Korban Pesawat Jatuh Insya Allah Mendapat Status Syahid



Musibah jatuhnya pesawat Sriwijaya Air SJ 182 di Perairan Kepulauan Seribu pada kemarin siang (9/1/2021) menyisakan duka mendalam bagi banyak pihak terutama keluarga korban. Pencarian korban pesawat rute Jakarta-Pontianak itu masih terus dilakukan oleh Badan SAR Nasional (Basarnas) dibantu petugas lainnya.
Keluarga korban tentu berharap keluarganya selamat dari kecelakaan itu. Namun, jika Allah berkehendak lain maka tidak ada sikap terbaik kecuali bersabdar dan berserah diri kepada Allah sembari mengucap kalimat istrija. Sebagaimanya firman-Nya:
ٱلَّذِينَ إِذَ أَصَابَتْهُم مُّصِيبَةٌۭ قَالُوا۟ إِنَّا لِلَّٰهِ وَإِنَّ إِلَيْهِ رَاجِعُونَ “(yaitu) orang-orang yang apabila ditimpa musibah, mereka mengucapkan: “Inna lillaahi wa innaa ilaihi raaji’uun” (Sesungguhnya kami kepunyaan Allah dan kepada Allah jugalah kami kembali). (Al-Baqarah Ayat 156)
Allah menjanjikan pahala tak terkira bagi mereka yang bersabar sebagaimana firman-Nya: “Sesungguhnya hanya orang-orang yang bersabarlah yang dicukupkan pahala mereka tanpa batas”. (QS. Az-Zumar: Ayat 10)
Pahala Syahid
Bagi keluarga korban yang kehilangan keluarganya tidak perlu sedih berlebihan karena tidaklah Allah memberi musibah kepada seseoarang kecuali atas izin-Nya. Dan Allah tidak membebani seseorang kecuali dengan kesanggupan-Nya.
Rasulullah صلى الله عليه وسلم memberi kabar gembira lewat sabdanya bahwa umatnya yang meninggal karena tenggelam atau terlempar dari kendaraan termasuk golongan yang mati syahid. Mereka yang berstatus syahid tentu orang yang beriman, bukan yang mengingkari Allah dan Rasul-Nya.
Imam Al-Bukhari dan Muslim meriwayatkan sebuah hadis dari Abu Hurairah, Rasulullah صلى الله عليه وسلم bersabda:
الشُّهَدَاءُ خَمْسَةٌ الْمَطْعُونُ وَالْمَبْطُونُ وَالْغَرِيقُ وَصَاحِبُ الْهَدْمِ وَالشَّهِيدُ فِي سَبِيلِ اللَّهِ
“Syuhada (orang-orang yang mati syahid) itu ada lima, (yaitu) ‘Orang mati karena terkena penyakit tha’un (lepra); orang yang meninggal karena sakit perut; orang yang mati tenggelam; orang yang tertimpa bangunan rumah atau tembok; dan orang yang gugur di jalan Allah.”
Dalam riwayat lain, dari Jabir bin ‘Utaik, Rasulullah صلى الله عليه وسلم bersabda: ” Syahid ada tujuh macam selain gugur (terbunuh) di jalan Allah; orang yang mati karena penyakit lepra adalah syahid. Orang yang mati tenggelam adalah syahid. Orang yang mati karena penyakit perut adalah syahid. Orang yang mati terbakar adalah syahid. Orang yang mati karena tertimpa bangunan atau tembok adalah syahid. Wanita yang gugur di saat melahirkan (nifas)”. (HR Imam at-Thabrani)
Nabi صلى الله عليه وسلم juga menyebutkan dalam hadisnya: “Siapa saja yang mati karena terlempar dari kendaraannya, ia adalah syahid. Siapa saja yang mati karena jatuh dari puncak gunung, atau dimangsa binatang buas, atau tenggelam di laut, maka ia syahid di sisi Allah Ta’ala”. (HR Imam at-Thabrani)
Sementara Imam Abu Dawud mengetengahkan sebuah hadis Nabi: “Siapa saja yang terbunuh karena mempertahankan hartanya, maka ia mati syahid. Siapa saja yang terbunuh karena membela keluarganya, nyawanya, atau agamanya, maka ia mati syahid.” (HR Abu Dawud)
Menurut Imam an-Nawawi dalam Syarh Raudhatut Thalibin, syahid dalam lima hal tersebut tidak sama cara pengurusan jenazahnya dengan orang yang mati syahid karena berperang. Jika orang yang mati syahid karena berperang tidak perlu dimandikan, maka orang yang syahid dalam keadaan tenggelam tetap diurus seperti jenazah biasa, yakni tetap dimandikan, dikafani dan lain sebagainya.
Imam Nawawi menjelaskan jenis syahid:
1. Syahid di dunia dan mendapat pahala di akhirat. Mereka adalah orang yang meninggal ketika berperang melawan kaum kafir (yang berhak diperangi). Mereka yang syahid di sini tidak dimandikan dan tidak dishalatkan.
2. Syahid dalam hal pahala. Artinya, pahalanya tidak seperti syahid jenis pertama. Contoh syahid jenis ini ialah meninggal karena melahirkan, wabah penyakit, tertimpa reruntuhan, karena tenggelam, mati karena membela hartanya dari rampasan. Mereka tetap dimandikan, dishalatkan, namun di akhirat mendapatkan pahala syahid.
Keutamaan Mati Syahid
1. Diampuni (seluruh dosanya) pada saat awal terbunuhnya.
2. Diperlihatkan di dunia tempatnya di surga.
3. Selamat dari fitnah kubur.
4. Diselamatkan dari hari yang sangat mencekam (Hari Kiamat).
5. Akan dipasangkan di atas kepalanya sebuah mahkota kebesaran dari Yaquut, yang nilainya lebih besar daripada dunia dan seisinya.
6. Akan dinikahkan dengan 72 bidadari.
7. Akan diperbolehkan memberikan syafa’at bagi 70 anggota keluarganya di akhirat kelak. (Hadis Hasan, HR At-Tirmidzi dan yang lainnya)
Wallahu A’lam
Artikel asli : sindonews.com
The post Korban Pesawat Jatuh Insya Allah Mendapat Status Syahid appeared first on Ayo Baca.


Artikel ini hanyalah simpanan cache dari url asal penulis yang berkebarangkalian sudah terlalu lama atau sudah dibuang :

https://congkop.xyz/2021/01/10/korban-pesawat-jatuh-insya-allah-mendapat-status-syahid/

Kempen Promosi dan Iklan
Kami memerlukan jasa baik anda untuk menyokong kempen pengiklanan dalam website kami. Serba sedikit anda telah membantu kami untuk mengekalkan servis percuma aggregating ini kepada semua.

Anda juga boleh memberikan sumbangan anda kepada kami dengan menghubungi kami di sini
Syekh Ali Jaber Wafat Ustadz Yusuf Mansur Insya Allah Syahid Mohon Doakan

Syekh Ali Jaber Wafat Ustadz Yusuf Mansur Insya Allah Syahid Mohon Doakan

papar berkaitan - pada 14/1/2021 - jumlah : 199 hits
Kabar duka Syekh Ali Jeber dikabarkan meninggal dunia pada Kamis Syekh Ali Jaber wafat pukul 8 30 WIB Rumah Sakit Yarsi Cempaka Putih Dikutip dari unggahan Instagram Yayasan Syekh Ali Jaber almarhum meninggal dalam keadaan negatif Covid 19 ...
Kuasa Allah Pak Haji Ini Selamat Saat Insiden Pesawat Jatuh

Kuasa Allah Pak Haji Ini Selamat Saat Insiden Pesawat Jatuh

papar berkaitan - pada 12/1/2021 - jumlah : 205 hits
Pesawat Garuda Indonesia itu terguncang hebat Jatuh lalu tersinjajar dan bunyi dentuman keras mencabik langit Api membubung Pekik sudah tak bisa didengar lagi Pesawat itu membawa jamaah haji Indonesia yang terbang dari Jeddah menuju Jakarta...
Buntut Sriwijaya Air Jatuh Kemenhub Inspeksi Seluruh Pesawat Boeing 737 Classics

Buntut Sriwijaya Air Jatuh Kemenhub Inspeksi Seluruh Pesawat Boeing 737 Classics

papar berkaitan - pada 13/1/2021 - jumlah : 168 hits
Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan menginspeksi seluruh pesawat Boeing seri Classics yakni Boeing 737 300 400 500 mulai 11 Januari 2021 sebagai tindak lanjut kecelakaan pesawat Sriwijaya Air SJ 182 tipe Boeing 737...
Inilah Amalan Yang Lebih Tinggi Nilainya Di Sisi Allah Daripada Mati Syahid

Inilah Amalan Yang Lebih Tinggi Nilainya Di Sisi Allah Daripada Mati Syahid

papar berkaitan - pada 2/1/2021 - jumlah : 201 hits
Banyak orang muslim belum mengetahui amalan yang tinggi ini selama ini mereka hanya mengerjakan hal hal yang biasa dilakukan turun temurun dan yang di Ajarkan di dayah atau madrasah namun melupakan inti saripati Islam Yang Hakiki Didalam Ha...
Viral Goresan Mirip Lafadz Allah Di Penemuan Serpihan Badan Pesawat Sriwijaya Air Sj182

Viral Goresan Mirip Lafadz Allah Di Penemuan Serpihan Badan Pesawat Sriwijaya Air Sj182

papar berkaitan - pada 13/1/2021 - jumlah : 355 hits
Sebuah video menunjukkan potongan tubuh pesawat nahas Sriwijaya Air SJ182 yang jatuh di Perairan Kepulauan Seribu Namun ada yang berbeda terlihat tulisan mirip lafadz Allah Akun Instagram cahayasurgaofficial memposting para Senin sekitar pu...
Ya Allah Ditemukan Potongan Tubuh Dan Serpihan Diduga Korban Sriwijaya Air

Ya Allah Ditemukan Potongan Tubuh Dan Serpihan Diduga Korban Sriwijaya Air

papar berkaitan - pada 10/1/2021 - jumlah : 1137 hits
Pesawat komersial Sriwijaya Air tujuan Pontianak dikabarkan hilang kontak pada hari ini Sabtu sekitar pukul 14 39 WIB Pesawat tersebut hilang kontak di sekitar Kepulauan Seribu Komandan Kapal sekira Negara Trisula Eko Surya Hadi mengatakan ...
Tim Dvi Telah Identifikasi Data 20 Keluarga Korban Sriwijaya Air Jatuh

Tim Dvi Telah Identifikasi Data 20 Keluarga Korban Sriwijaya Air Jatuh

papar berkaitan - pada 10/1/2021 - jumlah : 272 hits
Tim di posko tersebut merupakan kolaborasi para dokter ahli forensik Polri TNI hingga akademisi dari perguruan tinggi yang akan mengidentifikasi korban Posko itu juga mendapatkan dukungan dari rumah sakit pemerintah yang memiliki kemampuan ...
Keluarga Pasutri Korban Pesawat Sriwijaya Air Minta Korban Dimakamkan Di Ponorogo

Keluarga Pasutri Korban Pesawat Sriwijaya Air Minta Korban Dimakamkan Di Ponorogo

papar berkaitan - pada 11/1/2021 - jumlah : 184 hits
Awalnya saya tidak percaya Karena kakak biasanya tidak naik pesawat Sriwijaya untuk pulang ke Pontianak Kalau ndak Lion Air ya yang lain
Cari Korban Dan Serpihan Pesawat Sriwijaya Air Penyelam Intai Amfibi Temukan Ktp

Cari Korban Dan Serpihan Pesawat Sriwijaya Air Penyelam Intai Amfibi Temukan Ktp

papar berkaitan - pada 10/1/2021 - jumlah : 328 hits
Tim Penyelam Search and Rescue dari Batalyon Intai Amfibi Marinir TNI Angkatan Laut menemukan sebuah kartu tanda penduduk Tertulis atas nama Yaman Zai
Standby Guys Pengurangan Subsidi Petrol Bakal Bermula

Imf Menyokong Prakiraan Pertumbuhan Kdnk Malaysia Pada 2024 Kepada 4 4

Afidavit Zahid Mungkin Jejas Hubungan Dengan Anwar

Reforms Not A Panacea For Weak Ringgit Says Economist

Cara Claim Towing Kereta Dengan Etiqa Auto Assist Care

Will The Middle East Conflict Derail Our Economy

Filem Sheriff

Sustainable Weekend Villa By Kanopea Architecture Studio And T3 Architects In Vietnam



Info Sinopsis Kutipan Sheriff Narko Integriti Filem Malaysia 2024

Info Dan Sinopsis Dough Doh Filem Malaysia 2023 Lakonan Syafiq Kyle Kini Di Netflix

Info Dan Sinopsis The Djinn s Curse Khong Khaek Filem Seram Thailand 2023 Kini Di Netflix Malaysia

10 Filem Seram Thailand Berhantu Terbaru Mesti Tonton Juga Tersedia Online

10 Drama Thailand Thai Drama Terbaru Best Juga Tersedia Online


Spontaneous Thursday

Building Trust In The Digital Age The Rise Of Fraud Verification Services

Kelantan Polis Tahan Empat Penjawat Awam

Dibelasah Kerana Keluar Dating Dengan Isteri Orang

New Twist In Najib S Bid To Serve Jail Term At Home As Two Ministers Dispute Claims Over Supposed Royal Order

Keuntungan Arenamall Reit Meningkat Hampir Dua Kali Ganda Setahun