Orang Islam Harus Tahu Isi Piagam Madinah Ini



Piagam Madinah merupakan suatu perjanjian formal antara Nabi Muhammad SAW dengan semua suku yang ada di Yastrib, sebutan Madinah ketika itu.
Sebagai umat, kita dianjurkan mengetahui isi perjanjian piagam madinah untuk melihat bagaimana pesan Rasulullah agar umat Islam saling membantu.



“Sebaiknya umat Islam mengetahui apa itu isi perjanjian piagam madinah,” kata pengasuh Pesantren Tahfizul Qur’an dan Ilmu Hadist Barokah Madinah Al-Minangkabawi, KH Zulkifli Ahmad Jundim Lc melalui dakwah virtualnya, Rabu (5/8).
KH Zulkifli mengatakan, pada saat Rasulullah SAW berhasil membangun masyarakat Islam di Madinah, saat itu Madinah dihuni oleh tiga kelompok besar. Yaitu :
Pertama, kelompok Muslim dari kalangan Muhajirin dan Ansar.
Kedua, kelompok musyrik, terdiri dari Bani Aus dan Khajraj. Ketiga, kelompok Yahudi yang terbagi dalam empat golongan, yaitu Bani Qainuqa, Bani Nadhir, Khaibar, dan Quraizah.



Rasulullah kemudian mempersaudarakan kaum Muhajirin dan Ansar dengan sebuah ikatan, yaitu ikatan akidah Islam Dakwah Illallah. Dengan ikatan persaudaraan itu, sehingga kedua kalangan ini menjadi bersaudara atas dasar ikatan kalimat “Laailaha Illahllah.”
Sementara itu, untuk mengatur interaksi dan hubungan dengan kaum Yahudi, Rasulullah membuat sebuah perjanjian yang dikenal dengan “Piagam Madinah”
Rasulullah bersabda: Bismillahirrahmanirrahim, ini adalah perjanjian dari Muhammad Nabi saw, antara kaum mukmin muslim dari kalangan Quraisy dan Yasrib, serta orang-orang yang mengikuti mereka.
Mereka satu dengan yang lainnya telah bergabung dan berjuang bersama-sama. Sesungguhnya mereka adalah umat yang satu, yang berbeda dengan seluruh umat manusia lainnya.
Orang mukmin itu tidak boleh membunuh orang mukmin demi membela orang kafir, juga tidak boleh menolong orang kafir, yang menghadapi, orang mukmin.
Sesungguhnya jaminan Allah adalah satu.
Dia melindungi orang-orang yang lemah. Kaum mukmin, sebagian mereka dengan sebagian yang lain, adalah saling tolong sesama manusia.



Orang yang mengikuti kami dari kalangan Yahudi, maka baginya adalah pertolongan dan keteladanan. Mereka tidak dianiaya dan tidak saling tolong dalam menghadapi kaum mukmin. Sesungguhnya keselamatan kaum mukmin adalah satu.
Orang mukmin tidak saling menyerahkan urusannya kepada selain mukmin dalam perang di jalan Allah, kecuali atas dasar kesamaan dan keadilan di antara mereka.
“Itulah kutipan isi Piagam Madinah, yang mencerminkan persaudaraan sesama mukmin. Piagam tersebut menggambarkan betapa Islam mengatur hubungan antarsesama mukmin.
“Yang saling tolong-menolong dalam kebaikan, saling menyayangi sesama manusia, saling bantu dalam menghadapi musuh-musuhnya,” katanya.
Namun, kodisi saling itu, kini sungguh jauh berbeda dengan kondisi kaum mukmin saat ini di kala sistem kehidupan bukanlah sistem Islam. Kaum mukmin tidak hidup dalam sebuah naungan daulah khilafah.
Karena, saat ini sesama Muslim aling bermusuhan, saling menanjolkan suku,kelompok dan golongan, primordialisme, muslim membantu kaum kafir membantai muslim lain. Dan bahkan ada yang membantu PKI untuk bangkit lagi,” katanya.



Kata dia, piagam Madinah yang dibuat oleh Rasulullah itu kini hanya sebagai sebuah sirah yang ditulis di buku-buku, tanpa aplikasi. Sungguh rasa persaudaraan itu telah lenyap dan kian terkikis.
Dalam surah Al-Hujurat ayat 10 Allah SWT berfirman, “Sesungguhnya mukmin itu bersaudara”.
Menutup majelisnya, KH Zulkifl mengajak kita menengadahkan tangan kita kelangit, untuk memohon ampunan atas kekeliruan dan kelalaian kita selama ini. “Mari kembali bersatu dalam panji-panji.
Rasulullah Saw, hidupkan Dakwah Nubuah, jalin silaturahmi, ajak manusia kepada kebaikan dengan kasih sayang dan cegah mereka dari kemungkaran,” katanya.
Sumber: republika.co.id
The post Orang Islam Harus Tahu Isi Piagam Madinah Ini appeared first on Ayo Baca.


Artikel ini hanyalah simpanan cache dari url asal penulis yang berkebarangkalian sudah terlalu lama atau sudah dibuang :

https://congkop.xyz/2020/08/05/orang-islam-harus-tahu-isi-piagam-madinah-ini/

Kempen Promosi dan Iklan
Kami memerlukan jasa baik anda untuk menyokong kempen pengiklanan dalam website kami. Serba sedikit anda telah membantu kami untuk mengekalkan servis percuma aggregating ini kepada semua.

Anda juga boleh memberikan sumbangan anda kepada kami dengan menghubungi kami di sini
Uri Bayi Harus Diuruskan Sebaiknya Ini Caranya Menurut Islam

Uri Bayi Harus Diuruskan Sebaiknya Ini Caranya Menurut Islam

papar berkaitan - pada 7/8/2020 - jumlah : 604 hits
Uri bayi atau istilah perubatannya disebut plasenta memang selalu kita dengar Sebaiknya uri bayi disempurnakan dan ditanam kerana ia sebahagian daripada bayi ketika dalam kandungan Tetapi dalam zaman serba moden ini ada yang menganggap perk...
Waketum Gerindra Mendesak Kangmas Jokowi Harus Turunkan Harga Bbm

Waketum Gerindra Mendesak Kangmas Jokowi Harus Turunkan Harga Bbm

papar berkaitan - pada 5/8/2020 - jumlah : 137 hits
Seiring turunnya harga minyak dunia pemerintah dalam hal ini Presiden Joko Widodo sudah seharusnya mengambil kebijakan untuk menurunkan harga Bahan Bakar Minyak apalagi saat ini di tengah pandemik Covid 19 Ini antara lain dalam rangka turut...
Bikin Heboh Gara Gara Video Viralnya Anji Yang Harus Minta Maaf Hadi Pranoto

Bikin Heboh Gara Gara Video Viralnya Anji Yang Harus Minta Maaf Hadi Pranoto

papar berkaitan - pada 3/8/2020 - jumlah : 179 hits
Anji seolah tak henti hentinya membuat kegaduhan Kali ini video wawancaranya dengan seseorang yang mengaku profesor Hadi Pranoto menjadi viral dan menuai hujatan netizen Dalam video berjudul BISA KEMBALI NORMAL OBAT COVID 19 SUDAH DITEMUKAN...
Benarkah Bekerja Di Bank Haram Dan Harus Cari Kerjaan Lain

Benarkah Bekerja Di Bank Haram Dan Harus Cari Kerjaan Lain

papar berkaitan - pada 5/8/2020 - jumlah : 218 hits
Bekerja di Bank apakah gaji dan tunjangan yang selama ini diterima karyawannya adalah haram Jawaban atas pertanyaan ini disampaikan pendiri Pusat Studi Alquran Jakarta Prof M Quraish Shihab sebagaimana dinukilkan dari dokumentasi Harian Rep...
Bersatu Umno Harus Bergabung Lawan Warisan

Bersatu Umno Harus Bergabung Lawan Warisan

papar berkaitan - pada 5/8/2020 - jumlah : 261 hits
Prn sabahParti Pribumi Bersatu Malaysia Sabah dan UMNO Sabah harus bergabung bagi menentang Parti Warisan Sabah dan gabungannya dalam Pilihan Raya Negeri akan datang Ketua Penerangan BERSATU Sabah Khairul Firdaus Akbar dalam satu kenyataan ...
Kisah Pilu Bocah 5 Tahun Ini Tidur Beralas Karton Dan Tiap Hari Harus Tuntun Ibunya Yang Buta

Kisah Pilu Bocah 5 Tahun Ini Tidur Beralas Karton Dan Tiap Hari Harus Tuntun Ibunya Yang Buta

papar berkaitan - pada 7/8/2020 - jumlah : 328 hits
Sehari hari Muhammad Hatta mengisi kegiatannya untuk menuntun sang ibu yang buta Hidup dalam kondisi yang serba kekurangan bocah berusia tahun tersebut sudah biasa tidur hanya beralas karton Kisah mengenai Hatta tersebut dibagikan akun sili...
Aliansi Mahasiswa Program Pkh Harus Bebas Dari Kepentingan Parpol

Aliansi Mahasiswa Program Pkh Harus Bebas Dari Kepentingan Parpol

papar berkaitan - pada 6/8/2020 - jumlah : 207 hits
Sejumlah organisasi mahasiswa mendukung kebijakan Menteri Sosial Juliari P Batubara terkait program keluarga harapan Di mana instruksi Mensos koordinator kabupaten kota PKH tidak boleh berstatus kader partai Kami mendukung sikap tegas Menso...
Din Syamsuddin Dkk Bikin Koalisi Refly Harun Hal Baik Harus Ikut

Din Syamsuddin Dkk Bikin Koalisi Refly Harun Hal Baik Harus Ikut

papar berkaitan - pada 3/8/2020 - jumlah : 180 hits
Pakar hukum tata negara Refly Harun mengungkap alasannya datang dalam acara pradeklarasi pembentukan Koalisi Aksi Menyelamatkan Indonesia di Fatmawati Jakarta Selatan Minggu 2 Agustus 2020 Menurut dia setiap orang memiliki cara sendiri dala...
Mulyadi Sebut Semua Pihak Harus Berkontribusi Majukan Sumbar

Mulyadi Sebut Semua Pihak Harus Berkontribusi Majukan Sumbar

papar berkaitan - pada 3/8/2020 - jumlah : 235 hits
Anggota Komisi III DPR Mulyadi maju di Pilkada Sumatera Barat Politikus Partai Demokrat ini ingin pembangunan Sumbar dengan melibatkan semua elemen masyarakat
Ph Must Safeguard Its Voter Base To Land Second Term For Anwar Says Analyst

Fungi Wechat Yang Ramai Tak Tahu

My Duty Role As Src Director Only Existed In Name Shahrol Tells Court

Ziana Zain Duta Rasmi Csa Academy

Taman Tema Genting Highland

Di Masjid Muhammadiyah Nurul Yakin Paus Quran Dan Sains By Dr Hm Raki

Tuah Adzmi Zack Zakwan Adikkk Muna Shahirah Wani Syaz Nurul Iman Ya Raya Chord

Neoclassical Apartments Interior Decor Inspirations



Koleksi 15 Lagu Hari Raya Terbaru Yang Meriahkan Aidilfitri 2024 Bakal Evergreen Bak Lagu Lama

6 Pantang Larang Penting Kalau Nak Selamat di Sekolah Asrama

Info Dan Sinopsis Filem 19 Puasa Playboys Of Plastik Hitam Astro First

Casimir Zeglen Paderi Yang Mencipta Jaket Kalis Peluru

Biodata Mohammad Rifdean Masdor Atlet Muay Thai Malaysia Yang Gegarkan One Championship Seangkatan Johan Ghazali Jojo


Tadabbur Surah Surah Lazim Qarin Persiapan Mencari Lailatulqadar

Singo Pear Manfaat Pada Kesihatan Dan Petua Redakan Batuk

10 Malam Akhir Ramadan 2024 Kelebihan Tarikh Amalan Sunat

Cara Daftar Lalamove Online Driver Motor Dan Kereta

Hablun Minallah By Dr Hm Rakib S H M Ag Nurul Ikhlas Pekanbaru

Doa Agar Amalan Diiterima Allah Sepanjang Bulan Ramadan