7 Penyakit Penyebab Kentut Bau Busuk Kanker Usus Besar Salah Satunya


Kentut merupakan respons tubuh melepas gas dari sistem pencernaan selain bersendawa.
Proses biologis ini wajar terjadi pada sistem pencernaan manusia. Kentut manusia bisa berbunyi keras, sedang, dan terkadang tidak mengeluarkan bunyi sama sekali.
Kentut juga bisa berbau busuk dan terkadang tidak berbau sama sekali. Kondisi ini normal terjadi, tetapi beberapa kasus menunjukkan ada penyakit penyebab kentut bau busuk ini.
Manusia bisa mengalami kentut sebanyak 13-21 kali dalam satu hari. Kentut yang dialami juga bisa berbau dan tidak berbau.
Normalnya, kentut yang bau busuk dipengaruhi oleh penyakit penyebab kentut bau busuk. Beberapa penyakit di antaranya harus diwaspadai.
Salah satu penyakit penyebab kentut bau busuk yang harus diwaspadai adalah kanker usus besar.
Tidak ada yang menyangka, ternyata bau busuk kentut adalah tanda adanya kondisi kesehatan tertentu. Kondisi ini biasanya disebabkan karena sel kanker sudah menyumbat sistem pencernaan manusia.
Selain kanker usus besar, masih ada banyak penyakit penyebab kentut bau busuk yang harus diketahui. Berikut ini Liputan6.com rangkum penjelasannya dari berbagai sumber, Rabu (24/6/2020).
Infeksi Sistem Pencernaan
Penyakit penyebab kentut bau busuk salah satunya adalah infeksi sistem pencernaan. Kondisi ketika bakteri atau virus menginfeksi saluran pencernaan manusia.
Penderita yang sudah terinfeksi akan mengalami diare, demam, dan sakit perut yang berkepanjangan. Solusi yang bisa dilakukan adalah dengan mengonsultasikannya kepada dokter.
Sembelit
Sembelit termasuk penyakit penyebab kentut bau busuk. Hal ini disebabkan karena adanya feses yang menumpuk dan tertahan pada usus.
Dampak penumpukan ini akan membuat bakteri berkembang biak hingga menyebabkan gas kentut bau busuk.
Sembelit merupakan gangguan pencernaan yang ditandai dengan susah buang air besar. Frekuensi buang air besar yang dialami penderita kurang dari 3 kali dalam satu minggu.
Hal ini akan membuat feses dan bakteri semakin menumpuk. Sehingga kentut akan semakin berbau sangat busuk.
Malabsorpsi Karbohidrat
Malabsorpsi karbohidrat adalah salah satu penyakit penyebab kentut bau busuk. Kondisi ini terjadi saat karbohidrat tidak bisa dicerna dengan baik.
Malabsorpsi karbohidrat yang ringan hanya akan menyebabkan sakit perut dan kembung. Pada kondisi yang parah akan menyebabkan timbulnya nyeri dan sendi yang kaku.
Semakin parah, tulang akan melemah, rapuh, kejang, dan mengalami gangguan kesuburan.
Intoleransi Laktosa
Intolerasi latosa terjadi saat enzim untuk memecah laktosa hanya tersedia sedikit. Hal ini membuat pemecahan laktosa menjadi tidak maksimal.
Penyakit penyebab kentut bau busuk pada akhirnya akan membuat bakteri yang menyerap laktosa.
Para penderita intoleransi laktosa sebaiknya tidak mengonsumsi susu. Hal ini untuk membantu mengurangi jumlah gas dalam perut. Sehingga gas yang bau busuk tidak akan keluar lagi.
Antibiotik
Antibiotik biasanya akan digunakan untuk mengatasi infeksi bakteri. Meski begitu, menggunakan antibiotik dengan durasi tertentu tidak dianjurkan.
Hal ini justru akan menyebabkan bakteri baik pada sistem pencernaan mati. Bakteri baik yang semakin menipis akan membuat kentut bau busuk.
Bakteri
Penumpukan bakteri adalah biang dari adanya penyakit penyebab kentut bau busuk. Penumpukan ini jelas akan mengganggu kerja sistem pencernaan.
Infeksi bisa saja terjadi jika hal ini tidak segera diatasi. Selain sakit perut, gas kentut juga akan lebih bau dari biasanya.
Dampaknya akan membuat limbah dari sisa makanan tidak bisa disalurkan dengan lancar menuju usus besar.
Kanker Usus Besar
Salah satu penyakit penyebab kentut bau busuk yang harus diwaspadai adalah kanker usus besar. Kondisi ini jelas akan membahayakan sistem pencernaan manusia.
Bahkan juga akan mengganggu fungsi organ-organ pencernaan lainnya. Tidak jarang, sel kanker akan menyumbat saluran pencernaannya.
Sumbatan akibat kanker usus besar akan membuat gas terperangkap dan bakteri berkembang biak. Tidak heran jika kemudian kentut akan sangat berbau busuk.
Pada kondisi ini, penderita akan mengalami buang air besar disertai darah seperti ketika ambeien.
Untuk bisa meminimalisir risikonya, mulai rajin berolahraga, hindari rokok, dan banyak makan serat.
Cara Mencegah Kentut Bau Busuk
Mulailah makan perlahan. Tujuannya agar gas tidak banyak yang masuk ke sistem pencernaan. Olahlah makanan dengan sempurna dan usahakan selalu menggunakan alat masak dan alat makan yang bersih. Hal ini untuk meminimalisir adanya bakteri yang ikut masuk ke saluran pencernaan melalui makanan yang dikonsumsi. Olahraga lebih teratur untuk meningkatkan fungsi sistem pencernaan. Jika menggunakan gigi palsu, pastikan sudah terpasang dengan benar. Pemasangan yang benar akan menghindarikan udara akan masuk ke sistem pencernaan. Hindari dan batasi konsumsi bahan makanan pemicu seperti kol, kubis, bawang putih, dan telur. Hindari minum minuman bersoda dan beralkohol. Perbanyak minum air putih untuk membantu melancarkan sistem pencernaan. Berhenti merokok, sebab akan meningkatkan jumlah gas pada sistem pencernaan. Sumber: liputan6.com


Artikel ini hanyalah simpanan cache dari url asal penulis yang berkebarangkalian sudah terlalu lama atau sudah dibuang :

https://islamidia.com/7-penyakit-penyebab-kentut-bau-busuk-kanker-usus-besar-salah-satunya/

Kempen Promosi dan Iklan
Kami memerlukan jasa baik anda untuk menyokong kempen pengiklanan dalam website kami. Serba sedikit anda telah membantu kami untuk mengekalkan servis percuma aggregating ini kepada semua.

Anda juga boleh memberikan sumbangan anda kepada kami dengan menghubungi kami di sini
Salah Guna Wang Zakat Bekas Guru Besar Dipenjara Denda

Salah Guna Wang Zakat Bekas Guru Besar Dipenjara Denda

papar berkaitan - pada 18/6/2020 - jumlah : 75 hits
Gambar hiasanBEKAS guru besar dijatuhi hukuman penjara empat tahun dan denda RM10 000 oleh Mahkamah Tinggi Kuala Terengganu hari ini selepas didapati bersalah menyalahgunakan wang zakat sumbangan sebuah syarikat yang sepatutnya disalurkan k...
Nak Ajar Anak Biar Dari Kecil Jangan Dah Besar Dia Buat Salah Sibuk Nak Marahkan

Nak Ajar Anak Biar Dari Kecil Jangan Dah Besar Dia Buat Salah Sibuk Nak Marahkan

papar berkaitan - pada 21/6/2020 - jumlah : 116 hits
Tugas untuk membesarkan serta mendidik anak anak bukan mudah Setiap ibu ayah mempunyai pendekatan yang berbeza untuk membentuk sahsiah serta perwatakan anak Sepanjang tempoh tumbesaran mereka sangat penting untuk ibu ayah berada di sisi mer...
Penelitian Bayi Kelahiran Januari Berpeluang Besar Jadi Bos Dan Kaya Raya

Penelitian Bayi Kelahiran Januari Berpeluang Besar Jadi Bos Dan Kaya Raya

papar berkaitan - pada 14/6/2020 - jumlah : 53 hits
Melihat kesuksesan Cristiano Ronaldo Oprah Ellen DeGeneres dan Michael Jordan fixed bayi bayi yang lahir di bulan Januari tak hanya berpeluang besar menjadi selebriti tapi juga jadi bos dan kaya raya Berikut penjelasan ilmiahnya Dilahirkan ...
La Liga Barcelona Makan Besar Selepas Tiga Bulan Puasa

La Liga Barcelona Makan Besar Selepas Tiga Bulan Puasa

papar berkaitan - pada 14/6/2020 - jumlah : 63 hits
Lionel Messi menjaringkan satu gol dan menyumbang dua bantuan jaringan ketika Barcelona meraih kemenangan besar 4 0 ke atas Real Mallorca pada Sabtu dalam penampilan pertama sejak liga ditangguhkan tiga bulan lalu ekoran pandemik yang menye...
Kena Pukul Tengok Benda Ganas Anak Trauma Besar Nanti Mereka Pula Macam Tu

Kena Pukul Tengok Benda Ganas Anak Trauma Besar Nanti Mereka Pula Macam Tu

papar berkaitan - pada 15/6/2020 - jumlah : 93 hits
Sokongan serta keprihatinan ibu ayah sangat penting ketika tempoh tumbesaran si anak Anak yang mendapat perhatian secukupnya dari ibu ayah akan membesar menjadi individu yang cemerlang dan positif Oleh itu perhatikan anak anak ketika mereka...
Google Mengambil Alih North Salah Satu Pembangun Kaca Mata Pintar

Google Mengambil Alih North Salah Satu Pembangun Kaca Mata Pintar

papar berkaitan - pada 1/7/2020 - jumlah : 47 hits
Google hari ini mengumumkan mereka telah mengambil alih North iaitu syarikat yang terkenal dengan penawaran kaca mata pintar Focals Sebelum ini Focals telah mengintegrasikan paparan holografik didalam kaca mata l sekaligus mengekalkan rekaa...
Mengamuk Tak Dapat Apa Dia Nak Explain Supaya Anak Faham Takut Sampai Besar Macam Tu

Mengamuk Tak Dapat Apa Dia Nak Explain Supaya Anak Faham Takut Sampai Besar Macam Tu

papar berkaitan - pada 15/6/2020 - jumlah : 94 hits
Apabila anak anak bermain tiba tiba dia menarik diri dan mula bosan dengan aktiviti yang sedang dilakukan Itu biasa berlaku dalam kalangan kanak kanak yang sedang membesar Ia akan terjadi sekiranya dia tak dapat apa yang dia inginkan Terapi...
Tak Sempat Makan Besar Dalam Reban Itik

Tak Sempat Makan Besar Dalam Reban Itik

papar berkaitan - pada 15/6/2020 - jumlah : 77 hits
Anggota APM Padang Terap Sabariah Kifli dan Fazalriduan Mohd Fuzi mengambil masa kira kira 30 minit untuk menangkap ular sawa batik di Kampung Padang Nyior Padang Sanai kira kira jam 8 pagi tadi FOTO IHSAN APM DAERAH PADANG TERAP KUALA NERA...
Yidin Ambil Risiko Besar Hanya Untuk Lepaskan Nafsunya Menjadi Pm

Yidin Ambil Risiko Besar Hanya Untuk Lepaskan Nafsunya Menjadi Pm

papar berkaitan - pada 14/6/2020 - jumlah : 127 hits
Bukan calang2 pertaruhan Yidin utk menjadi PM pintu belakang Beliau terpaksa menanggung risiko kerana dikatakan 1 Menipu istana dgn membawa jumlah sokongan MP yang dipertikaikan kesahihannya 2 Menfitnah istana dengan menyatakan di dalam per...
Detik Detik Penangkapan Artis Hana Hanifah Terkait Dugaan Prostitusi Di Medan

Sajat Lelaki Atau Wanita

Dia Nak Keluarkan Kenyataan Apa Apa Ke Lantak Dialah Lufya Omar Tampil Buka Mulut Isu Cerai

Ini Perkara Yang Perlu Anda Tahu Untuk Elak Kan Kucing Berak Dikawasan Rumah

Kecoh Lelaki Bvnuh Kucing Di Kedai Dobi Wanita Berpurdah Ini Tampil Jelaskan Siapa Sebenarnya Suspek

3 Perkara Allah Sembunyikan

Remaja Maut Terkena Renjatan Elektrik Di Taman Perumahan Bandar Sierra

Th Musnah Kerana Propaganda Ph



Info Dan Sinopsis Drama Syurga Untukmu Slot Samarinda

5 Gereja Yang Dahulunya Merupakan Masjid

Resepi Kek Mentega Brownie Brownie Butter Cake Paling Lembut dan Gebu

Resepi Popia Pepero Kegemaran Ramai

Resepi Kek Keju Tom Jerry Tom Jerry Cheesecake Viral


Why I Use Hias

Selamat Kembali Ke Sekolah

Jabatan Perangkaan Kumpulan Isi Rumah B40 M40 T20 Terbahagi Pada 10 Kategori

Manfaat Kiss Diperluas Untuk Beli Ppe Pelitup Muka

Mb Bantuan Sekolah Agama Sjk Cina Dan Tamil Awal Bulan Depan

Bila Sakit Datanglah Pada Doktor Pu Syed Jemput Safiey Illias Sajat Bersemuka