Mengapa Kabel Listrik Umumnya Menggunakan Bahan Tembaga


Kabel listrik mempunyai peranan yang sangat penting dalam dunia kelistrikan, Hal ini karena fungsi kabel listrik sebagai penghantarkan listrik dari suatu tempat ke tempat lain, dan tentunya bahan yang digunakan untuk pembuatan kabel tersebut adalah bahan konduktor. Konduktor adalah bahan yang dapat menghantarkan listrik dengan baik atau bahan yang mudah dialiri listrik.

Lalu pertanyaannya adalah, mengapa kabel yang umumnya digunakan untuk instalasi listrik terbuat dari bahan tembaga?
Meskipun sebenarnya banyak sekali bahan lainnya yang juga dapat digunakan untuk bahan pembuatan kabel listrik, misalnya seperti

- Besi - Tembaga - Kuningan - Aluminium - Nikel - Stainless steel - Seng - Platina - Perak - Emas - Dan berbagai bahan logam konduktor lainnya.
Meskipun terdapat banyak pilihan bahan konduktor (yang dapat menghantarkan listrik) untuk bahan pembuatan kabel listrik, namun yang paling umum digunakan dalam instalasi kelistrikan adalah kabel berbahan tembaga. Mengapa kabel yang umumnya digunakan untuk instalasi listrik umumnya terbuat dari bahan tembaga?

Sebenarnya terdapat beberapa alasan penting mengapa bahan tembaga sering kali dipilih untuk bahan pembuatan kabel listrik.

1. Alasan yang pertama adalah karena bahan tembaga termasuk jenis konduktor yang cukup baik dalam menghantarkan arus listrik, karena nilai hambatan jenis (rho) yang dimilikinya lebih kecil, dan tentunya semakin kecil tahanan jenis (Rho) yang dimiliki sebuah bahan konduktor maka akan semakin sedikit pula kerugian listrik yang akan dialaminya.

Jadi, tak ada salahnya untuk memilih bahan konduktor jenis tembaga sebagai kabel penghantar listrik, Namun pertanyaannya adalah apakah tembaga memiliki tahanan jenis (rho) yang paling kecil dibanding konduktor lainnya?

Jawabannya: Tidak.

Meskipun masih terdapat bahan konduktor jenis lainnya yang memiliki nilai hambatan jenis (rho) yang lebih kecil dari tembaga, Namun pada umumnya bahan tembaga yang lebih umum digunakan sebagai penghantar listrik? Mengapa demikian?

Jawabannya ada pada uraian di bawah ini.

2. Alasan kedua adalah dari segi ekonomisnya. sebagai contoh misalnya bahan perak yang memiliki tahanan jenis lebih kecil dibanding tembaga, sehingga menggunakan bahan perak akan lebih baik digunakan menghantarkan listrik dibanding menggunakan tembaga, tentunya ini karena kerugian tegangan akan lebih sedikit, Namun mengapa kabel berbahan perak jarang sekali digunakan dibanding tembaga?

Jawabannya adalah karena harga bahan perak lebih mahal dibanding tembaga, sehingga tembaga dinilai lebih ekonomis dan menjadikannya laku keras dipasaran sebagai bahan kabel penghantar listrik.

3. Alasan ketiga adalah karena tembaga termasuk bahan yang mudah melebur, mudah menyerap panas, dan juga mudah melepaskan panas tersebut, sehingga ketika tembaga dialiri arus listrik bila sewaktu-waktu terjadi gangguan maka kabel dapat putus, atau terjadi peningkatan suhu yang cukup drastis/cepat.

Dan peningkatan suhu dari penggunaan bahan tembaga yang cukup cepat ini, dapat kita fungsikan sebagai pengaman listrik yang akan bekerja berdasarkan thermal (panas), Contoh peralatan pengaman listrik yang digunakan untuk melengkapi fungsi thermal (panas) bahan tembaga seperti MCB, overload, sekring, dan lain sebagainya.

4. Alasan ke-empat adalah karena massa jenis  tembaga yang terbilang cukup kecil, sehingga tembaga mempunyai bobot yang cukup ringan.

5. Alasan ke-lima adalah tembaga memiliki kelenturan yang cukup bagus, sehingga dapat memudahkan pemasangan jaringan listrik atau instalasi listrik.

Demikian untuk artikel kali ini dan semoga bermanfaat.

Artikel ini hanyalah simpanan cache dari url asal penulis yang berkebarangkalian sudah terlalu lama atau sudah dibuang :

https://ambooyat5.blogspot.com/2020/05/mengapa-kabel-listrik-umumnya.html

Kempen Promosi dan Iklan
Kami memerlukan jasa baik anda untuk menyokong kempen pengiklanan dalam website kami. Serba sedikit anda telah membantu kami untuk mengekalkan servis percuma aggregating ini kepada semua.

Anda juga boleh memberikan sumbangan anda kepada kami dengan menghubungi kami di sini
Cara Mudah Membedakan Antara Kabel Fasa Netral Dan Arde Pada Instalasi Listrik

Cara Mudah Membedakan Antara Kabel Fasa Netral Dan Arde Pada Instalasi Listrik

papar berkaitan - pada 3/5/2020 - jumlah : 515 hits
Pada artikel kali ini saya mau memberikan penjelasan tentang cara mudah membedakan antara kabel fasa netral dan arde pada instalasi listrik di rumah rumah Oke sebelum membahas mengenai cara membedakan antara kabel fasa netral dan arde silah...
Cara Memilih Jenis Kabel Listrik Yang Sesuai Dengan Kebutuhan

Cara Memilih Jenis Kabel Listrik Yang Sesuai Dengan Kebutuhan

papar berkaitan - pada 10/5/2020 - jumlah : 345 hits
Kabel listrik merupakan suatu komponen yang sangat penting dalam suatu instalasi listrik tentunya di setiap sistem instalasi listrik atau segala sesuatu yang berkaitan dengan listrik pasti akan terpasang sebuah kabel listrik Kabel listrik t...
Memahami Arti Kode Huruf Dan Angka Pada Kabel Listrik

Memahami Arti Kode Huruf Dan Angka Pada Kabel Listrik

papar berkaitan - pada 7/5/2020 - jumlah : 551 hits
Setiap instalasi listrik di rumah kita pasti akan terpasang sebuah kabel listrik dan menariknya semua kabel listrik tersebut selalu tertera kode hurufnya masing masing mengikuti jenis kabelnya hal ini memang sengaja untuk semua kabel listri...
Objek Dalam Dunia Maya Kini Boleh Dipegang Menggunakan Sistem Wireality

Objek Dalam Dunia Maya Kini Boleh Dipegang Menggunakan Sistem Wireality

papar berkaitan - pada 24/4/2020 - jumlah : 291 hits
Teknologi realiti maya sudah dibangunkan sejak 1960an Ya kami yakin ramai yang mungkin menganggap teknologi ini baru sahaja dibangunkan tetapi tidak Sejak hari pertama lagi masalah sistem realiti maya ialah objek yang dipaparkan tidak boleh...
Bersedekah Menggunakan Aplikasi Sodakoq Delivery Sangat Mudah

Bersedekah Menggunakan Aplikasi Sodakoq Delivery Sangat Mudah

papar berkaitan - pada 23/4/2020 - jumlah : 610 hits
Salam Alhamdulillah dan terima kasih kerana kita mempunyai kerajaan yang sentiasa mendukung dan membantu rakyat untuk mengharungi kesusahan melawan Covid 19 Namun semenjak Pelaksanaan Perintah Kawalan Pergerakan ini dilaksanakan pasti ada y...
Iphone Se 2020 Disahkan Menggunakan Semula Majoriti Komponen Iphone 8

Iphone Se 2020 Disahkan Menggunakan Semula Majoriti Komponen Iphone 8

papar berkaitan - pada 24/4/2020 - jumlah : 336 hits
Seperti yang kami katakan sebelum ini iPhone SE 2020 hanya berkongsi nama dengan iPhone SE asal sedangkan ia sebenarnya lebih mirip sebuah iPhone 8 Tetapi video dari pengguna di China yang diterbitkan semalam mengesahkan iPhoe SE 2020 telah...
Panggilan Telefon Menggunakan Komputer Windows Kini Disokong Aplikasi Your Phone Amanz

Panggilan Telefon Menggunakan Komputer Windows Kini Disokong Aplikasi Your Phone Amanz

papar berkaitan - pada 25/4/2020 - jumlah : 369 hits
Menerusi aplikasi Your Phone Microsoft cuba memudahkan penggunaan telefon pintar pada komputer Windows 10 Pada awalnya ia sekadar memaparkan notifikasi telefon pada komputer sebelum menyokong fungsi salin tampal merentas sistem operasi Ming...
Kari Ayam Menggunakan Noxxa

Kari Ayam Menggunakan Noxxa

papar berkaitan - pada 23/4/2020 - jumlah : 523 hits
Covid 19 telah mengubah kehidupan biasa kita pada suatu norma baru kehidupan yang bermula selepas perintah kawalan pergerakan ditamatkan Walaupun tiada lagi covid 19 atau PKP telah ditamatkan kita akan masih terasa takut untuk bertemu atau ...
Pereka Fesyen Dikecam Rekaan Menggunakan Tulang Manusia

Pereka Fesyen Dikecam Rekaan Menggunakan Tulang Manusia

papar berkaitan - pada 26/4/2020 - jumlah : 417 hits
Seorang pereka fesyen dari Indonesia mendakwa dia membuat beg tangan dari lidah buaya dan tulang belakang kanak kanak Arnold Putra pada mulanya berkongsikan gambar beg itu untuk dijual di Instagram pada tahun 2016 Foto beg tersebut baru bar...
5 Sekawan Dipenjara 36 Tahun 12 Sebatan Kerana Bunuh

Eugene Levy S Toronto

Ringgit Has Been Unfortunate Unfairly Assessed Vs Us Dollar Bnm

Ringgit Closes Almost Unchanged As Opr Remains At 3

10 Penyanyi Berentap Dalam The Hardest Singing Show 2024 Kreativiti Luar Limitasi

Asal Usul Coca Cola

Perbadanan Kemajuan Negeri Pahang Kenal Pasti Potensi Pembangunan Sekitar Stesen Ecrl

Lumira Eka Heights Epitome Of Contemporary Living



Biodata Emran Rijal Owner Jenama Emri Vision Suami Tyra Kamaruzzaman Founder BeauTyra

Biodata Tyra Kamaruzzaman Founder BeauTyra Yang Kahwin Bersuamikan Emran Rijal

Info Dan Sinopsis Drama Berepisod Dr Pontianak Astro Warna Sooka

10 Fakta Biodata Jabir Meftah Pelakon Drama Berepisod Racun Rihanna TV3

Biodata Dan Latar Belakang Adam Shamil Personaliti TikTok Terkenal


Takut Ditangkap Khalwat Pecut Kereta Hingga Terbabas

6 Pegawai Kanan Dan Anggota Polis Ditahan Semula Mengikut Sosma

Apple Dilaporkan Meminta Maaf Atas Iklan Kontroversial Ipad Pro Nya

Kopi Saigon Indera Mahkota 7 Catat Jualan Tertinggi Daripada 100 Cawangan Seluruh Negara

Dua Kali Melalui Proses Bedah Bukan Mudah Shila Amzah Tak Dapat Melahirkan Secara Normal Bayi Dah Terbelit Tali Pusat

Liyana Jasmay Bakal Keluar Dua Single Baharu Rakam Lagu Di Jakarta Saya Taknak Mv Biasa Biasa