Tata Cara Wudhu Yang Benar Sesuai Sunnah Beserta Doa Dan Bacaannya


Setiap Muslim harus tahu tata cara wudhu sebagai salah satu syarat agar sholat atau ibadahnya dianggap sah dan diterima Allah SWT.
Meski tidak menjabarkan tata cara wudhu secara rinci, Allah mewajibkan umat Islamuntuk berwudhu sebagai salah satu rukun sholat seorang Muslim.
Secara garis besar, Allah memerintahkan tata cara wudhu dalam Surat Al-Maaidah ayat 6 yang artinya sebagai berikut:
“Hai orang-orang yang beriman, apabila kamu hendak melakukan sholat, maka basuhlah mukamu dan tanganmu sampai dengan siku, dan sapulah kepalamu dan (basuh) kakimu sampai dengan kedua mata kaki.”
Maka sudah jelas bahwa seorang Muslim wajib tahu tata cara wudhu yang benar sesuai sunnah, beserta doa dan bacaannya.
Selain Alquran yang menyebutkan tentang tata cara wudhu yang benar, beberapa hadis juga mengatakan bahwa wudhu adalah penghapus dosa-dosa.
Utsman bin Affan radhiyallahu’anhu berkata: “ Barangsiapa berwudhu seperti yang dicontohkan Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa Salam, niscaya akan diampuni dosa-dosanya yang telah lalu, dan perjalanannya menuju masjid dan sholatnya sebagai tambahan pahala baginya” (HSR. Muslim, I/142, lihat Syarah Muslim, III/13).
Sedangkan dalam As Sunnah lainnya, sabda Rasulullah SAW mengatakan, “ Allah tidak menerima sholat salah seorang di antara kamu sampai ia berwudhu.” (HR. Bukhari, Muslim, Abu Dawud dan Tirmidzi)
Rukun Wudhu’
Sebelum melangkah ke cara wudhu yang benar, kita perlu tahu rukunnya terlebih dahulu. Rukun wudhu ini merupakan syarat sah kita bersuci dengan cara wudhu.
Rukun wudhu ada 6 perkara, yakni niat, membasuh muka, membasuh tangan, mengusap sebagian kepala, membasuh kaki, dan tertib atau menurut susunan yang disebut dalam Alquran.
Keenam perkara itu semuanya harus dilaksanakan dengan berurutan dan tenang, tanpa boleh meninggalkan salah satunya jika ingin sholat kita sah.
Selain rukun wudhu, ada pula beberapa sunnah yang bisa dilakukan agar mendapatkan pahala lebih. Berikut ini beberapa sunnah wudhu yang telah dicontohkan Rasulullah SAW ketika bersuci dengan cara wudhu.
Basuh kedua tapak tangan. Menggosok gigi dengan siwak dan berkumur. Masukkan air ke dalam hidung. Menyapu air ke seluruh kepala. Basuh kedua telinga (dalam dan luar). Mendahulukan yang kanan. Gosok di celah jari tangan, kaki dan janggut jika panjang. Melakukan sebanyak 3 kali. Berturut-turut, yaitu bersambung dari awal sampai akhir tanpa jeda. Syarat Wajib Wudhu’
Beragama Islam. Dapat membedakan yang baik dan yang buruk. Suci dari menstruasi dan persalinan. Tidak ada apa pun di dalam tubuh yang dapat mengubah sifat air, seperti lipstik dan riasan. Tidak ada yang dapat mencegah air menyentuh kulit, seperti cat kuku, lipstik dan lain-lain. Mengetahui mana yang sunah dan mana yang wajib. Air yang diambil untuk wudhu adalah air bersih dan suci (tidak bau, tidak kotor, atau tercampur bahan lain) Hal yang Membatalkan Wudhu’
Keluar segala sesuatu dari dua jalan kemaluan, seperti buang air kecil maupu besar atau keluar angin. Jika keluar air mani maka harus mandi wajib. Hilang akal disebabkan gila, tidur (tertidur), mabuk, pingsan. Tersentuh kulit antara laki-laki dan perempuan yang bukan mahram dengan tidak memakai tutup. Tersentuh kemaluan (kubul atau dubur) dengan tapak tangan atau jari-jarinya yang tidak memakai tutup (walaupun kemaluannya sendiri). Tata Cara Wudhu’ yang Benar
1. Mulai wudhu dengan niat
Niat wudhu artinya sengaja dengan kesungguhan hati untuk mengerjakan wudhu karena melaksanakan perintah Allah SWT dan mengikuti ajaran Rasul-Nya SAW.
“Rasulullah SAW menerangkan bahwa segala perbuatan tergantung kepada niatnya, dan seseorang akan mendapatkan balasan menurut apa yang diniatkannya…” (HSR. Bukhari dalam Fathul Baary, 1:9; Muslim, 6:48).
2. Membaca basmalah
Membaca basmalah dengan bacaan BISMILLAAHIR-RAH-MAANIR-RAHIIM sambil mencuci kedua belah tangan sampai pergelangan tangan hingga bersih.
3. Berkumur
Berkumur sebanyak 3 kali dan membersihkan gigi hingga bersih agar tidak ada bekas makanan yang ada di gigi.
Disunnahkan untuk membersihkan hidung dengan menghirup air dengan sekali hirup dan mengeluarkannya dengan cara memencet hidung dengan tangan kiri, juga sebanyak tiga kali.
4. Mencuci muka 3 kali
Cara wudhu yang benar berikutnya adalah mencuci muka 3 kali, mulai dari tempat tumbuhnya rambut kepala hingga bawah dagu dan dari telinga kanan hingga telinga kiri.
Imam Bukhari dan Muslim meriwayatkan dari Humran bin Abaan, bahwa cara Rasulullah SAW membasuh mukanya saat wudhu sebanyak tiga kali.
“Setelah Nabi SAW membasuh mukanya beliau mengambil seciduk air lagi (di telapak tangan), kemudian dimasukkannya ke bawah dagunya, lalu ia menyela-nyela jenggotnya, dan beliau bersabda bahwa hal tersebut diperintahkan oleh Allah SWT. (HR. Tirmidzi no.31, Abu Dawud, no. 145; Baihaqi, I/154 dan Hakim, I/149, Shahih Jaami’u ash-Shaghir no. 4572).
5. Mencuci kedua belah tangan hingga siku
Menyiram air pada tangan sampai membasahi kedua siku. Hal ini telah sesuai dengan perintah Allah SWT dalam Al-Maaidah ayat 6 yang artinya, “Dan basuhlah tangan-tanganmu sampai siku.”
Rasulullah membasuh tangannya yang kanan sampai melewati sikunya, dilakukan sebanyak tiga kali. (Bukhari-Muslim, HR. Daraquthni, I/15, Baihaqz, I/56)
6. Mengusap kepala
Cara wudhu selanjutnya adalah mengusap kepala hingga ke belakang. Mengusap kepala harus dibedakan dengan mengusap dahi atau sebagian kepala.
Hal itu sesuai perintah Allah SWT dalam Al-Maaidah ayat 6, yang artinya, “..dan usaplah kepala kalian..”
Rasulullah SAW mencontohkan tentang caranya mengusap kepala, yaitu dengan kedua telapak tangannya yang telah dibasahi dengan air, lalu ia menjalankan kedua tangannya mulai dari bagian depan kepala sampai ke belakang tengkuknya. (HSR. Bukhari, Muslim, no. 235 dan Tirmidzi no. 28 lih. Fathul Baari, I/251).
Dalam mengusap kepala, Rasulullah SAW melakukannya satu kali, bukan dua atau tiga kali. Ali bin Abi Thalib berkata, “Aku melihat Nabi SAW mengusap kepalanya satu kali.” (Sahih Abu Dawud no. 106).
7. Membersihkan kedua telinga
Setelah itu, tanpa mengambil air baru, Rasulullah SAW langsung mengusap kedua telinganya. Dengan cara memasukkan jari telunjuk ke dalam telinga, kemudian ibu jari mengusap-usap kedua daun telinga. Karena Rasulullah bersabda,
”Dua telinga itu termasuk kepala.” (HSR. Tirmidzi, no. 37, Ibnu Majah, no. 442 dan 444, Abu Dawud no. 134 dan 135, Nasa’i no. 140).
8. Membasuh kedua kaki sampai mata kaki
Tata cara wudhu yang benar sesuai sunnah selanjutnya adalah membasuh kedua kaki sampai mata kaki tiga kali.
Hal ini sesuai dengan perintah Allah dalam Surat Al-Maaidah ayat 6, yang artinya: “..basuh kakimu sampai dengan kedua mata kaki.”
Untuk membasuh kaki hingga mata kaki ini, Rasulullah SAW mendahulukan kaki kanan hingga tiga kali kemudian kaki kiri juga demikian.
Saat membasuh kaki Rasulullah menggosok-gosokan jari kelingkingnya pada sela-sela jari kaki. (HSR. Bukhari; Fathul Baari, I/232 dan Muslim, I/149, 3/128)
Rasulullah menyuruh umatnya agar berhati-hati dalam membasuh kaki, karena kaki yang tidak sempurna cara membasuhnya akan terkena ancaman neraka. Gosok celah-celah jari dan pastikan tumit yang terlipat kulitnya mengenai air wudhu.
9. Wudhu’ secara tertib
Semua tata cara wudhu yang benar sesuai sunnah ini dilakukan secara tertib dan berurutan dengan mendahulukan yang kanan dari yang kiri.
10. Membaca doa wudhu’
Setelah bersuci dengan cara wudhu, disunnahkan membaca doa wudhu. Saat membaca doa wudhu ini sebaiknya menghadap kiblat sambil mengangkat kedua tangan.
Berikut ini adalah lafaz doa setelah wudhu beserta artinya yang dirangkum dari berbagai sumber.
“Asyhadu Alla Ila Haillallaah Wahdahu Laa Syariika Lahu Wa Asyhadu Anna Muhammadan Abduhu Wa Rasuuluhu, Alloohummaj’alni Minattawwaabiina’ Waj’alni Minal Mu Tathahhiriina Waj’alni Min Ibadi Kash Shaalihiina”
Artinya : “Aku bersaksi tiada Tuhan melainkan Allah dan tidak ada yang menyekutukan bagi-Nya. Dan aku bersaksi bahwa Nabi Muhammad adalah utusan-Nya. Ya Allah jadikanlah aku orang yang ahli taubat, dan jadikanlah aku orang yang suci dan jadikanlah aku dari golongan orang-orang yang shaleh”
Demikianlah tata cara wudhu yang benar sesuai sunnah yang bisa dijadikan bahan rujukan untuk belajar wudhu. Semoga Allah SWT menambah ilmu dan pengetahuan kita tentang bersuci. Amin.
Video Tata Cara Wudhu’ Sesuai Sunnah
Bagi yang kurang jelas tata cara wudhu yang benar sesuai sunnah bisa melihat video berikut ini seperti dikutip dari akun Kajian Sunnah Rasul.

Sumber: dream.co.id


Artikel ini hanyalah simpanan cache dari url asal penulis yang berkebarangkalian sudah terlalu lama atau sudah dibuang :

https://islamidia.com/tata-cara-wudhu-yang-benar-sesuai-sunnah-beserta-doa-dan-bacaannya/

Kempen Promosi dan Iklan
Kami memerlukan jasa baik anda untuk menyokong kempen pengiklanan dalam website kami. Serba sedikit anda telah membantu kami untuk mengekalkan servis percuma aggregating ini kepada semua.

Anda juga boleh memberikan sumbangan anda kepada kami dengan menghubungi kami di sini
Cara Cerdas Memilih Asuransi Mobil Yang Benar Sesuai Kebutuhan

Cara Cerdas Memilih Asuransi Mobil Yang Benar Sesuai Kebutuhan

papar berkaitan - pada 26/11/2018 - jumlah : 248 hits
Asuransi Mobil merupakan hal yang penting untuk Sobat miliki karena akan berguna pada suatu saat nanti sehingga biaya perawatan Mobil masih bisa kita pangkas Pada saat ini masih saja ada pengemudi yang belum menggunakan asuransi mobil sebag...
Cara Memaster Ciblek Yang Benar

Cara Memaster Ciblek Yang Benar

papar berkaitan - pada 13/11/2018 - jumlah : 320 hits
Terkadang seseorang sering kali merisaukan tentang cara memaster Ciblek yang benar Padahal jika mereka tahu cara memaster burung itu tidaklah berbeda satu sama lain Kalau pun ada yang beda pastilah perbedaan tersebut amat sedikit Umumnya ya...
Cara Cas Baterai Laptop Yang Benar Agar Awet Tahan Lama

Cara Cas Baterai Laptop Yang Benar Agar Awet Tahan Lama

papar berkaitan - pada 22/11/2018 - jumlah : 303 hits
Cara Cas Baterai Laptop yang Benar Agar Awet Tahan Lama CARA nge cas baterai laptop notebook atau netbook menentukan daya tahan baterai Cas yang benar akan membuat baterai laptop awet alias tahan lama Sebaliknya cara cas baterai laptop yang...
Cara Menghapus Artikel Postingan Blog Yang Baik Dan Benar

Cara Menghapus Artikel Postingan Blog Yang Baik Dan Benar

papar berkaitan - pada 11/11/2018 - jumlah : 400 hits
Menghapus arikel memang sangat lah mudah tapi kebanyakan orang hanya menghapus postingan di blog nya saja tanpa menghapus URL yang sudah di Index oleh Mbah menghapus url postingan yang telah dihapus itu sangatlah penting karna akan berpenga...
Diet Kuruskan Badan Ikut Sunnah Lisa Surihani Pun Guna Cara Ini

Diet Kuruskan Badan Ikut Sunnah Lisa Surihani Pun Guna Cara Ini

papar berkaitan - pada 21/11/2018 - jumlah : 1499 hits
Intermittent fasting adalah diet dengan cara mengatur pola makanan Ibarat seperti berpuasa cuma bezanya ialah ianya hanya dalam tempoh tertentu Walau bagaimanapun diet ini membenarkan pengamalnya untuk minum air sepanjang tempoh berpuasa ba...
Magisnya Kuasa Doa Tukar Cara Kita Berdoa Ikut 6 Formula Ini Mampu Ubah Kehidupan Lebih Baik

Magisnya Kuasa Doa Tukar Cara Kita Berdoa Ikut 6 Formula Ini Mampu Ubah Kehidupan Lebih Baik

papar berkaitan - pada 9/11/2018 - jumlah : 513 hits
Tidak dinafikan kuasa berdoa amatlah hebat Magisnya mampu memperkenankan setiap permintaan dan harapan seorang hamba kepada penciptaNya Dalam pada kita berdoa dengan bersungguh sungguh dengan hati yang bersih sebenarnya cara kita berdoa jug...
Ternyata Selama Ini Cara Pakai Obat Tetes Matamu Keliru Ini 7 Langkah Yang Benar

Ternyata Selama Ini Cara Pakai Obat Tetes Matamu Keliru Ini 7 Langkah Yang Benar

papar berkaitan - pada 26/11/2018 - jumlah : 224 hits
Kamu suka menahan kelopak mata biar nggak menutup Atau berkedip kedip setelah pakai obat tetes mata Kamu keliru
Kumpulan Doa Agar Mendapat Jodoh Yang Sesuai

Kumpulan Doa Agar Mendapat Jodoh Yang Sesuai

papar berkaitan - pada 9/11/2018 - jumlah : 1481 hits
Setiap orang tentu ingin bertemu dengan jodohnya Entah itu sekarang ataupun nanti akan ada suatu masa di mana kita ingin sekali bertemu dengan jodoh Mengalami patah hati dan berkali kali gagal dalam hibungan mungkin bisa saja membuat Anda h...
Cara Pengamalan Surat Al Waqiah Dzikir Wirid Dan Doa Rezeki Berlimpah

Cara Pengamalan Surat Al Waqiah Dzikir Wirid Dan Doa Rezeki Berlimpah

papar berkaitan - pada 8/11/2018 - jumlah : 1280 hits
Bagaimana cara mengamalkan surat al Waqiah Fadhilah keutamaan dan khasiat dari surat al Waqiah sudah tidak asing lagi di kalangan kaum muslimin Surat ini diyakini sebagai surat pembuka rezeki Siapapun yang rajin membaca dan mengamalkan wiri...
Backstabbing Drama In The Opposition Pas Sabotaging Bersatu By Attacking Chinese Vernacular Schools

Calon Bersatu Prk Kkb Tidak Dapat Sokongan Parti Pas

Pas Anggap Terlalu Awal Bincang Pertukaran Mb Perlis

Umno Explores Every Means Possible To Free Najib

Calon Bersatu Prk Kkb Tunggang Isu Kematian Teoh Beng Hock

Perasaan Bila Orang Namakan Kucing Mereka Dgn Nama Anda

100 Cawangan Kfc Tutup Dan Akur Kuasa Boikot

Bonus R 5000 Jogue Ca A T Queis Onlin



Biodata Dan Latar Belakang Adam Shamil Personaliti TikTok Terkenal

5 Negara Yang Memilih Untuk Tidak Menggunakan Matawang Sendiri

Info Dan Sinopsis Drama Berepisod Aku Bukan Ustazah Slot Akasia TV3

Info Dan Sinopsis Drama Berepisod Bercakap Dengan Jun Slot DramaVaganza Astro Ria

5 Amalan Muslim Yang Sering Dijadikan Bahan Lawak di Malaysia


Jkt48 Heavy Rotation Chord

Dap S Dilemma Red Lines And Kuala Kubu Baharu

Macc Nabs Three Senior Govt Agency Officers In Kelantan

Th Jamin 31 600 Jemaah Haji Berpeluang Ziarah Raudah

Memang Sibuk Wehh

Nak Tau 5 Langkah Menjadi Insan Hebat