Media Asing Ungkap Dua Alasan Kenapa Pesawat Ri Sering Jatuh




 Bukan cuma di dalam negeri saja, jatuh-nya pesawat Sriwijaya Air SJ 182 di sekitar Pulau Lancang dan Pulau Laki Sabtu, 9 Januari 2021, turut disorot media asing.


Pasca insiden Sriwijaya Air, yang menewaskan 43 penumpang dewasa, 7 penumpang anak, 3 penumpang bayi, dan 12 kru, banyak media asing kemudian coba menggambarkan bagaimana kondisi penerbangan di Tanah Air.




Salah satunya adalah Bloomberg, media yang berbasis di Amerika Serikat. Dalam tulisannya baru-baru ini, media bisnis kawakan ini menyebut setidaknya ada dua faktor utama mengapa pesawat di RI sering jatuh.


Lantas, apa saja faktor-faktor yang dimaksud. Pertama, kata media tersebut, adalah faktor cuaca buruk. Ya, Indonesia disebut sebagai salah satu negara kepulauan terluas di Bumi, dengan pulau-pulau yang berjajar. “Bahkan memiliki badai petir dan sambaran petir terbanyak,” tulisnya, dikutip Kamis 14 Januari 2021.


Mereka kemudian memberi contoh kalau ungkapan tersebut benar adanya. Di Bogor, pada 1988, bahkan pernah mengalami peristiwa badai petir selama 322 hari dalam setahun.




Bukan cuma itu, ada juga letusan gunung berapi yang bisa memuntahkan gumpalan abu ke udara. Inilah yang disebut sangat berbahaya buat pesawat, jika gumpalan abu itu tersedot oleh mesin jet. Karena bisa mengakibatkan kerusakan pesawat.


Faktor lain pesawat RI sering jatuh?
Faktor berikutnya alias kedua, yakni faktor komunikasi yang sebabkan pesawat sering jatuh di RI. Dia mengambil contoh peristiwa AirAsia pada Desember 2014 yang berangkat dari Surabaya.


Pilot Indonesia dan kopilot dari Perancisdisebut gagal menangani kendala di auto-pilot, sehingga pesawat terjun ke laut.


Analisa lain dikemukakan media asing lain AP. Media ini menggarisbawahi adanya opsi biaya murah alias Low Cost Carrier (LCC) untuk terbang di Indonesia. Padahal di satu sisi, banyak wilayah yang belum memiliki infrastruktur yang aman.


Masalah lain yang cukup disorot, berkaitan juga dengan keahlian teknis, seberapa terlatih personel dan pilot, sampai, prosedur pencatatan dan pemeriksaan. Maka tak heran pesawat RI sempat mendapat pelarangan mendarat di Uni Eropa dan Amerika Serikat.


Orang Indonesia jadi takut naik pesawat?
Kendati insiden Sriwijaya Air SJ 182 banyak disorot, pengamat penerbangan Alvin Lie menyebut tak akan membuat sepi minat orang untuk terbang bersama pesawat.


Pangkalnya, banyak orang terbang menggunakan jasa pesawat karena keperluan tugas. “Tidak terpengaruh sama sekali, untuk tujuan pariwisata saat ini memang sedang tidak ada karena pengetatan syarat tes covid-19. Leisure itu kecil. Kondisi normal leisure 10 persen – 12 persen,” katanya.


Menurut data statistik 2018, kata Alvin, data menunjukkan jika pengguna transportasi udara terbesar adalah ASN, lalu pegawai BUMN, TNI-Polri, dan pelaku bisnis dalam rangka kedinasan. Sementara untuk penyumbang murni wisata, hanya sekira 11 – 12 persen saja.


“Tidak bakal besar dampaknya untuk domestik, karena warga RI bepergian karena ada kepentingan. Ada bisnis, apalagi RI negara kepulauan, tetap saja mereka akan terbang.


Andaipun khawatir, paling calon penumpang hanya akan pindah ke layanan maskapai yang besar.


“Setelah Lion Air, jumlah penumpang tetap, cuma orang pindah ke airline lain. Mungkin penumpang Sriwijaya Air pindah ke airline lain. Kita juga masih tunggu interim report dari KNKT, jika memang tidak menunjukkan masalah dengan pesawat, orang tidak akan ragu naik pesawat,” katanya.


Artikel ini hanyalah simpanan cache dari url asal penulis yang berkebarangkalian sudah terlalu lama atau sudah dibuang :

https://www.bagibagi.info/2021/01/media-asing-ungkap-dua-alasan-kenapa.html

Kempen Promosi dan Iklan
Kami memerlukan jasa baik anda untuk menyokong kempen pengiklanan dalam website kami. Serba sedikit anda telah membantu kami untuk mengekalkan servis percuma aggregating ini kepada semua.

Anda juga boleh memberikan sumbangan anda kepada kami dengan menghubungi kami di sini
Lapan Ungkap Kondisi Cuaca Di Sekitar Area Pesawat Sriwijaya Jatuh

Lapan Ungkap Kondisi Cuaca Di Sekitar Area Pesawat Sriwijaya Jatuh

papar berkaitan - pada 11/1/2021 - jumlah : 98 hits
Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional memberikan penjelasan terkait kondisi cuaca saat pesawat Sriwijaya Air SJ 182 rute penerbangan Jakarta Pontianak mengalami hilang kontak dan jatuh sekitar pukul 14 36 WIB di sekitar Pulau Laki Kepu...
Pesawat Sriwijaya Jatuh Dpr Desak Kemenhub Evaluasi Maskapai Penerbangan

Pesawat Sriwijaya Jatuh Dpr Desak Kemenhub Evaluasi Maskapai Penerbangan

papar berkaitan - pada 10/1/2021 - jumlah : 94 hits
Dewan Perwakilan Rakyat DPR mendesak pihak Kementerian Perhubungan untuk segera melakukan evaluasi secara menyeluruh terhadap maskapai penerbangan Hal itu menyusul jatuhnya pesawat komersial Sriwijaya Air rute Jakarta Pontianak dengan pener...
Korban Pesawat Jatuh Insya Allah Mendapat Status Syahid

Korban Pesawat Jatuh Insya Allah Mendapat Status Syahid

papar berkaitan - pada 10/1/2021 - jumlah : 104 hits
Musibah jatuhnya pesawat Sriwijaya Air SJ 182 di Perairan Kepulauan Seribu pada kemarin siang menyisakan duka mendalam bagi banyak pihak terutama keluarga korban Pencarian korban pesawat rute Jakarta Pontianak itu masih terus dilakukan oleh...
60 Penyelam Polda Metro Jaya Diturunkan Cari Pesawat Sriwijaya Air Jatuh

60 Penyelam Polda Metro Jaya Diturunkan Cari Pesawat Sriwijaya Air Jatuh

papar berkaitan - pada 10/1/2021 - jumlah : 63 hits
Tim penyelam itu merupakan bawah kendali operasi dari Korbrimob Polri yang memiliki kemampuan pencairan dan penyelamatan di laut
Ini Foto Dari Dalam Pesawat Sriwijaya Air Sj 182 Yang Dikirim Penumpang Sebelum Jatuh Di Pulau Lancang

Ini Foto Dari Dalam Pesawat Sriwijaya Air Sj 182 Yang Dikirim Penumpang Sebelum Jatuh Di Pulau Lancang

papar berkaitan - pada 10/1/2021 - jumlah : 70 hits
Adik salah satu penumpang pesawat Sriwijaya SJ 182 Indah Halima Putri Nabila mengatakan kakaknya sempat mengirimkan foto sayap pesawat Sriwijaya Air SJ 182 yang ditumpangi sebelum lepas landas dari Bandara Soekarno Hatta lalu jatuh di perai...
Sekian Tahun Jadi Teka Teki Narji Ungkap Alasan Sebenarnya Hengkang Dari Grup Lawak Cagur

Sekian Tahun Jadi Teka Teki Narji Ungkap Alasan Sebenarnya Hengkang Dari Grup Lawak Cagur

papar berkaitan - pada 13/1/2021 - jumlah : 29 hits
Saat itu hubungan yang nggak baik antara Narji dan dua personel lainnya disebut sebut jadi alasan mengapa ia keluar dari grup yang membesarkan namanya itu
Hari Ini Tim Sar Mengurai Puing Pesawat Cari Black Box Sriwijaya Air Jatuh

Hari Ini Tim Sar Mengurai Puing Pesawat Cari Black Box Sriwijaya Air Jatuh

papar berkaitan - pada 12/1/2021 - jumlah : 31 hits
Sinyal pancaran kotak hitam sudah menjurus ke satu lokasi Tim operasi SAR sempat mendengar bunyi ping sebanyak dua kali di sekitar lokasi pencarian
Kuasa Allah Pak Haji Ini Selamat Saat Insiden Pesawat Jatuh

Kuasa Allah Pak Haji Ini Selamat Saat Insiden Pesawat Jatuh

papar berkaitan - pada 12/1/2021 - jumlah : 28 hits
Pesawat Garuda Indonesia itu terguncang hebat Jatuh lalu tersinjajar dan bunyi dentuman keras mencabik langit Api membubung Pekik sudah tak bisa didengar lagi Pesawat itu membawa jamaah haji Indonesia yang terbang dari Jeddah menuju Jakarta...
Buntut Sriwijaya Air Jatuh Kemenhub Inspeksi Seluruh Pesawat Boeing 737 Classics

Buntut Sriwijaya Air Jatuh Kemenhub Inspeksi Seluruh Pesawat Boeing 737 Classics

papar berkaitan - pada 13/1/2021 - jumlah : 22 hits
Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan menginspeksi seluruh pesawat Boeing seri Classics yakni Boeing 737 300 400 500 mulai 11 Januari 2021 sebagai tindak lanjut kecelakaan pesawat Sriwijaya Air SJ 182 tipe Boeing 737...
6 Jenis Kifarah Penghapus Dosa Kita

Saya Poligami Dan Bagaimana Prosedur Ketika Berada Di Dalam Situasi Ini

Berikut Sepuluh Tanda Tanda Kiamat Yang Besar Sudahkah Kita Bersedia

Semua Mata Menangis Lihat Video Detik Detik Jenazah Syekh Ali Jaber Saat Mau Dikubur

Adakah Darurat Politik Muhyiddin Boleh Di Cabar Di Mahkamah

Belum Sempat Tutup Pintu Lelaki Nyaris Maut Dirempuh Kereta Terbabas

Ziela Jalil Ditudvh Jadi Per Mpas Sekali Anak Tiri Mula Buka Mulut Buat Ramai Terkejut

Semakan Status Bpn 2 0



8 Cara Dahsyat Apple Lindungi Produk Yang Belum Dikeluarkan

Berapa Berat Segumpal Awan

Kajian Terbaru Menunjukkan Kopi Decaf Tidaklah Sebagus Yang Disangka

Resepi Pulut Dakap Paling Terbaik

Kisah PM India Haramkan 86 Wang Kertas India Secara Mengejut


Pkp 2 0 2021 Bukan Salah Sesiapa

Meski Berebut 10 Malaikat Tak Sanggup Menulis Kalimat Ini

Syair Wanita Ini Membuat Umar Bin Khattab Menangis Tiada Henti

Keistimewaan Orang Beriman Meski Tak Pernah Menjumpai Zaman Rasulullah

Subhanallah Pasangan Suami Istri Ini Membuat Allah Kagum Kenapa

Contoh Aset Yang Bisa Jadi Passive Income Untuk Anda