Pengertian Surat Dan Contoh Macam Macam Surat




Pengertian Surat dan Contoh Macam-Macam Surat - Di era modern, dan terus berkembangnya teknologi informasi dan komunikasi seperti saat ini, kita tidak usah repot jika ingin menghubungi orang lain yang jaraknya sangat jauh, kita bisa menggunakan ponsel/smartphone kita untuk sms, telepon, maupun video call. Pada waktu dahulu jika kita ingin menghubungi orang yang jauh alat yang digunakan adalah surat. Bicara tentang surat apakah Anda tahu apa itu surat? Jika belum simak ulasannya berikut ini.

Surat adalah sarana komunikasi untuk menyampaikan informasi tertulis oleh suatu pihak kepada pihak lain. Fungsinya mencakup lima hal: sarana pemberitahuan, permintaan, buah pikiran, dan gagasan; alat bukti tertulis; alat pengingat; bukti historis; dan pedoman kerja. Pada umumnya, dibutuhkan perangko dan amplop sebagai alat ganti bayar jasa pengiriman. Semakin jauh tujuan pengiriman surat maka nilai yang tercantum di perangko harus semakin besar juga. Baca juga Contoh Penulisan Amplop Surat Lamaran Kerja yang Baik dan Benar



SEJARAH SURAT DIDUNIA

1. Persia dan Mesir

Pada awalnya, surat berisikan dokumen-dokumen pemerintah yang biasa dikirimkan dari satu tempat ke tempat lain dengan kudaataupun kereta kuda. Sistem pengiriman pos di dunia dimulai di Mesirsekitar tahun 2000 SM. Di Mesir, di mana pertukaran kebudayaan dengan Babilonia terjadi, pembungkus surat atau amplop bisa berupa kain, kulit binatang, atau beberapa bagian sayuran. Mereka juga membungkus pesan mereka menggunakan lapisan tipis dari tanah liatyang dibakar. Sedangkan kekaisaran Persiadi bawah kekuasaan Cyrus sekitar tahun 600 SM menggunakan sistem pengiriman pesan yang terintegrasi. Pengendara kuda (Chapar) akan berhenti di titik-titik pos tertentu (Chapar-Khaneh). Di sini, pengendara kuda akan mengganti kudanya dengan yang baru untuk mendapatkan kecepatan maksimum dalam pengiriman pesan. Sistem ini disebut denganangariae.

2. China (Tiongkok)

Di sisi lain dunia, di China, sebuah pelayanan pos sudah dimulai sejak zaman Dinasti Chou pada 1122-1121 SM. Seperti di Persia, surat yang dikirimkan biasanya berisikan mengenai dokumen pemerintah. Sistem pengirimannya terdiri atas beberapa orang yang bergantian menyampaikan pesan tiap radius sembilan mil atau empat belas koma lima kilometer. Sistem ini semakin berkembang dengan jangkauan yang lebih luas pada masa pemerintahan Dinasti Hanpada tahun 202 SM hingga tahun 220 ketika China berhubungan dengan Romawi dan sistem pelayanan pos mereka.

3. India

Perkembangan pertumbuhan dan kestabilan politik di bawah kekuasaan Kekaisaran Mauryan(322-185 SM) memperlihatkan perkembangan infrastruktur di IndiaKuno. Kaum Mauryanmendirikan sistem pengiriman pesan, pendirian sumur umum, rumah peristirahatan, dan fasilitas-fasilitas umum lainnya. Pengiriman pesan dilakukan menggunakan kereta terbuka yang ditarik kuda yang disebut denganDagana. Selain itu, pada masa ini para penguasa juga melindungi tanah-tanah yang mereka punya dengan mengirimkan pesan kepada polisi atau agen militer tempat mereka berada dalam arus komunikasi seperti melalui pembawa pesan dan merpati pos. Terkadang masyarakat awam juga mengirimkan surat kepada kerabatnya yang tinggal berjauhan.

4. Romawi

Kerajaan Romawi sendiri memebangun sistem pelayanan pos paling canggih pada tahun 14 yang bersaing dengan China oleh Kaisar Augustus. Jangkauan sistem pelayanan pos ini mencakup seluruh dataran Mediteraniakarena adanya kebutuhan penyampaian pesan dari pemerintah Romawi dan militer antar provinsi. Kebutuhan ini memunculkan pembangunan jalan pos dengan beberapa stasiun untuk pergantian pengantar pengirim pesan setiap seratus tujuh puluh mil atau dua ratus tujuh puluh kilometer dalam periode waktu dua puluh empat jam. Akan tetapi pada akhirnya sistem ini tidak mampu bertahan karena adanya ketidakseimbangan antara jumlah surat yang dikirim dan waktu yang dibutuhkan untuk pengiriman surat tersebut pada abad sembilan di Eropa.

5. Renaisans hingga Saat Ini

Walaupun kerajaan-kerajaan di Barat mulai hancur, tidak berarti sistem pelayanan pos juga hilang begitu saja. Sistem ini dipertahankan setidaknya hingga abad ke sembilan sebelum akhirnya terpecah-pecah dan tidak digunakan lagi; berbeda dengan di Timur di Kekaisaran Bizantiumdi mana sistem tersebut bertahan lebih lama karena adanya penyerapan sistem tersebut oleh kerajaan Islamdi Baghdad.

Dengan perkembangan bisnis internasional yang semakin meluas, ada tuntutan seputar korespondensi bisnis. Perusahaan-perusahaan mulai membangun pelayanan pos milik mereka sendiri. Hingga abad 13 , hubungan antara pusat-pusat komersial bisnis Florence, Genoa, dan Sienatelah berjalan dengan pusat komersial bisnis di PrancisUtara. Hal ini menarik minat para pedagang di Eropa sehingga mereka memistiskan untuk menyediakan jalur internasioanl untuk berita dan bisnis. Pada saat itu pula sudah terdapat pelayanan pos antara Venesiadengan Konstantinopel, pusat kerajaan Islam pada saat itu.

Akan tetapi, dengan menguatnya negara-bangsa di Eropa, muncul lah tuntuan mengenai hak privasi atas surat yang dikirimkan. Usulan ini ditentang oleh pemerintah, di Prancis khususnya oleh France Louis XIdi mana ia menciptakan Royal Postal Service. Di sisi lain, pemerintah Inggris, Henry VIIImembangun pelayanan reguler menuju London. Sayangnya kedua sistem tersebut bukanlah untuk umum, tetapi untuk orang-orang pemerintahan. Surat-surat pribadi belum diakui hingga akhirnya pada tahun 1627 di Prancis diizinkan adanya pengiriman surat pribadi. Akhirnya pada 1680, William Dockwra membuka pelayanan pos privat yang menggunakan metode prabayar. Surat yang akan dikirimkan akan di cap untuk menujukan kapan dan kemana surat-surat tersebut ditujukan.

Saat ini kemajuan sistem pengiriman surat juga dipengaruhi oleh teknologi yang berkembang saat ini; misalnya surat udara ataupun surat elektronik. Surat udara pertama berasal dari Parispada September 1870 yang mengangkut lima ratus pounds surat dari atas balon udara. Sedangkan surat elektronik pertama ditemukan pada 1970 oleh Ray Tomlinson.

Layanan Pos di Indonesia

Perposan di Indonesia sudah dimulai sejak zaman Kerajaan Majapahit, Sriwijaya, dan Tarumanegaradalam bentuk tertulis atau surat menyurat. Huruf yang digunakan adalah huruf Palawayang menjadi aksara Jawadi kemudian hari. Surat-surat beredar di kalangan biarawan dan bangsawan seiring dengan masuknya Hindudan Buddhadi Indonesia. Pada waktu itu surat dibuat mengunakan batu, kayu, maupun kertas. Kertas di sini merujuk kepada bahan-bahan seperti kulit bambuyang diiris tipis-tipis dan menggunakan daun lontar.

Lalu, kedatangan Belanda di Indonesia juga turut memengaruhi perkembangan surat-menyurat di Indonesia. Pada tahun 1596, Datanglah Cornelis de Houtmanyang membawa surat bagi raja-raja di Jakartadan Banten. Pada waktu itu, surat yang beredar hanya ditujukan bagi pejabat resmi dan tidak mengandung pemberitaan tentang kompeni di Indonesia. Selain itu, pada saat itu pula, layanan pos walaupun sudah cukup maju, masih belum mencapai tahap teratur; masih tergantung pada kapal kompeni yang berlayar dari pulau ke pulau. Akhirnya, pada 26 Agustus 1746 dibangunlah kantor pos resmi pertama di Jakarta oleh Gubernur Jenderal G.W. Baron van Inhoff. Tujuan dibangunnya kantor pos ini untuk memfasilitasi dan menjamin keamaaan suarat-surat yang dikirim khususnya bagi mereka yang di luar Pulau Jawa.

Pada masa pemerintahan Daendelsdibangun jalan raya pos Anyer-Panarukan pada 1809 yang diselesaikan dalam satu tahun. Jalan ini terbetang sepanjang pantai utara Jawa Barathingga Jawa Timur. Pembangunan ini terinspirasi dengan pembangunan jalan pos di Kekaisaran Romawi dengan namaCursus Publicus. Dalam perjalanannya, terjadi berbagai perkembangan-perkembangan kecil seperti adanya tarif untuk pos yang melintasi laut. Pada masa pemerintahan Jepang, sempat dikenal pula Dinas Tabungan Pos untuk pengerahan uang bagi keperluan militer Jepang.

Setelah merdeka, terjadi pengambilalihan Jawatan Pos Telegraf dan Telpon (PTT) dari tangan jepang hingga akhirnya pada 27 Desember 1945 berhasil dikuasai. [13]Hari itu kemudian diperingati sebagai Hari Bakti Postel. Sejak saat itu, banyak terjadi perombakan sistem pos yang ada, termasuk perluasan-perluasan wilayah mencakup daearah-daerah yang sulit dijangkau.

Macam-Macam Surat

Surat secara umum digolongkan menjadi tiga yaitu surat pribadi, surat dinas, dan surat niaga apabila ditinjau dari segi bentuk, isi, dan bahasanya. Sedangkan apabila digolongkan berdasarkan berdasarkan pemakaiannya dapat dibagi menjadi tiga yaitu surat pribadi, surat resmi, dan surat dinas. Selain itu ada juga jenis surat lainnya yaitu Surat Lamaran Pekerjaan dan Surat Elektroik atau Email. Untuk contohnya tunggu artikel berikutnya. Baca juga Contoh Soal Tes Psikotes Kerja dan Jawabannya

Artikel ini hanyalah simpanan cache dari url asal penulis yang berkebarangkalian sudah terlalu lama atau sudah dibuang :

https://www.zonanesia.com/2021/01/pengertian-surat-dan-contoh-macam-macam_11.html

Kempen Promosi dan Iklan
Kami memerlukan jasa baik anda untuk menyokong kempen pengiklanan dalam website kami. Serba sedikit anda telah membantu kami untuk mengekalkan servis percuma aggregating ini kepada semua.

Anda juga boleh memberikan sumbangan anda kepada kami dengan menghubungi kami di sini
Contoh Contoh Surat Berhenti Kerja Untuk Pelbagai Jawatan

Contoh Contoh Surat Berhenti Kerja Untuk Pelbagai Jawatan

papar berkaitan - pada 2/1/2021 - jumlah : 468 hits
Contoh contoh surat berhenti kerja yang akan saya kongsikan adalah antara koleksi peribadi dan ada juga yang saya ambil dari sumber internet Untuk berhenti kerja juga kena ada tatacara tidak boleh cabut macam itu je Imej dan personaliti yan...
Agar Agar Sedut Oren Sunquick Pic Resipi Rare Tapi Sedap Nikmatnya Lain Macam Makan Waktu Sejuk

Agar Agar Sedut Oren Sunquick Pic Resipi Rare Tapi Sedap Nikmatnya Lain Macam Makan Waktu Sejuk

papar berkaitan - pada 12/1/2021 - jumlah : 430 hits
Agar agar mungkin sudah biasa namun agar agar sedut dengan gabungan susu cair ini membuatkan resipi agar agar yang satu ini cukup unik Manis dan sedap bila digabungkan bersama perasa Sunquick dan pic dalam tin Resipi ringkas dan unik yang d...
Jangan Menyesal Macam Saya Tengok Gajet Waktu Pkp Mata Anak Rabun Juling

Jangan Menyesal Macam Saya Tengok Gajet Waktu Pkp Mata Anak Rabun Juling

papar berkaitan - pada 13/1/2021 - jumlah : 288 hits
Dalam keadaan sekarang ini aktiviti anak anak duduk di rumah agak terhad Apabila anak bosan gajet atau handphone lah yang jadi peneman Walaupun dah banyak kajian dan pengalaman ibu bapa mengenai anak rabun akibat gajet namun disebabkan tida...
Pas Gesa Semua Pihak Henti Berpolitik Ketika Darurat Nampak Macam Tak Duduk Di Bumi

Pas Gesa Semua Pihak Henti Berpolitik Ketika Darurat Nampak Macam Tak Duduk Di Bumi

papar berkaitan - pada 13/1/2021 - jumlah : 208 hits
KUALA LUMPUR PAS menggesa semua pihak berhenti daripada berpolitik buat sementara waktu sepanjang tempoh darurat Presidennya Datuk Seri Abdul Hadi Awang turut menyifatkan pihak yang terus berpolitik ketika darurat seperti tidak berada di bu...
Video Macam Teh Tarik Lelaki Makan Biskut Siap Cicah Air Banjir Bikin Ramai

Video Macam Teh Tarik Lelaki Makan Biskut Siap Cicah Air Banjir Bikin Ramai

papar berkaitan - pada 14/1/2021 - jumlah : 241 hits
Banjir bukanlah suatu perkara asing lagi bagi rakyat Malaysia terutamanya setiap kali menjelang hujung tahun Bagi mereka yang terpaksa menghadapi dugaan banjir ini perlulah bertabah kerana ada segelintirnya rumah dinaiki air sehingga paras ...
Hiburan Saya Tidaklah Baik Sangat Tapi Akan Buat Perkara Macam Tu Adam Shah Nafi Bawa Anak Tidur Sebilik Dengan Kekasih

Hiburan Saya Tidaklah Baik Sangat Tapi Akan Buat Perkara Macam Tu Adam Shah Nafi Bawa Anak Tidur Sebilik Dengan Kekasih

papar berkaitan - pada 12/1/2021 - jumlah : 313 hits
Selain pengumuman PKP 2 0 oleh kerajaan kecoh juga di media sosial apabila pelakon Fatin Afeefa mendedahkan bahawa bekas suaminya telah membawa anak perempuan mereka Ivy Herra Sophia tidur sebilik dengan kekasih hatinya Ivy dikatakan telah ...
Rihanna Sendiri Mahir Bersolek Jurusolek Priscilla Ono Kongsi Teknik Berbedak Macam Pro

Rihanna Sendiri Mahir Bersolek Jurusolek Priscilla Ono Kongsi Teknik Berbedak Macam Pro

papar berkaitan - pada 12/1/2021 - jumlah : 234 hits
Bermekap seperti tidak bermekap Trend solekan natural ini mungkin kedengaran mudah tapi sebenarnya tidak Menurut Priscilla Ono jurusolek selebriti Rihanna yang juga Fenty Beauty Global MUA kemahiran memilih dan mengadun rona bedak asas adal...
Macam Yakin Menang La Kononnya

Macam Yakin Menang La Kononnya

papar berkaitan - pada 9/1/2021 - jumlah : 106 hits
Umno Bersatu Pas hanya akan runding kerusi dimenangi PH kata MB KedahMenteri Besar Kedah Muhammad Sanusi Md Noor berkata PAS Umno dan Bersatu hanya akan berunding di kerusi yang sebelum ini dimenangi Pakatan Harapan Jelasnya tiada pertembun...
3 Macam Golongan Manusia Saat Memperoleh Ilmu Dari Allah

3 Macam Golongan Manusia Saat Memperoleh Ilmu Dari Allah

papar berkaitan - pada 10/1/2021 - jumlah : 240 hits
Sebagaimana zaman kegelapan yang telah menelan habis semua kebenaran Tentu setiap insan yang masuk ke dalamnya akan terjauhkan dari cahaya Ilahi Namun Allah SWT berkehendak lain Dalam sebuah kegelapan zaman telah diturunkan Nur Muhammad seb...
E Jamin Judiciary Bar Agree On Proposal To Reinstate Similar E Bail System

Video Suspek Serang Balai Polis Ulu Tiram Maut Ditembak

Adakah Batuk Membatalkan Solat Ust Azhar Idrus

Kelebihan Berpuasa Hari Putih

Buasir Otak Tv Hadiah Hari Guru Ikut Kerja Bapa Be Like

More Than 20 Ji Members In Johor Igp

Kidzania Goodday Charge Smoothie Gym Kanak Kanak Pertama Di Malaysia

T18c24 Bayi Aina Muntah Susu Beku Macam Keju



Keputusan Markah Mingguan Senarai Lagu Tugasan The Hardest Singing Show Astro Malaysia

Biodata Syad Mutalib Pelakon Drama Berepisod Aku Bukan Ustazah TV3 Bunga Salju Astro Ria

Info Dan Sinopsis Filem Vina Sebelum 7 Hari 2024 Adaptasi Kisah Benar Kini Di Pawagam Malaysia

Biodata Founder Leeyanarahman Nur Liyana Abdul Rahman Yaana Yana Lee Usahawan Tudung Yang Terkenal Bersama Suaminya

Biodata Zubir Khan Penyanyi Lagu Yennode Macha Macha Macha Pemuda Bertangan Kudung Yang Menginspirasikan


Status Hartanah Hakmilik Sementera Kekal Freehold Leasehold

Proses Pengubahsuaian Malaykord Baru

Pantangnya Dicampur Belacan

Nasi Lemak Sambal Sotong Kembang

Hiburan Gagal Bayar Tunggakan Rm4 96 Juta Untuk Pesanan Pelitup Muka Jovian Apparel Disaman Pembekal

Sopir Mengantuk Bus Big Bird Tabrak 4 Orang Di Toba 2 Korban Meninggal