Tanggapan Kepada Saudara Profesor Mahfud Md Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum Dan Keamanan


Oleh A. Ibrahim Peyon, Ph.D

Kepada saudara Prof. Mahfud MD yang terhormat,

Saudara Mahfud MD adalah akademisi dan profesor hukum Tata Negara. Saat ini saudara dipercayakan sebagai Menkopolhukam dalam kabinet Presiden Jokowi periode yang kedua ini. Saudara Mahfud sebagai profesor hukum, memahami dengan benar tentang masalah hukum dan politik bangsa Papua berkaitan dengan proses aneksasi Papua ke dalam Republik Indonesia pada periode 1961-1969.

Saya, ingin tanggapi pernyataan anda pada tanggal 17 Desember 2019 dalam media CNN Indonesia dengan judul `"RI Boleh Ambil Semua Langkah Pertahankan Papua" dengan dua poin utama yaitu: "Pertama, Papua tidak bisa laksanakan referendum, karena hukum Indonesia sahkan Papua menjadi bagian sah dari Indonesia dan hukum Indonesia melarang Referendum. Kedua, keputusan Majelis Umum PBB Nomor 2405 pada tahun 1969 yang sudah secara sah menyatakan Papua bagian dari Negara Republik Indonesia".

Di sini saya ingin menanggapi pernyataan anda pada poin kedua di atas. Saudara Mahfud MD yang terhormat, anda mengatakan bahwa Papua sudah disahkan menjadi bagian resmi dalam resolusi PBB Nomor 2405 pada tahun 1969 dalam sidang umum PBB di New York. Di sini saya ingin menyampaikan kepada anda bahwa proses aneksasi Papua secara hukum internasional adalah cacat hukum dan moral. Maka negara anda digabungkan Papua ke dalam Indonesia adalah tidak sah secara hukum internasional. Pernyataan saya ini dilandasi beberapa alasan:
1). Papua secara defakto sudah merdeka pada tanggal 1 Desember 1961, di mana tanggal itu telah deklarasikan parlemen Papua dan deklarasikan semua simbol-simbol negara bangsa. Deklarasi 1 Desember 1961 itu dihadiri delegasi resmi pemerintah Inggris, Australia dan Papua New Guinea (saat masih Provinsi dari Australia). Maka secara defakto negara Papua itu sah dalam hukum internasional.
2). Deklarasi Trikora 19 Agustus oleh Presiden Sokarno di Jog Jakarta adalah proklasi sepihak untuk ekpansi militer, mencaplok dan menduduki negara Papua Barat yang sudah dideklarasikan pada 1 Desember 1960 di Jayapura itu. Negara Papua Barat itu juga diakui oleh Presiden Sukarno dalam maklumat Trikora itu.
3). Ekpansi militer dan okupasi Papua Barat pada 1 Mei 1963 ke Papua adalah aksi infansi dan okupasi negara Papua Barat yang sudah dideklarasikan tersebut. Okupasi 1 Mei 1963 oleh pemerintah Indonesia ini tidak sah secara hukum internasional dan tidak ada hukum manapun yang mengakui itu.
4).Alasan bahwa Papua menjadi jajahan Belanda maka secara otomatis menjadi bagian dari Indonesia adalah argumendasi hukum yang tidak sah. Karena Papua adalah Nederland New Guinea yang berkedudukan di Holandia dan bertanggung jawab langsung pada Kerajaan Belanda, sedang Indonesia adalah Hindia Belanda mulai dari Aceh sampai Maluku dan pusatnya di Batavia. Posisi kedua daerah koloni berbeda, sama dengan daerah koloni Belanda, seperti Suriname. Ada banyak Contoh lain di dunia ini bahwa daerah-daerah berdekatan yang menjadi jajahan sebuah negara kolonial itu, telah merdeka sendiri dan terpisah satu dari lainya, Misalnya India dan Pakistan jajahan Inggris telah menjadi dua negara, Malasya, Brunei dan Singapur adalah satu rampun ras dan satu kawasan tetapi tiga daerah itu telah menjadi tiga negara. Beberapa negara Pasifik jajahan Inggris, dan Prancis tetapi mereka merdeka sendiri-sendiri, dan masih banyak kasus lain. Hukum Juris Prundensi yang diklaim oleh anda dan pemerintahan anda itu tidak bisa menjadikan dasar untuk legitimasi bagi West Papua.
5). Perjanjian New York pada pasal XVII (17) menyatakan Referendum Papua harus dilaksanakan atau dilibatkan semua orang dewasa asli Papua di atas usia 17 tahun dengan menentukan pilihan mereka apakah bergabung dengan Indonesia atau merdeka sendiri, dengan sistem One Man One Veto atau satu orang satu suara. Tetapi, pemerintah Indonesia telah rekayasa perjanjian itu dan mengubah menjadi sistem musyawarah menurut budaya Indonesia, dan hanya memilih 1.025 orang Papua dan tokoh migran 30 Persen. Perubahan perjanjian New York ini adalah perubahan fatal dan mendasar, sudah langgar hukum internasional. Maka referendum itu tidak sah dan ilegal.
6). Resolusi PBB Nomor 2405 yang dikeluarkan dalam sidang Umum PBB adalah tidak sah secara hukum internasional. Karena negara-negara Block Afrika dan Amerika Latin menolak untuk sahkan resolusi itu. Karena itu sudah dua kali sidang PBB didunda dan akhirnya 30 negara abstain. Ada beberapa catatan penting tentang resolusi 2405 ini: (a). Resolusi PBB 2405 ini tidak disahkahn dalam oleh PBB dan hanya dicatat saja dengan nomor registrasi 2405 itu. (b). Resolusi 2405 ini memuat hanya dua hal yaitu, ucapan terima kasih kepada Bank Asia dan penghargaan kepada UNTEA. (c). Dalam Resolusi 2405 tidak ada satu kata pun yang mengatakan Papua menjadi bagian sah dari Republik Indonesia.
7). Banyak kajian ilmiah para akademisi dan ahli hukum internasional di banyak negara berdasar serangkaian proses-proses itu mengatakan bahwa Integrasi Papua dalam Indonesia adalah tidak sah secara hukum internasional. Maka Pendudukan Indonesia di Papua adalah Ilegal.
Maka pernyataan anda bahwa Resolusi PBB Nomor 2405 mengatakan Papua menjadi bagian sah dari Indonesia itu tidak benar dan tidak berdasar. Anda sebagai profesor yang sedang menjadi pejabat negara harus menyampaikan informasi yang benar dan kredibel. Karena anda menjadi tokoh panutan dan sedang mendidik bangsa Indonesia ini.

Kedua, saya ingin tanggapi pernyataan anda dalam poin pertama di atas. Anda mengatakan bahwa hukum Indonesia menyatakan Papua menjadi bagian sah Indonesia dan tidak mengizinkan referendum di Papua Barat.

Saya ingin menyampaikan kepada anda bahwa pendudukan Indonesia di Papua adalah berdasarkan proses sejarah yang sudah saya jelaskan di atas. Maka ada tiga hal yang saya ingin sampaikan pada anda di sini:
1). Bahas masalah status politik Papua, secara otomasi hukum Indonesia tidak perlaku untuk menjadikan dasar menyelesaikan masalah status Politik Papua Barat itu. Karena keberadaan Papua dalam Indonesia tidak berdasarkan hukum Indonesia, tetapi hukum internasional. Berbeda dengan status Aceh sampai Ambon.
2). Bila Papua sudah menjadi masalah internasional atau masalah PBB yang perlaku adalah hukum PBB atau hukum internasional. Maka secara otomatis hukum Indonesia tidak berlaku di situ. Seperti kasus Bogenville minggu lalu melakukan Referendum itu.
Dengan demikian pernyataan anda terkait dengan dua poin dalam media CNN Indonesia pada 17 Desember 2019 adalah tidak memiliki argumendasi yang kuat.
Bila saudara profesor Mahfud MD sebagai akademisi senior Indonesia yang memiliki argumendasi lain atau dasar hukum lain atas tanggapan saya ini, maka silahkan memberikan tanggapan balik atas tulisan cederhana ini.
Posisi saya di sini adalah hanya sebagai akademisi Universitas Cenderawasih, dan saya mengajak anda untuk berdiskusi secara akademik dan terbuka sebagai sama pendidik untuk mendidik bangsa ini.

Demikian, salam dari saya, tuan Profesor Mahfud MD.

Artikel ini hanyalah simpanan cache dari url asal penulis yang berkebarangkalian sudah terlalu lama atau sudah dibuang :

https://phaul-heger.blogspot.com/2019/12/tanggapan-kepada-saudara-profesor.html

Kempen Promosi dan Iklan
Kami memerlukan jasa baik anda untuk menyokong kempen pengiklanan dalam website kami. Serba sedikit anda telah membantu kami untuk mengekalkan servis percuma aggregating ini kepada semua.

Anda juga boleh memberikan sumbangan anda kepada kami dengan menghubungi kami di sini
Syed Saddiq Tak Setuju Elaun Penjawat Awam Dipotong Menteri Ahli Politik Patut Dipotong

Syed Saddiq Tak Setuju Elaun Penjawat Awam Dipotong Menteri Ahli Politik Patut Dipotong

papar berkaitan - pada 25/12/2019 - jumlah : 748 hits
Nampaknya Menteri Belia Dan Sukan kita Syed Saddiq telah bersuara gais Baru baru ini ada yang mengatakan bahawa bayaran Insentif Perkhidmatan Kritikal yang merupakan bayaran elaun kepada Doktor Pharmachist dan Nurse bakal dimansuhkan pada J...
Rusuh Penggusuran Tamansari Mahfud Md Sebut Siapa Pun Tak Boleh Langgar Hukum

Rusuh Penggusuran Tamansari Mahfud Md Sebut Siapa Pun Tak Boleh Langgar Hukum

papar berkaitan - pada 17/12/2019 - jumlah : 161 hits
Mahfud menyebut sudah mengetahui kronologi penggusuran yang berujung kericuhan Meski demikian ia belum mau membeberkan
Sandiaga Komitmen Bantu Menteri Bumn Di Bidang Asuransi

Sandiaga Komitmen Bantu Menteri Bumn Di Bidang Asuransi

papar berkaitan - pada 15/12/2019 - jumlah : 150 hits
Sandiaga Komitmen Bantu Menteri BUMN di Bidang Asuransi Kepada Erick Sandi akan berkomitmen untuk membantu di bidang asuransi Eks Wagub DKI itu tak ingin ada masalah serupa di bidang asuransi seperti perusahaan Jiwasraya
Mahfud Md Aturan Hukum Mati Koruptor Bisa Diselipkan Lewat Revisi Kuhp

Mahfud Md Aturan Hukum Mati Koruptor Bisa Diselipkan Lewat Revisi Kuhp

papar berkaitan - pada 12/12/2019 - jumlah : 138 hits
Menko Polhukam Mahfud MD mengatakan hukuman mati bagi koruptor saja memiliki payung hukum bila aturannya dituliskan di revisi kitab undang undang hukum pidana RKUHP yang saat hingga kini tengah belum dituntaskan DPR
Potong Elaun Ahli Politik Menteri Bukan Doktor Pharmachist Nurse Syed Saddiq Bantah Perkeliling Baru Jpa

Potong Elaun Ahli Politik Menteri Bukan Doktor Pharmachist Nurse Syed Saddiq Bantah Perkeliling Baru Jpa

papar berkaitan - pada 25/12/2019 - jumlah : 575 hits
Bayaran Insentif Perkhidmatan Kritikal dilaporkan bakal dimansuhkan menjelang Januari 2020 Menurut Jabatan Perkhidmatan Awam pemberian BIPK adalah berdasarkan kriteria khusus antaranya ciri ciri penawaran yang rendah serta sukar melakukan p...
Rapat Bareng Luhut Dan Tito Mahfud Bahas 17 Uu Keamanan Laut Yang Tumpang Tindih

Rapat Bareng Luhut Dan Tito Mahfud Bahas 17 Uu Keamanan Laut Yang Tumpang Tindih

papar berkaitan - pada 24/12/2019 - jumlah : 134 hits
Menko Polhukam Mahfud MD melakukan rapat tertutup dengan Menko Maritim dan Investasi Luhut B Pandjaitan serta Mendagri Tito Karnavian membahas omnibus law Keamanan Laut
Politik Melayu Bercakaran Berebutan Bagi Dap Perintah Rasanya Lebih Aman Melayu Ikut Sahaja

Politik Melayu Bercakaran Berebutan Bagi Dap Perintah Rasanya Lebih Aman Melayu Ikut Sahaja

papar berkaitan - pada 11/12/2019 - jumlah : 291 hits
Dalam berjawatan dulunya saling tolak menolak kawan kedepan saling rasa tak layak saling mahu dipimpin Kita juga ada pengalaman melihat sikap pekerja melayu bekerja dengan majikan melayu dan pekerja melayu bekerja dengan majikan cina Discip...
Terbar U 3 Tahanan Dibunuh Kebakaran Di Penjara Aktivis Politik Riyadh

Terbar U 3 Tahanan Dibunuh Kebakaran Di Penjara Aktivis Politik Riyadh

papar berkaitan - pada 15/12/2019 - jumlah : 372 hits
IHKL Riyadh Arab Saudi mengumumkan pada hari Khamis 12 Disember 2019 bahawa 3 tahanan mati dan 21 yang lain cedera dalam kebakaran di Penjara Al Malaz di ibu kota Arab Saudi Riyadh Kebakaran berlaku di wad penjara pukul 05 00 pagi waktu tem...
Ketua Mpr Generasi Milenial Jangan Alergi Politik

Ketua Mpr Generasi Milenial Jangan Alergi Politik

papar berkaitan - pada 15/12/2019 - jumlah : 161 hits
Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat Bambang Soesatyo yang akrab disapa Bamsoet mengingatkan kepada generasi milenial agar tidak alergi dengan politik
Help Shape Ai With Malaysian Values Says Anwar

Friendly Fire Between Umno Youth Head And Bersatu Counterpart Opens A Can Of Worms

Nasi Briyani Kukus Padu Sedap Uii Percuma Ayam Briyani Untuk Ibu Mengandung Patutla Ramai Beratur Beli

Nostalgia Bedak Sejuk

Negeri Sembilan Akan Menaikan Gaji Penjawat Awam

Buah Ciku 10 Khasiat Pelbagai Jenis Penyakit

Adik Ipar Nak Tumpang Rumah Kemudian Datang Lagi Sorang Akhirnya Kami Laki Bini Dah Kurus Kering

Hiburan Saya Rasa Mereka Ada Masa Depan Yang Baik Abby Abadi Dedah Aslam Kini Bawa Grab Dan Berniaga



5 Negara Yang Memilih Untuk Tidak Menggunakan Matawang Sendiri

Info Dan Sinopsis Drama Berepisod Aku Bukan Ustazah Slot Akasia TV3

Info Dan Sinopsis Drama Berepisod Bercakap Dengan Jun Slot DramaVaganza Astro Ria

5 Amalan Muslim Yang Sering Dijadikan Bahan Lawak di Malaysia

6 Fungsi Kereta Yang Sepatutnya Ada Tapi Tak Dijadikan Standard


Ara Johari Delulu Chord

Apakah Pekerjaan Yang Paling Baik

Orang Yang Solatnya Tidak Diterima Allah Baca Supaya Ibadah Solat Kita Tidak Sia Sia

Deep Dive 5 Historic Lots From Gooding S Geared Online Sale

Tiba Tiba Datang Rasa Nak Bersalin Doktor Kongsi Apa Patut Ibu Ayah Buat Jangan Panik

Ini Kata Kata Terakhir Korban Penganiayaan Senior Stip Sebelum Dipukuli Hingga Tewas