Muncul Usulan Tes Keperawanan Bagi Wanita Yang Akan Menikah Katanya Buat Kurangi Perceraian


Apa yang ada di benakmu saat tahu bahwa ada usulan baru soal syarat menikah, yakni melakukan tes keperawanan bagi wanita?
Kalau merasa usulan tersebut terlalu berlebihan karena menyangkut privasi seseorang, kamu adalah satu dari sekian juta wanita yang berpikiran hal yang sama.
Selama ini, belum ada satu pun negara yang memberlakukan aturan tersebut karena memang sifatnya yang sangat personal.
Tapi seorang hakim Indonesia bernama Binsar Gultom mengusulkan pengadaan tes keperawanan untuk mengurangi angka perceraian.
Sebagaimana dilaporkan Antara News, usulan yang tertuang dalam bukunya yang berjudul ‘Pandangan Kritis Seorang Hakim’, jelas langsung menuai kontroversi.
Usulan ini menimbulkan pro kontra dari berbagai pihak. Nah sebelum kamu beropini macam-macam, yuk simak dulu ulasan berikut ini!
Kasus perceraian yang tinggi di Indonesia jadi alasan kuat hakim Binsar Gultom mengusulkan tes keperawanan bagi wanita sebelum menikah
Hakim yang dikenal dari keterlibatannya menangani kasus kopi sianida Jessica Wongso ini memaparkan alasan perlunya tes keperawanan dilakukan, yakni untuk menekan angka perceraian di Indonesia.
Dilansir dari Detik, Binsar memaparkan data dari Badan Peradilan Agama Mahkamah Agung, dari 2 juta pernikahan di Indonesia, 300 ribu di antaranya bercerai dengan berbagai alasan, salah satunya karena keterpaksaan.
Perkawinan yang dilandasi keterpaksaan ini banyak terjadi karena hamil di luar nikah.
Adanya tes tersebut, menurut Binsar secara otomatis akan meminimalisir pernikahan akibat keterpaksaan sehingga tingkat perceraian pun ikut berkurang.
Tidak hanya wanita, para lelaki juga diusulkan menjalani tes keperjakaan sebelum memutuskan menikah. Memangnya bisa?
Agar tidak terjadi diskriminasi, seperti dikutip Detik, Binsar juga mengusulkan adanya tes keperjakaan bagi para calon pengantin pria.
Ia meminta para ahli kedokteran melakukan penelitian terkait prosedur untuk mengetahui apakah seorang lelaki masih atau sudah tidak perjaka.
Menurutnya dengan teknologi kedokteran yang sudah modern seperti sekarang, pasti cara itu bisa ditemukan.
Dirinya juga yakin bahwa hal itu bisa mencegah bibit-bibit perceraian timbul di kemudian hari apalagi kalau ternyata si istri baru tahu kalau keperjakaan suaminya terenggut di dunia malam atau rumah pelacuran.
Namun usulan tes yang dimaksud bukan sebuah ketentuan pakem dari negara yang mana setiap calon pengantin harus melalui prosedur resmi, tapi lebih ke arah keputusan internal keluarga
Usulan ini tidak secara langsung diajukan kepada pemerintah selaku pembuat kebijakan. Binsar sendiri menyadari kalau tes keperawanan atau keperjakaan ini sifatnya sangat privat sehingga sangat tidak mungkin kalau penerapannya diatur langsung oleh negara.
Usulan ini lebih diarahkan kepada keluarga yang bersangkutan, apakah menghendaki adanya tes tersebut pada anggota keluarga mereka yang mau menikah.
Orang tua diminta untuk memastikan apakah anak-anaknya menikah benar-benar atas dasar cinta dan ketulusan, bukan untuk menutupi aib.
Kalau memang masih ragu, para orangtua bisa melibatkan tim medis. Saat inilah orang tua bisa mengukur tingkat keseriusan anaknya.
Bila ada indikasi keterpaksaan, lebih baik jangan diteruskan karena rawan bercerai.
Selain tes keperawanan atau keperjakaan, ada beberapa hal yang menurut Binsar bisa dilakukan untuk menekan angka perceraian di Indonesia
Tes keperawanan atau keperjakaan bukan satu-satunya cara yang bisa dilakukan untuk menekan angka perceraian di Indonesia.
Binsar juga menyebut beberapa faktor lain seperti menaikkan syarat usia calon pengantin. Laki-laki dari 19 tahun jadi 25 tahun dan perempuan dari 16 tahun jadi 21 tahun.
Menurutnya, pernikahan yang dilakukan terlalu dini akan mudah memicu perceraian karena kedua mempelai belum dewasa mengambil keputusan.
Kedua, karena kondisi ekonomi juga sering menjadi alasan bercerai, memiliki pekerjaan jadi hal yang bisa diwajibkan bagi salah satu atau kedua calon pengantin.
Selain itu, syarat poligami juga harus diperketat, yang sebelumnya hanya perlu izin dari istri pertama, tapi selanjutnya suami yang akan poligami harus benar-benar memastikan bisa berlaku adil bagi istri-istri dan anak-anaknya. Bagi yang tidak bisa adil akan diberi sanksi hukum.
Usulan Binsar ini memang menimbulkan pro kontra karena dinilai akan melanggar privasi seseorang. Kalau menurut kalian gimana, setuju atau nggak?
Sumber: hipwee.com


Artikel ini hanyalah simpanan cache dari url asal penulis yang berkebarangkalian sudah terlalu lama atau sudah dibuang :

https://islamidia.com/muncul-usulan-tes-keperawanan-bagi-wanita-yang-akan-menikah-katanya-buat-kurangi-perceraian/

Kempen Promosi dan Iklan
Kami memerlukan jasa baik anda untuk menyokong kempen pengiklanan dalam website kami. Serba sedikit anda telah membantu kami untuk mengekalkan servis percuma aggregating ini kepada semua.

Anda juga boleh memberikan sumbangan anda kepada kami dengan menghubungi kami di sini
Lelaki Cedera Parah Keluar Suara Wanita Tua Selepas Pembedahan Ada Seseorang Muncul Waktu Maghrib

Lelaki Cedera Parah Keluar Suara Wanita Tua Selepas Pembedahan Ada Seseorang Muncul Waktu Maghrib

papar berkaitan - pada 14/9/2019 - jumlah : 153 hits
Tangkapan skrin dari Twitter Muhammad Haziq mengenai keadaan saudaranya selepas pembedahan akibat kemalangan Gambar dari Twitter Muhammad Haziq PERTAMA kali tengok video dia meracau memang meremang bulu roma saya demikian kata Muhammad Hazi...
Wanita Terkedu Wajah Misteri Muncul Dalam X Ray Kandungan

Wanita Terkedu Wajah Misteri Muncul Dalam X Ray Kandungan

papar berkaitan - pada 25/9/2019 - jumlah : 231 hits
Pasangan suami isteri Britainy Clark dan James Grouvel sama sekali tidak menyangka mereka akan menerima cahaya mata selepas doktor memaklumkan bahawa mustahil untuk mereka mendapat zuriat Wanita itu disahkan menghidap endometriosis yang man...
Wanita Idaman Lain Jadi Penyebab Tingginya Angka Perceraian Di Jatim

Wanita Idaman Lain Jadi Penyebab Tingginya Angka Perceraian Di Jatim

papar berkaitan - pada 18/9/2019 - jumlah : 46 hits
Mantan Menteri Sosial itu juga memaparkan penyebab terjadinya perceraian di Provinsi Jawa Tengah karena faktor tidak adanya tanggung jawab dari pihak suami Sementara perceraian di Jawa Barat karena faktor ekonomi
Ini Wanita Saudi Sedang Jogging Di Balik Abaya Hitam

Ini Wanita Saudi Sedang Jogging Di Balik Abaya Hitam

papar berkaitan - pada 11/9/2019 - jumlah : 90 hits
WANITA SAUDI SEDANG JOGGING DI TAMAN BERDEKATAN RUMAH October 13 2016Oleh Masnira RamliAssalamualaikum Beberapa hari lepas terdapat komen di Facebook yang menginginkan saya bercerita tentang wanita Saudi Mengikut pengalaman dan pengamatan s...
13 Aurat Wanita Yang Perlu Diketahui

13 Aurat Wanita Yang Perlu Diketahui

papar berkaitan - pada 11/9/2019 - jumlah : 56 hits
Wanita wanita yang dikasihi sekelian tunggu apa lagi tutuplah auratmu kerana ianya perintah dari Allah Allah yang menciptakan kamu Rabb yang memberikan kita kehidupan kekal abadi diakhirat kelak baik atau buruk diatas rahmat Dia dan bagaima...
Bekas Teman Wanita Riak Bila Dapat Pakwe Engineer

Bekas Teman Wanita Riak Bila Dapat Pakwe Engineer

papar berkaitan - pada 12/9/2019 - jumlah : 96 hits
Bekas teman wanita hina penjual burger riak dapat pakwe kerja engineer BUKAN semua perkara yang kita rancang dalam hidup ini berakhir seperti apa yang kita inginkan termasuklah soal hati dan perasaan Setiap pasangan yang bercinta sudah tent...
Tuala Wanita Percuma Bantu Pelajar Haid Hadir Sekolah

Tuala Wanita Percuma Bantu Pelajar Haid Hadir Sekolah

papar berkaitan - pada 11/9/2019 - jumlah : 58 hits
BUNGA Pads membantu menyediakan tuala wanita percuma untuk pelajar perempuan Orang Asli di pedalaman Sabah dan Sarawak Haid masih dianggap sebagai perkara tabu untuk dibincangkan dalam kalangan wanita Pada masa sama ramai pelajar perempuan ...
Video Lagi Panen Kangkung Kaki Wanita Ini Di Makan Buaya Dan Jempol Tangannya Putus

Video Lagi Panen Kangkung Kaki Wanita Ini Di Makan Buaya Dan Jempol Tangannya Putus

papar berkaitan - pada 11/9/2019 - jumlah : 85 hits
Wanita bernama Sakiah yang merupakan ibu rumah tangga harus menelan pil pahit saat mencari tanaman kangkung Kota Bontang Provinsi Kalimantan Timur Insiden nahas terjadi Minggu Sakiah yang saat itu sedang memetik kangkung untuk dimakan bersa...
Perghh Umur 64 Tahun Baru Merasa Masuk Mall Wanita Ini Enggan Keluar Kereta Alasannya Buat Ramai Bergenang Air Mata

Perghh Umur 64 Tahun Baru Merasa Masuk Mall Wanita Ini Enggan Keluar Kereta Alasannya Buat Ramai Bergenang Air Mata

papar berkaitan - pada 11/9/2019 - jumlah : 428 hits
Umur 64 tahun baru merasa masuk mall wanita ini enggan keluar kereta alasannya buat ramai bergenang air mata Intan dan ibu kesayangan Foto ihsan Intan Maisharah Husiani Pusat beli belah Aeon Mall Ipoh Klebang Foto Emily2u com TIADA detik ya...
Inilah Spesies Kucing Unik Yang Hidup Pada Ketinggian 4000 Meter Dari Aras Laut

Prk Kimanis Kita Kalah Lebih Teruk Daripada Dulu Tun Mahathir Kecewa

Kapcai Misteri Tiba Tiba Muncul Rempuh Superbike Peliknya Motor Berkecai Tapi Penunggangnya Lesap Dia Cuba Larikan Diri

Ramal Warisan Ph Menang Bergaya Kini Ilham Centre Salahkan Isu Pss Punca Kalah Suara Tv

Bukan Pss Faktor Utama

Post Mortem Prk Kimanis Sudah Tiba Masanya

Lawatan Singkat Ke Hoga Gaharu Tea Valley Gopeng

Dapat Bantuan Rm100 000 Nak Main Forex



Kisah Cubaan Mencuri Kapal Selam Soviet Dari Dasar Laut Oleh Amerika Syarikat Projek Azorian

Keputusan Markah Peserta Konsert Dansa Dan Sing Minggu Ketiga

Biodata Penyanyi Raja Syahiran Peserta Dansa Dan Sing

Ini Sebab Mengapa Tikus Sering Digunakan Dalam Kajian Dan Penyelidikan

Biodata Penyanyi Chubb E Peserta Dansa Dan Sing


Nasi Ayam

Resepi Sayur Lemak Putih Kelantan

Jangan Samakan Mercedes Dengan Unta Nabi S A W

Seawal 4 Bulan 5 Tahun Boleh Nampak Tanda Anak Delay Red Flag Ini Sebagai Panduan

Anak Yang Selalu Di Belai Tak Sibuk Tagih Perhatian Luar Ciumlah Peluklah Cuitlah Hati Anak

Operasi Pembenihan Awan Di Kedah Dan Pulau Pinang