Pbnu Sarankan Proses Legislasi Ruu Hip Dihentikan


Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) menyarankan agar seluruh proses legislasi Rancangan Undang-Undang Haluan Ideologi Pancasila (RUU HIP) dihentikan.
PBNU menilai, bangsa Indonesia tengah menghadapi pandemi Covid-19, sehingga tidak perlu menambah hal-hal yang bisa menimbulkan krisis politik, memecah belah keutuhan bangsa dan mengoyak persatuan nasional.
“Setelah dilakukan kajian mendalam terhadap naskah akademik, rumusan draf RUU HIP, dan catatan rapat Badan Legislasi DPR RI serta dicermati dengan seksama dinamika yang berkembang di masyarakat, maka sebaiknya proses legislasi RUU HIP dihentikan dan seluruh komponen bangsa memusatkan energinya untuk keluar dari pandemi dan berjuang memulihkan ekonomi nasional,” ujar Ketua Umum PBNU KH Said Aqil Siradj, Selasa (16/6).
Di tengah situasi bangsa yang sedang menghadapi krisis kesehatan dan keterpurukan ekonomi akibat pandemi Covid-19, Indonesia tidak perlu menambah beban sosial dengan memercikkan riak-riak politik yang dapat menimbulkan krisis politik, memecah belah keutuhan bangsa, dan mengoyak persatuan nasional.
PBNU berpandangan RUU HIP dapat menguak kembali konflik ideologi yang bisa mengarah kepada krisis politik.
Sebab, anyaman kebangsaan yang sudah dengan susah payah dirajut oleh pendiri bangsa (the founding fathers) bisa koyak kembali dengan rumusan-rumusan pasal RUU HIP yang menimbulkan polemik.
Terlebih PBNU berpandangan bahwa tidak ada urgensi dan kebutuhan sama sekali untuk memperluas tafsir Pancasila dalam undang-undang khusus.
Pancasila sebagai Philosophische Grondslag dan Staatsfundamentalnorm merupakan pedoman yang mendasari platform pembangunan nasional.
“Jika dirasakan ada masalah mendasar terkait pembangunan nasional di bidang demokrasi politik Pancasila, maka jalan keluarnya adalah reformasi paket undang-undang bidang politik (legislative review),” jelas KH Said Aqil Siradj.
PBNU berpandangan bahwa tindakan apapun yang dapat menimbulkan mafsadah bagi persatuan nasional wajib dihindari.
Sebab, Pancasila dirajut oleh para pendiri bangsa (the founding fathers) justru untuk mencegah perpecahan dan mempersatukan seluruh elemen bangsa dalam sebuah tenda besar.
PBNU menyarankan, jika ada masalah terkait dengan haluan pembangunan ekonomi nasional, yang dirasakan menyimpang dari jiwa demokrasi ekonomi Pancasila, maka yang perlu dipersiapkan adalah RUU Sistem Perekonomian Nasional sebagai undang-undang payung (umbrella act) yang secara jelas dimandatkan oleh Pasal 33 ayat (5) UUD 1945.
Lebih lanjut terkait Haluan Ideologi Pancasila, PBNU berpandangan bahwa Haluan Ideologi Pancasila itu tidak dapat diatur dalam suatu Rancangan Undang-Undang.
Karena sebagai staatsfundamentalnorm, Pancasila menjadi hukum tertinggi atau sumber dari segala sumber hukum yang termaktub di dalam Pembukaan UUD 1945.
Sebagai hukum tertinggi yang lahir dari konsensus kebangsaan, Pancasila tidak bisa diatur oleh peraturan perundang-undangan yang lebih rendah.
“Pengaturan Pancasila ke dalam sebuah undang-undang akan menimbulkan anarki dan kekacauan sistem ketatanegaraan,” kata KH Said Aqil Siradj.
Pancasila merupakan ideologi prinsip yang menjiwai sistem penyelenggaraan negara dan pemerintahan untuk mencapai tujuan dan cita-cita negara.
Pancasila sebagai Philosophische Grondslag adalah falsafah dasar yang menjadi pedoman untuk mewujudkan negara Indonesia yang merdeka, bersatu, berdaulat, adil dan makmur dengan tujuan melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia, memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa, dan ikut melaksanakan ketertiban dunia.
Sumber: republika.co.id


Artikel ini hanyalah simpanan cache dari url asal penulis yang berkebarangkalian sudah terlalu lama atau sudah dibuang :

https://islamidia.com/pbnu-sarankan-proses-legislasi-ruu-hip-dihentikan/

Kempen Promosi dan Iklan
Kami memerlukan jasa baik anda untuk menyokong kempen pengiklanan dalam website kami. Serba sedikit anda telah membantu kami untuk mengekalkan servis percuma aggregating ini kepada semua.

Anda juga boleh memberikan sumbangan anda kepada kami dengan menghubungi kami di sini
Menko Polhukam Soal Ruu Hip Pelarangan Komunisme Di Indonesia Bersifat Final

Menko Polhukam Soal Ruu Hip Pelarangan Komunisme Di Indonesia Bersifat Final

papar berkaitan - pada 14/6/2020 - jumlah : 339 hits
Dia mengungkapkan pemerintah akan mengusulkan pencantuman TAP MPRS Nomor XXV MPRS 1966 di dalam konsideran RUU HIP Dan Mahfud memastikan akan menolak jika ada usulan memeras Pancasila menjadi Trisila atau Ekasila
Habib Rizieq Tegaskan Ruu Hip Wajib Ditolak

Habib Rizieq Tegaskan Ruu Hip Wajib Ditolak

papar berkaitan - pada 10/6/2020 - jumlah : 199 hits
Imam besar Front Pembela Islam Habib Rizieq Shihab mengajak rakyat Indonesia untuk menolak Rancangan Undang undan Haluan Ideologi Pancasila Pasalnya RUU HIP dianggap mendegradasikan harkat dan martabat Pancasila itu sendiri Setidaknya ada t...
Fpi Cs Bersiap Gelar Aksi Tolak Ruu Hip Di Dpr

Fpi Cs Bersiap Gelar Aksi Tolak Ruu Hip Di Dpr

papar berkaitan - pada 25/6/2020 - jumlah : 272 hits
Sejumlah organisasi Islam yang tergabung dalam Aliansi Nasional Anti Komunis berencana menggelar aksi menolak Rancangan Undang Undang Haluan Ideologi Pancasila di depan Gedung MPR DPR Jakarta Rabu Ya benar di Gedung MPR DPR kata koordinator...
Mui Serukan Tolak Ruu Hip Patut Dicurigai Ingin Bangkitkan Paham Pki

Mui Serukan Tolak Ruu Hip Patut Dicurigai Ingin Bangkitkan Paham Pki

papar berkaitan - pada 14/6/2020 - jumlah : 284 hits
Dewan Pimpinan MUI menerbitkan maklumat Nomor Kep 1240 DP MUI VI 2020 menyikapi Rancangan Undang Undang Haluan Ideologi Pancasila yang akan segera dibahas DPR Dalam maklumat yang diikuti seluruh pimpinan wilayah MUI itu MUI menyerukan penol...
Ustadz Abdul Somad Sebut Ruu Hip Kerdilkan Pancasila

Ustadz Abdul Somad Sebut Ruu Hip Kerdilkan Pancasila

papar berkaitan - pada 15/6/2020 - jumlah : 188 hits
Pendakwah Ustadz Abdul Somad menyebut ada pihak yang mencoba mengerdilkan Pancasila lewat rancangan undang undang Haluan Ideologi Pancasila UAS mengaku khawatir Pancasila yang selama ini menyatukan umat berbeda agama di Indonesia lama kelam...
Ribuan Massa Gelar Aksi Tolak Ruu Hip Di Titik Nol Kilometer Yogyakarta

Ribuan Massa Gelar Aksi Tolak Ruu Hip Di Titik Nol Kilometer Yogyakarta

papar berkaitan - pada 21/6/2020 - jumlah : 291 hits
Syukri menjabarkan dari kajian yang dilakukan ada sejumlah pasal dalam RUU HIP yang dinilai bertentangan dengan UUD 1945
Ormas Islam Sumsel Hiv Rusak Imun Ruu Hip Rusak Iman

Ormas Islam Sumsel Hiv Rusak Imun Ruu Hip Rusak Iman

papar berkaitan - pada 26/6/2020 - jumlah : 179 hits
Rancangan UU HIP itu membahayakan Pancasila Ini jelas perselingkuhan busuk dari orang orang yang berusaha menghancurkan bangsa dan negara
Khawatir Bangkitkan Pki Mui Tolak Ruu Hip

Khawatir Bangkitkan Pki Mui Tolak Ruu Hip

papar berkaitan - pada 13/6/2020 - jumlah : 200 hits
Majelis Ulama Indonesia menyoroti Rancangan Undang Undang Haluan Ideologi Pancasila MUI menilai keberadaan RUU HIP telah mendistorsi substansi dan makna nilai nilai Pancasila sebagaimana yang termaktub dalam Pembukaan dan Batang Tubuh UUD 1...
Menteri Pppa Perumusan Ruu Pemilu Momen Penting Pastikan Suara Perempuan Terwakili

Menteri Pppa Perumusan Ruu Pemilu Momen Penting Pastikan Suara Perempuan Terwakili

papar berkaitan - pada 15/6/2020 - jumlah : 222 hits
Keterwakilan perempuan katanya bukanlah tujuan akhir Melainkan sebuah proses agar kebijakan yang dibuat berperspektif gender
Biasa Dari Negeri Yang Tak Pernah Lihat Kepesatan Negeri Yang Lebih Maju Dia Nampak Kedai Proses Ayam Ja

Why Pm Anwar Rafizi Steven Sim Should Be Worried About World Bank S Report On M Sian Education

This Five Cylinder Puch Proves There S No Replacement For Displacement

Drama Framed Lakonan Mimi Lana Meerqeen

Adab Tu Kena Ada Walaun Tak Dak Adab Ke Tak Sekolah

Ceramah Pn Tidak Dapat Sambutan Di Kuala Kubu Baharu Pas Boikot Calon Bersatu Prk Kkb

Mesyuarat Negara Negara Asean Dalam Bidang Sains Dan Teknologi Kuantum

Potensi Pemulihan Ringgit Terancam Jika Data Pekerjaan As Mengejutkan Negatif



Info Dan Sinopsis Drama Berepisod Aku Bukan Ustazah Slot Akasia TV3

Info Dan Sinopsis Drama Berepisod Bercakap Dengan Jun Slot DramaVaganza Astro Ria

5 Amalan Muslim Yang Sering Dijadikan Bahan Lawak di Malaysia

6 Fungsi Kereta Yang Sepatutnya Ada Tapi Tak Dijadikan Standard

5 Perkhidmatan Yang Kini Entah Kenapa Kita Langgan Bulanan


Turning Raw Data Into Stunning Presentations With One Click

Kurangkan Saiz Produk Tanpa Maklum Pembeli Boleh Kena Denda Rm35 000

Kes Pemerasan Rm1 25 Juta 3 Pegawai Kanan Polis Ditahan

Misteri Surat Addendum Pengampunan Najib

Aksi Tfc Tempang Tanpa Akhyar

Prk Kuala Kubu Bharu Sock Tao Garis Lima Teras Dalam Manifesto