Program Langit Biru Akan Terwujud Dengan Dukungan Semua Pihak


Melihat keindahan birunya langit khatulistiwa terkadang memunculkan pertanyaan dalam hati, sampai kapan pemandangan ini akan dapat terus dinikmati?
Tanpa disadari, perkembangan zaman secara perlahan namun pasti akan tetap memberikan dampak terhadap kondisi bumi ini.
Jika diperhatikan, iklim yang dirasa sewaktu Blogger Borneo kecil dulu sudah cukup terasa berbeda dengan iklim di kondisi saat sekarang ini.
Dulu Kalimantan sangat terkenal dengan istilah “Paru-Paru Dunia” karena memiliki kawasan hutan yang cukup luas dan lebat sehingga mampu menghasilkan oksigen dan menyebarkannya ke seluruh dunia.
Akan tetapi, sekarang sepertinya istilah tersebut tinggalah kenangan karena kawasan hutan yang dulu cukup dapat dibanggakan, sekarang masih syukur bisa dipertahankan.
Program Langit Biru Sepatah dua patah kata diatas menjadi prolog sebelum Blogger Borneo bercerita mengenai pengalaman mengikuti kegiatan Diskusi Publik yang diselenggarakan secara daring oleh Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) dan disiarkan secara livestreaming via channel YouTube Berita KBR.
Blogger Borneo mendapat kesempatan untuk ikut serta dalam Diskusi Publik Penggunaan BBM Ramah Lingkungan bersama dengan beberapa peserta lain dari kalangan blogger, jurnalis, instansi pemerintah terkait, influencer, dan penggiat lingkungan hidup.
Image: Kanal YouTube Berita KBR Bicara mengenai Program Langit Biru, sebenarnya program ini sudah lama digaungkan. Menurut Ketua YLKI Tulus Abadi, program ini mulai dicanangkan pada tahun 1996 bertepatan dengan diterbitkannya Peraturan Menteri Lingkungan Hidup Nomor 15 tahun 1996.
Dalam peraturan ini dijelaskan mengenai salah satu tujuannya adalah mewujudkan BBM ramah lingkungan sesuai standar Euro II. Akan tetapi jika dilihat kenyataanya sekarang ini, masih banyak kendaraan bermotor khususnya di Indonesia masih menggunakan BBM Euro I.
7 Negara Penyumbang Emisi Karbon Sebenarnya masih ada jenis BBM yang tidak sesuai standar Euro digunakan yaitu Bensin Premium. BBM jenis Premium ini masuk dalam kategori tidak disarankan untuk digunakan karena masih memiliki Research Octane Number (RON) 88 dan kadar sulfur lebih dari 500 ppm.
Dari seluruh negara di dunia, hanya 7 negara yang masih menggunakan BBM jenis premium ini, termasuk salah satu diantaranya adalah Indonesia. Dalam hal ini Indonesia tertinggal dari negara-negara lain, termasuk negara-negara ASEAN yang sudah menggunakan BBM standar Euro IV.
Indonesia sendiri sebenarnya sudah ikut menandatangani Paris Protocol on Climate Change pada tahun 2015, dimana salah satu isi dari perjanjian tersebut adalah komitmen untuk mengurangi emisi karbon sebesar 20-40% hingga tahun 2050.
Akan tetapi, jika dilihat dari kenyataannya sekarang dimana sumber energi fosil masih dominan digunakan, komitmen tersebut cukup sulit untuk diwujudkan.
Aturan Kebijakan Pemerintah Penggunaan BBM tidak sesuai standar Euro cukup memberi dampak negatif bagi lingkungan dan kantong para pemilik kendaraan bermotor karena sifatnya justru merusak mesin, apalagi mesin keluaran produksi tahun 2018 dan setelahnya.
Image: Kanal YouTube Berita KBR Dalam pemaparannya, Kepala Subdirektorat Pengendalian Pencemaran Udara Sumber Bergerak Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLKH) Ratna Kartikasari menjelaskan bahwa informasi mengenai Program Langit Biru telah disebarkan melalui channel YouTube KLKH.
Dari sisi kebijakan pemerintah, KLKH telah menerbitkan Peraturan Menteri Nomor P20/Menlhk/Setjen/KumI/3/2017 yang mengatur bahwa semua kendaraan bermotor harus memiliki RON minimal 91.
Sebelum peraturan ini diterbitkan, jenis kendaraan yang diproduksi masih bisa menggunakan BBM standar Euro II dan Euro IV. Akan tetapi setelah aturan ini terbit, maka kendaraan bermotor keluaran tahun 2018 keatas harus berstandar Euro IV, dengan bahan bakar minimal menggunakan Petramax Turbo.
Peran Penting Pertamina Pertamina sebagai pihak yang ditunjuk oleh negara untuk menyuplai BBM ke seluruh negeri memegang peranan penting dalam misinya mewujudkan Program Langit Biru.
Menurut VP Sales Support Pertamina Deny Djukardi disampaikan bahwa Program Langit Biru sebenarnya adalah program marketing yang dibuat untuk memberikan kesempatan kepada masyarakat luas agar mereka dapat menggunakan BBM dengan kualitas yang lebih baik.
Image: Kanal YouTube Berita KBR Dan baru-baru ini, Pertamina telah meluncurkan BBM jenis Pertalite dengan standar RON diantara Premium dan Pertamax yaitu 90, Di beberapa wilayah di Indonesia, Pertalite dijual dengan harga khusus dengah harapan masyarakat secara perlahan mau berpindah ke jenis BBM yang lebih ramah lingkungan.
Program ini sudah dimulai di daerah-daerah di Jawa, Madura, dan Bali. Sedangkan untuk wilayah luar Jawa baru dimulai sejak tanggal 7 Maret 2021 di beberapa ibukota provinsi.
Dukungan Masyarakat Pengguna Nah sekarang bagaimana dari sisi masyarakat pengguna kendaraan bermotor?
Tidak dapat dipungkiri bahwa perkembangan zaman tetap akan memberi dampak terhadap keberlangsungan ekosistem di dunia ini.
Akan tetapi, perkembangan teknologi juga akan memunculkan penemuan-penemuan baru khususnya dibidang teknologi tepat guna yang ramah lingkungan.
Meskipun pada prakteknya masih banyak ditemukan pengguna BBM jenis Premium di beberapa SPBU yang ada di Pontianak dan Kubu Raya, namun secara pribadi Blogger Borneo telah beralih 1000% menggunakan BBM jenis Pertalite untuk saat ini.

Blogger Borneo berprinsip sebagus apapun program yang dibuat pemerintah, jika tidak mendapat dukungan sepenuhnya dari semua pihak termasuk kita sendiri, YAKINLAH TIDAK AKAN TERWUJUD.
Oleh karena itu, melalui tulisan ini Blogger Borneo ingin mengajak kawan-kawan untuk turut serta beralih menggunakan BBM dari jenis Premium ke Pertalite.
Tidak mengapa harganya sedikit lebih mahal, yang penting alam dan lingkungan bisa terus terjaga dan kendaraan yang selalu dibawa akan memiliki usia penggunaan lebih lama. (DW)


Artikel ini hanyalah simpanan cache dari url asal penulis yang berkebarangkalian sudah terlalu lama atau sudah dibuang :

https://bloggerborneo.com/program-langit-biru/

Kempen Promosi dan Iklan
Kami memerlukan jasa baik anda untuk menyokong kempen pengiklanan dalam website kami. Serba sedikit anda telah membantu kami untuk mengekalkan servis percuma aggregating ini kepada semua.

Anda juga boleh memberikan sumbangan anda kepada kami dengan menghubungi kami di sini
Kumpulkan Semua Pihak Mahfud Pastikan Kisruh Dualisme Sekda Papua Selesai

Kumpulkan Semua Pihak Mahfud Pastikan Kisruh Dualisme Sekda Papua Selesai

papar berkaitan - pada 6/3/2021 - jumlah : 171 hits
Menko Polhukam Mahfud Md angkat suara terkait kisruh dualisme sekretaris daerah di Papua Menurut dia semua sudah diselesaikan dan semua mencapai kata sepakat
Jokowi Minta Dukungan Ulama Sukseskan Program Vaksinasi Covid 19

Jokowi Minta Dukungan Ulama Sukseskan Program Vaksinasi Covid 19

papar berkaitan - pada 28/2/2021 - jumlah : 219 hits
Saya tahu selama pandemi ini ada jutaan Nahdliyin yang terdampak Ada ribuan pesantren dan lembaga pendidikan agama Islam yang juga terdampak katanya
Semua Pihak Diseru Tak Buat Spekulasi Isu Kalimah Allah

Semua Pihak Diseru Tak Buat Spekulasi Isu Kalimah Allah

papar berkaitan - pada 12/3/2021 - jumlah : 181 hits
KUALA LUMPUR 26 Rejab 1442H Khamis Menteri Dalam Negeri Datuk Seri Hamzah Zainudin menyeru semua pihak supaya tidak membuat sebarang spekulasi mahupun tafsiran sendiri berhubung keputusan Mahkamah Tinggi semalam mengenai isu kalimah Allah H...
Semua Benda Nak Masuk Dalam Mulut Fasa Mouthing Buat Anak Kenal Bentuk Pantaulah

Semua Benda Nak Masuk Dalam Mulut Fasa Mouthing Buat Anak Kenal Bentuk Pantaulah

papar berkaitan - pada 6/3/2021 - jumlah : 252 hits
Sudah menjadi satu kebiasaan apa sahaja yang dipegangnya anak akan memasukkan ke dalam mulut Bahaya pada bayi kita namun banyak yang dipelajari oleh anak kecil Ketika memegang dan memasukkan ke dalam mulut inilah anak anak belajar mengenai ...
Semua Kerusi Tradisi Umno Di Perak Akan Dipertahankan Dalam Pada Pru15 Mb Perak

Semua Kerusi Tradisi Umno Di Perak Akan Dipertahankan Dalam Pada Pru15 Mb Perak

papar berkaitan - pada 7/3/2021 - jumlah : 234 hits
Pengerusi Badan Perhubungan UMNO Perak Datuk Saarani Mohamad berkata kolaborasi sihat dan matang tanpa pertelingkahan itu perlu jika ingin mendapatkan sokongan dan kepercayaan rakyat bukannya saling bercakaran antara satu sama lain UMNO Per...
Kenapa Semua Salah Kan Saya Nelydia Senrose

Kenapa Semua Salah Kan Saya Nelydia Senrose

papar berkaitan - pada 7/3/2021 - jumlah : 435 hits
Selepas penangan drama Hati Yang Tersakiti kali ini Cinta Sekali Lagi turut mencuri perhatian penonton dengan jalan ceritanya yang memberi tekanan perasaan buat penonton Maka tidak hairanlah sekiranya drama ini juga antara yang menjadi topi...
Bila Burung Ini Lapar Semua Haiwan Dia Nak Makan

Bila Burung Ini Lapar Semua Haiwan Dia Nak Makan

papar berkaitan - pada 7/3/2021 - jumlah : 531 hits
Burung ni pelik sebab bila dia dah lapar sangat segala makhluk dia bantai nak makan Ini ke burung pelikan macam dalam cerita Finding Nemo tu Ada yang kata ini burung stork yang hantar bayi manusia ke rumah rumah tu Pernahkah anda memiliki h...
Cosmoderm Perfect Balanced Set Dengan Prebiotik Dan Calamine Sesuai Untuk Semua Jenis Kulit

Cosmoderm Perfect Balanced Set Dengan Prebiotik Dan Calamine Sesuai Untuk Semua Jenis Kulit

papar berkaitan - pada 4/3/2021 - jumlah : 277 hits
Cosmoderm Perfect Balanced Set Dengan Prebiotik Dan Calamine Sesuai Untuk Semua Jenis Kulit Masa CH terima dan unbox parcel ni terus jatuh cinta dengan packaging ala ala barbie house gituu Tapiii korang akan lagi jatuh cinta dengan produk y...
Karhutla Mengganas Pemprov Riau Perintahkan Semua Perusahaan Bantu Pemadaman

Karhutla Mengganas Pemprov Riau Perintahkan Semua Perusahaan Bantu Pemadaman

papar berkaitan - pada 6/3/2021 - jumlah : 229 hits
Dinas Perkebunan Pemerintah Provinsi Riau mencatat kebakaran hutan dan lahan di sana sudah mencapai 508 hektare sejak awal tahun 2021 Bahkan lebih dari 100 hektare di antaranya merupakan lahan di Cagar Biosfer Kabupaten Bengkalis
Fungi Wechat Yang Ramai Tak Tahu

Ziana Zain Duta Rasmi Csa Academy

Taman Tema Genting Highland

Di Masjid Muhammadiyah Nurul Yakin Paus Quran Dan Sains By Dr Hm Raki

Asan Lembu The Movie

Hospital Kuala Pilah

Potong Ikan Keluar Api

Ramadan Bazaars 2024 Exploring The Culinary Delights Of Selangor S Ramadan Bazaars



Koleksi 15 Lagu Hari Raya Terbaru Yang Meriahkan Aidilfitri 2024 Bakal Evergreen Bak Lagu Lama

6 Pantang Larang Penting Kalau Nak Selamat di Sekolah Asrama

Info Dan Sinopsis Filem 19 Puasa Playboys Of Plastik Hitam Astro First

Casimir Zeglen Paderi Yang Mencipta Jaket Kalis Peluru

Biodata Mohammad Rifdean Masdor Atlet Muay Thai Malaysia Yang Gegarkan One Championship Seangkatan Johan Ghazali Jojo


Mangkuk Correle 2024

Diy Toy For Toddler

Peristiwa Nuzul Al Quran Dan Bekalan Air

Swaylin Bechuanka Nuan Chord

Sanusi Henti Retorik Kxp Tumpu Projek Loji Rawatan Air

Attacks On Govt By Minority Groups Need To Be Curbed Zahid