Pendudukan Dan Penjajahan Indonesia Di West Papua Harus Diakhiri


WEST PAPUA:

100% TIDAK MENERIMA PENGHINAAN BANGSAKU & RAKYATKU DENGAN STIGMA/ MITOS SEPARATIS, OPM, MAKAR & KKSB 

Oleh Dr. Socratez S.Yoman

1. Pendahuluan

Penjajah Pemerintah Belanda memberikan stigma kepada Ir. Sukarno dan para pejuang   Indonesia sebagai separatis dan pembuat makar.

Mengapa Ir. Sukarno dan teman-temannya melawan kolonial Belanda pada hal kolonial Belanda sudah membangun jalan, jembatan yang bagus di seluruh Jawa?

Ir. Sukarno menyadari bahwa Belanda ialah bangsa kolonial yang menduduki dan menjajah dan merampok kehormatan dan harta kekayaan Indonesia. Ir. Sukarno tidak terpengaruh dengan infrastruktur jalan dan jembatan yang dibangun penjajah Belanda. Ir. Sukarno tahu, sadar, mengerti bahwa jalan dan jembatan yang dibangun penjajah Belanda hanya untuk memperlancar mobilisasi lebih mudah bagi penjajah dalam merampok kekayaan Indonesia.
Separatis Ir. Sukarno dibuang & dipenjarakan di Ende Flores, diasingkan di Boven Digul di West Papua.

2. Nelson Mandela di Afrika Selatan

Madiba Nelson Mandela diberikan stigma Komunis oleh penguasa penjajah & kolonial kaum apartheid di Amerika Selatan. Nelson Mandela seorang terdidik dan berilmu dan berlatar belakang Sarjana Hukum. Ia pengacara.

Madiba bangkit dan melawan Apartheid dengan cara-cara cerdas, elegan, bermartabat. Madiba diasingkan dari rakyat dan bangsanya di penjara Roben Island jauh dari keluarga.

Demi hati nuraninya, demi bangsanya, demi rakyatnya, Madiba dengan para pejuang terdidik lain dipenjarakan selama 20 tahun. Madiba mengatakan bahwa di penjara ialah Perguruan Tinggi  terbaik & ia banyak belajar di penjara Roben Island.

Suara Kebenaran dipenjarakan. Suara Keadilan dipenjarakan. Suara Kejujuran dipenjarakan. Suara Kasih dan kedamaian dipenjarakan. Suara nilai kemanusiaan dipenjarakan. Suara kesamaan hak dan martabat manusia dipenjarakan.

Walaupun demikian, semua nilai universal ini tidak  dipenjarakan oleh kekuatan dan kekuasaan kolonial apartheid. Semuanya abadi.

2. Lahirnya Kesadaran Mohandas Mahatma Gandhi 

John McCain bersama Mark Salter dalam buku berjudul: "Karakter-Karakter yang Menggugah Dunia" dengan sangat indah mengabadikan pengalaman Moh.Gandhi, bapak dari rakyat & bangsa India.

Gandhi berpendidikan hukum di London dan berprofesi menjadi penasihat hukum. Kembali ke India dari London, Inggris dan dari India Gandhi ke Durban Afrika Selatan menjadi Penasihat hukum/Pengacara.

Penguasa Apartheid menamakan orang-orang India di Afrika Selatan dengan sebut "coolie" atau "Sami" artinya pelayan atau pesuruh.

Untuk pertama kalinya, Gandhi menjadi penasihat hukum/pembela Abdullah Seth.  Dalam ruang persidangan Gandhi diminta lepaskan turban/tutup kepala Indianya. Ia marah dan tinggalkan ruang sidang. Ia mau melepaskannya tapi Abdullah nasihati dia jangan melepaskannya. Kalau dilepaskan berarti ia akan mengecilkan hati orang India di Afrika Selatan.

Gandhi berbicara di koran Durban dan mengatakan bahwa ia tidak akan melepaskan hak untuk berbusana sesuai kebiasaan di negerinya dan bangsanya menggunakan turban.

Masalah ini dibahas banyak koran di Durban dan seluruh Afrika Selatan. Penguasa Apartheid menghina Gandhi dengan julukan: " Tamu yang tidak diharapkan dan Penasihat kelas coolie."

Beberapa hari kemudian Abdullah Seth mengirim Gandhi ke Pretoria dengan tiket kereta api kelas utama. Seorang penumpang kulit putih yang memasuki gerbong kelas utama merasa gusar dan marah menemukan seorang coolie berbusana Inggris duduk nyaman bersama orang Eropa. Orang kulit putih ini mengajukan protes kepada kondektur, dan Gandhi segera dipindahkan ke gerbong kelas tiga. Gandhi menolak. Ia diusir dan barang-barangnya disita dan ditinggalkan kedinginan yang luar biasa di malam musim dingin di ruang tunggu stasiun kerepa api.

Besoknya ia naik kereta yang lain dengan lancar. Tapi dalam perjalanannya ia dihina lebih parah. Gandhi disuruh pindah ke gerbong sebelah pengemudi. Ia menurut dan tidak mau diturunkan lagi.
Kondektur marah besar dan memukul dan mencederai dengan serius jika penumpang lain tak melerai dan boleh duduk bersama mereka.

"Gandhi mengalami penghinaan... selama tinggal di Afrika Selatan. Dalam beberapa minggu saja, ia menemukan bahwa orang Eropa abad ke-19 menganut hierarki ras, bahwa mereka ada di atas dan orang kulit berwarna di bawah.

Perjalanan ke Pretoria melahirkan perubahan besar dalam dirinya. Lenyap sudah rasa malu. Lenyap sudah rasa tak peduli. Lenyap sudah kenaifan tentang cara kerja dunia. Lenyap sudah ambisi pribadi sederhana untuk hidup pantas bagi keluarganya dan profesi terhormat. Lenyap sudah kebanggaan akan keangkuhan sendiri, digantikan martabat dan kukuh dan penghormatan akan martabat setiap manusia, teman maupun musuh, tak lebih besar atau kecil daripada penghormatan pada martabatnya sendiri. Inilah yang sungguh-sungguh menjadikannya sebagai Mahatma. Kelak ia memandang penghinaan itu dengan rasa syukur, karena semua merupakan petunjuk baginya. Ia menganggap itu sebagai titik balik kehidupannya. Jadi, Tuhan meletakkan batu landasan hidup saya di Afrika Selatan, tulisnya." (2002: hal 16,17).

4. Pejuang bangsa West Papua

Ketika Ir. Sukarno dan kawan-kawannya melawan kolonial Belanda di Indonesia  ia dan kawan-kawannya distigma separatis oleh kolonial Belanda.

Pada saat Nelson Mandela memperjuangkan hak kesetaraan dan keadilan dan kemanusiaan distigma komunis oleh kolonial apartheid di Afrika Selatan.

Mahadma Gandhi berjuang untuk martabat bangsanya India  distigma pembela dan penasihat kelas coolie. Ia dibuang dan dihina dari kereta dan tidur di stasiun kereta api dalam cuaca yang dingin dan dipukul dalam kereta api.

Watak kolonial Belanda, Apartheid sudah menjadi ilmu/pelajaran bagi kolonial Indonesia yang menduduki, menjajah,  menindas dan merampok bangsa West Papua dengan diberikan stigma OPM, Separatis, makar dan KKB/KKSB.

Pendudukan dan penjajahan Indonesia di West Papua HARUS diakhiri.

Waa....

IWP, 10/11/2018; 06:04

Artikel ini hanyalah simpanan cache dari url asal penulis yang berkebarangkalian sudah terlalu lama atau sudah dibuang :

https://phaul-heger.blogspot.com/2018/11/pendudukan-dan-penjajahan-indonesia-di.html

Kempen Promosi dan Iklan
Kami memerlukan jasa baik anda untuk menyokong kempen pengiklanan dalam website kami. Serba sedikit anda telah membantu kami untuk mengekalkan servis percuma aggregating ini kepada semua.

Anda juga boleh memberikan sumbangan anda kepada kami dengan menghubungi kami di sini
Arab Saudi Eksekusi Mati Tki Diam Diam Indonesia Harus Protes

Arab Saudi Eksekusi Mati Tki Diam Diam Indonesia Harus Protes

papar berkaitan - pada 1/11/2018 - jumlah : 215 hits
Untuk kesekian kalinya Arab Saudi dinilai telah mencederai etika diplomasi antara kedua negara yang seharusnya mengedepankan penghargaan atas hak asasi manusia
Mendagri Revolusi Mental Harus Jadi Gerakan Sosial Masyarakat Indonesia

Mendagri Revolusi Mental Harus Jadi Gerakan Sosial Masyarakat Indonesia

papar berkaitan - pada 6/11/2018 - jumlah : 213 hits
Tjahjo pada kesempatan tersebut menyampaikan bahwa revolusi mental bukanlah berorientasi pada proyek atau sekedar instruksi pemerintah tetapi harus menjadi gerakan sosial masyarakat Indonesia
Otonomi Khusus No 21 Tahun 2001 Karena Adanya Tuntutan West Papua Merdeka Bukan Kesejahteraan

Otonomi Khusus No 21 Tahun 2001 Karena Adanya Tuntutan West Papua Merdeka Bukan Kesejahteraan

papar berkaitan - pada 31/10/2018 - jumlah : 296 hits
WEST PAPUA OTONOMI KHUSUS NO 21 TAHUN 2001 KARENA ADANYA TUNTUTAN WEST PAPUA MERDEKA BUKAN KESEJAHTERAANOleh Dr Socratez S Yoman1 PendahuluanPemerintah Indonesia rakyat West Papua dan komunitas Internasional harus JUJUR mengakui topik artik...
Atasi Masalah Gizi Indonesia Harus Tingkatkan Konsumsi Susu

Atasi Masalah Gizi Indonesia Harus Tingkatkan Konsumsi Susu

papar berkaitan - pada 9/11/2018 - jumlah : 233 hits
Badan Pusat Statistik mencatat konsumsi susu masyarakat Indonesia pada tahun 2017 hanya berkisar 16 5 liter kapita tahun sangat rendah dibandingkan negara ASEAN lain sesuai data USDA Foreign Agricultural Service 2016 seperti Malaysia Thaila...
Ma Ruf Amin Indonesia Banyak Ahli Maki Maki Harus Hijrah Ke Arah Lebih Baik

Ma Ruf Amin Indonesia Banyak Ahli Maki Maki Harus Hijrah Ke Arah Lebih Baik

papar berkaitan - pada 5/11/2018 - jumlah : 263 hits
Ma ruf menyinggung soal banyaknya ahli maki di Indonesia Dia menyebut ahli maki di Tanah Air sebagai ahli makkiyun Ma ruf menginginkan di Tanah Air ini tidak ada lagi aksi saling maki
Ojk Bocorkan Tantangan Harus Dihadapi Agar Indonesia Tak Kalah Dari Negara Lain

Ojk Bocorkan Tantangan Harus Dihadapi Agar Indonesia Tak Kalah Dari Negara Lain

papar berkaitan - pada 13/11/2018 - jumlah : 164 hits
Tantangan itu berubah ubah sesuai waktunya dan bahkan sampai sekarang tantangan dibahas hari ini kemajuan teknologi luar biasa di bidang jasa keuangan kata Nurhaida
Ini Strategi Produk Sharp Indonesia Pada 2019 Termasuk Smartphone

Ini Strategi Produk Sharp Indonesia Pada 2019 Termasuk Smartphone

papar berkaitan - pada 29/10/2018 - jumlah : 194 hits
Produsen elektronik asal Jepang Sharp menjanjikan tetap ekspansif di Indonesia pada 2019 Meski dinilai tahun politik Sharp yang diakuisisi oleh Foxconn asal Taiwan ini bakal membawa bisnis baru dan produk smartphone pada tahun depan
Indonesia S Lion Air Plane Had Technical Problem In Previous Flight Ceo

Indonesia S Lion Air Plane Had Technical Problem In Previous Flight Ceo

papar berkaitan - pada 29/10/2018 - jumlah : 282 hits
JAKARTA An Indonesian Lion Air plane that crashed into the sea shortly after taking off from Jakarta on Monday had a technical problem on a previous flight but it had been resolved according to procedure the company s chief executive said T...
Jenis Pelaburan Terbaik Di Malaysia

Kenaikkan Harga Hotel Bajet Bakal Jejaskan Industri Pelancongan Negara

Datin Thalia Terkilan Dengan Sikap Buruk Pembantu Rumahnya

Kadir Jasin Warns Pmx Ph Against Falling Into The Trap To Free Najib

Pjd Link Cancellation Fahmi Tells Govt Critics To Read Pwd Statement

Pm Political Stability Making Malaysia Valued Investment Destination

Either You Are For The Working Class Or Against It Anwar You Can T Both Run With The Foxes And Hunt With The Hounds

Persatuan Hotel Bajet Sarankan Penggunaan Pekerja Asing Untuk Industri Perhotelan



8 Istilah Jerman Yang Kita Rakyat Malaysia Kerap Gunakan

Biodata Aizat Saha Pelakon Drama Berepisod Racun Rihanna TV3 Personaliti TikTok

Kenapa Platipus Haiwan Yang Membuatkan Saintis Merasa Hairan

Biodata Qistina Rania Pelakon Drama Berepisod Bercakap Dengan Jun Astro Ria Peserta Hero Dewi Remaja 2023

Biodata Dan Umur Adik Tantari Penyanyi Lagu Viral Rindu Hatiku Rindu Pesilat Cilik


Tukar Lesen Memandu Malaysia Ke Lesen Nsw Australia

Wordpress Block Patterns Give You Superpowers

Video 2 Helikopter Bertembung Ketika Raptai Di Pangkalan Tldm Lumut

9 Tips Mengajar Murid Kelas Belakang

Status Puasa Qadha Puasa 6 Syawal

Pesawat Helikopter Tldm Di Lumut Terhempas