Pahala Membaca Surat Al Kahfi Pada Hari Jumat


 
Surat Al Kahfi adalah surat ke 18 yang terdiri dari 110 ayat. Di dalamnya berisi cara menghadapi berbagai cobaan dan fitnah. Selain itu, di dalamnya terdapat beberapa kisah yang luar biasa, seperti:

·       Kisah Ashabul Kahfi. Yakni kisah Ashabul Kahfi yang rela meninggalkan kampung halamannya dalam keadaan terusir demi mempertahankan agamanya,

·       Kisah Shohibul Jannatain. Terdapat kisah pemilik kebun ‘Shohibul Jannatain’ yang mengajarkan untuk tidak mudah terpukau oleh harta dan tidak meninggalkan agama hanya demi urusan dunia,

·       Kisah Nabi Musa dan Nabi Khaidir. Kisah kedua Nabi Allah SWT ini mengajarkan pentingnya ilmu dan hidayah,

·       Kisah Nabi Zulkarnain. Kisah ini mengajarkan pentingnya amanat seorang pemimpin. Dia adalah pemimpin yang memiliki kekuasaan luas, dan menggunakannya untuk  menegakkan  keadilan dan syariat agama Allah ke seluruh dunia.

Waktu yang paling tepat untuk membaca surat Al Kahfi adalah di hari Jumat. Membaca surat ini di hari Jumat akan menjadi keutamaan surat Al Kahfi yang luar biasa. Di antaranya seperti diungkapkan oleh Rasulullah SAW ini:

مَنْ قَرَأَ سُورَةَ الْكَهْفِ فِى يَوْمِ الْجُمُعَةِ أَضَاءَ لَهُ مِنَ النُّورِ مَا بَيْنَ الْجُمُعَتَيْنِ

Artinya: “Barang siapa yang membaca surat Al-Kahfi pada hari Jumat, dia akan disinari cahaya di antara dua Jumat.” (HR Baihaqi)

Selain bagus untuk dibaca di malam Jumat, surat Al Kahfi juga sangat baik untuk dihafalkan. Ayat yang paling utama untuk dihafalkan adalah 10 ayat pertama. Namun, ada hadis riwayat yang menjelaskan bahwa yang baik dihafal adalah 10 ayat terakhir. Rasulullah SAW bersabda:

مَنْ حَفِظَ عَشْرَ آيَاتٍ مِنْ أَوَّلِ سُورَةِ الْكَهْفِ عُصِمَ مِنَ الدَّجَّالِ

Artinya: “Siapa yang menghafal sepuluh ayat pertama dari surat Al-Kahfi, maka ia akan terlindungi dari Dajjal.” (HR Muslim)

Karena surat ini bisa menyinari dan melindungi orang yang membacanya dari fitnah Dajjal, maka pantas disebut sebagai surat pelindung fitnah. Dengan memahami 4 kisah besar dalam surat Al Kahfi, cara terbaik untuk melindungi diri dari fitnah Dajjal adalah dengan tetap teguh kepada agama Allah SWT.

Berikut ini keutamaan Surat Al Kahfi yang menakjubkan

1. Dipancarkan Cahaya di Hari Kiamat

Orang yang membaca surat Al Kahfi pada malam Jumat atau hari Jumat, Allah akan memancarkan cahaya baginya kelak di hari kiamat. Sebagaimana sabda Rasulullah SAW:

مَنْ َقَرَأَ سُوْرَةَ الْكَهْفِ لَيْلَةَ الْجُمْعَةِ أَضَاءَ لَهُ مِنَ النُّوْرِ فِيْمَا بَيْنَهُ وَبَيْنَ الْبَيْتِ الْعَتِيْقِ

“Barang siapa membaca surat Al Kahfi pada malam Jumat, maka akan dipancarkan cahaya untuknya antara dirinya hingga baitul Atiq.” (HR Al Hakim, Al Baihaqi dan Ad Darimi)

2. Mendapat Petunjuk dan Bimbingan Allah

Cahaya yang dijanjikan itu tidak hanya di berikan pada hari kiamat, namun juga akan diturunkan di dunia. Yakni berupa petunjuk dan bimbingan Allah SWT. Salah satunya dengan diberi cahaya hingga Jumat berikutnya. Rasulullah SAW bersabda:

إِنَّ مَنْ َقَرَأَ سُوْرَةَ الْكَهْفِ يَوْمَ الْجُمْعَةِ أَضَاءَ لَهُ مِنَ النُّوْرِ مَا بَيْنَ الْجُمُعَتَيْنِ

Artinya: “Sesungguhnya barang siapa membaca surat Al Kahfi di hari Jumat, maka akan dipancarkan cahaya baginya antara dua Jumat.” (HR Hakim)

3. Diampuni Dosanya antara Dua Jumat

Keutamaan surat Al Kahfi berikutnya adalah orang yang membacanya di hari Jumat insya Allah akan mendapatkan ampunan antara dua Jumat.

مَنْ قَرَأَ سُوْرَةَ الْكَهْفِ فِي يَوْمِ الْجُمْعَةِ سَطَعَ لَهُ نُوْرٌ مِنْ تَحْتِ قَدَمِهِ إِلَى عَنَانِ السَّمَاءَ يُضِيْءُ لَهُ يَوْمَ الْقِيَامَةِ وَغُفِرَ لَهُ مَا بَيْنَ الْجُمْعَتَيْنِ

Artinya: “Siapa yang membaca surat Al-Kahfi pada hari Jumat, maka akan memancar cahaya dari bawah kakinya sampai ke langit, akan meneranginya kelak pada hari kiamat, dan diampuni dosanya antara dua Jumat.” (HR Ibnu Umar)

4. Diberi Rasa Sakinah

Keutamaan surat Al Kahfi juga akan membuat seseorang merasa tenang secara individu, maupun merasa sakinah dalam berkeluarga. Dalam sebuah hadis, Rasulullah SAW bersabda:

اقْرَأْ فُلاَنُ ، فَإِنَّهَا السَّكِينَةُ نَزَلَتْ لِلْقُرْآنِ ، أَوْ تَنَزَّلَتْ لِلْقُرْآنِ

Artinya: “Bacalah terus hai Fulan. Sesungguhnya awan itu adalah ketenangan yang turun saat engkau membaca Al Quran atau turun kepada Al Quran.” (HR Bukhari dan Muslim)

5. Terhindar dari Fitnah Dajjal

Nabi Muhammad SAW bersabda bahwa jika seorang manusia rajin membaca surat Al Kahfi tidak hanya di hari Jumat saja, maka dia akan terhindar dari fitnah dajjal yang keji. Dari Ibnu Umar RA berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda:

Dalam sebuah hadis diriwayatkan bahwa Rasulullah SAW bersabda: “Dajjal tidak akan muncul sehingga manusia melupakannya dan para Imam meninggalkan untuk mengingatnya di atas mimbar-mimbar.” (HR Ahmad)



Artikel ini hanyalah simpanan cache dari url asal penulis yang berkebarangkalian sudah terlalu lama atau sudah dibuang :

http://quranirabbani.blogspot.com/2022/04/keutamaan-membaca-surat-al-kahfi-pada.html

Kempen Promosi dan Iklan
Kami memerlukan jasa baik anda untuk menyokong kempen pengiklanan dalam website kami. Serba sedikit anda telah membantu kami untuk mengekalkan servis percuma aggregating ini kepada semua.

Anda juga boleh memberikan sumbangan anda kepada kami dengan menghubungi kami di sini
Update Covid 19 Hari Ini Jumat 29 April 2022

Update Covid 19 Hari Ini Jumat 29 April 2022

papar berkaitan - pada 30/4/2022 - jumlah : 110 hits
Kasus konfirmasi Covid 19 Indonesia hingga Jumat tercatat 6 046 467 Jumlahnya meningkat 395 dari data Kamis sebanyak 6 046 072
Ganjaran Pahala Berpuasa Pada 10 Muharram Dan Peristiwa Yang Terjadi Pada Hari Tersebut

Ganjaran Pahala Berpuasa Pada 10 Muharram Dan Peristiwa Yang Terjadi Pada Hari Tersebut

papar berkaitan - pada 22/4/2022 - jumlah : 171 hits
Saban tahun apabila menjelang bulan Muharram sudah tentu umat Islam akan mengingati tarikh 10 Muharram dengan pelbagai amalan dan ibadah yang dilakukan Apakah keistimewaan dan kelebihan yang ada pada hari ke 10 dalam bulan Muharram Di Malay...
Update Kasus Covid 19 Hari Ini 24 April 2022

Update Kasus Covid 19 Hari Ini 24 April 2022

papar berkaitan - pada 25/4/2022 - jumlah : 196 hits
Data ini dilaporkan Satuan Tugas Penanganan Covid 19 Minggu pukul 18 09 WIB Data yang bersumber dari Kementerian Kesehatan ini bisa diakses melalui covid19 go id dan kemkes go id
Jalan Lintas Timur Palembang Betung Macet Selama 2 Hari Ini Penyebabnya

Jalan Lintas Timur Palembang Betung Macet Selama 2 Hari Ini Penyebabnya

papar berkaitan - pada 25/4/2022 - jumlah : 118 hits
Untuk menghindar kepadatan di Jalintim tersebut pengemudi dari arah Provinsi Jambi ataupun Kota Palembang bisa melintasi jalan alternatif
Kondisi Terkini Jalan Lintas Timur Ruas Musi Banyuasin Palembang Usai Macet 2 Hari

Kondisi Terkini Jalan Lintas Timur Ruas Musi Banyuasin Palembang Usai Macet 2 Hari

papar berkaitan - pada 25/4/2022 - jumlah : 96 hits
Menurutnya aparat Satuan PJR Polda Sumsel telah diterjunkan mendampingi personel Satlantas Polres Kabupaten setempat untuk menerapkan tindakan pengaturan lalu lintas di sana
Pekeliling Sijil Cuti Sakit Swasta Dinaikkan Sehingga 180 Hari Bagi Tahun 2022 Ni

Pekeliling Sijil Cuti Sakit Swasta Dinaikkan Sehingga 180 Hari Bagi Tahun 2022 Ni

papar berkaitan - pada 24/4/2022 - jumlah : 740 hits
Pekeliling Sijil Cuti Sakit Swasta Dinaikkan Sehingga 180 Hari Bagi Tahun 2022 Mulai 18 April 2022 ini Ketua Jabatan boleh menerima Sijil Sakit Swasta bagi rawatan pesakit luar tanpa memerlukan tandatangan timbal daripada Pegawai Perubatan ...
Himpunan 30 Hari 30 Resipi Berbuka Puasa Khairul Aming Sepanjang Ramadan 2022

Himpunan 30 Hari 30 Resipi Berbuka Puasa Khairul Aming Sepanjang Ramadan 2022

papar berkaitan - pada 25/4/2022 - jumlah : 242 hits
Lampiran resipi Ramadan yang disiarkan dalam segmen 30 Hari 30 resipi Khairul Aming edisi sahur dan berbuka bagi tahun 2022 Sememangnya setiap tahun telatah dan golden voice Khairul Aming memeriahkan bulan puasa dengan video masakannya yang...
Video Muzik Hari Raya Berunsur Lgbt Cemar Kesucian Ramadan

Video Muzik Hari Raya Berunsur Lgbt Cemar Kesucian Ramadan

papar berkaitan - pada 25/4/2022 - jumlah : 208 hits
KUALA LUMPUR Yayasan Dakwah Islamiah Malaysia kesal atas penyebaran video muzik hari raya seorang usahawan kosmetik terkenal baru baru ini yang secara jelas mempromosi budaya songsang lesbian gay biseksual dan transgender Yang
Lirik Campak Bintang Faizal Tahir M Nasir

Two In Five Malaysians Might Quit If Required To Work More In Office Randstad

Lumira Di Eka Heights Kehidupan Bermakna Yang Dinantikan

Lumira Eka Heights Seremban Perumahan Gaya Hidup Moden

Plaza Premium Group Expands Flight Club Dining Brand At Kuala Lumpur International Airport Terminal 1

Dap S Dilemma Red Lines And Kuala Kubu Baharu

Ustadz Yang Membodoh Bodohi Jemaahnya Kata Frans Donal Di Bali By Dr H

Catat Nekad Berhaji Tanpa Visa Haji Bisa Dideportasi Dari Arab Saudi



10 Fakta Biodata Jabir Meftah Pelakon Drama Berepisod Racun Rihanna TV3

Biodata Dan Latar Belakang Adam Shamil Personaliti TikTok Terkenal

5 Negara Yang Memilih Untuk Tidak Menggunakan Matawang Sendiri

Info Dan Sinopsis Drama Berepisod Aku Bukan Ustazah Slot Akasia TV3

Info Dan Sinopsis Drama Berepisod Bercakap Dengan Jun Slot DramaVaganza Astro Ria


The Benefits Of Wearing Feelingirl S Bodysuits

Sepuluh Perkara Tetap Mengalir Pahalanya Setelah Mati

Hobi Baru

Beli Saldo Paypal Via Bank Line By Bank Hana

Akhirnya Dapat Beli Sobek

Selesai Sesi Marhaban 2024 1445h