11 Bahaya Makan Mi Instan Terlalu Sering


Mi instan sudah menjadi makanan yang kerap dikonsumsi semua kalangan usia. Banyak orang yang mengabaikan bahaya dari sering mengonsumsi makanan cepat saji ini.
Mi instan memang enak dan praktis untuk meredam rasa lapar. Namun, kamu harus mengetahui bahwa mi instan tidak bisa menggantikan nutrisi yang dibutuhkan tubuh.
Bumbu pengawet dengan bahan kimia yang dimilikinya bisa membahayakan kesehatan tubuh.
Bagi kamu yang kerap menyantap mi instan ini harus tahu apa saja bahaya dari mengonsumsinya. Mau tahu apa saja? Berikut bahaya mi instan yang dirangkum dari berbagai sumber:
1. Menghambat Penyerapan Nutrisi
Mi instan dapat menghambat penyerapan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Hal ini menyebabkan sangat disarankan untuk anak-anak untuk tidak mengonsumsi mi instan karena tidak baik untuk pertumbuhan anak.
2. Obesitas
Bahaya dari mengonsumsi mi instan adalah obesitas. Mi instan memang dapat memberikan efek mengenyangkan, namun juga cepat membuat kamu merasa lapar dan membuat kamu akan cenderung ingin makan kembali.
Selain itu, mi instan juga memiliki kalori dan karbohidrat yang tinggi. Banyak orang mengonsumsi mi instan dengan menyandingkannya dengan nasi dan sering pula mengonsumsi mi instan pada saat malam hari.
Hal ini yang membuat kelebihan kalori dan karbohidrat sehingga dapat memicu obesitas.
3. Berisiko Keguguran
Bahaya makan mi juga dapat membuat wanita hamil berisiko mengalami keguguran. Kandungan bumbu dengan bahan pengawet yang dimiliki mi instan dapat memengaruhi perkembangan janin.
4. Berisiko Kanker
Mi instan memiliki bahan pengawet agar bisa disimpan lebih lama sebelum mengonsumsinya. Bahan kimia yang terkandung di dalamnya memiliki sifat karsinogenik yang dapat memicu sel-sel kanker.
5. Terganggunya Sistem Pencernaan
Terhambatnya nutrisi yang dibutuhkan tubuh juga berdampak pada terganggunya sistem pencernaan. Pencernaan membutuhkan bantuan mineral dan nutrisi yang banyak.
Jika terganggunya pencernaan, maka kamu akan berisiko mengalami sembelit, kembung, bahkan usus bocor.
6. Kerusakan Hati
Bahaya makan mi instan juga dapat menyebabkan kerusakan pada hati. Zat berbahaya yang terdapat di dalam mi instan akan merusak dan mengganggu fungsi hati.
7. Tekanan Darah Tinggi
Mi instan mengandung sodium yang dapat merangsang peningkatan tekanan darah. Bagi kamu yang sudah mengalami tekanan darah tinggi akan sangat berbahaya jika sering mengonsumsi mi instan.
8. Memicu Batu Ginjal
Mi instan dapat memicu munculnya batu ginjal. Kandungan garam yang cukup tinggi pada mi ini dapat membantu pembentukan batu ginjal.
9. Kerusakan Jaringan Otak
Sering mengonsumsi mi instan bisa menumpuk zat-zat kimia yang berbahaya dalam tubuh. Efek yang dirasakan bisa merusakkan sel-sel jaringan otak.
Kerusakkan jaringan otak juga bisa memicu penyakit-penyakit lain seperti stroke atau kelumpuhan.
10. Memicu Kencing Manis
Bahaya mi instan juga dapat menimbulkan kencing manis. Hal ini disebabkan oleh kandungan gula yang melimpah pada mi instan.
11. Mengganggu Jadwal Menstruasi
Mi instan juga memiliki efek buruk bagi wanita jika dikonsumsi terus-menerus. Sodium yang terkandung dalam mi instan dapat mengganggu hormon yang menyebabkan jadwal bulanan wanita bisa terganggu. Hormon yang terganggu juga menjadi salah satu pemicu timbulnya jerawat.
Cara mengatasi bahaya makan mi instan ini juga bisa dilakukan dengan membuang air rebusannya. Air rebusan pertama memiliki kandungan zat pengawet untuk mi yang dapat memberikan efek buruk bagi tubuh.
Selain itu, kamu juga harus membatasi untuk mengonsumsinya tidak terlalu sering. Jika kamu merasa lapar dan ingin mengonsumsi makanan yang praktis, kamu lebih baik memilih buah-buahan segar yang lebih menyehatkan.
Sumber: detik.com


Artikel ini hanyalah simpanan cache dari url asal penulis yang berkebarangkalian sudah terlalu lama atau sudah dibuang :

https://islamidia.com/11-bahaya-makan-mi-instan-terlalu-sering/

Kempen Promosi dan Iklan
Kami memerlukan jasa baik anda untuk menyokong kempen pengiklanan dalam website kami. Serba sedikit anda telah membantu kami untuk mengekalkan servis percuma aggregating ini kepada semua.

Anda juga boleh memberikan sumbangan anda kepada kami dengan menghubungi kami di sini
3 Masalah Kesehatan Yang Bisa Muncul Jika Terlalu Sering Mengonsumsi Mi Instan

3 Masalah Kesehatan Yang Bisa Muncul Jika Terlalu Sering Mengonsumsi Mi Instan

papar berkaitan - pada 13/7/2019 - jumlah : 328 hits
Walau rasanya yang memang sesuai selera namun terdapat bahaya yang mengancam jika terlalu sering mengonsumsi makanan ini
Idap Kanker Sutopo Pernah Unggah Foto Makan Mie Instan Pake Nasi

Idap Kanker Sutopo Pernah Unggah Foto Makan Mie Instan Pake Nasi

papar berkaitan - pada 9/7/2019 - jumlah : 211 hits
Kepala Pusat Data dan Informasi Badan Nasional Penanggulangan Bencana Sutopo Purwo Nugroho meninggal Sabtu Ia menghembuskan nafas terakhir di Guangzhou China pukul 02 00 waktu setempat sebab kanker paru paru Meski mengidap kanker paru paru ...
Geli Kotor Bahaya Sebelum Nak Suap Anak Dengan Sudu Kedai Makan Pastikan Basuh Dahulu

Geli Kotor Bahaya Sebelum Nak Suap Anak Dengan Sudu Kedai Makan Pastikan Basuh Dahulu

papar berkaitan - pada 6/7/2019 - jumlah : 544 hits
Banyak benda yang berada disekeliling kita sebenarnya terdedah kepada kuman dan virus Terkadang kita terlupa sekecil kecil perkara boleh membahayakan kesihatan anak anak Baca Nak makan kat kedai pastikan basuh dulu sudu dan garfu yang terse...
Pak Yayat Penjual Mainan Keliling Yang Tak Kuasa Menahan Tangis Saat Ditanya Sudah Makan Apa Belum

Pak Yayat Penjual Mainan Keliling Yang Tak Kuasa Menahan Tangis Saat Ditanya Sudah Makan Apa Belum

papar berkaitan - pada 3/7/2019 - jumlah : 496 hits
Mencari uang memang tidak semudah yang dibayangkan segelintir orang Mungkin ada beberapa orang sangat mudah untuk mencari uang namun ada juga orang yang sulit untuk mencarinya bahkan merasakan kerasnya dunia Kisah sulitnya mencari uang ini ...
Makan Durian Dan Panas Badan

Makan Durian Dan Panas Badan

papar berkaitan - pada 3/7/2019 - jumlah : 248 hits
Oleh Dr Fatimah Binti Salim Pensyarah Kanan Institut Atta ur Rahman UITM Memandangkan sekarang musim durian ramai yang berkongsi kegembiraan menikmatinya dan tidak kurang pula yang berkongsi cara memilih yang betul agar tidak tertipu dengan...
Dah Makan Tapi Masih Lapar

Dah Makan Tapi Masih Lapar

papar berkaitan - pada 3/7/2019 - jumlah : 574 hits
Ehh pernah ke kadang kadang rasa diri macam tak normal sebab baru je lepas makan nasik tiba tiba rasa macam lapar nak makan lagi Badan kita ni memang ambik masa sikit nak dapat signal kenyang tu tau tapikan sebenarnya ada jugak punca lain p...
Alma Imigresen Serbu Kedai Makan Pati Lari Bergelimpangan

Alma Imigresen Serbu Kedai Makan Pati Lari Bergelimpangan

papar berkaitan - pada 4/7/2019 - jumlah : 420 hits
Bagai acara balapan bila masing masing membuka langkah melarikan diri tatkala menyedari pihak berkuasa membuat serbuan Kejadian tersebut berlaku di Pusat Makanan dan Minuman Taman Selamat Alma Bukit Mertajam apabila premis berkenaan diserbu...
Malaysia Weighs Casino Licence To Revive Forest City

High Court Fixes 3 Additional Trial Dates To Complete 1mdb Case

Of Second Rate White People And Malaysia Pushing For Genocide

Sabah Peroleh Rm580 Juta Hasil Jualan Minyak Mentah

Since Mic Pointless Pn Confident Of Marginalised Indian Votes

Norjuma Didakwa Lima Pertuduhan Mencederakan Tiga Individu Lakukan Khianat

Berjalan Bersama Pengguna Inovasi Pengalaman Interaktif Zuhyx

Ministers Hit Out At Us Academic S Safety Claim



5 Trend Bodoh Netizen Yang Nampaknya Semakin Menjadi Jadi

Info Dan Sinopsis Drama Berepisod Puaka Cuti Semester Slot Lestary TV3

Biodata Rozana Rozek TV Youtuber Resipi

8 Istilah Jerman Yang Kita Rakyat Malaysia Kerap Gunakan

Biodata Aizat Saha Pelakon Drama Berepisod Racun Rihanna TV3 Personaliti TikTok


Masdo Perih Jerih Chord

Apabila Sang Profesor Datang Melawat

Work Harder At Communicating Achievements On Reforms Govt Told

Isn T Akmal S Call To Reject Passport Renewal Based On Bm Fluency A Disservice Amid Looming Kkb Polls

Saat Jenazah Berada Di Liang Lahad

The Evolution Of Adult Entertainment