kedai Mamak Sorok Minyak Masak And Then

This Five Cylinder Puch Proves There S No Replacement For Displacement

Aafiyah Minta Datuk Siti Nurhaliza Doa Supaya Dapat Adik Perempuan Di Makkah Curi Perhatian Warga Maya