Mengapa Jumlah Rakaat Sholat Tarawih Di Bulan Ramadan Berbeda Beda Berapa Jumlah Yang Benar


Mengapa jumlah rakaat salat Tarawih berbeda-beda? Pertanyaan itu barangkali sering terbesit di benak umat Islam di bulan suci Ramadhan.
Beberapa masjid menegakkan salat tarawih sebanyak 11 rakaat (termasuk 3 rakaat witir), dan beberapa yang lain menegakkan shalat tarawih 23 rakaat.
Dan barangkali ada jumlah rakaat yang lain lagi. Tarawih merupakan salah satu shalat malam yang ditunaikan muslim di buloan Ramadhan.
Umumnya salat Tarawih dilakukan berjamaah di masjid. Namun, bukan berarti salat tarawih tidak bisa dilakukan sendiri atau munfarid.
Persoalan yang sering diperdebatkan tentang shalat Tarawih adalah mengenai jumlah rakaatnya.
Mengapa jumlah rakaat shalat Tarawih dapat berbeda-beda?
Berikut penjelasan terkait penyebab adanya perbedaan jumlah rakaat shalat Tarawih yang Tribunnews.com rangkum dari Islampos.com.
1. Tak Ada Hadits Shahih yang Mengatur Jumlah Rakaat Shalat Tarawih
Perbedaan terjadi karena tidak ada satupun hadits yang shahih dan sharih (jelas/eksplisit) yang menyebutkan jumlah rakaat shalat tarawih yang dilakukan oleh Rasululullah Saw..
Prof. Ali Mustafa Yaqub, M.A. menerangkan bahwa tidak ada satupun hadits yang derajatnya mencapai shahih tentang jumlah rakaat shalat tarawih.
Istilah shalat tarawih memang tidak ada pada masa Rasul) yang dilakukan oleh Rasulullah Saw..
Kalaupun ada yang shahih derajatnya, dari segi istidlalnya (penunjukan maknanya) tidak menyebutkan jumlah rakaat shalat tarawih.
2. Perbedaan Pandangan Tentang Penggolongan Jenis Shalat Tarawih
Terdapat perbedaan pandangan apakah shalat tarawih itu sama dengan shalat malam atau keduanya adalah jenis shalat sendiri-sendiri.
Abu Salamah bin Abdurrahman bertanya tentang shalatnya Rasulullah dalam bulan Ramadhan, maka Aisyah ra berkata,
مَا كَانَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَزِيدُ فِي رَمَضَانَ وَلَا فِي غَيْرِهِ عَلَى إِحْدَى عَشْرَةَ رَكْعَةً يُصَلِّي أَرْبَعًا فَلَا تَسْأَلْ عَنْ حُسْنِهِنَّ وَطُولِهِنَّ ثُمَّ يُصَلِّي أَرْبَعًا فَلَا تَسْأَلْ عَنْ حُسْنِهِنَّ وَطُولِهِنَّ ثُمَّ يُصَلِّي ثَلَاثًا “Tidaklah Rasulullah SAW menambah (rakaat shalat malam) di dalam bulan Ramadhan dan tidak pula diluar bulan Ramadhan dari 11 rakaat. Beliau melakukan sholat 4 rakaat dan janganlah engkau tanya mengenai betapa baik dan panjangnya, kemudian beliau kembali sholat 4 rakaat dan jangan engkau tanyakan kembali mengenai betapa baik dan panjangnya, kemudian setelah itu beliau melakukan sholat 3 rakaat,” (HR Bukhori dan Muslim, redaksi menurut Muslim no. 1219, Maktabah Syamilah v. 3).
Hadits ini dijadikan dasar bagi yang berpendapat bahwa shalat tarawih adalah 11 rakaat (termasuk witir).
Kalaupun bisa disepakati bahwa shalat tarawih adalah termasuk shalat malam yang dimaksud oleh hadits diatas, maka sebenarnya tidaklah dilarang untuk shalat malam lebih dari 11 rakaat.
Qadhi ‘Iyad menyatakan bahwa tidak ada perbedaan (ulama) bahwasanya shalat malam itu tidak ada batasan raka’atnya sehingga tidak boleh lebih atau kurang dari batasan tersebut.
Perbedaan yang terjadi hanyalah pada perbuatan Nabi, dan apa yang dipilih Nabi untuk dirinya.
Jadi, sebenarnya dari penjelasan ini saja bagi yang menyatakan shalat malam dengan tarawih itu sama maupun yang mengatakan berbeda–seharusnya sudah tidak perlu dipersoalkan, dan tidak ada bid’ah dalam jumlah rakaat ini, perbedaan yang ada hanya terbatas mana yang dianggap lebih afdhal, lebih baik atau lebih disukai (mustahab).
3. Perbedaan Riwayat Shalat Tarawih
Terdapat perbedaan riwayat yang menyatakan shalat tarawih secara jelas, yang dilakukan pada masa Umar bin Khattab (keduanya diriwayatkan Imam Malik ra).
Dari Saib bin Yazid ia berkata:
أَمَرَ عُمَرُ بْنُ الْخَطَّابِ أُبَيَّ بْنَ كَعْبٍ وَتَمِيمًا الدَّارِيَّ أَنْ يَقُومَا لِلنَّاسِ بِإِحْدَى عَشْرَةَ رَكْعَةً قَالَ وَقَدْ كَانَ الْقَارِئُ يَقْرَأُ بِالْمِئِينَ حَتَّى كُنَّا نَعْتَمِدُ عَلَى الْعِصِيِّ مِنْ طُولِ الْقِيَامِ “Umar bin Al-Khattab telah memerintahkan Ubay bin Kaab dan Tamim Ad-Dariy supaya keduanya mengimami orang-orang dengan melaksanakan sholat 11 rakaat, dia berkata: dan sesungguhnya qari (imam) membaca ratusan ayat (dalam satu rakaat) sampai kami bersandar pada tongkat kami karena lamanya berdiri,” (Imam Malik, Al Muwaththo, hadits no 232, Maktabah Syamilah v. 3)
Dalam kitab Fathul Bary di jelaskan bahwa mereka dalam satu rakaat membaca 200 ayat, Ubay bin Kaab mengimami laki laki, Tamim Ad Dary mengimami perempuan (di tempat yang berbeda), atau disebutkan Ubay bin Kaab mengimami dan dilain waktu Tamim Ad Dary yang mengimami (Ibn Hajar Al Asqalany, Fathul Bary, 6/292).
Kesimpulan
Tidak ada batasan jumlah rakaat, baik shalat malam maupun shalat tarawih (kalau dianggap berbeda dengan shalat malam).
Al Hafidz Ibnu Hajar Al Asqalani menulis berbagai pendapat tentang jumlah rakaat shalat tarawih, yakni 11, 13, 21,23, 24,26 (tanpa witir), 33, 36,39,41, 47 rakaat.
Perbedaan yang ada adalah dalam rangka meringankan. Jadi pembahasan jumlah rakaat kaitannya dengan kualitas bacaan shalatnya. Ibnu Hajar berkata, Perbedaan yang terjadi dalam jumlah rakaat tarawih mucul dikarenakan panjang dan pendeknya rakaatyang didirikan.
Jika dalam mendirikannya dengan bacaan-bacaan yang panjang, maka berakibat pada sedikitnya jumlah rakaat; dan demikian sebaliknya.
Jadi keseluruhan pendapat tentang jumlah rakaat shalat tarawih itu tidak ada yang salah.
Pilih saja mana yang kiranya lebih sesuai dan lebih memungkinkan bagi kita untuk melaksanakannya dengan khusyuk. Allahu a’lam.
Sumber: tribunnews.com


Artikel ini hanyalah simpanan cache dari url asal penulis yang berkebarangkalian sudah terlalu lama atau sudah dibuang :

https://islamidia.com/mengapa-jumlah-rakaat-sholat-tarawih-di-bulan-ramadan-berbeda-beda-berapa-jumlah-yang-benar/

Kempen Promosi dan Iklan
Kami memerlukan jasa baik anda untuk menyokong kempen pengiklanan dalam website kami. Serba sedikit anda telah membantu kami untuk mengekalkan servis percuma aggregating ini kepada semua.

Anda juga boleh memberikan sumbangan anda kepada kami dengan menghubungi kami di sini
Putuskan Hijrah Di Bulan Ramadan Ini 6 Tips Stylish Manfaatkan Baju Lama Untuk Penampilan Barumu

Putuskan Hijrah Di Bulan Ramadan Ini 6 Tips Stylish Manfaatkan Baju Lama Untuk Penampilan Barumu

papar berkaitan - pada 7/5/2019 - jumlah : 329 hits
Bulan puasa ingin mulai berhijab Jangan sampai niat baikmu terhambat baju baju lama Cek di sini tips padu padannya setelah berhijab
Bulan Ramadan Pertama Bersama Suami Inka Christie Dibantu Ibu Untuk Persiapkan Sahur

Bulan Ramadan Pertama Bersama Suami Inka Christie Dibantu Ibu Untuk Persiapkan Sahur

papar berkaitan - pada 7/5/2019 - jumlah : 347 hits
Ramadan tahun ini terasa berbeda bagi Inka Christie Sejak menyandang status barunya sebagai seorang istri membuat Inka sibuk mempersiapkan hidangan sahur dan buka puasa untuk sang suami
10 Cara Jimat Di Bulan Ramadan

10 Cara Jimat Di Bulan Ramadan

papar berkaitan - pada 8/5/2019 - jumlah : 495 hits
Salam 2 Ramadan korang semua Dah 2 hari kita berpuasa Ini bermakna dah 2 hari kita berjimat betul tak Ke terbelanja lebih dari hari biasa Tapi tahukah korang yang bulan puasa ni juga merupakan bulan untuk kita menabung atau melatih kita unt...
Video 5 Tips Kurus Cepat Bulan Ramadan Mesti Rampinglah

Video 5 Tips Kurus Cepat Bulan Ramadan Mesti Rampinglah

papar berkaitan - pada 8/5/2019 - jumlah : 385 hits
Tips nombor 3 tu mesti korang rasa hemmmpphh Tapi itulah yang boleh buat berat turun cepat
Pakai Baju Sendat Hadir Iftar Bersama Anak Yatim Safiey Dikatakan Tak Hormati Bulan Ramadan

Pakai Baju Sendat Hadir Iftar Bersama Anak Yatim Safiey Dikatakan Tak Hormati Bulan Ramadan

papar berkaitan - pada 8/5/2019 - jumlah : 421 hits
Pakai baju sendat hadir iftar bersama anak yatim Safiey dikatakan tak hormati bulan RamadanKedatangan bulan Ramadhan setiap tahun pasti dinantikan untuk memperbanyakkan ibadah salah satu ibadah yang dibuka oleh Allah untuk meraih mengejar p...
Ramadan Bulan Keinsafan Dan Bukan Bulan Pesta Makanan

Ramadan Bulan Keinsafan Dan Bukan Bulan Pesta Makanan

papar berkaitan - pada 7/5/2019 - jumlah : 327 hits
jadi bersederhanalah Semoga lapar dan dahaga bukanlah sia sia sebaliknya membawa hati merasa insaf pada merka yang sering tidak cukup segala Juadah sahur kami malam tadi Yang harus ada kubis masak air kesukaan En Suami Ikan masak sambal men...
Beginilah Gaza Menyambut Ramadan Gaza Saksikan Bedilan Roket Darah Dan Airmata Sebagai Pembuka Bulan Mulia

Beginilah Gaza Menyambut Ramadan Gaza Saksikan Bedilan Roket Darah Dan Airmata Sebagai Pembuka Bulan Mulia

papar berkaitan - pada 7/5/2019 - jumlah : 497 hits
Malam tadi sebelum Ramadan rupanya hari terakhir mereka di dunia Kejam dan melampau Hanya itu perkataan yang sesuai menggambarkan sifat dan tindakan zionis Israel yang tanpa henti membedil dan memusnahkan wilayah dihuni masyarakat Islam Pal...
Tkn Di Bulan Ramadan Kita Hentikan Caci Maki Seperti Sebutan Cebong Kampret

Tkn Di Bulan Ramadan Kita Hentikan Caci Maki Seperti Sebutan Cebong Kampret

papar berkaitan - pada 6/5/2019 - jumlah : 279 hits
Lewat momentum Ramadan kehangatan dan keakraban itu harus kita nyalakan kembali Mari perbanyak silaturrahim ibadah amal saleh dan kegiatan kegiatan lain yang bermanfaat bagi diri orang sekitar dan bangsa ini pungkasnya
8 Manfaat Luar Biasa Dari Kurma Sang Primadona Di Bulan Ramadan

8 Manfaat Luar Biasa Dari Kurma Sang Primadona Di Bulan Ramadan

papar berkaitan - pada 6/5/2019 - jumlah : 307 hits
Buah kurma ini sendiri memiliki segudang vitamin dan nutrisi di dalamnya yang membuatnya sangat cocok dikonsumsi untuk mencukupi asupan ketika berpuasa
Malaysia Weighs Casino Licence To Revive Forest City

High Court Fixes 3 Additional Trial Dates To Complete 1mdb Case

Of Second Rate White People And Malaysia Pushing For Genocide

Sabah Peroleh Rm580 Juta Hasil Jualan Minyak Mentah

Since Mic Pointless Pn Confident Of Marginalised Indian Votes

Norjuma Didakwa Lima Pertuduhan Mencederakan Tiga Individu Lakukan Khianat

Ministers Hit Out At Us Academic S Safety Claim

Berjalan Bersama Pengguna Inovasi Pengalaman Interaktif Zuhyx



5 Trend Bodoh Netizen Yang Nampaknya Semakin Menjadi Jadi

Info Dan Sinopsis Drama Berepisod Puaka Cuti Semester Slot Lestary TV3

Biodata Rozana Rozek TV Youtuber Resipi

8 Istilah Jerman Yang Kita Rakyat Malaysia Kerap Gunakan

Biodata Aizat Saha Pelakon Drama Berepisod Racun Rihanna TV3 Personaliti TikTok


Masdo Perih Jerih Chord

Apabila Sang Profesor Datang Melawat

Work Harder At Communicating Achievements On Reforms Govt Told

Isn T Akmal S Call To Reject Passport Renewal Based On Bm Fluency A Disservice Amid Looming Kkb Polls

Saat Jenazah Berada Di Liang Lahad

The Evolution Of Adult Entertainment