Mengenal Apa Itu Depresi Dan Penyebabnya


Major Depressive Disorder (MDD) atau biasa disebut depresi merupakan penyakit mental yang yang ditandai dengan suasana hati yang tertekan, berkurangnya minat, gangguan fungsi kognitif dan gejala vegetatif, seperti gangguan tidur atau nafsu makan.
Depresi merupakan gangguan mental yang sangat kompleks. Hal itu dapat mempengaruhi cara berpikir dan cara bertindak seseorang, serta bisa membahayakan nyawa jika tidak ditangani dengan serius.
Depresi kerap kali dikaitkan dengan kesedihan. Namun, seseorang yang depresi tidak selalu merasa sedih. Bahkan beberapa dari mereka tidak bisa merasakan apa-apa, atau singkatnya, mati rasa. Tidak ada emosi apapun, serta merasa kosong atau hampa.
Sampai saat ini, penyebab depresi masih belum benar-benar diketahui. Namun para peneliti menduga, bahwa sebenarnya ada banyak penyebab depresi yang berbeda-beda dan tidak selalu dapat dicegah.
Penyebab Depresi Ada beberapa faktor yang menyebabkan seseorang mengalami depresi, diantaranya:
Genetik Ketidakseimbangan senyawa kimia pada otak Kondisi medis yang sedang dialami Penggunaan zat adiktif/obat terlarang Stres atau tekanan batin Trauma masa lalu Gejala Depresi Umumnya, seseorang yang mengalami depresi akan merasakan hal-hal berikut ini:
Insomnia/hypersomnia Perasaan bersalah Sedih berkepanjangan Merasa tidak ada harapan Merasa lelah sepanjang waktu Tidak nafsu makan/makan berlebihan Kehilangan gairah terhadap seks, maupun minat terhadap sesuatu yang menyenangkan (anhedonia) Apa Yang Dipikirkan Orang Depresi? Karena suasana hati yang buruk, sering kali yang dipikirkan orang depresi adalah hal-hal yang berhubungan dengan perasaan dan tekanan.
Seperti merasakan kesedihan, merasa tidak peduli dengan apapun, merasa bersalah, merasa ada banyak sekali yang dipikirkan sehingga menyebabkan perdebatan dan memikirkan bagaimana caranya mendapatkan ketenangan.
Meskipun tidak permanen, depresi dapat memunculkan pikiran untuk bunuh diri. Lebih tepatnya, mereka tidak ingin mengakhiri hidupnya, melainkan ingin mengakhiri penderitaannya.
Seseorang dengan kecenderungan berpikiran untuk bunuh diri hanya mempunyai dua pilihan; pergi mencari bantuan, atau berakhir dengan percobaan bunuh diri.
Selain menjadi penyakit mental, depresi juga bisa berdampak buruk bagi kesehatan tubuh. Hal ini menyebabkan pengidap depresi lebih rentan terhadap penyakit fisik.
Gangguan mental seperti ini membutuhkan penanganan profesional. Dan jika di antara kalian ada yang sedang mengalaminya, saya sarankan untuk segera pergi ke psikiater terdekat.
Kita sebagai manusia sudah seharusnya mempunyai empati, dan jangan pernah menghakimi manusia lain.
Jadi, apa yang harus dilakukan jika ada pengidap depresi yang membutuhkan pertolongan?
1. Bujuk dan antar mereka untuk meminta pertolongan tenaga profesional atau psikiater. Karena sering kali mereka merasa malu dan tidak ingin berkonsultasi ataupun berobat.
Jika tindakan tersebut gagal, tak perlu memaksa. Kalian bisa memulainya dengan menjadi pendengar yang baik. Tak perlu menghakimi, apalagi mengadu nasib. Alih-alih memberi solusi yang akan berakhir pada toxic positivity, lebih baik rangkul mereka. Cukup dengar, lalu peluk. Mudah, bukan?
“Being listened and accepted might be the help they need the most.”
Teruntuk kamu yang mengalami depresi, ingatlah kamu tidak sendirian.
Saya tidak tahu apa yang telah kamu lalui dan saya pun benar-benar tidak tahu apa yang kamu rasakan. Kalau memang terasa berat, berbagi bebanmu kepada orang terdekat.
Menanggung beban pikiran begitu melelahkan, bukan? Istirahatlah sejenak, tidak perlu memaksakan diri. Saya tidak tahu kapan penderitaan kamu akan berakhir. Boleh jadi esok, minggu depan, bulan depan, atau bahkan tahun depan.
“Time Heals All Wounds.”
Hanya waktu-lah yang benar-benar menyembuhkan. Yang jelas, masa-masa itu akan berlalu seiring berjalannya waktu. Jadi, bersediakah kamu untuk tetap bertahan?


Artikel ini hanyalah simpanan cache dari url asal penulis yang berkebarangkalian sudah terlalu lama atau sudah dibuang :

https://www.wendyandriyan.info/mengenal-apa-itu-depresi-dan-penyebabnya/

Kempen Promosi dan Iklan
Kami memerlukan jasa baik anda untuk menyokong kempen pengiklanan dalam website kami. Serba sedikit anda telah membantu kami untuk mengekalkan servis percuma aggregating ini kepada semua.

Anda juga boleh memberikan sumbangan anda kepada kami dengan menghubungi kami di sini
Mengenal Self Acceptance Ala Gita Savitri Kulit Tak Selalu Mulus Itu Manusiawi Banget Kok

Mengenal Self Acceptance Ala Gita Savitri Kulit Tak Selalu Mulus Itu Manusiawi Banget Kok

papar berkaitan - pada 31/7/2021 - jumlah : 224 hits
Kulit nggak mulus selera fesyen mentok itu itu aja nggak apa apa Aku sayang kok sama diriku ini
Apa Itu Affiliate Marketing

Apa Itu Affiliate Marketing

papar berkaitan - pada 31/7/2021 - jumlah : 228 hits
Saya banyak bercerita mengenai topik affiliate marketing dalam blog ini Kemudian saya tersedar satu perkara Walaupun saya telah menulis beberapa artikel dalam topik ini mungkin artikel tersebut kelihatan tak mempunyai kesinambungan antara s...
Apa Itu Islamictunes What Is Islamictunes

Apa Itu Islamictunes What Is Islamictunes

papar berkaitan - pada 30/7/2021 - jumlah : 315 hits
Apa itu IslamicTunes What is IslamicTunes IslamicTunes adalah sebuah digital social platform bagi komuniti penerbit pengusaha dan penggiat talent konten Islam dalam bentuk muzik audio dan video Visi IslamicTunes adalah sebagai Global Muslim...
Cerita Silam Itu

Cerita Silam Itu

papar berkaitan - pada 30/7/2021 - jumlah : 322 hits
Cerita silam itu tak berdosa bila dikenang Tak berkudis pun bila disimpan Juga tak luka berdarah pun bila dilepaskan Cerita silam jadi bahan sejarah yang tiada siapa pun peduli bila waktu kan berhenti Ada ketika yang tak bernilai pun boleh ...
Saya Dari Keluarga Susah Nampak Pak Cik Itu Macam Nampak Bapa Saya Mk K Clique

Saya Dari Keluarga Susah Nampak Pak Cik Itu Macam Nampak Bapa Saya Mk K Clique

papar berkaitan - pada 30/7/2021 - jumlah : 486 hits
MK K Clique Nak Bantu Pakcik Dalam Video Viral Baru baru ini viral satu video di media sosial berhubung tindakan seorang influencer yang didakwa memperlekehkan seorang warga emas Tindakan tersebut telah mengundang pelbagai respon daripada n...
Falling Trees Reveal Nation S Rotting Roots

Apa Nasib Veteran Tentera Malaysia

Why The Us Can T Win The Trade War With China And Shouldn T Try

Mudahnya Jadi Cikgu Sekolah

Hukum Baca Quran Dan Berzikir Tanpa Wuduk

Nicol David Wanita Asia Pertama Digelar Ratu Skuasy Dunia

More Than Genetics How Life Experiences Shape Our Health

Khai Bahar Bawa Hatiku Bersama Kamu Chord



Biodata Syad Mutalib Pelakon Drama Berepisod Aku Bukan Ustazah TV3 Bunga Salju Astro Ria

Info Dan Sinopsis Filem Vina Sebelum 7 Hari 2024 Adaptasi Kisah Benar Kini Di Pawagam Malaysia

Biodata Founder Leeyanarahman Nur Liyana Abdul Rahman Yaana Yana Lee Usahawan Tudung Yang Terkenal Bersama Suaminya

Biodata Zubir Khan Penyanyi Lagu Yennode Macha Macha Macha Pemuda Bertangan Kudung Yang Menginspirasikan

Info Penuh Senarai Peserta Juri Hadiah Cara Undi The Hardest Singing Show Astro Ria Sooka Program Realiti Mingguan Terbaru Malaysia


Gulai Udang Nenas

T18c24 Bayi Aina Muntah Susu Beku Macam Keju

Harris Alif Dari Idola Kecil Ke Selebriti Serba Boleh

Kerajaan Pahang Sumbang Rm8 000 Kepada Keluarga Allahyarham Konstabel Muhamad Syafiq

Road And Track A Lithe Bmw R80 Restomod By 46works

Mitarashi Dango