Wanita Ini Terpaksa Melahirkan Di Kamar Mandi Karena Bidan Takut Tertular Covid 19


Fitria Rohmatika (26), warga Desa Sumbergondo, RT 5/RW 1, Kota Batu, Jawa Timur, melahirkan di dalam kamar mandi sendirian tanpa bantuan bidan.
Ia terpaksa melahirkan di dalam kamar mandi karena tidak ada bidan yang mau menangani.
Ini karena terdapat keterangan bahwa Fitria positif Covid-19 di buku catatan kesehatan ibu hamil miliknya.
Diceritakan Fitria, saat kehamilannya menginjak usia delapan bulan, ia datang ke seorang bidan di Cangar lalu melakukan tes cepat.
Fitria kemudian dirujuk ke RS Pandan atau UPT Puskesmas Bumiaji.
“Di sana saya menunggu hasilnya sekitar tiga jam, tetapi belum keluar. Saya sendirian karena teman-teman sudah pulang. Lalu saya dipanggil ke ruangan dan dinyatakan kena Covid plus itu,” ujar Fitria, Minggu (2/8/2020).
Dikatakan Fitria, peristiwa tersebut terjadi pada 10 Juni 2020. Fitria tidak mendapatkan penjelasan tentang keterangan Covid yang dimaksud.
Fitria kemudian disuruh pulang dan dijanjikan ada petugas medis yang akan menyusul ke rumahnya.
“Katanya ada petugas medis yang akan menjemput, tetapi tidak datang. Setelah kejadian tersebut, flu tidak hilang dan saya stres. Akibat stres, berat badan turun 7 kg karena tahu tulisan Covid plus itu,” ujarnya.
Fitria sempat melakukan isolasi mandiri selama seminggu. Suaminya juga harus tidur terpisah, sedangkan anaknya yang lain dititipkan.
Namun pada 19 Juni, Fitria mendapat keterangan non-reaktif atas tes cepat atau rapid test yang ia lakukan untuk kali kedua.
Menginjak usia kehamilan yang kesembilan bulan, pada 7 Juli 2020, Fitria mengalami bukaan satu.
Ia mendatangi RS Gondang untuk menemui seorang bidan. Namun, karena ada keterangan Covid plus di bukunya, Fitria tidak mendapatkan pelayanan semestinya.
Alasannya, bidan tersebut takut tertular.
Bidan itu lalu menghubungi seorang rekannya. Fitria kemudian direkomendasikan dirujuk ke sebuah rumah sakit. Namun, Fitria mengaku tidak diberi surat rujukan. Ia pun memutuskan pulang.
“Saya pulang tapi disuruh balik lagi dengan membawa surat keterangan negatif. Tapi hasil negatif itu tidak dikasihkan ke saya sehingga ketika mau melahirkan, saya bingung,” keluhnya.
Kondisi kehamilan Fitria mendekati waktu melahirkan. Ketika masuk bukaan kelima, ia kembali mendatangi bidan di RS Gondang.
Karena tidak mendapatkan pelayanan maksimal, Fitria pindah ke bidan lainnya. Di bidan lainnya ini Fitria diberi tahu kalau kehamilannya masuk bukaan 1.
“Padahal saya sudah bukaan lima. Saat pulang, saya merintih dan bukaan keenam. Akhirnya kami berencana ke rumah sakit besar Islam, tapi ketika suami saya sedang dalam perjalanan ambil mobil, saya berada di kamar mandi untuk ganti baju, saya jongkok dan melahirkan,” ujar Fitria.
Dibantu ibunya, Fitria melahirkan di kamar mandi. Tetangganya memanggil dukun beranak untuk membantu Fitria.
“Tetangga saya memanggil dukun bayi yang kemudian menangani saya. Itu tanggal 7 Juli 2020. Ya saya kecewa sampai segitunya lahir di kamar mandi. Untung saja bayi tidak terbentur karena langsung ditangkap ibu, kalau tidak ada orang entah bayi itu bisa selamat atau tidak,” keluh Fitria.
Penjelasan Pemkot Batu
Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Batu, M Chori menjelaskan, Fitria sudah diminta untuk menjalani isolasi mandiri karena hasil tes cepat pada 9 Juni menunjukkan hasil reaktif.
“Bahwa pasien bersalin atas nama ibu Fitria Rohmatika, yang bersangkutan diperiksa tes cepat pada 9 Juni 2020 dengan hasil reaktif, sehingga disarankan untuk menjalani isolasi mandiri,” tulis Chori dalam pesan pendek.
Dilanjutkan Chori, kemudian untuk mengetahui perkembangan kondisinya setelah melakukan isolasi mandiri, maka dilakukan tes cepat kedua pada 19 Juni 2020.
“Alhamdulilah hasilnya non-reaktif. Selanjutnya pada 6 Juli 2020 yang bersangkutan melakukan periksa ke bidan praktik mandiri dan oleh bidan yang memeriksa dirujuk ke RS Punten,” kata Chori.
Di RS, Fitria diperiksa oleh dr Arif. Namun Fitria diminta pulang karena masih dalam fase pembukaan I. Pada saat itu, kata Chori, kondisi Fitria dan janinnya juga baik.
Kemudian pada 7 Juli 2020 pukul 17.00 WIB, Fitria melahirkan di rumah dengan ditolong bidan Desa Sumbergondo. Kondisi Fitria dan bayinya juga sehat.
“Berdasarkan penjelasan dari petugas medis yang menangani, tidak ada yang menyatakan bahwa yang bersangkutan positif Covid-19. Demikian halnya dengan yang bertugas menolong persalinan adalah tenaga bidan dan yang bersangkutan juga sudah diperiksa oleh dr spesialis obgyn,” ujar dia
“Yang bersangkutan lebih memilih melahirkan di rumah karena menurutnya lebih aman dari risiko terpapar Covid-19. Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan,” tutup Chori.
Sumber: kompas.com


Artikel ini hanyalah simpanan cache dari url asal penulis yang berkebarangkalian sudah terlalu lama atau sudah dibuang :

https://islamidia.com/wanita-ini-terpaksa-melahirkan-di-kamar-mandi-karena-bidan-takut-tertular-covid-19/

Kempen Promosi dan Iklan
Kami memerlukan jasa baik anda untuk menyokong kempen pengiklanan dalam website kami. Serba sedikit anda telah membantu kami untuk mengekalkan servis percuma aggregating ini kepada semua.

Anda juga boleh memberikan sumbangan anda kepada kami dengan menghubungi kami di sini
Tedia Wanita Terkejut Diintip Ketika Mandi Rupa Rupanya Kawan Baik Suami Pasang Kamera Bawah Sinki

Tedia Wanita Terkejut Diintip Ketika Mandi Rupa Rupanya Kawan Baik Suami Pasang Kamera Bawah Sinki

papar berkaitan - pada 15/8/2020 - jumlah : 554 hits
Wanita terkejut diintip ketika mandi rupa rupanya kawan baik suami pasang kamera bawah sinkiSuspek ditahan pada 3 Ogos lalu selepas penemuan kamera berkenaan dalam sebuah bilik mandi SEORANG wanita cemas apabila dia menemui sebuah kamera da...
Meski Begitu Cantik Wanita Ini Ditinggalkan Suami Demi Pelakor Setelah Melahirkan

Meski Begitu Cantik Wanita Ini Ditinggalkan Suami Demi Pelakor Setelah Melahirkan

papar berkaitan - pada 13/8/2020 - jumlah : 617 hits
Baru baru ini sebuah video viral di media sosial di mana seorang wanita cantik yang memilih untuk menikah muda harus mengalami kenyataan yang pahit saat ditinggalkan oleh suaminya demi seorang pelakor Wanita ini adalah Mutya Lifyana yang be...
Aku Ikhlas Tiga Anggota Keluarga Meninggal Karena Covid 19

Aku Ikhlas Tiga Anggota Keluarga Meninggal Karena Covid 19

papar berkaitan - pada 10/8/2020 - jumlah : 452 hits
Penularan virus corona yang masih terjadi di masyarakat membuat jumlah kasus Covid 19 di Indonesia terus bertambah Tercatat hingga hari Sabtu kasus baru kembali dilaporkan dalam jumlah besar yaitu 2 277 Penambahan itu menyebabkan total kasu...
Hiburan Time Seronok Seronok Tak Takut Pula Bella Astillah Sokong Video Wanita Henyak Skandal Suami

Hiburan Time Seronok Seronok Tak Takut Pula Bella Astillah Sokong Video Wanita Henyak Skandal Suami

papar berkaitan - pada 12/8/2020 - jumlah : 469 hits
Menyokong tindakan isteri menyerang skandal suami seperti video yang tular di Twitter baru baru ini pelakon dan penyanyi Bella Astillah seakan bersetuju dengan tindakan yang dilakukan individu terbabit Dalam video berkenaan dua wanita menye...
Beberapa Rumah Sakit Mulai Tutup Sementara Karena Pegawai Positif Covid Waspada Ya

Beberapa Rumah Sakit Mulai Tutup Sementara Karena Pegawai Positif Covid Waspada Ya

papar berkaitan - pada 13/8/2020 - jumlah : 213 hits
Garda terdepan aja udah mulai banyak yang terkena dampaknya kok bisa bisanya masih ada yang nggak percaya sama Corona ya
Wow Wanita Cemas Jumpa Ular Tedung Dalam Tab Mandi Semua Angkara Suami

Wow Wanita Cemas Jumpa Ular Tedung Dalam Tab Mandi Semua Angkara Suami

papar berkaitan - pada 7/8/2020 - jumlah : 696 hits
Wanita cemas jumpa ular tedung dalam tab mandi semua angkara suami Seekor ular tedung dijumpa dalam tab mandi Foto Silverfox Snake Rescue SWNSSEORANG lelaki membuatkan isterinya berang selepas meletakkan seekor ular tedung di dalam tab mand...
Memilukan Wanita Beranak 5 Dicerai Karena Suami Mau Nikah Lagi Apa Salah Dan Kurangku Mas

Memilukan Wanita Beranak 5 Dicerai Karena Suami Mau Nikah Lagi Apa Salah Dan Kurangku Mas

papar berkaitan - pada 5/8/2020 - jumlah : 285 hits
Wanita pasrah ini dan menangis pilu dicerai suami yang hasrat menikah lagi padahal sudah beranak 5 Apa salah dan kurangku mas tanyanya pada suami yang tega menceraikannya Tiga belas tahun pernikahan tak membuat suami Nur Hidayu Rosly mengur...
Ngaku Hamil Dalam Waktu 1 Jam Lalu Melahirkan Kini Wanita Asal Tasikmalaya Ini Stres Hingga Sering Menangis

Ngaku Hamil Dalam Waktu 1 Jam Lalu Melahirkan Kini Wanita Asal Tasikmalaya Ini Stres Hingga Sering Menangis

papar berkaitan - pada 2/8/2020 - jumlah : 211 hits
Tak jarang heboh kabar seorang ibu yang tega membuag anak yang dilahirkannya Namun berbeda dengan wanita satu ini Wanita ini justru mengaku telah mengandung selama 1 jam lalu melahirkan Heni Nuraeni warga Desa Mandalasari Kecamatan Puspahia...
Wanita Di Pasuruan Merasa Dipaksa Akui Ibunya Covid 19 Ini Kata Rumah Sakit

Wanita Di Pasuruan Merasa Dipaksa Akui Ibunya Covid 19 Ini Kata Rumah Sakit

papar berkaitan - pada 5/8/2020 - jumlah : 255 hits
Tirani Ika Pratiwi curhat soal ibunya yang diabetes dilabeli COVID 19 Ia merasa dipaksa RSUD dr R Soedarsono Kota Pasuruan untuk mengakui ibunya kena COVID 19 Namun pihak rumah sakit membantah soal aksi pemaksaan tersebut Seperti yang disam...
Court Allows Forfeiture Of Rm1 1mil From Illegal Deposit Taking Scheme Investors

Wanita Mca Calls On Govt To Tackle Brain Drain Generate Job Opportunities

Keningau Fa Buat Kejutan Gol Awal

Gsk Raya Open House Dan Minggu Imunisasi Sedunia

Muda Slams Pro Israel Us Professor S Remark At Local Varsity Talk

The Dab 1a A Limited Edition Electric Production Motorcycle From France

Beli Rak Rempah 3 Tingkat

Nearly 500 Lawsuits Filed Against Sabah Govt Hajiji



Info Dan Sinopsis Drama Berepisod Puaka Cuti Semester Slot Lestary TV3

Biodata Rozana Rozek TV Youtuber Resipi

8 Istilah Jerman Yang Kita Rakyat Malaysia Kerap Gunakan

Biodata Aizat Saha Pelakon Drama Berepisod Racun Rihanna TV3 Personaliti TikTok

Kenapa Platipus Haiwan Yang Membuatkan Saintis Merasa Hairan


Golden Lounge International Kuala Lumpur International Airport An Overview

Karakteristik Generasi Z Memahami Cara Mereka Mendapatkan Informasi

Pertama Kali Guna Servis Cuci Karpet

Kmum Dakwa Insiden Syarahan Pro Israel Disengajakan

Kronologi Serangan Israel Terhadap Iran

Of Second Rate White People And Malaysia Pushing For Genocide