Peristiwa 17 Juni Awal Hijrah Nabi Muhammad Bersembunyi Di Gua Tsur


Serangan dan makar pembunuhan kaum kafir Quraisy terhadap Nabi Muhammad SAW semakin gencar.
Mereka pun terus berupaya mencelakai Nabi SAW dan para sahabatnya.
Nabi kemudian memerintahkan kepada para sahabatnya untuk sembunyi-sembunyi hijrah ke Madinah.
Sedangkan Nabi SAW dan beberapa sahabatnya masih tinggal di di Mekkah. Nabi menunggu turunnya ayat dari Allah untuk pergi hijrah.
Tepat tanggal 26 Shafar 622 Masehi atau tepat 17 Juni, Nabi Muhammad SAW didampingi Sayyidina Abu Bakar Ash Shiddiq pergi ke Goa Tsur.
Nabi SAW memberi tahu Abu Bakar bahwa harus pergi hijrah malam itu dan menunjuk Abu Bakar untuk menyertainya.
Peristiwa itu terekam dalam Kitab Fatkhul Bari seperti dikutip dari quranpustaka.
عَنْ عَائِشَةَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهَا قَالَتْ اسْتَأْذَنَ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَبُو بَكْرٍ فِي الْخُرُوجِ حِينَ اشْتَدَّ عَلَيْهِ الْأَذَى فَقَالَ لَهُ أَقِمْ فَقَالَ يَا رَسُولَ اللَّهِ أَتَطْمَعُ أَنْ يُؤْذَنَ لَكَ فَكَانَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُولُ إِنِّي لَأَرْجُو ذَلِكَ قَالَتْ فَانْتَظَرَهُ أَبُو بَكْرٍ فَأَتَاهُ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ ذَاتَ يَوْمٍ ظُهْرًا فَنَادَاهُ فَقَالَ أَخْرِجْ مَنْ عِنْدَكَ فَقَالَ أَبُو بَكْرٍ إِنَّمَا هُمَا ابْنَتَايَ فَقَالَ أَشَعَرْتَ أَنَّهُ قَدْ أُذِنَ لِي فِي الْخُرُوجِ فَقَالَ يَا رَسُولَ اللَّهِ الصُّحْبَةَ فَقَالَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ الصُّحْبَةَ قَالَ يَا رَسُولَ اللَّهِ عِنْدِي نَاقَتَانِ قَدْ كُنْتُ أَعْدَدْتُهُمَا لِلْخُرُوجِ فَأَعْطَى النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِحْدَاهُمَا وَهِيَ الْجَدْعَاءُ فَرَكِبَا فَانْطَلَقَا حَتَّى أَتَيَا الْغَارَ وَهُوَ بِثَوْرٍ فَتَوَارَيَا فِيهِ فَكَانَ عَامِرُ بْنُ فُهَيْرَةَ غُلَامًا لِعَبْدِ اللَّهِ بْنِ الطُّفَيْلِ بْنِ سَخْبَرَةَ أَخُو عَائِشَةَ لِأُمِّهَا وَكَانَتْ لِأَبِي بَكْرٍ مِنْحَةٌ فَكَانَ يَرُوحُ بِهَا وَيَغْدُو عَلَيْهِمْ وَيُصْبِحُ فَيَدَّلِجُ إِلَيْهِمَا ثُمَّ يَسْرَحُ فَلَا يَفْطُنُ بِهِ أَحَدٌ مِنْ الرِّعَاءِ فَلَمَّا خَرَجَ خَرَجَ مَعَهُمَا يُعْقِبَانِهِ حَتَّى قَدِمَا الْمَدِينَةَ Dari Aisyah radliallahu anha, dia berkata, “Abu Bakr pernah meminta izin kepada Nabi shallallahu alaihi wasallam untuk hijrah ketika gangguan (orang-orang Quraisy) semakin menjadi-jadi, lalu beliau bersabda kepadanya: “Berdiam aja dulu.” Abu Bakar berkata, “Wahai Rasulullah, apakah anda hendak menunggu perintah?” Rasulullah shallallahu alaihi wasallam bersabda: “Aku berharap hal itu.” Aisyah melanjutkan, “Abu Bakr lalu menunggu (perintah hijrah), suatu hari yaitu diwaktu siang, Rasulullah shallallahu alaihi wasallam datang menemuinya, beliau lalu menyerunya: “Suruhlah orang-orang yang ada di sisimu untuk keluar.” Abu Bakr menjawab, “Sesungguhnya dia adalah kedua puteriku.” Beliau bersabda: “Apakah kamu merasa bahwa diriku telah diizinkan untuk berhijrah?” Abu Bakr berkata, “Apa perlu ditemani?” Maka Nabi shallallahu alaihi wasallam menjawab: “Benar, aku perlu ditemani.”
Abu Bakr berkata, “Wahai Rasulullah, sesungguhnya aku memiliki dua ekor unta yang telah aku persiapkan untuk berhijrah.”
Kemudian Abu Bakr memberi salah satu hewan tunggannya, yaitu al Jada`, keduanya pun berangkat hingga sampai di gua Tsur lalu keduanya bersembunyi di dalamnya.
Sementara Amir bin Fuhairah adalah seorang budak milik Abdullah bin Thufail bin Sahbarah, saudara seibu Aisyah, dan Abu Bakr juga memiliki beberapa ekor kambing perah, yang setiap pagi dan sore dibawa oleh Amir bin Fuhrairah untuk keduanya.
Kemudian ia pergi dimalam hari untuk menemui keduanya, selepas itu Amir bin Fuhairah pergi merumput sehingga tak satupun dari para penggembala yang tahu, tatkala Amir bin Fuhairah berangkat, maka Abu Bakr dan Nabi keluar mengikuti dari belakang hingga keduanya tiba di Madinah. ( HR. Bukhari) [ No. 4093 Fathul Bari] Shahih.
Persembunyian Nabi SAW dan Abu Bakar di Goa Tsur tersebut nyaris diketahui para musuhnya yang terus mengejar Rasulullah SAW.
Namun, dengan pertolongan Allah SWT, Rasulullah dan Abu Bakar selamat.
Peristiwa itu diabadikan dalam Alquran, Surat At Taubah:40
إِلَّا تَنصُرُوهُ فَقَدْ نَصَرَهُ اللَّهُ إِذْ أَخْرَجَهُ الَّذِينَ كَفَرُوا ثَانِيَ اثْنَيْنِ إِذْ هُمَا فِي الْغَارِ إِذْ يَقُولُ لِصَاحِبِهِ لَا تَحْزَنْ إِنَّ اللَّهَ مَعَنَا ۖ فَأَنزَلَ اللَّهُ سَكِينَتَهُ عَلَيْهِ وَأَيَّدَهُ بِجُنُودٍ لَّمْ تَرَوْهَا وَجَعَلَ كَلِمَةَ الَّذِينَ كَفَرُوا السُّفْلَىٰ ۗ وَكَلِمَةُ اللَّهِ هِيَ الْعُلْيَا ۗ وَاللَّهُ عَزِيزٌ حَكِيمٌ Artinya:
“Jikalau tidak menolongnya (Muhammad) maka sesungguhnya Allah telah menolongnya (yaitu) ketika orang-orang kafir (musyrikin Mekah) mengeluarkannya (dari Mekah) sedang dia salah seseorang dari dua orang ketika keduanya berada dalam gua, diwaktu dia berkata kepada temannya: “Janganlah berduka cita, sesungguhya Allah bersama kita”. Maka Allah menurunkan ketenangan kepada (Muhammad) dan membantunya dengan tentara yang kamu tidak melihatnya, dan Allah menjadikan seruan orang-orang kafir itulah yang rendah. Dan kalimat Allah itulah yang tinggi. Allah Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana.” (QS. at-Taubah: 40)
Mufasir Ibnu Katsir menerangkan, peristiwa itu terjadi pada tahun Nabi SAW melakukan hijrahnya.
Saat itu orang-orang musyrikin bertekad hendak membunuhnya atau menahannya atau mengusirnya. Maka Nabi Saw lari dari mereka bersama sahabatnya, yaitu Abu Bakar As-Siddiq.
Lalu keduanya berlindung di dalam Goa Sur selama tiga hari, menunggu agar orang-orang yang mencari dan menelusuri jejaknya kembali ke Mekah.
Sesudah itu beliau bersama Abu Bakar meneruskan perjalanan ke Madinah.
Abu Bakar merasa takut bila seseorang dari kaum musyrik yang mengejarnya itu dapat melihatnya yang akhirnya nanti Rasulullah Saw akan disakiti oleh mereka.
Maka Nabi Saw menenangkan dan meneguhkan hati ABu Bakar. Dalam ayat lain, Allah SWT berfirman:
وَإِذْ يَمْكُرُ بِكَ الَّذِينَ كَفَرُوا لِيُثْبِتُوكَ أَوْ يَقْتُلُوكَ أَوْ يُخْرِجُوكَ ۚ وَيَمْكُرُونَ وَيَمْكُرُ اللَّهُ ۖ وَاللَّهُ خَيْرُ الْمَاكِرِينَ Artinya:
“Dan (ingatlah), ketika orang-orang kafir (Qurais) memikirkan daya upaya terhadapmu untuk menangkap dan memenjarakanmu, atau membunuhmu, atau mengusirmu. Mereka memikirkan tipu daya dan Allah menggagalkan tipu daya itu. Dan Allah sebaik-baik Pembalas tipu daya.” (QS. al-Anfal: 30)
Bahwa orang-orang Quraisy mengadakan musyawarah di Mekah pada suatu malam.
Sebagian dari mereka mengatakan, “Besok pagi kita tangkap dia, lalu kita ikat.”
Yang mereka maksudkan adalah Nabi Saw. Sebagian yang lain mengatakan, “Tidak, tetapi kita harus membunuhnya.”
Sedangkan sebagian lagi mengatakan, “Tidak, tetapi kita usir saja dia.”
Lalu Allah Swt. memperlihatkan makar tersebut kepada Nabi-Nya. Maka Ali bin Abi Thalib Radhiallahu Anhu tidur di tempat tidur Rasulullah SAW.
Kemudian Nabi SAW sendiri berangkat menuju gua, sedangkan orang-orang musyrik semalaman menjaga Ali yang mereka sangka Nabi Saw.
Kemudian pada pagi harinya mereka menyerangnya secara bersamaan, tetapi ketika mereka membukanya ternyata dia adalah Ali. Allah membalas tipu muslihat mereka.
Lalu mereka bertanya, “Ke manakah temanmu ?” Lalu mereka menelusuri jejaknya.
Ketika mereka sampai di bukit, mereka kehilangan jejak, kemudian mereka mendaki bukit itu dan melewati gua yang dimaksud, tetapi mereka melihat di pintu gua itu ada sarang laba-laba.
Maka mereka berkata, “Seandainya dia memasuki gua ini, niscaya sarang laba-laba itu tidak akan ada lagi di mulutnya. Nabi Saw. tinggal di dalam Goa Tsur itu selama tiga malam. Muhammad ibnu Ishaq telah meriwayatkan dari Muhammad ibnu Jafar ibnuz Zubair, dari Urwah ibnuz Zubair yang telah mengatakan sehubungan dengan makna firman-Nya: Mereka memikirkan tipu daya dan Allah menggagalkan tipu daya itu. Dan Allah sebaik-baik Pembatas tipu daya, (Al-Anfal: 30) Yakni engkau (Muhammad) membalas tipu daya mereka dengan tipu daya-Ku Yang Mahateguh, hingga Aku selamatkan kamu dari mereka.
Wallahu a’lam.
Sumber: inews.id


Artikel ini hanyalah simpanan cache dari url asal penulis yang berkebarangkalian sudah terlalu lama atau sudah dibuang :

https://islamidia.com/peristiwa-17-juni-awal-hijrah-nabi-muhammad-bersembunyi-di-gua-tsur/

Kempen Promosi dan Iklan
Kami memerlukan jasa baik anda untuk menyokong kempen pengiklanan dalam website kami. Serba sedikit anda telah membantu kami untuk mengekalkan servis percuma aggregating ini kepada semua.

Anda juga boleh memberikan sumbangan anda kepada kami dengan menghubungi kami di sini
Nama Dan Kun Yah Nabi Muhammad Saw

Nama Dan Kun Yah Nabi Muhammad Saw

papar berkaitan - pada 24/6/2020 - jumlah : 208 hits
Rasulullah SAW memiliki beberapa nama iaitu MuhammadAhmadAl MahiAl AqibAl HasyirAl MuqaffiNabiyyur RahmahNabiyyut TaubahKhataman NabiyyinAbdullahDalilnya Allah Ta ala berfirman Muhammad itu sekali kali bukanlah bapak dari seorang laki laki ...
Tragedi George Floyd Ilmuwan Non Muslim Kagum Dengan Cara Nabi Muhammad Menentang Rasisme

Tragedi George Floyd Ilmuwan Non Muslim Kagum Dengan Cara Nabi Muhammad Menentang Rasisme

papar berkaitan - pada 6/6/2020 - jumlah : 450 hits
Kematian tragis George Floyd di Amerika Syarikat semakin bergema di seluruh dunia Ini dibuktikan dengan banyak kecaman masyarakat terhadap tragedi di sebalik kematian golongan Afrika Amerika Perbezaan kaum etnik agama dan sebagainya sering ...
Nabi Muhammad Yang Pertama Mengajarkan Anti Rasis Lihat Kasus Bilal

Nabi Muhammad Yang Pertama Mengajarkan Anti Rasis Lihat Kasus Bilal

papar berkaitan - pada 15/6/2020 - jumlah : 186 hits
Interaksi sosial antar kelompok etnis dan agama di Timur Tengah Amerika Serikat dan Uni Emirat Arab dilaporkan memburuk Di ketiga wilayah itu ada pergolakan antar umat beragama serta warga berkulit hitam dan coklat dengan mereka yang berkul...
Sejarah Hari Ini Nabi Muhammad Wafat Di Pelukan Siti Aisyah

Sejarah Hari Ini Nabi Muhammad Wafat Di Pelukan Siti Aisyah

papar berkaitan - pada 9/6/2020 - jumlah : 285 hits
Pada 8 Juni tahun 632 M Baginda Rasulullah Muhammad Sallalahu Alaihi Wassalam mengembuskan napas terakhirnya di Madinah yang kini bernama Arab Saudi Sosok pemimpin dan suri teladan umat Islam serta pemimpin politik paling berpengaruh di dun...
Nasab Nabi Muhammad Saw

Nasab Nabi Muhammad Saw

papar berkaitan - pada 24/6/2020 - jumlah : 233 hits
Adapun nasab beliau adalah anak dari Abdullah bin Abdul Muthalib bin Hasyim bin Abdul Manaf bin Qushay bin Kilab bin Murrah bin Ka ab bin Lu ay bin Ghalib bin Fihr bin Malik bin An Nadhr bin Kinanah bin Khuzaimah bin Mudrikah bin Ilyas bin ...
Sejarah Penamaan Muhammad Untuk Nabi Saw

Sejarah Penamaan Muhammad Untuk Nabi Saw

papar berkaitan - pada 24/6/2020 - jumlah : 176 hits
Tentang penamaan Muhammad untuk nama Nabi kita SAW ada beberapa riwayat yang menceritakan mengenai sejarahnya Dahulu di masa jahiliyah tak banyak orang yang menyandang nama Muhammad Bagi masyarakat jahiliyah kala itu nama ini masih teramat ...
Hiburan Macam Hidup Dalam Neraka Fathia Latiff Dedah Kisah Hijrah Kali Kedua

Hiburan Macam Hidup Dalam Neraka Fathia Latiff Dedah Kisah Hijrah Kali Kedua

papar berkaitan - pada 16/6/2020 - jumlah : 501 hits
contact form Mengakui perjalanan hidupnya bagai kusut dan tidak tenang selepas memutuskan untuk tidak lagi berhijab sekitar tahun lepas pelakon Fathia Latiff kini melalui fasa pencarian diri semula Menurut Fathia hidupnya tidak tenteram dan...
Dibawah Kerajaan Pn Jakim Tegas Pantau Perbuatan Hina Islam Nabi

Dibawah Kerajaan Pn Jakim Tegas Pantau Perbuatan Hina Islam Nabi

papar berkaitan - pada 23/6/2020 - jumlah : 366 hits
Timbalan Menteri di Jabatan Perdana Menteri Ahmad Marzuk Shaary hadir program dialog awam bersama Majlis Agama Islam Wilayah Persekutuan Jabatan Agama Islam Wilayah Persekutuan dan Pusat Pungutan Zakat di Kompleks Darul Kifayah di sini hari...
Kkb Polls Go Out To Vote With Peace Of Mind As Safety Assured Says Selangor Police

Kanak Kanak Usia 3 Tahun Sudah Boleh Diajar Berdikari Tahu Urus Diri Sudah Cukup Baik

Bnm Fines Habib Jewels Rm96 250 For Anti Money Laundering Breach

Business Community Heaves Sigh Of Relief At Stable Opr

Are Malaysian Consumers Missing The Target In Anti Israel Boycotts Of Western Brands

Pharmaniaga Komited Pulih Kewangan Keluar Status Pn17

Crisis Management 101

Siri Iqoo Z9 Yang Dikuasakan Oleh Snapdragon 7 Gen 3 Kini Dilancarkan Di Malaysia



Info Dan Sinopsis Filem Shaitaan 2024 Remake Filem Vash Kini Di Netflix

Biodata Emran Rijal Owner Jenama Emri Vision Suami Tyra Kamaruzzaman Founder BeauTyra

Biodata Tyra Kamaruzzaman Founder BeauTyra Yang Kahwin Bersuamikan Emran Rijal

Info Dan Sinopsis Drama Berepisod Dr Pontianak Astro Warna Sooka

10 Fakta Biodata Jabir Meftah Pelakon Drama Berepisod Racun Rihanna TV3


Refacing Vs Replacing Cabinets Cost Breakdown For Your Kitchen

Siapalah Punya Kerja

Pas No Decision Yet On Pn S Pm Candidate But Bersatu Backs Muhyiddin

In Focus As Malaysia Corruption Dragnet Widens Pm Anwar S Political Payback Threatens To Hurt Business Sentiment

If Only

Aidil Fitri 1445h