Pengertian Jaringan Nirkabel Dan Kelebihannya




Perkembangan teknologi menuntut masyarakat untuk bisa beradaptasi. Misalnya saja dengan adanya jaringan nirkabel yang dapat digunakan untuk memudahkan berbagai urusan. Nah, pada artikel ini saya akan membahas seputar pengertian jaringan nirkabel beserta jenis-jenisnya yang sering digunakan saat ini.
Pengertian Jaringan NirkabelJaringan nirkabel atau biasa disebut dengan wireless merupakan jenis jaringan yang dalam proses transmisi data tidak menggunakan kabel. Jaringan nirkabel secara fungsional merupakan suatu teknologi yang saling bertukar data antar dua perangkat tanpa menggunakan kabel.
Dalam prosesnya jaringan nirkabel menggunakan gelombang elektromagnetik seperti mikro, gelombang radio dan infra merah. Jadi, jaringan nirkabel akan lebih mudah untuk melakukan proses transfer data ke perangkat lainnya.

Perlu diketahui juga jika jaringan nirkabel ini mempunyai jarak jangkauan yang berbeda-beda. Ada yang bisa mencapai jaringan yang lebih luas atau lebih kecil. Hal tersebut dipengaruhi oleh jenis-jenis jaringannya. Umumnya contoh penggunaan jaringan nirkabel seperti Wi-Fi dan Bluetooth.
Macam-Macam Jaringan NirkabelSetelah mengetahui pengertian dari jaringan nirkabel, tak lengkap jika tidak mengetahui jenis-jenisnya. Hingga kini, ada empat jenis wireless yang biasa digunakan dalam kehidupan sehari-hari seperti WPAN, WLAN, WMAN dan WWAN.
1. WPAN (Wireless Personal Area Network)WPAN merupakan jenis jaringan nirkabel dengan area personal dan bisa terhubung pada berbagai koneksi nirkabel. Salah satu contoh dari jaringan ini yaitu Bluetooth. Sesuai dengan namanya jaringan ini penggunaannya hanya sebatas individu seperti untuk menghubungkan antara smartwatch dengan ponsel.

Keuntungan yang didapatkan jika menggunakan WPAN yaitu dapat menyediakan komunikasi yang lebih konsisten dan terjadi pada dua perangkat. Jaringan ini juga dapat meminimalisir data dibagikan ke luar jaringan. Adapun contoh perangkat WPAN meliputi ponsel, laptop, PDA, printer dan perangkat audio.
2. WLAN (Wireless Local Area Network)Adapun jenis jaringan nirkabel selanjutnya yaitu WLAN. Sesuai dengan namanya, jaringan ini dapat digunakan dengan jangkauan yang cukup luas hingga 2 km. Biasanya penggunaannya pada kantor, sehingga bisa menghubungkan lebih dari 2 perangkat sekaligus.

Kekurangan dari penggunaan jaringan ini mudah untuk diretas. Namun, hal tersebut dapat diminimalisir pada saat pembuatan awal untuk dilengkapi dengan sistem keamanan yang ketat. Hal tersebut bisa dilakukan dengan membatasi pengguna-pengguna tertentu serta menggunakan izin untuk akses.
3. WMAN (Wireless Metropolitan Area Network)Membahas mengenai pengertian dan jenis jaringan nirkabel, tak lengkap jika tidak mengetahui WMAN. Sesuai dengan namanya, jaringan ini dapat digunakan untuk menjangkau area tertentu atau sebuah kota. Keunggulannya dapat melakukan pengiriman data dengan layanan broadband wireless access.
WMAN juga merupakan teknologi dengan standar IEEE 802.16d. Standar tersebut dapat digunakan pada fixed WiMAX pada frekuensi 2 – 11 GHz. Keunggulan dari jenis jaringan nirkabel ini dapat memberikan kecepatan koneksi yang lebih tinggi. Sedangkan untuk jarak jangkaunya mencapai 8 km.
4. WWAN (Wireless Wide Area Network)
Jenis jaringan nirkabel yang terakhir yaitu WWAN. Sesuai dengan namanya jaringan ini mempunyai banyak keunggulan, diantaranya dapat menjangkau area yang lebih luas hingga satu negara. Perlu diketahui Jika jaringan ini menggunakan teknologi satelit dengan berbagai kecepatan.
Penggunaan jaringan ini juga bisa digunakan pada berbagai perangkat dengan daya pancar yang lebih tinggi. Biasanya digunakan pada menara menara telekomunikasi yang dapat memenuhi berbagai kebutuhan satu Kota hingga satu negara.
Kelebihan Jaringan Nirkabel
Meskipun jaringan nirkabel atau wireless mempunyai berbagai jenis, tetapi kelebihan yang dimiliki terbilang sama. Mengingat penggunannya tidak menggunakan kabel, tentu kelebihan yang dimilikinya cukup banyak. Untuk lebih jelasnya, berikut adalah kelebihan jaringan nirkabel.

Lebih praktis dalam penggunaannya, dikarenakan hanya perlu menyediakan alat pemancar.Jaringan nirkabel mempunyai akses dari mana saja, sehingga dapat menghubungkan berbagai perangkat selama masih bisa mendapatkan sinyal.Mendukung banyak perangkat tidak hanya komputer saja, tetapi juga bisa digunakan untuk semua smartphone.Jaringan nirkabel mudah untuk diperluas, sehingga penggunaannya akan sangat menguntungkan.Dapat meningkatkan produktivitas dalam sebuah perusahaan, karena dapat terhubung pada semua komputer.Keamanan jaringan nirkabel juga lebih ketat, apalagi tersedia berbagai fitur keamanan untuk menjaga data. Terutama data-data pribadi pada sebuah perusahaan.PenutupSekian penjelasan mengenai pengertian jaringan nirkabel dan kelebihannya yang biasa digunakan sehari-hari. Jadi bisa disimpulkan bahwa jaringan nirkabel memiliki banyak kelebihan yang cukup membantu dalam kehidupan sehari-hari..




Artikel ini hanyalah simpanan cache dari url asal penulis yang berkebarangkalian sudah terlalu lama atau sudah dibuang :

https://www.wendyandriyan.info/2021/11/pengertian-jaringan-nirkabel-dan.html

Kempen Promosi dan Iklan
Kami memerlukan jasa baik anda untuk menyokong kempen pengiklanan dalam website kami. Serba sedikit anda telah membantu kami untuk mengekalkan servis percuma aggregating ini kepada semua.

Anda juga boleh memberikan sumbangan anda kepada kami dengan menghubungi kami di sini
Liverpool Kekal Rekod Tanpa Kalah Jaringan Padu Dari Tiago Dan M Salah

Liverpool Kekal Rekod Tanpa Kalah Jaringan Padu Dari Tiago Dan M Salah

papar berkaitan - pada 26/11/2021 - jumlah : 170 hits
Keputusan Liga Juara Juara Eropah melibatkan Liverpool menentang Porto berkesudahan kelab Inggeris menang dua jaringan tanpa bolos Gol yang dijaringkan pada separuh masa kedua berjaya dirakamkan dengan sepakan tajam oleh Tiago menggagumkan ...
Pengertian Ping Dan Cara Menggunakan Googleping

Pengertian Ping Dan Cara Menggunakan Googleping

papar berkaitan - pada 17/11/2021 - jumlah : 153 hits
Masih di Variasi Blogger share Pengertian Ping dan Cara Menggunakan GooglePing cekidot PING adalah singkatan dari Packet Internet Gropher Pada umumnya Ping diartikan sebagai utilitas Internet yang digunakan untuk menentukan apakah alamat IP...
Pengertian Trc10 Dan Trc20 Dalam Crypto

Pengertian Trc10 Dan Trc20 Dalam Crypto

papar berkaitan - pada 18/11/2021 - jumlah : 536 hits
Pada artikel ini saya akan menjelaskan mengenai apa itu token TRC 10 dan TRC 20 yang menjadi kode dari jaringan crypto milik Tron dimana keberadaannya cukup terkenal selain token Setiap crypto memiliki protokol jaringannya sendiri yang berg...
Pengertian Trashtalk Dalam Dunia Game

Pengertian Trashtalk Dalam Dunia Game

papar berkaitan - pada 27/11/2021 - jumlah : 164 hits
Berbicara mengenai pengertian TrashTalk mengingatkan saya pada tahun 2010 hingga 2013 Dimana pada saat itu saya ikut meramaikan dunia game online seperti pointblank Lost Saga Ayo Dance dan sebagainya Ketika sedang asik bermain sering kali a...
Panduan Lengkap Tentang Brand Perlindungan Pendaftaran Dan Penegakan

Falling Trees Reveal Nation S Rotting Roots

Apa Nasib Veteran Tentera Malaysia

Why The Us Can T Win The Trade War With China And Shouldn T Try

Mudahnya Jadi Cikgu Sekolah

Hukum Baca Quran Dan Berzikir Tanpa Wuduk

Nicol David Wanita Asia Pertama Digelar Ratu Skuasy Dunia

More Than Genetics How Life Experiences Shape Our Health



Biodata Syad Mutalib Pelakon Drama Berepisod Aku Bukan Ustazah TV3 Bunga Salju Astro Ria

Info Dan Sinopsis Filem Vina Sebelum 7 Hari 2024 Adaptasi Kisah Benar Kini Di Pawagam Malaysia

Biodata Founder Leeyanarahman Nur Liyana Abdul Rahman Yaana Yana Lee Usahawan Tudung Yang Terkenal Bersama Suaminya

Biodata Zubir Khan Penyanyi Lagu Yennode Macha Macha Macha Pemuda Bertangan Kudung Yang Menginspirasikan

Info Penuh Senarai Peserta Juri Hadiah Cara Undi The Hardest Singing Show Astro Ria Sooka Program Realiti Mingguan Terbaru Malaysia


T18c24 Bayi Aina Muntah Susu Beku Macam Keju

Harris Alif Dari Idola Kecil Ke Selebriti Serba Boleh

Kerajaan Pahang Sumbang Rm8 000 Kepada Keluarga Allahyarham Konstabel Muhamad Syafiq

Road And Track A Lithe Bmw R80 Restomod By 46works

Mitarashi Dango

Anak Lelaki Cenderung Ada Autisme 4 Kali Ganda Dari Perempuan Dr Say Kongsi Faktanya